SKOR.id - Kaya, berpengaruh, dan sangat terkenal, tidak mengherankan jika pembalap Formula Satu menjadi target utama para sponsor yang ingin menyebarkan berita mengenai produk dan layanan mereka.
Yang menarik, para pembalap F1 itu juga menambah kekayaan mereka dengan setiap penyebutan sponsor di postingan media sosial mereka, apakah itu tentang balapan, latihan, atau hanya kehidupan glamor yang mereka jalani.
Tetapi berapa banyak driver seperti Lewis Hamilton dan Max Verstappen dibayar untuk postingan mereka di Instagram?
Pakar dari Rant Casino menganalisis data dari Influencer Marketing Hub, sumber daya global di media sosial, untuk menentukan potensi penghasilan para pembalap F1, dengan mempertimbangkan kekuatan pemasaran mereka, jumlah pengikut, interaksi postingan, dan pembagian postingan.
Berikut peringkat enam pembalap F1 teratas di daftar kekuatan media sosial mereka.
6. Sergio Pérez
Pengikut Instagram: 5,5 juta
Penghasilan per postingan: sekitar US$18.400
Ini akan menjadi musim F1 yang penuh tantangan saat pembalap Red Bull asal Meksiko itu akan berhadapan langsung dengan rekan setimnya, Max Verstappen.
Sergio Pérez, 33, memiliki jumlah penggemar yang relatif kecil, tapi setia yang tidak mengejutkan didominasi oleh sesama orang Meksiko. Dia memiliki 5,5 juta follower Instagram, dengan perkiraan kekuatan penghasilannya sekitar US$18.400 per pos yang bersponsor.
Mimpinya untuk menembus F1 setelah dilarang mengemudi di Meksiko saat remaja, menurut media Inggris, adalah impian Pérez. Laporan itu juga menyebutkan bahwa, di usia 14, Pérez mendekati miliarder Carlos Slim untuk membantu mendanai impian balapannya dan sejak itu dia berhasil masuk ke F1.
5. Lando Norris
Pengikut Instagram: 6 juta
Penghasilan per postingan: sekitar US$20.000
Perkiraan pendapatan media sosial milik Lando Norris adalah mencapai angka US$20.000 per postingan Instagram. Pembalap berdzrah Belgia-Inggris ini berkompetisi di bawah bendera Inggris dan mengukir sejarah pada 2019 sebagai pembalap F1 Inggris termuda, menurut Autocar.
Pembalap 23 tahun itu lahir di Bristol dan telah dikaitkan dengan Ferrari dan Red Bull. Namun pembalap McLaren itu menegaskan bahwa dia adalah bagian dari tim untuk jangka panjang, lapor F1 Briefings.
Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai sekitar US$25 juta, menurut beberapa laporan.
4. Carlos Sainz Jr.
Pengikut Instagram: 6,4 juta
Penghasilan per postingan: sekitar US$21.000
Pembalap Ferrari berusia 28 tahun itu berada di posisi keempat untuk potensi penghasilan tertinggi di media sosial. Dengan 6,4 juta pengikut di Instagram, pria Spanyol ini diperkirakan menghasilkan sekitar US$21.000 per postingan bersponsor.
Berbagai laporan menyebutkan kekayaan bersihnya sekitar US$47 juta. Menurut Daily Star, kontrak dua tahunnya dengan Ferrari yang ditandatangani pada 2022 menempatkan gajinya sebesar US$11,6 juta per tahun untuk dua musim berikutnya.
3. Max Verstappen
Pengikut Instagram: 9,6 juta
Penghasilan per postingan: hingga US$32.500
Juara bertahan F1 dan pemimpin kejuaraan 2023 juga adalah pembalap Red Bull, Max Verstappen, yang berada di peringkat ketiga di antara pembalap F1 untuk kekuatan penghasilan media sosial. Menurut laporan tersebut, dia dapat mengenakan biaya hingga US$32.500 per unggahan Instagram.
Menurut Forbes, pembalap asal Belanda itu adalah pembalap F1 dengan bayaran tertinggi pada tahun 2022, dengan gaji, kemenangan, dan bonus sebesar US$60 juta. Dari jumlah itu, diperkirakan ia menghasilkan sekitar US$2 juta dari kesepakatan sponsor. Pada bulan Februari, bintang balap berusia 25 tahun itu mengumumkan kesepakatan dengan Heineken, sementara sponsor lainnya termasuk Jumbo dan G-star Raw.
2. Charles Leclerc
Pengikut Instagram: 10,3 juta
Penghasilan per postingan: sekitar US$34.000
Berasal dari Monaco, Charles Leclerc menjadi pembalap termuda kedua yang start dari posisi terdepan saat balapan Formula Satu ketika dia melakukannya di Grand Prix Bahrain 2019.
Sejak saat itu, pembalap 25 tahun ini terus memantapkan diri sebagai lawan yang tangguh, mengokohkan namanya sebagai salah satu pembalap paling kompetitif.
Dengan kekayaan bersih sekitar US$125 juta, menurut berbagai sumber, kekuatan penghasilannya di media sosial juga besar, dengan penghasilan sekitar US$34.000 per postingan. Beberapa sponsor terbesarnya termasuk pembuat jam tangan Richard Mille, Giorgio Armani, dan APM Monaco.
1.Lewis Hamilton
Pengikut Instagram: 32 juta
Penghasilan per postingan: hingga US$107.500
Pembalap tim Mercedes dan juara dunia tujuh kali asal Inggris, Lewis Hamilton menempati posisi pertama sebagai pembalap F1 dengan potensi penghasilan tertinggi di media sosial.
Menurut Rant Casino, dia dapat menghasilkan hingga US$107.500 per postingan yang bersponsor. Forbes menyebutnya sebagai atlet paling laris dalam olahraga dan memperkirakan bahwa ia menghasilkan US$55 juta dalam bentuk kemenangan dan US$8 juta untuk sponsorship pada tahun 2022.
Kesepakatan sponsor utamanya adalah dengan Mercedes-Benz, Tommy Hilfiger, Monster Energy dan Puma. Dia juga seorang fashionista dan secara teratur mempromosikan merek dan desainer besar, baik di vent sosialnya maupun pada pakaian yang dia kenakan sendiri.***