- 17 Januari lalu LaLiga (Liga Spanyol) merayakan ulang tahun kelima dari struktur internasionalnya.
- Sepak bola LaLiga menghibur lebih banyak orang daripada sebelumnya.
- Investasi signifikan yang dimulai pada tahun 2017 untuk melibatkan lebih banyak penggemar di seluruh dunia dan sudah membuahkan hasil.
SKOR.id - 17 Januari lalu LaLiga (Liga Spanyol) merayakan ulang tahun kelima dari struktur internasionalnya yang unik yang telah mendorong ekspansi internasional kompetisi dan menjadikan liga Spanyol sebagai referensi terkemuka dunia dalam industri olahraga dalam hal internasionalisasi.
Program LaLiga Global Network diluncurkan pada 2017, dan kini hadir di 41 negara dengan 44 delegasi, serta 11 profesional lainnya yang bekerja dari markas LaLiga di Madrid.
Komponen mendasar lainnya dari proyek internasionalisasi ini adalah 11 kantor internasionalnya dan dua usaha gabungan di Amerika Utara dan Tiongkok.
Strategi ekspansi internasional liga yang ambisius sekarang mencakup 90 negara, dan telah menjadi salah satu ciri yang mengidentifikasi pertumbuhannya; itu adalah saluran utama di mana gairah sepak bola Spanyol telah mencapai seluruh penjuru planet ini, dengan semakin banyak orang jatuh cinta dengan LaLiga dan menikmati pertandingan LaLiga setiap pekannya.
Pada acara yang diadakan di Madrid, Spanyol untuk menandai kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif LaLiga, Oscar Mayo, merefleksikan transformasi yang telah membawa LaLiga ke dimensi baru selama lima tahun terakhir.
“Lima tahun lalu, kami memulai misi ambisius untuk membawa hiburan dan emosi LaLiga ke lebih banyak penggemar di seluruh dunia dan membantu mengembangkan sepak bola sebagai olahraga di mana pun,” katanya.
“Kami sangat bangga bahwa LaLiga dan protagonis utamanya, klub, pemain, pelatih, hari ini dapat lebih dekat dengan lebih banyak orang di seluruh dunia daripada sebelumnya."
"Karenanya, ini baru permulaan, bersama dengan klub dan dengan dukungan dari mitra baru kami, CVC, kami akan memberikan dorongan besar bagi upaya internasional kami.”
Dampak dari strategi internasionalisasi ini terlihat jelas, mengingat pertumbuhan komunitas penggemar LaLiga di seluruh dunia. Faktanya, dengan 146 juta pengikutnya, LaLiga adalah kompetisi dengan jumlah pengikut terbesar dari lima liga besar Eropa.
Konten reguler dalam lebih dari 20 bahasa di 17 platform media sosial yang berbeda memastikan bahwa sepak bola Spanyol dapat didiskusikan dan diperdebatkan dalam bahasa apa pun.
Hanya dalam beberapa tahun terakhir, jumlah aktivasi internasional yang diselenggarakan oleh LaLiga telah berlipat ganda, mencapai 1.222 aktivasi di lebih dari 90 negara.
Acara semacam itu membantu menghadirkan liga Eropa yang kompetitif dan menarik bagi para pendukung dan media di luar Spanyol.
Selain itu, sebagai bagian dari tujuan LaLiga untuk berbagi pengetahuan untuk membantu sepak bola lokal tumbuh di seluruh dunia, LaLiga saat ini memiliki 37 kesepakatan dengan liga, federasi, dan lembaga lain di lebih dari 28 negara dan 24 aliansi pendidikan lainnya dengan mitra internasional dari 24 negara melalui LaLiga Business School.
“Ketika berbicara tentang penggemar sepak bola di luar Spanyol, kami selalu mengatakan bahwa kami ingin menjadi liga terpopuler kedua bagi semua orang, setelah liga lokal mereka."
"Liga nasional adalah mesin sepak bola yang sebenarnya dan itulah sebabnya LaLiga berbagi kunci kesuksesannya sendiri dengan liga, federasi, dan klub di seluruh dunia,” tambah Mayo.
Meningkatnya minat pada sepak bola Spanyol dan visibilitas yang lebih besar di lapangan telah menyebabkan peningkatan audiens global sebesar 30% sejak musim 2015/16.
Hal ini berdampak pada peningkatan sebesar 247% dalam nilai hak audiovisual internasional sejak musim 2013/14, dan peningkatan nilai merek LaLiga, dengan jumlah sponsor yang tumbuh lima kali lipat pada periode yang sama.
“Meningkatnya jumlah kemitraan komersial di seluruh dunia adalah tanda lain dari meningkatnya relevansi LaLiga dan bukti bahwa penggemar di seluruh dunia merasa lebih dekat dengan LaLiga daripada sebelumnya,” kata Mayo.
“Mitra komersial kami adalah bagian penting dari keterlibatan penggemar LaLiga dengan aktivasi di berbagai belahan dunia.”
Angka-angka tersebut mengkonfirmasi bahwa sepak bola Spanyol telah memikat penggemar dari seluruh dunia, sementara mereka juga membuktikan keberhasilan strategi ekspansi internasional yang digulirkan oleh LaLiga selama lima tahun terakhir.
LaLiga Santander dan LaLiga SmartBank memang berbasis di Spanyol, tetapi kedua liga tersebut diikuti sepenuh hati oleh para penggemar di seluruh dunia.
Pengalaman menonton adalah elemen inti lainnya dalam jangkauan global LaLiga.
Dalam beberapa tahun terakhir, LaLiga telah berinvestasi secara signifikan dalam pengalaman menonton yang terus meningkat dengan teknologi seperti drone, skycam, dan video volumetrik yang mendukung pemutaran ulang 360 derajat, dan teknologi-teknologi tersebut dapat dinikmati melalui daftar mitra siaran yang selalu berkembang dan meningkat.
“Kami sedang dalam perjalanan yang menyenangkan untuk menghibur orang-orang di seluruh dunia."
"Kami akan terus membuat terobosan-terobosan untuk menghadirkan hiburan luar biasa kami bagi penggemar sepak bola Spanyol di mana pun, dan untuk memperkenalkan kompetisi kami kepada lebih banyak orang di mana pun. Kami benar-benar baru memulai,” tutup Mayo.
Baca Juga Berita Liga Spanyol Lainnya:
Paco Gento Meninggal Dunia, Sebagian Besar Keluarganya Mengabdi di Real Madrid
Karim Benzema Tak Masuk FIFA FIFPro World XI, Agennya Ngamuk di Twitter