Kehilangan Status Konsesi, KTM Tidak Peduli dan Fokus pada Perburuan Gelar

Tri Cahyo Nugroho

Editor:

  • KTM tidak akan lagi berstatus pabrikan konsesi usai merebut dua podium di GP Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (23/8/2020).
  • Tahun depan, status KTM akan sejajar dengan Honda, Ducati, Yamaha, dan Suzuki.
  • Mengacu performa dan posisi di tiga klasemen musim ini, KTM memang layak optimistis.

SKOR.id - Dua kemenangan dan satu podium ketiga yang direbut Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen (KTM) di MotoGP 2020 hanya dalam dua minggu membuat status mereka sebagai pabrikan konsesi otomatis dicabut.

Mulai MotoGP musim 2021 nanti, KTM akan disejajarkan dengan Honda, Yamaha, Ducati, dan Suzuki, sebagai pabrikan non-konsesi.

Adalah kemenangan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) di GP Rep. Ceko pada 9 Agustus 2020 dan podium utama serta ketiga yang direbut Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) dan Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) di GP Styria, Minggu (23/8/2020).

Dengan hasil-hasil tersebut, KTM sudah melewati batas enam poin konsesi yang harus diraih selama dua tahun untuk melepaskan status pabrikan konsesi.

Sistem konsesi dikeluarkan pada 2013 untuk menarik lebih banyak pabrikan turun di MotoGP plus pabrikan yang belum mampu meraih kemenangan selama periode tersebut.

Dengan status pabrikan konsesi, KTM -- yang debut di MotoGP pada 2017 -- dan Aprilia masih boleh menurunkan sembilan mesin dalam musim normal (tujuh musim ini karena jumlah putaran/lomba hanya 14).

Bandingkan dengan keempat pabrikan non-konsesi yang hanya tujuh mesin per musim (maksimal lima musim ini).

KTM dan Aprilia juga boleh menggembangkan mesin sepanjang musim. Waktu tes dan trek yang dipilih juga bebas. Mereka juga mendapatkan jatah enam wildcards (hanya tiga untuk pabrikan non-konsesi) sepanjang musim.

Status konsesi hilang bila sebuah pabrikan sudah melewati batasan enam poin dalam tempo dua tahun sejak pertama merebut poin. Rinciannya: tiga poin bila menang lomba, dua untuk runner-up, dan satu untuk posisi ketiga.

Kini, KTM sudah mengoleksi delapan poin karena Pol Espargaro mampu finis ketiga di GP Valencia 2018 lalu.

Dengan kehilangan sejumlah hak istimewa mulai tahun depan -- seperti jumlah tes dan mesin yang dikurangi -- banyak pihak yang bertanya-tanya akan seperti apa KTM saat berstatus pabrikan non-konsesi nanti.

Pembalap penguji KTM, Dani Pedrosa, juga tidak lagi bisa menguji KTM RC16 di sirkuit buat lomba. Pabrikan asal Austria itu juga harus memilih tiga trek untuk tes mereka, seperti pabrikan non-konsesi lainnya.

Salah satu kesempatan yang harus dimanfaatkan KTM adalah memaksimalkan pengembangan mesin yang masih diizinkan musim ini.

Seusai hasil pertemuan Asosiasi Pabrikan MotoGP (MSMA) sebelum GP Austria lalu, tidak seperti pabrikan konsesi, KTM masih diizinkan melakukan pengembangan mesin hingga akhir tahun ini.

Namun, KTM harus menerima mesin mereka disegel seperti pabrikan konsesi lain, tepat sebelum lomba pertama MotoGP 2021.

Seperti diberitakan sebelumnya, KTM tidak terlalu peduli dengan batasan-batasan yang akan mereka hadapi musim depan akibat berubah status menjadi pabrikan konsesi.

Saat ini, fokus mereka adalah bagaimana ikut bersaing memperebutkan gelar juara dunia MotoGP baik pembalap, tim, maupun konstruktor.

Di klasemen konstruktor, dari lima lomba yang sudah digelar (rencana 14 musim ini), KTM berada di peringkat ketiga dengan 82 poin. Mereka terpaut hanya lima angka dari Ducati di posisi kedua dan enam poin dari Yamaha di puncak.

Untuk klasemen tim, Red Bull KTM Factory Racing berada di posisi keempat (84 poin), terpaut 18 poin dari Petronas Yamaha SRT di puncak. Sedangkan Red Bull KTM Tech3 di posisi ketujuh dengan 56 poin.

