- Gelaran otomotif tahunan ini juga ikut menggencarkan industri wisata bahari.
- IIMS 2023ndiharapkan bisa mendongkrak penjualan alat transportasi maritim, mengingat harga boating masih terjangkau.
- IBG akan menempati area eksklusif di Hall B2 JIExpo Kemayoran.
SKOR.id – Gelaran akbar otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 bakal kembali hadir pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.
IIMS 2023 kali ini mengangkat tagline BOOST yang merupakan kependekan dari Bringing Opportunity for Otomotive Society Together.
Penyelenggaraan IIMS tahun depan tidak hanya diharapkan dapat menyokong industri otomotif Tanah Air.
Melainkan juga berbagai industri dengan menggandeng para pelaku sektor otomotif beserta turunannya, pelaku UMKM, hingga para pegiat industri wisata bahari.
Untuk mendukung gelaran IIMS, telah dilangsungkan peluncuran IIMS Indonesian Boating Gathering (IBG) di Palmerah, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022).
Acara dihadiri Koordinator Industri Maritim, Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi dan Pertahanan Kementerian Perindustrian RI, Andi Komara.
Juga berpartisipasi Board of Supervisor Community for Maritime Studies Indonesia, Mohamad Firman Santoso.
Turut hadir pula jajaran Direksi Dyandra Promosindo serta calon peserta IBG, yang merupakan salah satu program menarik pada IIMS 2023.
Itu merupakan kolaborasi dari yayasan non-profit Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI) bersama Dyandra Promosindo untuk menggairahkan lagi industri wisata bahari.
”Dari sisi pelaku industri MICE, kami bersyukur dengan kehadiran IBG dalam pameran IIMS 2023,“ ucap Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.
Ini menurut Daswar merupakan salah satu langkah yang diambil untuk mempromosikan industri pariwisata, khususnya wisata bahari kepada seluruh pengunjung IIMS.
“Kami berharap di IIMS 2023 akan terbentuk komunitas-komunitas yang bergerak dalam industri maritim maupun wisata bahari,” kata Daswar.
Melalui program ini, Daswar berharap para pemangku kepentingan menaruh atensi lebih terhadap para pelaku industri maritim maupun wisata bahari.
“Dengan adanya pameran IIMS diharapkan dapat mendongkrak penjualan, melihat dari harga boating sebenarnya masih affordable bagi masyarakat,” Andi Komara menimpali.
Berdasarkan data, diungkapkan Andi, 5% sampai 10% masyarakat Indonesia mampu membeli alat transportasi di bawah Rp1 miliar.
“Sehingga dapat dikatakan market besar, namun kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap produk-produknya, sehingga diperlukan sosialisasi lebih lanjut,” ucap Andi.
“Kami harapkan dengan adanya IIMS 2023, penggabungan elemen otomotif dan maritim dapat dijadikan ajang sosialisasi yang cukup signifikan,” Andi menegaskan.
Selain bergerak dalam bidang pemberdayaan penguatan potensi maritim, CMSI juga memiliki misi lainnya.
Yakni bertujuan untuk membuat kesempatan terciptanya sinergitas dari para stakeholder industri maritim Indonesia untuk kebangkitan maritim Indonesia.
“Selain meningkatkan public awareness masyarakat, kami juga promosikan budaya wisata bahari dan budaya maritim Indonesia,” ujar Firman Santoso, Board of Supervisor CMSI.
“Khususnya melalui kapal wisata, dan memperkenalkan lifestyle berwisata bahari. Kami juga fasilitasi tumbuhnya industri pariwisata bahari dan penunjangnya,” kata Firman.
“Tidak kalah penting, kontribusi untuk advokasi pada pemerintah supaya tercipta kebijakan strategis nasional yang akan memajukan kemaritiman Indonesia,” ujar Firman.
Kehadiran IBG di IIMS 2023 merupakan kali ketiga sejak gelaran IIMS 2019 dan IIMS 2022 yang berhasil mendapatkan respons positif para pengunjung.
Sedangkan pada IIMS 2023, IBG hadir dengan nuansa baru yang patut dinanti masyarakat.
“IBG akan menempati area eksklusif di Hall B2 JIExpo Kemayoran yang kami sebut ‘Boating and Tourism Lifestyle Area’,” kata Rudi MF, Project Manager IIMS 2023.
Area ini menurut Rudi akan memamerkan line-up kapal rekreasi dan industri penunjangnya.
“Satu kejutan yang kami persiapkan tahun depan, pengunjung mendapatkan experience baru menyaksikan deretan kapal rekreasi yang dipamerkan,” Rudi menambahkan.
“Serta kompetisi dan atraksi Remote Control (RC) Boat di dalam kolam yang kami persiapkan,” ujar Rudi.
Selain itu, untuk memperluas pasar para partisipan, pihaknya akan menghadirkan unsur Business to Business dan Business to Government.
Kedua unsur itu hadir melalui program business matching hingga talk show yang akan membahas mengenai potensi kemaritiman Indonesia.
“Serta business matching untuk memperluas awareness di kalangan publik,” Rudi menambahkan.
Berita Otomotif Lainnya:
Daftar Harga Chery Tiggo Pro Series, Pesaing Baru Segmen SUV di Indonesia
Mewahnya Rolls-Royce Phantom, Mobil Seharga Rp16 Miliar untuk Pemain Timnas Arab Saudi
Sukses di G20 Summit, Wuling Ajak Masyarakat Wujudkan Kehidupan yang Lebih Hijau