10 Bek Tengah Termahal di Dunia

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Searah jarum jam dari kiri belakang: Virgil van Dijk, Josko Gvardiol, Wesley Fofana, Matthijs de Ligt, dan Harry Maguire masuk dalam daftaar 10 bek tengah termahal di dunia saat ini. (Hendy AS/Skor.id)
Searah jarum jam dari kiri belakang: Virgil van Dijk, Josko Gvardiol, Wesley Fofana, Matthijs de Ligt, dan Harry Maguire masuk dalam daftaar 10 bek tengah termahal di dunia saat ini. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id – Josko Gvardiol sudah menjadi pemain Manchester City setelah juara Liga Champions dan Liga Inggris musim lalu itu menyerahkan hampir 100 juta euro ke klub Liga Jerman RB Leipzig. 

Harga tersebut membuat pemain internasional Kroasia itu menjadi bek tengah termahal dalam sejarah sepak bola dunia. Pun begitu, harga selangit tidak lantas menjamin sang defender cocok bermain di klub barunya. 

Berikut 10 bek tengah termahal di dunia berikut nasibnya setelah menyandang status mentereng tersebut:

1. Josko Gvardiol – 90 Juta Euro dari RB Leipzig ke Manchester City

Resmi bergabung ke Man City pada Sabtu (5/8/2023) lalu, bek berusia 21 tahun itu akan bergabung dengan Ruben Dias, John Stones, Manuel Akanji, dan kawan-kawan, untuk melengkapi lini pertahanan impian pelatih Pep Guardiola. 

Gvardiol dipuji berkat performa impresifnya pada Piala Dunia 2022 di Qatar, menjadi salah satu bek terbaik di turnamen dan menang di setiap laga hingga permainan bersejarah Lionel Messi, yang mungkin membantu sahabatnya Pep dengan menurunkan harga. 

Jelas bahwa posisi bek tengah menjadi lebih penting dalam sepak bola saat ini. Itulah mengapa tim-tim rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk mendapatkan bek tengah hebat.

2. Harry Maguire – 87 Juta Euro dari Leicester City ke Manchester United 

Meski menjadi bahan meme dan ejekan, mantan kapten Setan Merah itu sangat dihargai ketika baru tiba di Old Trafford. Sedemikian hebatnya bek tengah internasional Inggris itu sehingga Manchester United membayar 87 juta euro ke Leicester pada musim panas 2019. 

Saat ini, nilai pasar Harry Maguire hanya 20 juta euro, jauh di bawah jumlah yang dibayarkan Man United yang saat itu dilatih oleh Ole Gunnar Solskjaer yang mempercayainya hingga menjadikannya bek tengah termahal dalam sejarah waktu itu. 

Namun, Erik Ten-Hag kini tidak lagi mengandalkannya. Awalnya adalah kedatangan Lisandro Martinez dan Raphael Varane, ditambah fakta bahwa pelatih asal Belanda itu telah mengambil ban kapten dari mantan bek Sheffield United itu. Semuanya mengindikasikan bahwa dia akan meninggalkan Old Trafford musim panas ini.

3. Matthijs de Ligt – 85,5 Juta Euro dari Ajax ke Juventus 

Bek tengah internasional Belanda tersebut diincar banyak tim elite Eropa pada bursa musim panas 2019. Musim 2018-2019 spektakuler bagi AFCAjax dan De Ligt menjadi salah satu pemain yang paling menonjol bersama Frenkie De Jong hingga Donny van de Beek. 

Kemenangan 4-1 di Santiago Bernabeu dan melaju ke semifinal Liga Champions 2018-2019 membuat para pemain ini menjadi sorotan bagi banyak klub Eropa. 

Juventus FC yang memang tengah membutuhkan bek tengah berhasil mengalahkan FC Barcelona dan pesaing lainnya usai menyerahkan 85,5 juta euro kepada Ajax. Kesepakatan itu resmi diresmikan pada 18 Juli 2019. 

Namun, performa bek muda itu tidak sesuai keinginan. Alhasil The Old Lady lantas menjualnya ke Bayern Munchen pada 2022.

