- Berdasarkan survei Nielsen, dua episode terakhir The Last Dance tembus rata-rata 5,9 juta penonton.
- The Last Dance raih jumlah penonton terbesar untuk serial dokumenter yang ditayangkan stasiun televisi berbayar.
- Sukses The Last Dance membuat ESPN berencana terus memproduksi serial dokumenter atlet-atlet top lainnya.
SKOR.ID - Serial dokumenter Michael Jordan, The Last Dance, telah menayangkan dua episode terakhirnya pada 16-17 Mei 2020 malam waktu Amerika Serikat (AS).
Penayangan bagian ke-9 dan 10 The Last Dance mendapat respons sangat positif dari fan basket dunia, khususnya pengagum Michael Jordan dan Chicago Bulls.
Pasalnya, seperti diberitakan oleh ESPN, dua episode final dokumenter tersebut meraih rata-rata penonton mencapai 5,9 juta pasang mata, berdasarkan survei Nielsen.
Berita The Last Dance Lainnya: The Last Dance Episode 7-8 Ungkap Sisi Gelap Michael Jordan
Selama lima pekan pemutaran The Last Dance di kanal ESPN dan ESPN2, rata-rata penonton per episodenya mencapai 4,9 hingga 6,3 juta penonton.
Artinya, pemirsa terus menantikan setiap episode The Last Dance. Angka ini pun menjadi rekor terbaik untuk serial dokumentar dalam stasiun televisi berbayar.
"Konten luar biasa dari seri ini telah melampaui batas kultural dan jadi perbincangan jauh di luar ekspektasi ESPN," ujar Connor Schell, wakil presiden eksekutif untuk konten ESPN.
Jumlah penonton yang tersebut di atas belum termasuk penggemar yang menonton siaran ulang The Last Dance atau melalui rekaman video digital (DVR).
Dengan keberhasilan The Last Dance, pihak ESPN berencana untuk kembali membuat serial dokumenter dari atlet-atlet dunia lain.
Beberapa yang masuk ke dalam daftar ESPN berikutnya adalah mantan pembalap sepeda AS Lance Armstrong serta legenda bela diri cum aktor, Bruce Lee.
ESPN berambisi dapat membangkitkan tren menonton serial dokumenter yang mendidik sekaligus menghibur setiap akhir pekan kepada penikmatnya.
Berita The Last Dance Lainnya: Horace Grant Sebut Michael Jordan Berbohong di Film The Last Dance
The Last Dance pertama kali tayang di ESPN pada 19 April 2020 yang mengupas profil Michael Jordan sebagai salah satu legenda dan ikon olahraga dunia.
Sejak penayangan perdana tersebut, jumlah penonton setia serial dokumenter tersebut semakin bertambah.
Bahkan efek The Last Dance tidak hanya mempengaruhi rating ESPN, tetapi juga penjualan berbagai merchandise seputar Michael Jordan dan Chicago Bulls.
Penjualan sneakers (sepatu) seri Air Jordan langsung meroket seiring pemutaran episode khusus tentang kerja sama sepatu signature Michael Jordan dengan Nike itu.