SKOR.id - BRI Liga 1 2023-2024 tidak hanya menghadirkan pertandingan seru, tapi juga menjadi ajang bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu contohnya yang terlihat pada pertandingan Persija Jakarta vs Persikabo 1973 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (9/11/2023).
Di balik serunya laga tersebut, ada pelaku UMKM yang mendapatkan berkah. Menyusul, barang dagangan yang mereka jajakan begitu laris diburu para suporter yang hadir di stadion.
Dalam laga Persija vs Persikabo 1973 memang terdapat beberapa booth merchandise dari suporter Macan Kemayoran, julukan Persija, yang menjajakan atribut kebanggaan klub, di ring road Stadion Patriot Candrabhaga.
Di antaranya adalah Orange All Shop (OAS), salah satu booth merchandise yang ramai dikunjungi fans Persija, yakni The Jakmania.
Muhammad Nursalim, salah satu staff OAS, mengatakan bahwa mendapatkan pemasukan yang lumayan dari berjualan di ring road Stadion Patriot.
Bisa dibilang OAS merupakan salah satu toko resmi The Jakmania. Mereka menjual produk-produk sendiri seperti t-shirt, jaket, syal dan juga produk resmi Persija.
Karena desain yang menarik dan juga menjual produk resmi Persija, OAS banyak diserbu oleh para fans Persija.
"Sangat lumayan, biasanya kami mendapatkan keuntungan sekitar Rp3 juta sampai Rp5 juta. Bahkan dulu pernah mencapai keuntungan sebesar Rp7 juta," kata Nursalim.
"Ya, setiap pertandingan ada saja yang beli merchandise di OAS. Sangat membantu untuk pelaku usaha seperti kami," dia menambahkan.
Selain merchandise, usaha makanan juga cukup laris saat pertandingan berlangsung. Makan Kebab menjadi salah satu yang membuka kedai di saat pertandingan berlangsung.
Makan Kebab mendapat keuntungan yang lumayan saat ada pertandingan sepak bola.
“Ya, hasilnya lumayan untuk sekali pertandingan. Keuntungannya bisa lebih dari hari-hari biasa,” ujar Moch. Zulfikri, pemilik Makan Kebab.
BRI selaku sponsor resmi Liga 1 2023-2024 menyambut baik dengan menjamurnya pelaku UMKM dari kalangan suporter.
Hal ini tak hanya menaikkan kualitas Liga 1 2023-2024 secara kompetisi, tapi juga bermanfaat bagi kalangan UMKM.
Hal ini tentu saja sejalan dengan komitmen BRI sebagai sponsor utama kompetisi untuk menciptakan kompetisi sepak bola yang terbaik dan menjadi pemersatu bangsa Indonesia. #BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola
Direktur Utama BRI, Sunarso, mengatakan bahwa Liga 1 sukses menjadi penggerak perekonomian dan bahkan melahirkan efek ganda bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
"Dari sisi ekonomi, penyelenggaraan Liga 1 berhasil menjadi motor penggerak ekonomi khususnya di industri sepak bola nasional serta UMKM yang terlibat dalam industri sepak bola," kata Sunarso.
Ini tentu selaras dengan apa yang dicita-citakan BRI yang ingin melihat perekonomian rakyat bergerak maju seiring dengan suksesnya kompetisi sepak bola kasta teratas Indonesia. Hal itu juga membuktikan bahwa #BRIPalingBola dan #BolaPemersatuBangsa.