- Brand olahraga Nike merilis iklan kampanye terbaru berupa film yang diberi judul “You Can’t Stop Us”.
- Dinarasikan oleh kapten tim putri AS, Megan Rapinoe, film ini menampilkan sekumpulan atlet elite: seperti LeBron James dan Serena William.
- Melalui film ini, Nike ingin kembali menekankan persamaan yang dimiliki oleh atlet-atlet professional di seluruh dunia.
SKOR.id - Di tengah gejolak pandemi Covid-29, Nike kembali menggaungkan tema keanekaragaman, keadilan sosial, dan kolektivisme dalam dunia olahraga.
Sepekan lalu, Nike merilis iklan terbarunya berupa film berjudul “You Can’t Stop Us” yang tayang pertama kalinya bertepatan dengan kembalinya NBA.
Film ini adalah film kampanye ketiga yang telah dirilis oleh Nike.
Dengan kapten timnas sepak bola putri AS, Megan Rapinoe, sebagai narator, film ini ingin merayakan kembali olahraga sebagai inspirasi bagi banyak orang.
Karena wabah virus corona, banyak pusat kebugaran yang tutup, stadion kosong tanpa penonton, dan kompetisi olahraga profesional ditangguhkan.
Namun situasi ini tidak menghentikan para atlet, termasuk paralimpik, untuk terus maju dan menggunakan platform mereka dalam membantu menciptakan perubahan.
Melalui aksi-aksi mereka, olahraga kembali menunjukkan seperti apa kesetaraan dalam permainan - dan bahwa masa depan yang lebih baik itu mungkin terjadi.
Dan, sejauh ini respons dari publik lumayan positif.
Sejak diluncurkan pada Kamis (30/7/2020), video iklan itu telah dilihat 20 juta kali di Twitter dan lebih dari 43 juta kali di YouTube dalam waktu sepekan.
Satu fakta menarik adalah film ini dibuat menggunakan lebih dari 4000 potongan rekaman dari 24 jenis olahraga yang menayangkan 36 pasangan atlet dengan seri split screen dinamis.
Cuplikan gerakan dari 53 atlet itu selanjutnya digabungkan sehingga memberi kesan mereka melakukan gerakan yang serupa dan berada di tempat yang sama.
Pada dasarnya semua cuplikan dalam iklan berdurasi 90 detik ini menekankan persamaan yang dimiliki oleh atlet-atlet professional di seluruh dunia.
“You Can’t Stop Us” menampilkan sekumpulan atlet, dari lokal hingga elite: Rapinoe, LeBron James, Naomi Osaka, Eliud Kipchoge, Caster Semenya, Cristiano Ronaldo, Giannis Antetokounmpo, Serena Williams, Colin Kaepernick, dan Kylian Mbappé.
Pesan lain yang juga ingin disampaikan Nike dalam kampanye kali ini adalah bahwa dunia telah berubah dan semua orang harus siap beradaptasi.
“Para pemain mungkin sudah kembali ke lapangan, tetapi kita tidak akan kembali ke normal lama (old normal). Kita perlu terus menata kembali dunia ini, menjadikannya lebih baik,” kata Rapinoe.
Nike juga memanfaatkan iklan ini untuk mengangkat isu kesetaraan dan perjuangan bagi mereka yang diperlakukan tidak adil.
“Banyak orang turun ke jalan untuk menggunakan suara mereka, dan suara mereka saat ini sedang didengar.”
“Saya mengajak semua orang untuk merasakan semangatnya lewat momen ini dan untuk tidak menyerah.”
“Saya percaya ini tanggung jawab semua orang untuk menyokong perubahan."
Rapinoe mengawali narasinya dengan kata-kata, "Kami tidak pernah sendirian, dan itulah kekuatan kami."
"Karena ketika kita ragu, kita akan bermain sebagai satu tim. Ketika kita ditahan, kita akan melangkah lebih jauh, dan lebih keras.”
“Jika kita tidak ditanggapi dengan serius, kita akan membuktikan itu salah. Dan jika kita tidak sesuai dengan olahraga, kami akan mengubah olahraga itu."
Mengakhiri siaran persnya, Nike mengklaim bahwa tanggung jawab mendukung perubahan akan selalu menjadi tujuan utama brand olahraga tersebut.
Iklan itu juga membahas krisis Covid-19, memperlihatkan gambar layar terpisah dari para pekerja mengenakan pakaian hazmat tengah menyemprot kursi-kursi stadion.
Cuplikan lain memperlihatkan para atlet berbagai olahraga berlutut saat Lagu Kebangsaan Nasional sebagai bentuk protes atas kebrutalan polisi dan ketidakadilan rasial.
"Kami tahu tidak semua hal selalu berjalan sesuai keinginan kami," Rapinoe melanjutkan.
"Tetapi apa pun itu, kita akan menemukan jalan. Dan ketika segalanya tidak adil, kita akan bersama untuk perubahan."
Dua tahun lalu Nike juga membuat gebrakan dengan kampanye "Believe In Something" yang dibintangi quarterback NFL, Colin Kaepernick, yang juga ditampilkan dalam iklan "You Can't Stop Us" kali ini.
"Tidak peduli seberapa buruknya itu, kami akan selalu kembali lebih kuat," itu kata-kata penutup dalam iklan terbaru Nike.
"Karena tidak ada yang bisa menghentikan apa yang bisa kita lakukan bersama."
Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.
Berita Entertainment Lainnya:
Ledakan di Lebanon Menyita Perhatian Kylian Mbappe dan Mohamed Salah