- Diperkuat Rifat Sungkar, pemenang Indonesian Sprint Rally Championship.
- Tim telah melakukan tes ketahanan mobil reli Mitsubishi Triton sejauh 1.100 km di trek balap Thailand.
- AXCR 2022 berlangsung dari 21-26 November 2022 di Thailand dan Kamboja.
SKOR.id – Mitsubishi Motors Corporation baru-baru ini mengumumkan Tim Mitsubishi Ralliart siap bertualang sejauh ribuan kilometer.
Mereka berangkat dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022.
Mereka juga telah mengumumkan susunan tim untuk AXCR 2022 yang berlangsung dari 21-26 November 2022 di Thailand dan Kamboja.
Dari Tim Mitsubishi Ralliart ini, tentunya ada Rifat Sungkar (Indonesia) pemenang Indonesian Sprint Rally Championship.
Selain Rifat, Mitsubishi Ralliart juga diperkuat Chayapon Yotha (Thailand) yang telah memenangkan Thailand Autocross Championship.
Keduanya akan mengendarai mobil reli Mitsubishi Triton kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam) dan bersaing untuk posisi yang lebih tinggi.
Sakchai Hantrakul (Thailand) yang sangat berpengalaman akan mendukung mereka dengan mobil ketiga, dengan sebuah Mitsubishi Triton sebagai mobil pendukung.
Tim Mitsubishi Ralliart akan memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dalam reli AXCR.
TANT SPORT (Thailand), yang memiliki tim, bergabung dengan direktur tim Hiroshi Masuoka, mantan pembalap yang juga merupakan juara Reli Dakar dua kali.
Hiroshi sekaligus juga merupakan engineer dari Mitsubishi Motors yang akan menemani tim untuk memberikan dukungan teknis.
“Kami bangga dengan capaian Rifat Sungkar dengan Xpander AP4,” ujar Naoya Nakamura, President Director Mitsubishi Indonesia.
“Motorsport adalah petualangan buat masyarakat Indonesia, jadi kami ingin mengeksplorasi olahraga ini sebaik mungkin,” ia menambahkan.
Naoya menuturkan pihaknya ingin menjadi bagian penting dalam petualangan ini.
AXCR 2022 di Thailand pada akhir November ini didukung oleh Mitsubishi pusat lewat keterlibatan Hiroshi Masuoka di dalamnya.
“Kompetisi ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan produk kami selanjutnya,” kata Naoya.
“Partisipasi Mitsubishi Motors di AXCR untuk buktikan durabilitas. Sekembalinya Rifat, akan ada pembelajaran bagaimana improve produk kami ke depan di seluruh dunia.”
Tim Mitsubishi Ralliart telah melakukan tes ketahanan Triton sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park Kanchanaburi, Thailand, 29-31 Agustus lalu.
Mengurangi bobot dan meningkatkan karakteristik output dari engine telah meningkatkan kemampuan berkendara, memungkinkan handling yang gesit di jalan berkelok.
Selain itu, dual damper baru telah meningkatkan kinerja mengikuti jalan.
Serta berkontribusi pada peningkatan signifikan dalam stabilitas berkendara dan kemampuan berkendara di jalan yang kasar.
“Ini merupakan suatu kesempatan besar dalam hidup saya,” ujar Rifat.
“Tidak disangka beberapa bulan lalu Masuoka-san menghubungi saya melalui Mitsubishi Indonesia bahwa Mitsubishi akan kembali ke motorsport,” ia menuturkan.
Menurut Rifat, semua dilandasi dengan program Xpander AP4 yang menarik perhatian dunia.
“Tahun ini kembalinya Mitsubishi langsung dalam ajang AXCR, ini seperti Paris Dakar versi Asia, ini long distance rally yang butuh keakuratan dan komunikasi,” kata pereli senior ini.
Rifat kemudian mengaku, biasanya menempuh 200 kilometer dalam setiap reli, dan sekarang sekali jalan 1.700 kilometer.
“Artinya dalam satu minggu saya nyetir mobil lebih banyak dibanding satu tahun,” Rifat mengungkapkan.
Rifat juga memuji impresi mobil dalam pengalaman pertamanya bersama mobil reli Mitsubishi Triton.
“Pembalap reli melewati banyak tikungan yang berbeda, satu demi satu,” kata Rifat.
Oleh karena itu, menurut Rifat sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi.
Serta daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar. “Co-driver yang baik yang dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses,” ucapnya.
“Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan,” ujar Rifat.
Setelah berpartisipasi dalam tes ketahanan sebelumnya pada bulan Juni, Chayapon Yotha juga memberikan respons positif.
“Kecepatan bukanlah segalanya dalam kompetisi reli. Untuk menang, penting untuk memaksimalkan rasa persatuan antara pengemudi dan mobil reli,” kata Chayapon.
“Serta mengendalikan tempo secara fleksibel antara akselerasi dan deselerasi," ia menambahkan.
“Kami telah mengonfirmasi bahwa mobil reli Triton memiliki hasil akhir yang bagus dan merespons masukan pengemudi dengan tepat dan gesit," kata Chayapon.
Sedangkan Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, merasa mendapat kehormatan untuk menyambut pembalap berbakat seperti mereka ke dalam tim.
Menurut Hiroshi, Rifat memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint.
“Jadi jika kami melakukan pekerjaan dengan baik sebagai tim untuk mengelola aspek jarak jauh dari reli lintas alam, dia akan memberikan kinerja yang hebat,” ujar Hiroshi.
“Chayapon memiliki pengalaman luas dalam reli lintas alam dan meningkat setiap kali dia masuk ke dalam mobil, jadi saya mengharapkan hasil yang baik darinya,” katanya.
“Berkenaan dengan Triton, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan kami mengidentifikasi masalah dan menangani bersama mereka,” ujar Hiroshi.
“Kami akan melakukan uji coba pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus,” ucapnya.
“Dan saya yakin para pembalap akan mampu memberikan performa yang tangguh dan solid,” kata Masuoka, optimistis.
Berita Otomotif Lainnya:
MG4 EV Segera Hadir di Indonesia, Mobil Listrik dengan Akselerasi Mengesankan
New Porsche 911 Dakar Meluncur: Mobil Sport Off-Road dengan DNA Juara
Begini Cara Daftar Jadi Anggota AMG Club Indonesia, Komunitas Mercedes-AMG yang ‘Santuy’