4. Virgil van Dijk –  84,65 Juta Euro dari Southampton ke Liverpool

Pemain internasional Belanda itu adalah bek tengah yang membuka larangan pembayaran selangit terhadap para bek. Rekor saat itu dipegang oleh John Stones ketika dia menandatangani kontrak dengan Manchester City seharga 55,6 juta euro.

Namun, harga Van Dijk saat didatangkan Liverpool FC dari Southampton FC pada transfer musim dingin, Januari 2018, hampir 30 juta euro lebih tinggi. The Saints pun menambah pundi-pundi sedangkan lini belakang The Reds kian menakutkan dengan datangnya “raksasa” asal Breda. 

Dengan kepemimpinan Virgil van Dijk di belakang, Liverpool pun merasakan kembali gelar Liga Inggris pada musim 2019-2020 dan sebelumnya Liga Champions 2018-2019. 

5. Wesley Fofana – 80,4 Juta Euro dari Leicester City ke Chelsea 

Bek yang kini baru berusia 22 tahun itu menandatangani kontrak dengan Chelsea pada akhir Agustus 2022. The Blues membayar 80,4 juta euro kepada Leicester City yang sepertinya tahu benar bagaimana cara menjual bek tengahnya dengan sangat baik (United membayar 87 juta untuk Maguire pada 2019). 

Penampilan Fofana bersama tim asal London itu buruk musim lalu. Bek asal Prancis itu juga mengalami cedera berulang kali. Terakhir, Fofana mengalami cedera tulang paha saat pramusim yang mengharuskannya menjalani operasi, beberapa pekan lalu. 

Situasi ini akan membuatnya tetap di tribune selama beberapa bulan. Chelsea dan publik kini harus menunggu untuk melihat apakah cederanya bisa pulih total sehingga bek tengah dari Marseille itu mampu menunjukkan potensi besar yang diharapkan darinya.

6. Lucas Hernandez – 80 Juta Euro dari Atletico Madrid ke Bayern Munchen 

Pada 27 Maret 2019, Bayern Munchen mengumumkan akan membayar klausul 80 juta euro bek tengah Prancis itu, ke Atletico Madrid. Penampilan hebat bersama tim arahan pelatih Diego Simeone membuat Lucas Hernandez kemudian mencapai puncak karier di Eropa bersama The Bavarians. Ia mampu memenangi beberapa gelar di Munchen, termasuk Liga Champions 2020. 

Musim panas ini, Lucas Hernandez dia telah pergi ke Paris Saint-Germain (PSG) seharga 45 juta euro, yang mengakhiri masa empat tahun di Jerman yang digambarkan sebagai hal positif baginya dan untuk klub Jerman, meskipun kepergiannya penuh kontroversi.

7. Ruben Dias – 71,60 Juta Euro dari Benfica ke Manchester City 

Saat pandemi Covid-19 melanda dunia sehingga Liga Champions harus dimainkan hanya sekali dan di satu tempat, Manchester City merekrut bek asal Portugal itu atas permintaan Pep Guardiola. 

Ruben Dias resmi milik Man City pada 27 September 2020. Sebenarnya transfer itu sudah sangat terlambat karena periode pasar diperpanjang akibat virus. Saat itu, City memang sedang membutuhkan bek tengah. 

Sehari sebelum transfer diresmikan, Man City bahkan takluk 2-5 dari Leicester sehingga Guardiola tak segan-segan mempercepat operasi yang sudah berjalan. 

Bek yang kini baru berusia 26 tahun itu menandatangani kontrak selama enam musim dan langsung menjadi pemimpin lini pertahanan Man City. 

Pada musim 2020-2021, Dias mendapatkan sejumlah penghargaan elite, di antaranya FWA Footballer of the Year, PFA Premier League Team of the Year, Manchester City Player of the Year, Premier League Player of the Season, UEFA Champions League Defender of the Season, dan UEFA Champions League Squad/Team of the Season (masuk lagi pada musim 2022-2023).

