- Data penjualan Daihatsu di Tanah Air pada periode Januari-Desember 2022 menunjukkan angka 188.660 unit.
- Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu sepanjang tahun 2022 didominasi tiga model utama.
- Dari ketiga model tersebut, Daihatsu Sigra meraih posisi puncak dengan total penjualan 47.066 unit.
SKOR.id – Daihatsu Indonesia terus mempertahankan konsistensi performa penjualan sepanjang tahun lalu, dan menutup 2022 dengan raihan positif dari sisi penjualan.
Hal tersebut terungkap dalam rilis resmi Daihatsu Indonesia yang diterima Kamis (12/1/2023).
Dalam rilis tersebut, tercatat data penjualan Daihatsu di Tanah Air pada periode Januari hingga Desember 2022 menunjukkan angka 188.660 unit.
Itu berarti, penjualan mereka naik 24,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 lalu yakni sejumlah 151.107 unit.
Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, mengaku senang dengan pencapaian ini.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia, sehingga Daihatsu dapat menutup tahun 2022 dengan raihan positif,” ujar Hendrayadi.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu sepanjang tahun 2022 tetap didominasi oleh tiga model utama.
Dari ketiga model tersebut, Daihatsu Sigra meraih posisi puncak dengan total penjualan sebanyak 47.066 unit, atau berkontribusi sekitar 24,9 persen.
Disusul Daihatsu Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 45.617 unit (24,2 persen) dan Daihatsu Xenia pada posisi ketiga dengan raihan 23.966 unit (12,7 persen).
Setelah tiga besar tersebut, tercantum merek Daihatsu Ayla pada posisi keempat yang meraih penjualan sebesar 23.150 unit (12,3 persen).
Kemudian, Daihatsu Terios dengan penjualan 21.508 unit (11,2 persen), lalu Daihatsu Grand Max posisi keenam dengan penjualan sebanyak 14.740 unit (7,8 persen).
Daihatsu Rocky berada di posisi berikutnya dengan raihan penjualan 9.885 unit (5,2 persen); serta Daihatsu Luxio dan Sirion dengan penjualan 3.178 unit (1,7 persen).
“Kami optimistis capaian selama 2022 ini juga dapat mempertahankan Daihatsu pada posisi nomor dua pasar otomotif di Indonesia," Hendrayadi menuturkan.
“Juga, sekaligus mencatat capaian market share tertinggi dalam sejarah penjualan Daihatsu di Indonesia,” kata Hendrayadi.
Dalam data sebelumnya, sudah terlihat tanda-tanda positif penjualan Daihatsu tahun lalu. Penjualan ritel Daihatsu Januari hingga November 2022 tercatat sebanyak 172.449 unit.
Itu berarti penjualan naik sekitar 29,7% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 (Januari-November 2021), yakni sejumlah 132.950 unit.
Bahkan, secara persentase, raihan penjualan ritel Daihatsu selama 11 bulan tersebut lebih besar dibandingkan dengan pasar otomotif nasional.
Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi 19%, atau naik sebesar 1,5% dibandingkan YTD November 2021 lalu sebesar 17,5%.
Berita Otomotif Lainnya:
Awal 2023, Wuling Gelar Promo Spesial untuk Air EV, Almaz, hingga Model MPV
Desain Reli 1970-an, Balutan Dekoratif Bersejarah untuk Porsche 911 Dakar