SKOR.id - Juara dunia F1 7 kali Lewis Hamilton memperluas portofolio bisnisnya dengan membuka restoran burger di New York City.
Meskipun baru-baru ini kurang sukses di trek, si pembalap F1 itu telah membangun kekayaan bersih dalam ratusan juta dolar dan sekarang menjadi bagian dari grup kepemilikan waralaba NFL, Denver Broncos, di antara bisnis lainnya.
Kedai burger baru di Manhattan, dibuka pada 17 April dan diberi nama 'Neat in Nolita', adalah tambahan terbaru untuk rantai restoran Hamilton yang berkembang di bawah merek 'Neat', yang berfokus pada pola makan nabati.
Neat Burger adalah rantai makanan cepat saji yang berkembang pesat yang telah membuat sensasi dengan slogan '0% Cow, 100% Wow'.
Hamilton, seorang pendukung vokal veganisme, serius berinvestasi di perusahaan sebagai cara untuk membuat pola makan nabati lebih mudah diakses oleh semua orang.
Rantai burger mengikuti prinsip-prinsip ini, menggunakan bahan nabati dan menawarkan berbagai pilihan vegan bagi para pelanggan yang ingin menambahkan lebih banyak makanan nabati ke dalam pola makan mereka.
Lokasi baru Neat Burger di Nolita menandai kehadiran mereka secara permanen di kota untuk jaringan tersebut, setelah enam bulan di Urbanspace di Park Avenue. Ekspansi terbaru juga didukung oleh aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio.
"Tanggapan terhadap Neat Burger sejak kami buka sangatlah luar biasa. Saya sangat bangga dengan batasan yang terus dapat kami dorong di ruang ini dan rencana ekspansi juga sangatlah menarik," kata Hamilton dalam siaran pers.
Aktivisme vegan Lewis Hamilton
Hamilton memilih menjadi vegan pada tahun 2017 dan menggunakan ketenarannya yang luar biasa untuk mempromosikan hak-hak hewan dan masalah keadilan sosial, sering kali dibawa ke media sosial untuk mendesak penggemar menjadi vegan.
Pembalap Mercedes itu juga bahkan mempertaruhkan uangnya dengan berinvestasi dalam bisnis vegan, termasuk The Not Company—perusahaan rintisan vegan Chili yang mengumpulkan dana sebesar $235 juta pada 2021 dengan bantuan Hamilton dan artis musik Questlove.
Pada tahun 2019, investasi Hamilton untuk Neat Burger — yang dibuat bekerja sama dengan grup perhotelan The Cream Group dan investor Beyond Meat, Tommaso Chiabara — menjamin perusahaan pendanaan utama untuk memulainya.
Neat Burger membuka lokasi andalannya di Central London pada tahun 2019 sebelum berekspansi ke lokasi kedua dan ketiga di lingkungan Camden dan Soho. Selain lokasi baru Nolita di New York, jaringan kini telah memiliki delapan lokasi di Inggris dan satu di Dubai.
Pada tahun 2030, Neat Burger berencana memperluas ke 1.000 lokasi milik perusahaan, waralaba, dan dark kitchen. Ini juga berupaya menghadirkan alternatif daging nabati tingkat berikutnya yang dibuat dengan bahan-bahan sehat — seperti campuran biji-bijian quinoa, buncis, dan kacang hijau — ke sektor ritel.
Ekspansi Neat Burger ke AS datang pada saat rantai makanan cepat saji vegan rumahan memulai ekspansi mereka sendiri untuk melayani peningkatan permintaan makanan nabati — pasar yang baru-baru ini didorong oleh kecerdasan buatan laporan oleh Tastewise diperkirakan bernilai $74 miliar pada tahun 2027.
Rantai Vegan PLNT Burger — dimiliki koki selebriti Spike Mendelsohn dari Top Chef yang terkenal — membuka lokasi NYC pertamanya di lingkungan Union Square tahun lalu sebelum berekspansi ke Boston.
Serba Nabati
Setelah mendapatkan investasi strategis dari aktor yang juga pencinta lingkungan hidup, Leonardo DiCaprio, Neat Burger memulai ekspansi ke AS dengan karyawan kunci yang akan membantu rantai burger vegan dan bisnis daging nabati mendapatkan pijakannya di Amerika Serikat.
Menu Nolita mencakup pilihan item yang dipopulerkan di toko-tokonya di Inggris, seperti burger keju nabati, burger ayam, hot dog, mac and cheese, tater tots, dan milkshake, bersama dengan makanan anak-anak.
Lokasi AS pertama Neat Burger dipilih untuk memberi penghormatan kepada NYC dan juga menampilkan item menu yang terinspirasi oleh sejarah kuliner kota yang kaya.
Pembukaan lokasi baru Neat Burger bertujuan untuk mendorong misi merek untuk menciptakan makanan cepat saji yang dapat diakses yang mengutamakan planet ini.
Selain menyajikan makanan nabati, jaringan bisnis itu menggunakan biodegradable, kompos, dan dibuat dengan alternatif plastik seperti tepung maizena dan tebu.
Neat Burger juga ingin menjembatani kesenjangan antara kesadaran dan tindakan terkait konsekuensi lingkungan dan etika dari mengonsumsi hewan dan dampak pola makan seseorang. Dengan demikian, pesan-pesan inspiratif ditulis dalam neon di dinding warna-warni lokasi Nolita.
“Mengganggu sistem pangan kita dengan alternatif berkelanjutan adalah salah satu cara utama kita dapat membuat perbedaan nyata dalam mengurangi emisi global,” kata DiCaprio dalam sebuah pernyataan. “Pendekatan perintis Neat Burger untuk protein alternatif adalah contoh bagus dari jenis solusi yang kita butuhkan untuk bergerak maju.”***