- Bagian kepala merupakan tampilan yang benar-benar baru, komponen internal sepenuhnya didesain ulang.
- Mesin Piaggio MP3 hpe Sport dikendalikan oleh Magneti Marelli MIUG4 ECU generasi terbaru.
- Tersedia dua skema warna: Blu Oxygen dan Argento Cometa.
SKOR.id – Piaggio Indonesia baru saja meluncurkan Piaggio MP3 hpe Sport, sebuah skuter premium dengan banderol Rp330 juta.
Dari sisi teknis dan performa, Piaggio MP3 hpe Sport mengedepankan evolusi terbaru dari mesin Piaggio 300 cc silinder tunggal, 4 stroke, 4 valve.
Terpasang mesin berpendingin cair dengan injeksi elektronik hasil dari uji coba tim riset Piaggio Group dan dikenal sebagai 300 hpe (High Performance Engine).
Dibuat melalui penelitian berkelanjutan yang bertujuan meningkatkan performa, sekaligus menghemat konsumsi bahan bakar.
Tenaga mesin maksimum mencapai 19 kW (25,8 HP) pada 7.750 rpm, dan torsi maksimum mennyentuh 26,1 Nm pada 6.250 rpm.
Dari sisi ubahan dibanding edisi sebelumnya, bagian kepala merupakan tampilan yang benar-benar baru dan dicirikan oleh komponen internal yang sepenuhnya didesain ulang.
Geometri dan diameter saluran telah diubah, serta katup masuk dan buang, yang telah ditambahkan diameternya sebesar 3 mm.
Penggunaan piston dengan arsitektur yang didesain ulang, terutama pada bentuk bagian atas, menghasilkan ruang bakar yang efisien.
Sistem camshaft tunggal dengan katup overhead memiliki rocker dengan tappet gulung, bukan tappet datar.
Semuanya untuk memperhalus getaran mesin, memperkuat daya tahan, dan meminimalisasi kerugian mekanis.
Profil camshaft dirancang untuk mencapai angle over stroke yang lebih kuat.
Tetapi pada saat yang sama mampu mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh distribusi pembakaran.
Khususnya, lebih banyak angle over stroke valve time menjamin pengisian ruang bakar yang lebih besar.
Itu berarti efisiensi yang lebih baik. Akibatnya, beban dan dimensi pegas katup juga meningkat.
Pengenalan injektor multi-jet bertekanan tinggi juga membantu meningkatkan performa pembakaran.
Saluran masuk yang luas, dilengkapi dengan saluran dengan panjang yang dioptimalkan, meningkatkan torsi yang dihasilkan pada putaran rendah.
Sekaligus memastikan pengendaraan yang sangat mulus pada kecepatan apa pun.
Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, busi pengapian iridium memastikan daya tahan yang lebih besar dalam kondisi pengoperasian yang sama.
Mesinnya dikendalikan oleh Magneti Marelli MIUG4 ECU generasi terbaru yang menampilkan kapasitas penghitungan yang lebih besar.
Ini berkontribusi meningkatkan efisiensi mesin secara keseluruhan dan memungkinkan mesin untuk dihidupkan hampir seketika, setelah hanya dua putaran poros engkol.
Dengan pembaruan pada mesin, Piaggio MP3 300 hpe Sport mengadopsi sistem pengereman anti-locking ABS yang terintegrasi dengan kontrol traksi ASR (Acceleration Slip Regulation).
ASR (pertama kali disematkan pada skuter oleh Piaggio) dapat dengan mudah dilepas.
Dan, hal itu menjamin keamanan dengan menjaga roda belakang agar tidak tergelincir pada permukaan berbahaya, seperti aspal basah.
Sistem ABS tiga saluran, yang dikembangkan bekerja sama dengan perusahaan ban Continental, memaksimalkan fitur keselamatan aktif.
Fitur ini mencegah penyumbatan roda saat mengerem dan memberikan kendali penuh pada kendaraan setiap saat.
