Mengintip Latihan Fisik Para Pembalap Formula 1

Nurul Ika Hidayati

Editor: Nurul Ika Hidayati

Pembalap Formula 1, Charles Leclerc, mengunggah serangkaian latihan fisik yang dilakukannya sebelum bergulirnya musim balapan 2023. (Dede Mauladi/Skor.id)
Pembalap Formula 1, Charles Leclerc, mengunggah serangkaian latihan fisik yang dilakukannya sebelum bergulirnya musim balapan 2023. (Dede Mauladi/Skor.id)

SKOR.id - Para pembalap Formula 1 (F1) tidak diragukan lagi adalah kelompok atlet yang terbilang hebat. 

Mereka mungkin tidak memiliki fisik yang mencolok, pakaian terusan dan dengan helm di kepala mereka. Mereka juga tidak dapat menunjukkan otot yang terpahat.

Namun persiapan fisik yang dilakukan Charles Leclerc, Max Verstappen, Lewis Hamilton, dan Carlos Sainz Jr. dipelajari dengan keras dan cermat. 

Tenaga di dalam mobil ternyata sangat berat. Di akhir balapan seorang pembalap bahkan bisa menurunkan berat badannya hingga 3 kg. 

Oleh karena itu mereka perlu melatih dan memperkuat otot secara terus menerus untuk mengantisipasi akselerasi, deselerasi dan dorongan lateral selama balapan.

Jantung dan Otot
Periode tahun di mana pilot paling banyak bekerja adalah antara akhir satu musim dan awal musim berikutnya, kurang lebih sekitar tiga bulanan (Desember, Januari dan Februari).

Karena bertepatan dengan libur kompetisi, waktu mereka didedikasikan untuk persiapan fisik, karena begitu kejuaraan dimulai, mereka sangat sering berkeliling dunia dan pekerjaannya terbatas pada beberapa sesi di gym atau beberapa bersepeda di sirkuit tempat Kejuaraan Dunia berlangsung.

Persiapan berfokus terutama pada area tubuh yang paling stres, yakni leher dan lengan, serta jantung, dengan latihan yang dimaksudkan untuk meningkatkan denyut nadi, dan meningkatkan daya tahan, serta mensimulasikan kondisi yang kemudian akan mereka temukan di trek. 

Pelatihan di gym pun biasanya dilakukan dengan menggunakan beban, barbel, dumbel, dan mesin dayung, selain juga squad, push-up, dan perut.

Sedangkan untuk leher, banyak pembalap yang menggunakan helm khusus yang dipasang pada pemberat, dengan pita elastis yang berfungsi sebagai batang pengikat, sehingga harus memberikan tekanan untuk mempertahankan posisi dengan mensimulasikan apa yang terjadi, misalnya, saat menikung, di mana bodi terdorong keluar oleh gaya sentrifugal mobil.

Bagian kaki juga harus dilatih, terutama bagian kiri. Alasannya adalah itu yang harus menginjak pedal rem, mengerahkan tenaga rata-rata lebih dari 130 kilogram. 

Sebagai gambaran, ini telah dihitung, semisal di Grand Prix (GP) Spanyol beban total pada pedal dari awal hingga akhir adalah 52 ton, dengan puncak lebih dari 200 kilo pada belokan 10.

Dan kemudian juga olahraga bertinju, bersepeda, berenang dan, selama musim dingin, banyak berjalan di gunung. 

Tentunya bukan untuk bermain ski bersama teman-teman, walaupun itu juga terkadang terjadi pada hari libur, melainkan untuk memperkuat otot dengan berjalan ke atas dengan papan ski di kaki untuk melatih jantung agar tidak lelah.

Carlos Sainz berlari
Tetapi, semua pelatihan itu bukannya tanpa pengalihan yang aneh. 

Satu contoh, pembalap Ferrari, Carlos Sainz, dalam beberapa pekan pernah terlihat berada di lapangan olahraga Delta Athletics di Sassuolo pada persiapan pramusim bulan Februari lalu. 

Masalahnya,  jalur tempat dia seharusnya berlatih terletak di sebelah kompleks sekolahan. Jadi, terlepas dari waktu (dia tiba dengan penyamaran pada pukul 8.30 karena mengira para siswa sudah berada di kelas), banyak yang mengenalinya, menyerbu trek untuk berfoto selfie dengan sang juara tim Ferrari.

Maklum, beberapa hari sebelumnya, dia juga telah memposting sesi lain di trek atletik (dengan repitisi lebih dari 800 meter dengan waktu rata-rata tiga menit) ditemani rekan senegaranya Marc Marquez, yang juga sedang mempersiapkan Kejuaraan Dunia MtoGP. 

