- Stadion Atletico Madrid telah mengalami perkembangan signifikan dalam beberapa hal.
- Dengan memperluas kemitraannya dengan Telefónica, klub akan terus meningkatkan pengalaman dalam menyaksikan sepak bola.
- Civitas Metropolitano memiliki pencahayaan, papan nama, dan jangkauan seluler yang tiada duanya.
SKOR.id - Civitas Metropolitano dengan cepat menjadi ikon sepak bola Eropa sejak dibuka pada tahun 2017.
Selain menjadi tuan rumah beberapa pertandingan Atletico Madrid yang tak terlupakan, stadion ini juga mendapat pujian karena memiliki teknologi mutakhir.
Diakui sebagai stadion Eropa pertama yang menyediakan pencahayaan LED 100 persen, kemitraan baru dengan Telefonica telah meletakkan dasar bagi teknologi terbaru untuk dimasukkan ke dalam Civitas Metropolitano, sekarang dan di masa depan.
Penerima manfaat dari ini adalah para penggemar. Klub juga melanjutkan pekerjaannya untuk menciptakan atmosfer pertandingan yang tak terlupakan.
Inti dari setiap instalasi teknologi yang sukses adalah jaringan yang memungkinkan informasi dibagikan dan penggemar tetap terhubung.
"Kami dilengkapi dengan kemampuan Wi-Fi yang sangat kuat dengan satu titik Akses Wi-Fi untuk setiap 40 penggemar lebih atau kurang," kata Rene Abril, Direktur Pengembangan Teknologi dan Digital di Atletico Madrid.
"Selain itu, kami memiliki lebih dari 120 antena seluler, jumlah yang sama dengan yang dimiliki kota berpenduduk sekitar 100.000 orang. Kami memiliki koneksi jaringan 3G, 4G, dan segera 5G yang meng-cover seluruh stadion," tambahnya.
Membawa tingkat cakupan yang tinggi memungkinkan 68 ribu penonton di stadion untuk tetap terhubung sepanjang pertandingan.
Ini adalah persyaratan yang sulit namun mendasar bagi klub.
“Pada tahun 2017 kami menetapkan tantangan untuk menyediakan para penggemar kami di stadion dengan tingkat konektivitas yang sama dengan yang mereka miliki dalam kehidupan sehari-hari," Abril.
Untuk mewujudkannya, klub telah memasang 6.700 koneksi jaringan, 165 sakelar, dan 75 node jaringan, sementara 900 TV dioperasikan dari jarak jauh di sekitar Stadion untuk memberikan informasi real-time kepada para penggemar.
Selain itu, klub mengontrol tampilan board display 360 seluas 530m² di sekitar tepi lapangan. Fitur ini adalah satu-satunya dari jenisnya yang digunakan di seluruh lapangan LaLiga Santander.
16 de septiembre de 2017. Una fecha marcada en la historia del @Atleti y de nuestro estadio. ❤️???? pic.twitter.com/qPNJygsm4g— Cívitas Metropolitano (@Metropolitano) September 16, 2022
Tingkat investasi ini telah membuat klub menggambarkan Civitas Metropolitano sebagai Stadion pintar pertama di Eropa.
"Pengaktifan dan penonaktifan lampu LED secara instan memungkinkan kami untuk memasangkan pencahayaan dengan cara lain untuk berinteraksi dengan penggemar, seperti melalui musik," kata Manajer Fasilitas klub, Manuel Cifuentes.
"Sebelum pertandingan, kami menciptakan suasana menggunakan lampu dan musik yang kami rasa benar-benar mengatur nada dan merangkum apa artinya menjadi penggemar Atleti," Fuentes menambahkan.
Angka klub terbaru menunjukkan pendekatan ini membuahkan hasil, dengan jumlah keanggotaan mencapai 123.000 musim ini termasuk 57.718 pemegang tiket musiman.
Ini adalah pencapaian bersejarah bagi klub dan memberikan insentif lebih lanjut untuk membayar loyalitas tersebut dengan pengalaman baru dan lebih baik.
Apapun yang akan terjadi, Atletico Madrid sudah siap.
"Stadion perlu memiliki struktur teknologi dasar yang memungkinkannya beradaptasi dengan semua kemajuan teknologi di masa depan, untuk beradaptasi dengan semua teknologi baru yang akan muncul dalam beberapa dekade mendatang," kata Abril.
"Bahkan yang belum kita ketahui sama sekali," Abril menambahkan.
Baca Juga Berita Liga Spanyol Lainnya:
Atletico Madrid vs Real Madrid: Derbi Madrileno dari Tahun ke Tahun
Atletico Madrid vs Real Madrid: 5 Pemain Kunci dalam Sejarah Derbi Madrid