SKOR.id – Merek athleisure asal Italia yang kini sudah diambil alih produsen Korea Selatan, FILA, memperluas cakrawalanya dengan memproduksi merek FILA+.
Ini merupakan lini baru yang mengambil pakaian olahraga klasik dari merek tersebut dan menyuntikkannya dengan sentuhan kontemporer.
Untuk upaya ini, merek FILA+ telah merekrut pendiri Palace (merek apparel olahraga skateboard asal London), Lev Tanju, untuk menjabat sebagai direktur kreatif dari lini tersebut.
FILA+ akan menawarkan pakaian dan aksesori yang mendekati beberapa siluet klasik FILA dengan sentuhan segar dan bahan terkini.
Merek tersebut berusaha untuk menata kembali pakaian olahraga melalui lensa desain modern.
Tanju, yang meluncurkan merek skate Palace pada tahun 2009 lalu, dilirik oleh FILA karena pengaruh kreatifnya dalam produk-produk streetwear.
Dan juga, karyanya dalam kolaborasi dengan nama-nama besar lainnya dalam bidang pakaian olahraga dan fashion.
Pada masa lalu, Palace pernah mengerjakan koleksi bersama Ralph Lauren, Adidas, Reebok, New Balance, dan banyak lagi.
“FILA memiliki sejarah yang kaya dan menakjubkan selama lebih dari seratus tahun. Saya terpesona oleh betapa luasnya arsip tersebut, dan menyukai semuanya,” ujar Tanju pekan lalu.
“Kisah Pierluigi Rolando (direktur kreatif orisinal FILA), dorongannya terhadap inovasi, dan kemajuan inovatifnya benar-benar menginspirasi saya,” Tanju menambahkan.
“Saya juga menyukai seluruh tim FILA Italia, mereka sangat tulus dan seperti sebuah keluarga,” kata Tanju.
Untuk FILA+, Tanju telah mengerjakan ulang logo mereknya untuk menampilkan warna-warna baru yang lebih mencerminkan bendera Italia.
Ia menggunakan warna merah yang lebih cerah dan mengganti warna hitam dengan hijau.
Tanju menyatakan bahwa dirinya ingin warisan Italia yang kaya dari FILA menjadi inti dari FILA+.
“Pendekatan berpikiran maju Tanju selaras dengan misi kami untuk berinovasi, sekaligus menghormati warisan FILA sebagai merek olahraga premium,” kata Presiden Merek Global FILA, Todd Klein.
“Kemitraan ini menekankan ambisi berkelanjutan FILA untuk menjadi pemimpin dalam Industri pakaian olahraga, dan dedikasi kami untuk menarik basis konsumen setia baru,” ia menambahkan.
FILA+ akan didistribusikan secara global melalui toko online maupun fisik. Koleksi pertamanya diharapkan akan dirilis pada akhir bulan Januari 2024 ini.