Refleks juga dilatih
Tetapi seorang pembalap Formula 1 juga harus memiliki sesuatu yang lebih dari yang lain dalam hal refleks, dipaksa membuat keputusan sepersekian detik untuk menghindari kecelakaan, menemukan tempat yang tepat untuk menyalip dan momen yang tepat untuk melakukannya.

Semuanya itu berlangsung dengan kecepatan lebih dari 300 kilometer per jamnya. Jadi, dalam program pelatihan, mesin khusus digunakan (salah satunya adalah panel dengan LED bercahaya yang menyala dalam urutan cepat yang harus disentuh pilot dalam waktu sesingkat mungkin) untuk tujuan ini, yaitu penglihatan, kurangi waktu fokus dan tingkatkan koordinasi mata-tangan (untuk ini, bola tenis sederhana juga digunakan yang harus ditangkap dan dilempar lagi oleh sang pembalap).***

Source: GQ Italia

RELATED STORIES

Charles Leclerc Bantu Palang Merah Monako Atasi Virus Corona

Charles Leclerc Bantu Palang Merah Monako Atasi Virus Corona

Charles Leclerc membantu petugas Palang Merah Monako dalam menyalurkan bantuan kepada mereka yang tak bisa keluar rumah.

Berstatus Juara Dunia, Max Verstappen Gunakan Nomor Keramat pada F1 2022

Berstatus Juara Dunia, Max Verstappen Gunakan Nomor Keramat pada F1 2022

Max Verstappen bakal memanfaatkan haknya sebagai juara dunia untuk menggunakan nomor keramat saat tampil di F1 2022

2 Lagu Michael Jackson Jadi Favorit Max Verstappen Saat Mengemudi

Ada dua lagu Michael Jackson yang menjadi favorit Max Verstappen saat mengemudi. Apa itu?

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga Inggris musim 2025-2026. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2025-2026: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen lengkap Liga Inggris 2025-2026 yang diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Pradipta Indra Kumara | 22 Oct, 09:21

Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Italia

Liga Italia 2025-2026: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen lengkap Liga Italia 2025-2026 yang diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Pradipta Indra Kumara | 22 Oct, 08:51

ISFEX 2025 siap digelar di ICE, BSD City, 6-9 November 2025. (Foto: Dok. ISFEX 2025/Grafis: Kevin Bagus Prinusa/Skor.id)

Other Sports

ISFEX 2025 Kembali Digelar, Siap Pacu Inovasi Fasilitas Olahraga Nasional

ISFEX 2025 akan berlangsung pada 6–9 November 2025 di Hall 8 & 9 ICE, BSD City.

Rais Adnan | 22 Oct, 07:47

PSIM Yogyakarta. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

PSIM Yogyakarta Paling Sering Mainkan Pemain U-23 di Super League 2025-2026

Hingga pekan kesembilan Super League 2025-2026, PSIM telah memainkan pemain U-23 dengan durasi 1.330 menit.

Rais Adnan | 22 Oct, 07:20

La Liga 2025-2026 (Liga Spanyol). (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

La Liga

La Liga 2025-2026: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen La Liga 2025-2026 (Liga Spanyol), yang akan diperbarui seiring kompetisi.

Pradipta Indra Kumara | 22 Oct, 06:52

Kompetisi Liga Champions 2025-2026. (Grafis: Kevin Baggus Prinusa/Skor.id).

World

Liga Champions 2025-2026: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Berikut ini jadwal, hasil dan klasemen Liga Champions 2025-2026.

Pradipta Indra Kumara | 22 Oct, 05:11

ivar jenner - fc utrecht

National

Main Setengah Babak, Ivar Jenner Bawa Jong Utrecht Menang

Ivar Jenner kembali dimainkan dalam laga terbaru Jong Utrecht, Rabu (22/10/2025) dini hari WIB.

Rais Adnan | 22 Oct, 04:34

Skuad Real Madrid di era Xabi Alonso. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Real Madrid vs Juventus di Liga Champions 2025-2026

Prediksi laga dan link live streaming Real Madrid vs Juventus di Liga Champions 2025-2026.

Pradipta Indra Kumara | 22 Oct, 04:21

MPL Indonesia. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

Head-to-Head EVOS vs Dewa United Jelang Playoff MPL ID S16

Jelang bertemu di playoff MPL Indonesia Season 16, bagaimana rekor pertemuan alias Head-to-Head EVOS lawan Dewa United Esports?

Thoriq Az Zuhri | 21 Oct, 23:23

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Head-to-Head Alter Ego vs NAVI Jelang Playoff MPL ID S16

Jelang bertemu di playoff MPL Indonesia Season 16, bagaimana rekor pertemuan alias Head-to-Head Alter Ego lawan NAVI?

Thoriq Az Zuhri | 21 Oct, 23:02

Load More Articles