Di klasemen pembalap, Brad Binder ada di posisi keempat dan terpaut 21 poin dari Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di puncak. Menariknya, gap antara Binder dengan Miguel Oliveira di posisi kesembilan hanyalah enam poin!

Pol Espargaro memang hanya di posisi ke-10 dengan 35 poin. Bila tidak kecelakaan di GP Rep. Ceko dan GP Austria, posisi Espargaro mungkin akan berbeda.

"Semua keuntungan yang kami dapat selama berstatus pabrikan konsesi, kini terbayar," ucap Miguel Oliveira saat disinggung KTM yang akan kehilangan status konsesi tahun depan.

"Inilah saatnya kami menguji membandingkannya dengan pabrikan-pabrikan hebat di MotoGP dengan aturan yang sama."

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita MotoGP Lainnya:

Juara MotoGP Styria 2020, Miguel Oliveira Dapat Mobil Mewah Seharga Rp1,1 Miliar

Hasil MotoGP Styria 2020: Pol Espargaro Lega Akhirnya Mampu Raih Podium

Hasil MotoGP Styria 2020: Kecerdikan Antar Miguel Oliveira Raih Podium Tertinggi

Source: motogp.com

RELATED STORIES

Bos KTM Ungkap Rahasia Dibalik Peningkatan RC16

Bos KTM Ungkap Rahasia Dibalik Peningkatan RC16

Pit Beirer mengaku puas dengan hasil yang didapatkan oleh KTM di MotoGP 2020.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

La Liga 2024-2025 (Liga Spanyol). (Hendy Andika/Skor.id).

La Liga

La Liga 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Berikut ini jadwal lengkap, hasil, dan klasemen La Liga (Liga Spanyol) musim 2024-2025.

Pradipta Indra Kumara | 11 Apr, 02:42

Liga Inggris 2024-2025. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen, serta profil klub lengkap Liga Inggris 2024-2025 yang akan diupdate sepanjang musim bergulir.

Irfan Sudrajat | 11 Apr, 02:23

Kompetisi Liga Italia 2024-2025 dimulai pada Sabtu (17/8/2024) lalu. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Italia

Liga Italia 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Liga Italia 2024-2025 telah bergulir pada Sabtu (17/8/2024) lalu, berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen yang diupdate sepanjang musim ini bergulir.

Irfan Sudrajat | 11 Apr, 01:49

Link Live Streaming Liga Italia. (Yudhy Kurniawan/Skor.id)

Liga Italia

Prediksi dan Link Live Streaming Udinese vs AC Milan di Liga Italia 2024-2025

Prediksi pertandingan dan link live streaming Udinese vs AC Milan pada pekan ke-32 Liga Italia 2024-2025.

Pradipta Indra Kumara | 10 Apr, 23:30

Kiper Manchester United Andre Onana. (Jovi Arnanda/Skor.id)

World

Beda Nasib Manchester United dan Chelsea di Kompetisi Eropa Pekan Ini

Chelsea meraih kemenangan di UEFA Conference League, sedangkan Manchester United ditahan imbang di Liga Europa.

Pradipta Indra Kumara | 10 Apr, 22:17

Piala Asia U-17 2025 di Arab Saudi atau AFC U-17 Asian Cup Saudi Arabia 2025. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia U-17 2025: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia U-17 2025, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 10 Apr, 20:14

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2024-2025 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Skor Indonesia | 10 Apr, 14:39

asnawi mangkualam - port fc

National

Asnawi Mangkualam Telan Kekalahan di Kandang, Jordi Amat Tidak Ikut Pesta Gol

Asnawi bermain penuh, sementara Jordi Amat tidak masuk dalam line-up saat JDT pesta gol ke gawang Kelantan.

Rais Adnan | 10 Apr, 14:31

Turnamen Mobile Legends, ESL SPS. (Andreas Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Enam Tim yang Lolos ke Playoff ESL SPS Mobile Masters 2025

Empat tim perwakilan Indonesia sukses melaju ke babak playoff yang dimulai pada 11 hingga 13 April 2025.

Gangga Basudewa | 10 Apr, 14:13

cover psm

Liga 1

Hasil Liga 1 2024-2025: PSM Tembus 4 Besar, Dewa United Imbangi Bali United

Berikut hasil dua pertandingan Liga 1 2024-2025, Kamis (10/4/2025).

Rais Adnan | 10 Apr, 14:07

Load More Articles