SKOR.id – Sepak bola dalam Piala Dunia Wanita 2023 di Australia dan Selandia Baru menampilkan segala macam gaya dan skill olah bola para pemainnya.
Pihak penyelenggara pun tentunya mengharapkan ratusan juta di dunia menonton turnamen akbar sepak bola wanita yang dimulai sejak 20 Juli 2023 tersebut.
Dengan potensi penonton yang besar dan outfit yang sekarang begitu modis, jersey dan perlengkapan sepak bola para pemain juga diharapkan bisa menjadi bahan pembicaraan penggemar sepak bola.
Daniel-Yaw Miller, editorial senior majalah online Business of Fashion mengatakan, sekarang sudah lebih banyak upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas perlengkapan tim sepak bola wanita.
“Belum lama ini tim wanita profesional harus puas dengan mengenakan perlengkapan kebesaran dan tidak pas yang sebenarnya dirancang untuk tim pria,” kata Miller.
“Penonton yang meningkat berarti lebih banyak perhatian pada olahraga, dan mitra komersial, seperti produsen kit, akan meningkatkan kualitas produk mereka,” ia menambahkan.
Gebrakan terbesar di kalangan fesyen telah berkembang di sekitar kit timnas wanita Jamaika, yang dirancang oleh Grace Wales Bonner bekerja sama dengan Adidas.
Peragaan busana bulan Januari desainer pakaian pria Inggris-Jamaika di Paris menunjukkan para model dalam kaus sepak bola bersama detail diamante dan potongan rajutan.
Seragam tandang Jepang, dengan pola pastel tie-dye, juga makin populer. Seragam itu terjual habis dalam situs web Adidas pada minggu-minggu menjelang turnamen.
Beberapa aspek tertentu dari kit juga telah berubah, contohnya Inggris yang mengganti warna celana pendek mereka dari putih menjadi biru.
Sehingga, pemain yang sedang menstruasi tidak perlu khawatir tentang kebocoran.
Kaus tim sepak bola biasanya memiliki lebih banyak basis penggemar laki-laki, sehingga memberikan status pemujaan pada kit vintage tertentu yang bertahan hingga hari ini.
Termasuk kostum ketiga Inggris tahun 1990, "Bruised Banana" Arsenal dari tahun 1991, atau kit Kappa Manchester City dari tahun 1997.
Namun minat terhadap kit saat ini tidak ada lagi, di luar keinginan untuk mendukung tim.
Jersey telah menjadi fashion statement, termasuk bagi orang-orang yang tidak memiliki minat yang jelas pada permainan cantik tersebut.
Bersama Grace Wales Bonner, merek-merek termasuk Martine Rose, Burberry, dan Koche telah memasang kit dalam peragaan busana.
Kit sepak bola juga disertakan dalam pertunjukan pertama Pharrell Williams untuk Louis Vuitton pada bulan Juni 2023 lalu.
Desainer Jepang Nigo, yang bekerja untuk Kenzo dan A Bathing Ape, membuat kaus untuk tim Piala Dunia pria Jepang pada tahun 2022.
Selebriti termasuk Kim Kardashian dan Bella Hadid secara mengejutkan terlihat mengenakan kaus sepak bola.
Hal ini memicu tren Blokecore yang populer di TikTok, yang menempatkan kaus sepak bola berpenampilan retro sebagai pusat starter kit yang mencakup celana olahraga dan pint sebagai aksesori.
Dalam situs Depop, penelusuran untuk “kaus sepak bola antik” naik 344% dibandingkan dengan bulan Juni 2023.
Jersey AS Roma yang pernah dikenakan Kardashian, sementara itu, meningkatkan pencarian internet untuk klub Italia tersebut sebesar 2,3 juta.
Namun demikian Felicia Pennant, pendiri majalah sepak bola dan mode Season, meragukan perkembangan ini.
“Orang-orang yang mengenakan kaus sepak bola lebih merupakan gaya hidup daripada tren,” kata Pennant.
Tapi menunjuk pada desainer yang menggunakan perlengkapan sepak bola dalam karya mereka, seperti Hattie Crowther, yang membuat korset dari perlengkapan sepak bola daur ulang.
Miller mengatakan, dia melihat fashion baru kaus sepak bola dan kebangkitan sepak bola wanita sebagai awal dari sesuatu yang lebih besar.
Seperti Prada membuat pakaian luar lapangan untuk timnas Cina dalam Piala Dunia Wanita 2023.
Pennant juga mengangkat pertanyaan tentang keberlanjutan seputar pasokan kit baru yang konstan. "Apakah kita membutuhkan semua kaus ini?" dia bertanya.
“Apa yang terjadi pada yang tidak akan digunakan? Mudah-mudahan ini akan mengarah pada beberapa eksperimen menarik yang belum terjadi.”
Pennant memilih kit Jamaika sebagai favorit. “Secara gaya indah tetapi juga menjadi simbol identitas nasional.”
“Terutama bagi orang Jamaika diaspora yang ingin terhubung secara visual dengan Tanah Air mereka.”
“Saya mengatakan ini sebagai orang Jamaika sendiri. Pennant telah membeli perlengkapan kandang dan tandang.”
Desain Bonner, yang sedikit lebih pas dari kebanyakan kaus sepak bola, berpotensi menjadi pakaian klasik pertama dari tim wanita.
“Selalu merupakan pertanda baik ketika Anda melihat orang-orang mengenakan kaus untuk penggunaan biasa, di jalanan, sama sekali tidak berhubungan dengan sepak bola,” kata Miller.
“Biasanya, produsen kit menginvestasikan uang paling sedikit ke negara-negara kecil di mana mereka cenderung melihat pengembalian penjualan yang lebih kecil, jadi senang melihat tren ini berbalik arah.”
Lima Apparel Paling Menarik dalam Piala Dunia Wanita 2023
Korea Selatan (Kandang)
Kostum timnas wanita Korea Selatan berwarna merah dengan pinggiran hot pink pada bagian lengan dan leher.
Pink dan merah adalah perpaduan warna favorit fashion. Tambahkan kaus kaki hot pink yang layak untuk Barbiecore, dan itu akan menjadi kostum yang keren dalam gaya.
Jepang (Tandang)
Didesain menyerupai matahari terbenam, skema warna pink dan lilac sangat cocok untuk musim panas 2023.
Pantas saja kit away Jepang terjual habis di situs web Adidas beberapa minggu sebelum turnamen dimulai.
Nigeria (Kandang)
Kostum kandang Nigeria berwarna hijau limau dengan pinggiran putih dan hitam pada bagian lengannya.
Orang-orang mengantre di luar Niketown untuk mendapatkan kaus yang dikenakan tim putra Nigeria untuk Piala Dunia 2018. Warna hijau yang khas mendapatkan performa penuh dari kit di sini.
Jamaika (Kandang)
Kit retro tanpa gender rancangan Grace Wales Bonner, dengan garis-garis hijau kecil, sudah sangat dihargai oleh penggemar sepak bola paling modis.
Prancis (Tandang)
Kostum tandang timnas wanita Prancis ini, dengan garis-garis lukisnya yang halus, terinspirasi oleh orfisme.
Bagi yang belum familiar, orfisme merupakan gerakan seni abad ke-20 yang dipelopori oleh seniman Prancis, Robert dan Sonia Delaunay.