Musim 2022-2023 lalu, Ruben Dias menjadi salah satu pemain kunci Man City yang untuk kali pertama merebu trofi Liga Champions. 

8. Matthijs de Ligt –  67 Juta Euro dari Juventus ke Bayern Munchen 

Matthijs de Ligt menjadi satu-satunya bek tengah yang muncul dua kali dalam daftar termahal saat ini. Statistiknya di Juventus naik-turun sehingga meskipun mengeluarkan 85,5 juta euro saat mendatangkanya, La Vechia Signora akhirnya melepas De Ligt ke Munchen “hanya” dengan 67 juta euro. 

Pilihan De Ligt ke Munchen tidak salah karena gaya bermain Die Bayern dan sepak bola Jerman cocok dengannya. Itulah sebabnya di Allianz Arena, De Ligt sepertinya telah menemukan zona nyamannya. 

Permainan Bayern juga jauh lebih mirip dengan Ajax daripada sistem di Juve. Demikian pula dengan perbedaan gaya antara Calcio dan Bundesliga.

9. Aymeric Laporte – 65 Juta Euro dari Athletic Club ke Manchester City 

Pemain berdarah Spanyol-Prancis itu menjadi bek tengah ketiga dalam daftar central defender termahal yang didatangkan Manchester City. 

Sejak kedatangan Guardiola, Sky Blues terus pergi ke pasar untuk mencari bek yang dirasa ideal bagi pelatih asal Barcelona, Spanyol, itu. 

Kesepakatan dengan Laporte diresmikan pada 30 Januari 2018, saat batas akhir bursa musim dingin. Saat itu, Man City harus membayar klausul 65 juta euro yang dipatok Athletic Bilbao untuknya. 

Setelah memantapkan diri sebagai starter dan bagian penting dalam skema Man City, Laporte ikut membantu klubnya itu merebut banyak gelar. 

Namun mimpi buruk berupa cedera lutut pada tahun lalu, membuat Laporte absen dari kompetisi selama lebih dari dua bulan. Sial baginya, Man City tidak merasa membutuhkannya dan Laporte mulai kehilangan tempat di starting eleven

Musim lalu, Man City memenangi treble yang telah lama ditunggu-tunggu namun di sisi lain masa depan pemain internasional Spanyol itu di Etihad mulai diragukan.

10. Lisandro Martinez – 57,37 Juta Euro dari Ajax ke Manchester United

Bek tengah asal Argentina itu tiba di Old Trafford pada bursa transfer musim panas tahun lalu—tepatnya 27 Juli 2022—untuk memperkuat pertahanan Manchester United. 

Pernah bersama Ten Hag di Ajax Amsterdam membuat Martinez langsung direkomendasikan pelatih berkepala plontos itu untuk bergabung saat ada kesempatan. 

Pada musim pertamanya, Martinez menjadi salah satu kunci kemajuan Setan Merah. Dia mengambil tempat Maguire dan bersama Varane (yang dibeli dari Real Madrid), mereka menjadi pasangan yang sangat andal hingga merebut tempat ketiga di Liga Inggris msim lalu untuk kembali ke Liga Champions. 

Keberhasilan Martinez dalam memenangi Piala Dunia 2022 di Qatar bersal La Albiceleste, makin menambah kepercayaan klub terhadapnya. 

Tinggi Lisandro Martinez yang hanya 1,75 meter selalu memunculkan pertanyaan apakah ia dapat bermain baik sebagai bek tengah. Namun, untuk saat ini jelas bahwa perekrutannya berhasil dan harganya yang masuk dalam daftar bek tengah termahal, bakal dibenarkan.

RELATED STORIES

Juventus Tolak Tawaran Pertama Bayern Munchen untuk Matthijs de Ligt

Juventus Tolak Tawaran Pertama Bayern Munchen untuk Matthijs de Ligt

Tawaran pembuka Bayern Munchen untuk Matthijs de Ligt ditolak Juventus, namun negosiasi masih berlanjut.

