SKOR.id - Tak bisa dielakkan lagi, NBA saat ini adalah bagian dari budaya hip hop. Pengaruh hip hop di NBA telah menambahkan sesuatu yang lebih penting ke dalam permainan. Sesuatu itu, singkatnya adalah kesombongan.
Seperti diketahui, hip hop adalah budaya yang lahir dari musik rap. Dan, kebanyakan isi lagu dari para rapper adalah menceritakan kesombongan menjadi yang terbaik. Kesombongan berarti tidak bisa puas dengan hanya menjadi yang kedua.
Satu-satunya hal yang penting dari kesombongan adalah memiliki kesombongan yang paling besar. Artinya, hanya juara NBA atau menjadi MVP liga, yang bisa memiliki kesombongan paling besar.
Hal itu telah membuat semua perbedaan dalam cara pendekatan pemain NBA ke dalam permainan.
Mungkin Anda mengenal istilah Swagger dalam budaya hip hop. Ya, istilah itu mengartikan sebagai yang terbaik. Bukan hanya secara individu, tetapi tim. Kesombongan telah menghapus keegoisan yang sebelumnya merupakan hal lumrah di NBA.
Lantas, sejak kapan sebenarnya NBA dan hip hop mulai saling terkait? Berikut ulasannya:
Pengaruh Streetball
Merek footwear AND1 pernah menggemparkan dunia bola basket dan industri sepatu saat mereka membuat Skip Tape yang merupakan highlight dari streetballer Rafer Alston.
Rekaman itu diatur dengan soundtrack hip hop yang diambil di Rucker Park. Skip Tape ternyata begitu banyak digemari dan akhirnya AND1 memutuskan untuk memproduksi lebih banyak.
Lalu, dibuat lah Tur Musim Panas AND1 tahunan. Tur tersebut menarik para streetballer berbakat sebagai talenta untuk masuk ke dalam rekaman yang akan datang.
Seiring waktu berjalan, tur tersebut mampu menyaingi popularitas dari NBA. Bahkan, acara streetball AND1 yang ditayangkan di ESPN menjadi salah satu acara dengan rating tertinggi di channel tersebut pada periode 2002-2008.
Beberapa tahun sebelum kesuksesan AND1, pada tahun 1996, Allen Iverson berhasil menembus NBA. Ketika streetball membantu memadukan budaya hip hop dan NBA, Iverson berdiri sebagai wajah dari perubahan ini dengan gaya otentik yang dipopulerkannya.
“Saya berpakaian seperti orang-orang dari lingkungan sekitar. Saya tidak akan memakai jas untuk pertandingan bola basket. Saya tidak pernah memakai setelan jas ke taman,” kata Iverson, seperti dikutip The Players Tribune.
Dengan Iverson di pucuk pimpinan, tahun 2000-an adalah titik balik bagi NBA. Pemain yang memasuki liga bola basket tertinggi di Amerika Serikat itu tumbuh dalam budaya hip hop dan membawanya ke dalam permainan. Iverson adalah katalisator revolusi gaya NBA sehingga pada tahun 2005, komisaris David Stern menerapkan kebijakan kontroversial dalam berpakaian untuk pemain NBA. Gaya hip hop seperti kemeja tanpa lengan, celana pendek, serta perhiasan tidak boleh ada. Sedangkan mantel olahraga, sepatu, dan kaus kaki dipersilakan untuk digunakan.
Melihat NBA saat ini, memperjelas bahwa kebijakan berpakaian tidak berhasil menghilangkan ikatan antara hip hop dan NBA. Sebagian karena daya tarik hip hop itu sendiri. Hip hop telah menjadi budaya global dengan sendirinya, menyerap musik, bahasa, film, televisi, mode, dan sebagainya. Ini adalah industri bernilai miliaran dolar dengan kekuasaan atas budaya populer.
Di NBA saat ini, landasan budaya merek hip hop tidak dapat dipisahkan. Hal ini tidak hanya muncul saat dibawa pemain ke dalam game, tetapi juga dalam pengalaman merek yang telah dirancang oleh NBA untuk dirinya sendiri.
Bisnis Menggiurkan
Perpaduan antara budaya hip hop dan NBA ternyata juga menjanjikan bisnis yang menggiurkan. Menyusul, perpaduan keduanya mampu membangun afinitas yang kuat antara penggemar dan NBA.
Sebut saja rapper ternama Jay Z, yang rela merogoh koceknya hingga 1 juta dollar AS untuk berinvestasi di New Jersey Nets pada 2004. Itu menjadi persilangan besar bagi dua budaya masa depan yang membuat popularitas keduanya semakin besar.
Meski akhirnya, Jay Z pada 2013 menjual sahamnya di Nets, namun tetap masih punya bagian di Barclays Center yang menjadi markas Nets dalam menjamu lawan-lawan mereka di NBA.
Sementara Jay Z tidak lagi memiliki bagian dari Nets, perusahaannya Roc Nation Sports saat ini mewakili banyak atlet yang di antaranya megabintang NBA saat ini Kyrie Irving dan Kevin Durant untuk beberapa brand.
Musisi rap lainnya yang terkait langsung dengan NBA adalah Big Sean yang pada 2020 diangkat sebagai Direktur Kreatif Inovasi untuk Detroit Pistons. Selain itu, ada pula lagu hit dari grup hip hop Amerika, Migos, yaitu Stir Fry yang menjadi lagu resmi All Star Weekend 2018. Pun dengan Drake yang merupakan pendukung setia Toronto Raptors, tim asal kampung halamannya.
Bukan hanya rapper yang masuk ke NBA, tapi pemain NBA juga ada yang punya bakat untuk menyanyi rap. Sebut saja Shaquille O’Neal, Damian Lillard, Iman Shumpert, serta LeBron James.
Bintang NBA sebelumnya pun menjadi duta yang baik untuk alat pemasaran sebuah brand. Sebut saja Walt Clyde Frazier, yang menjadi pemain NBA pertama yang menandatangani kesepakatan dengan footwear yaitu Puma. Pada era 90-an model Frazier begitu laris.
Michael Jordan juga demikian. Kita tahu, sepatu Nike merek Air Jordan menjadi salah satu sneaker paling ikonik dan laris di dunia.
Hal tersebut semakin menegaskan begitu dekatnya budaya hip hop dalam lingkungan NBA.