SKOR.id – Setelah hampir 70 tahun beroperasi sebagai pengecer barang mewah dan mitra distributor di Timur Tengah untuk lebih dari 200 merek, The Chalhoub Group meluncurkan label footwear pertamanya.
Dinamai Sirocco, merek sneaker baru ini diciptakan bekerja sama dengan perusahaan sepatu web3 orisinal Chalhoub Group, Sol3mates, dan desainer Prancis Kacimi Latamene.
Nick Vinckier, Direktur Inovasi Chalhoub Group, di sela perkenalan Sirocco belum lama ini menjelaskan mengenai misi dari perilisan Sirocco.
Menurut Vinckier, Sirocco hadir karena perusahaan ingin memperkuat dan memberdayakan potensi desain footwear (alas kaki) yang sedang berkembang.
Nantinya sneaker ini akan beroperasi di bawah payung grup Sol3mates.
“Kami memulai Sol3mates sekitar satu setengah tahun yang lalu dengan visi menjadi label sepatu masa depan,” kata Vinckier.
“Kami pertama kali meluncurkannya dengan NFT, tetapi seiring berjalannya waktu kami ingin berbuat lebih banyak.”
“Saat itulah kami menemukan Kacimi Latamene di media sosial. Ia menjadi viral dengan desain sepatu virtual 3D buatannya.
“Jadi kami menghubunginya dengan harapan bisa berkolaborasi,” Vinckier menuturkan.
Selama pembicaraannya dengan Latamene, Vinckier mengatakan, menjadi sangat jelas bahwa industri alas kaki tidak berinvestasi pada desainer berbakat.
Ditambahkannya, hampir tidak ada konsumen yang mengetahui siapa sebenarnya yang membuat sepatu favorit mereka di label yang lebih besar.
“Para desainer ini sering ditempatkan di bilik di sudut dan tidak diberi imbalan finansial atas ide-ide mereka,” Vinckier menambahkan.
“Kami berharap dapat mengubahnya melalui model bisnis baru ini, di mana Sol3mates adalah untuk para desainer seperti halnya label rekaman bagi artis musik.”
Lebih khusus lagi, Sol3mates berfungsi sebagai platform visioner bagi para desainer sepatu indie untuk mewujudkan visi kreatif mereka.
Inisiatif ini bertujuan untuk memecahkan kebiasaan kolaborasi merek sepatu kets tradisional dengan berbagi kepemilikan dengan para desainer.
Masing-masing kreator menerima komisi yang besar serta wewenang untuk menciptakan apa pun yang mereka inginkan.
Hal ini memungkinkan seniman untuk fokus pada karya kreatif dan komunitas mereka, sementara Sol3mates mengelola semua aspek lainnya.
Sirocco adalah merek pertama dari proyek ini, dengan harapan dapat merekrut desainer lain di masa depan untuk bersama-sama membuat label mereka sendiri.
“Kami sedang melakukan pembicaraan dengan beberapa kreator lain saat ini, namun untuk saat ini Sirocco adalah fokus utama kami,” kata Vinckier.
Untuk debutnya, peluncuran perdana Sirocco akan menampilkan satu model sneaker dengan harga 340 dolar AS (Rp5,2 juta) dalam dua warna, Blanc dan Noir.
Rilisan ini akan dibuat berdasarkan pesanan untuk menghindari pemborosan, dengan batas total 500 pasang, atau 250 untuk setiap jalur warna.
Setiap pasang sepatu akan dilengkapi dengan tag komunikasi jarak dekat (NFC), yang memfasilitasi klaim kepemilikan dan verifikasi keaslian.
Fitur ini menjadikan setiap sneaker diberi nomor unik dan diverifikasi di blockchain.
Sedangkan untuk desain sepatunya, Latamene terinspirasi oleh karya-karya dari arsitek sekaligus seniman Zaha Hadid.
“Jika Anda melihat desain sepatunya, Anda dapat melihat petunjuk dan referensi ke salah satu bangunan Hadid di Sharjah di UEA, gedung Beeah,” kata Vinckier.
Ditambah lagi, nama “Sirocco” mengacu pada salah satu dari delapan angin Mediterania yang berasal dari Sahara dan dapat mencapai kecepatan badai di Afrika Utara dan Eropa Selatan.
“Itu merupakan sebuah penghormatan kepada asal usul desainer Maroko. Jadi Anda juga bisa melihat pergerakan angin pada desain ini.”
Sirocco sekarang tersedia untuk pre-order dalam situs Sirocco1.xyz hingga 10 Maret 2024. Konsumen akan mulai menerima pesanan mereka pada Mei 2024.
Pelanggan yang melakukan pemesanan di muka akan disuguhi Sol3mates Membership Pass (OG NFT) senilai 55 dolar AS (Rp850.000).
Sehingga membuka serangkaian manfaat komunitas mulai dari diskon untuk produk di masa mendatang dan pengiriman gratis, hingga hadiah sneaker bulanan dan akses eksklusif.
Menurut Vinckier, 5 persen dari pendapatan pre-order akan disalurkan kembali ke pemilik Sol3mates NFT.
Pemilik Sol3mates OG NFT tersebut akan menikmati potongan harga pre-order sebesar 80 dolar AS, bersama dengan pengiriman gratis ke seluruh dunia.
Untuk melengkapi peluncuran sneaker pertamanya, Latamene juga akan menawarkan T-shirt dan hoodie pada peluncuran perdananya, sebagai preview koleksi pakaian Sirocco di masa depan.
Peluncuran merek baru Sirocco oleh Kacimi Latamene dan Sol3mates diperkirakan terselenggara pada akhir tahun 2024.
Peluncuran kedua akan mencakup kehadiran di pengecer terpilih seluruh dunia, seperti Level Shoes milik Chalhoub Group di Dubai, Gallery Meksiko, dan Atmos Jepang.