- Persebaya Store menjadi motor atau pelopor gerakan membangun industri kreatif sepak bola nasional.
- Lewat Green Force Shopping Fest 2020, Persebaya Store berkolaborasi dengan 40 brand nasional.
- Kolaborasi positif untuk membangkitkan industri sepak bola nasional ini berlangsung hingga 19 Juni.
SKOR.id - Saat ekonomi nasional dan global terhentak dengan pandemi virus corona, sepak bola Indonesia menapak jalan baru pada 2020 ini.
Jalan baru industri sepak bola nasional tersebut dimotori Persebaya Store, yang adalah anak usaha Persebaya Surabaya sebagai klub profesional.
Mandeknya penjualan luring produk-produk Persebaya Store, disiasati dengan penjualan daring. Awalnya, ini sebagai siasat sela selama pandemi Covid-19.
Tak dinyana, upaya kreatif Persebaya Store itu mendapat sambutan hangat dari Bonek, sebutan fan Persebaya, dan pecinta sepak bola nasional.
Dampak ini pun dibawa ke ruang diskusi Persebaya Store. Dari bincang-bincang itu, muncullah ide kreatif untuk industri sepak bola nasional secara bersama-sama.
Rizal Perdana, Manajer Persebaya Store, mengisahkan, pihaknya lantas berkomunikasi dengan sejumlah perusahaan brand, berkolaborasi untuk Indonesia.
"Tujuan yang ingin dicapai ada bersama-sama membangkitkan semangat teman-teman industri kreatif," kata Rizal Perdana kepada Skor.id pada Kamis (18/6/2020).
"Saat situasi sulit seperti ini, bahwa inovasi dan kreativitas tidak boleh berhenti. Peluang yang ada masih sangat bisa untuk dimanfaatkan agar bisa survive," ia menambahkan.
Tak dinyana, niat baik Persebaya Store ini mendapat sambutan hangat dari sesama pengusaha retail yang berkecimpung di bidang sepak bola.
"Responnya sangat baik. Jujur saja, di awal kami tidak muluk-muluk. Target kami di awal 20 brand yang ikut saja sudah cukup untuk event tahun pertama," ujar Rizal.
"Namun, ternyata responnya sangat baik, bahkan dua kali lipat pesertanya, sampai 40 brand," Rizal menjelaskan dengan bersemangat.
Semangat Rizal dan segenap karyawan Persebaya Store makin tinggi, karena sambutan publik sangat positif. Seperti ada darah yang disuntikkan ke mereka.
Apalagi, kegiatan berupa belanja diskon secara online ini dibuat sebagai bagian dari perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-93 Persebaya.
Persebaya lahir pada 18 Juni 1927. Artinya, tepat hari ini, Kamis, 18 Juni 2020, usia klub dengan lambang buaya dan hiu tersebut genap 93 tahun.
Bajul Ijo, julukan Persebaya, tak ingin merayakan HUT ke-93 secara individualis. Karenanya kolaborasi jadi opsi untuk mendengungkan kebahagiaan bersama.
Karena acara yang akan berlangsung hingga 19 Juni 2020 ini mendapat sambutan hangat, kolaborasi kreatif ini tak menutup kemungkinan bakal dilanjutkan.
"Tergantung dari seluruh stake holder dalam event ini. Jika memang baik dan bermanfaat, ya, bisa kami teruskan dan dikembangkan ke depannya," Rizal memungkasi.
Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.
Shin Tae-yong: Pelatih Bukan Pesulap, Butuh Proseshttps://t.co/l22b1QZJDw— SKOR Indonesia (@skorindonesia) June 18, 2020
Berita Persebaya Lainnya:
Green Force Shopping Fest, Kolaborasi Online Persebaya untuk Indonesia
Meriahkan HUT Persebaya, GFSF Ditutup Dengan Webinar
500-an Bonek Beradu Kreasi Wong Mangap untuk HUT Ke-93 Persebaya