Piaggio MP3 menggunakan sistem pengereman all-disc pada ketiga rodanya, dengan diameter cakram 258 mm di depan dan 240 mm di belakang.
Keamanan yang lebih baik dan pengendaraan yang lebih mulus disediakan oleh roda depan berdiameter 13 inci yang besar.
Piaggio MP3 juga menuai sukses berkat teknologi eksklusif Piaggio yang dipatenkan untuk roda depan ganda yang independen.
Roda depan ganda ini dapat diatur kemiringannya oleh suspensi penghubung empat batang yang unik.
Suspensi dirancang dan dikembangkan oleh Piaggio untuk memastikan kenikmatan berkendara dengan keamanan yang optimal.
Mekanisme gulungan terdiri dari empat lengan aluminium menyatu pada empat engsel yang terhubung dengan kuat ke selongsong tengah.
Serta, dua selongsong samping terhubung ke lengan melalui poros dan bantalan bola.
Pada bagian dalam lengan samping, tabung kemudi kanan dan kiri berputar dalam pengaturan lengan tunggal klasik.
Mekanisme pemblokiran untuk suspensi depan, fitur yang membedakan skuter roda tiga Italia ini, mengubah keseimbangan Piaggio MP3 300 hpe dari dinamis menjadi statis.
Nyalakan kendaraan dan tetap seimbang di tiga roda tanpa perlu penyangga (walau tetap terpasang).
Untuk melanjutkan pengendaraan normal, lakukan akselerasi atau gunakan tombol tekan khusus.
Pilihan warna
Piaggio MP3 300 hpe Sport tampil menonjol berkat berbagai detailnya yang memiliki sentuhan akhir hitam matt.
Seperti "dasi" pada pelindung, garis-garis pada terowongan tengah, dan area pegangan penumpang.
Tampilan sporty-nya semakin menawan dengan pegas shock absorber depan dan belakang yang dicat merah, warna yang juga tampak pada jahitan jok yang kontras.
Rem depan cakram dengan profil gelombang dan papan kaki dengan sisipan aluminium disertakan sebagai standar. Tersedia dua skema warna: Blu Oxygen dan Argento Cometa.
Aksesori
Piaggio MP3 300 hpe Sport dilengkapi dengan berbagai aksesori yang didasarkan pada filosofi desain yang tepat.
Menggabungkan kenyamanan on-board dengan kegunaan sehari-hari yang nyata, sesuai dengan perannya sebagai kendaraan metropolitan.
Adapun rangkaian aksesorinya meliputi:
1. Kotak kompartemen yang dapat dilepaskan dengan cepat berukuran 37 liter
Cukup luas untuk satu helm. Bagian cangkang atas dicat serupa dengan warna kendaraan, serta dilengkapi dengan sandaran yang nyaman.
Hal ini membuat perjalanan penumpang lebih menyenangkan, lengkap dengan material dan warna yang serupa jok.
Tas internal kotak atas terbuat dari material poliester, dirancang berbentuk kotak kompartemennya.
Serta, dilengkapi dengan resleting eksternal untuk barang-barang kecil, pegangan dan tali bahu.
2. Kaca penahan angin
Dibuat dengan bahan anti-chip berkualitas tinggi, menjamin perlindungan optimal dari udara dan cuaca buruk.
Perhatian besar terhadap detail difokuskan pada estetika juga, dengan desain dan finishing yang pas dengan kendaraan.
3. Sarung pelindung luar ruang Piaggio
Penutup pelindung kendaraan dengan pengaturan resleting untuk menampung aksesori tambahan.
Dibuat dengan material polyester hitam dengan garis reflektif dan disematkan Logo Piaggio.
Berita Otomotif Lainnya:
Piaggio MP3 300 hpe Sport Meluncur di Indonesia, Skuter Premium Berharga Rp330 Juta
Renault dan Geely Kerja Sama Dirikan Pabrik Baru untuk Produksi Mesin ICE dan Hybrid
Mengenal Safety Car Hyundai i30 Fastback N yang Akan Bertugas di WSBK Mandalika