Harry Maguire Bukan Kapten Manchester United Lagi

Harry Maguire Bukan Kapten Manchester United Lagi

Erik Ten Hag memutuskan untuk mencopot ban kapten dari Harry Maguire, yang memperkuat sinyal sang pemain bakal segera dijual.

Manchester City Datangkan Josko Gvardiol, Panggilannya The Little Pep

Josko Gvardiol bergabung ke Manchester City dan rencananya akan diperkenalkan pada Sabtu (5/8/2023) ini.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

tiga pemain australia yang perlu diwaspadai

Timnas Indonesia

Trio Australia yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia, Ada Winger Bayern Munchen

Timnas Indonesia bersiap menjamu Australia pada laga kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (10/9/2024).

Teguh Kurniawan | 07 Sep, 21:07

Dengan reputasi, pengalaman, dan kemampuannya, Didier Deschamps masih sangat pantas menjadi pelatih Timnas Prancis. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR SPECIAL

Mengapa Timnas Prancis Masih Percaya Didier Deschamps

Kendati dibekap Italia, ada sejumlah faktor yang membuat Didier Deschamps masih pantas menangani Timnas Prancis.

Tri Cahyo Nugroho | 07 Sep, 19:31

Nike Dunk Low “Halloween” bukan sekadar sepatu musiman melainkan merupakan sebuah pernyataan. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Nike Dunk Low ‘Halloween’ 2024 Segera Meluncur ke Pasar

Nike Dunk Low “Halloween” yang diyakini bakal muncul pada Oktober 2024 bukan sekadar sepatu musiman.

Tri Cahyo Nugroho | 07 Sep, 16:59

Film You Gotta Believe mengajak penonton melihat drama yang menyentuh dengan unsur olahraga. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

You Gotta Believe, Film Olahraga Inspiratif yang Ramah Keluarga

You Gotta Believe mengajak penonton melihat drama yang menyentuh dengan unsur olahraga.

Tri Cahyo Nugroho | 07 Sep, 16:54

Sandro Tonali langsung tampil mengesankan bersama Timnas Italia dan Newcastle United. (Hendy Andika/Skor.id).

World

5 Hal Positif Kembalinya Sandro Tonali setelah Jalani Sanksi Kasus Judi Online

Sandro Tonali berhasil memperlihatkan dirinya mampu tetap bermain maksimal setelah absen satu tahun karena sanksi kasus judi online.

Irfan Sudrajat | 07 Sep, 16:51

hector souto timnas

National

Resmi Diperkenalkan, Hector Souto Ungkap Misinya sebagai Pelatih Timnas Futsal Indonesia

Nyaris sebulan sejak diumumkan sebagai pelatih anyar Timnas Futsal Indonesia, Hector Souto akhirnya resmi diperkenalkan, Sabtu (7/9/2024).

Teguh Kurniawan | 07 Sep, 16:39

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 14. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 14: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MPL Indonesia Season 14 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen tertinggi Mobile Legends: Bang Bang Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 07 Sep, 15:55

PMSL SEA 2024 (Hendy AS/Skor.id)

Esports

Klasemen Grand Final PMSL SEA Fall 2024 Hari Kedua

Tim Vampire Esports membuktikan kapasitas mereka dengan tampil sebagai tim terbaik di hari kedua.

Gangga Basudewa | 07 Sep, 15:54

ASEAN Club Championship. (Yusuf/Skor.id)

National

ASEAN Club Championship 2024-2025 Trophy Tour: Stefano Lilipaly dan Diego Michiels Targetkan Juara

Duo Borneo FC, Diego Michiels dan Stefano Lilipaly, hadir menyemarakkan event ASEAN Club Championship Shopee Cup 2024-2025 Trophy Tour di Jakarta.

Teguh Kurniawan | 07 Sep, 15:45

MotoGP 2024

MotoGP

Update MotoGP 2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi MotoGP 2024 dijadwalkan menggelar 42 sesi balapan dalam 21 seri yang berlangsung selama delapan bulan.

Doddy Wiratama | 07 Sep, 14:57

Load More Articles