SKOR.id – Kebiasaan terkenal Stephen Curry yang gemar menggigit-gigit hingga mengunyah mouthguard (alat pelindung mulut untuk mencegah terjadinya cedera pada bibir, wajah, lidah, rahang, dan kerusakan pada gigi) telah menginspirasi dua pak sepatu kets dari Curry Brand miliknya di Under Armour.
Curry 1 dan Curry 11 menggunakan jalur warna “Mouthguard” yang terkoordinasi dengan menampilkan gradasi biru dan putih yang dimaksudkan untuk merayakan sifat Curry sebagai “orang iseng” di Hari April Mop.
Warna biru lebih dominan pada bagian atas Curry 11, model terbaru dari seri Under Armour guard Golden State Warriors itu. Adapun Curry 1 retro menampilkan susunan kedua warna yang lebih rumit.
Curry 11 menggunakan unit sol UA Flow berdensitas ganda tanpa outsole sejati dalam artian terpisah dan terpasang. Heel counter yang dibentuk 3D memberikan dukungan bersama dengan pelat Pebax di kaki depan, sementara betis bagian tengah di bagian tengah menambah stabilitas.
Berbeda dengan sepatu Curry seri Flotro yang me-rema ster model lama, Curry 1 retro mempertahankan spesifikasi aslinya, termasuk bagian atas AnaFoam dan Charged Cushioning di midsole.
Curry 1 dan Curry 11 “Mouthguard” secara resmi dijadwalkan untuk dirilis pada hari Senin, 1 April, untuk Hari April Mop. Tetapi mereka yang memiliki Akses Anggota di situs web Under Armour dapat membeli kedua sepatu tersebut lebih cepat. Harga untuk Curry 1 ditetapkan 150 dolar AS (sekira Rp2,4 juta) dan Curry 11 di angka 160 dolar AS (Rp2,54 juta).
Curry 1 – yang awalnya dirilis dengan nama lengkap Under Armour Curry 1 – merupakan sepatu khas (signature shoe) pertama untuk salah satu ikon NBA, Stephen Curry.
Sepatu ini melakukan debut menjelang dimulainya NBA musim 2015, atau menjelang gelar NBA pertama yang direbut Curry dan Golden State Warriors.
Stephen Curry bukan hanya salah satu pemain top sepanjang masa NBA namun juga salah satu pemain terpenting. Curry mengubah permainan bola basket dengan kemampuan menembaknya.
Tembakan jarak jauh, tembakan tiga angka, kini menjadi fokus serangan sebagian besar tim-tim di NBA. Kehebatannya dalam menembak bola telah membantu mempengaruhi tidak hanya NBA, tetapi juga dunia bola basket.
Baik itu saat kuliah, sekolah menengah atas, atau sekadar permainan pikap di taman, pengaruh Curry terlihat jelas. Anak-anak zaman sekarang ingin melakukan tembakaan (shot) seperti Curry, mirip dengan mereka yang ingin melakukan dunk seperti Michael Jordan pada zamannya (era 1990-an).
Di bawah pimpinan Curry, Warriors berhasil merebut empat gelar juara NBA, yakni 2015, 2017, 2018, dan 2022, demi menggenapi total cincin juara mereka menjadi tujuh (tiga gelar sebelumnya direbut pada 1947, 1956, 1975).
Bekerja sama dengan Under Armour sejak 2013, kedua pihak pun sepakat melansir Curry Brand pada 2020. Curry Brand beroperasi sebagai entitasnya sendiri namun tetap di bawah payung Under Armour.
Curry 11 sendiri muncul perdana pada awal Oktober 2023 lalu. Didesain untuk pria dan wanita, Curry 11 saat itu langsung dirilis dalam tujuh jalur warna.