SKOR.id - Perjalanan sebuah kompetisi terutama yang sudah berjalan sejak lama tentu tak lepas dengan brand yang ada untuk mendukung mereka.
Dalam hal ini adalah Samsung dan Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) yang sudah memiliki "hubungan" terhitung sejak MPL ID season 6.
MPL ID sendiri pertama kali digelar pada 13 Januari hingga 1 April 2018 yang kala itu diikuti oleh total 10 tim yang memperebutkan hadiah total 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp1,6 miliar jika dikonversi dengan nilai tukar Rupiah saat ini.
Seiring berjalannya waktu, MPL ID sebagai kompetisi MLBB kasta tertinggi di Indonesia sampai saat ini terus mengalami perkembangan terutama berkat berbagai brand yang masuk sebagai "support system".
MPL ID terus mengalami peningkatan jumlah viewers tiap musimnya yang membuat perhatian brand pun juga semakin gencar ke arah mereka.
Hingga akhirnya pada musim keenam MPL ID atau tepatnya pada 2020, saat kondisi Indonesia sedang tidak baik-baik saja akibat wabah Covid-19 yang akhirnya membuat Moonton Games selaku pengembang MLBB melakukan beberapa modifikasi di MPL ID S6, Samsung justru hadir untuk memberikan support mereka.
"Kami dan Moonton punya visi-misi yang sama dalam hal esport dan inovasi yang terus berkembang," ujar Head of Mobile Experience Samsung Electronic Andi Airin.
"Hal itulah yang membuat Samsung akhirnya menjadi partner strategis MPL ID yang bertahan hingga saat ini," tuturnya.
Ditemui disela playoff MPL ID S13, Airin mengungkapkan hal yang membuat Samsung akhirnya kepincut dengan MLBB.
Salah satu faktor terbesar Samsung akhirnya berkolaborasi dengan MPL ID adalah keberadaan komunitas yang begitu kuat.
Hal itulah yang kemudian membuat Samsung berani mengajak MPL ID berkolaborasi pada MPL ID Season 6 hingga saat ini.
DI MPL ID Season 13 sendiri tentu ada berbagai sponsor lain yang ikut mendukung terselenggaranya kompetisi mlbb kasta tertinggi di Indonesia tersebut.
Dua di antaranya adalah Gopay serta Dunia Games yang terbilang masih baru dalam hal kolaborasi bersama MPL ID.
Meski begitu dalam kesempatan berinteraksi dengan awak media di sela playoff MPL ID Season 13, Gopay dan Dunia Games, bertekad untuk terus menyokong komunitas esport Indonesia terutama di MPL ID.
Dunia Games sebagai salah satu "jalan" bagi Telkomsel untuk mencapai komunitas esport memiliki beberapa fasilitas serta kompetisi tier B dan C yang berkolaborasi dengan Moonton, sebut saja seperti Dunia Games Waktu Indonesia Bermain atau DGWIB.
Sementara itu Gopay sebagai anak perusahaan GoTo terus berupaya mempermudah komunitas esport dalam hal memenuhi keinginan dengan memberikan dukungan dalam bentuk e-wallet.