Treadmill vs Lari Outdoor: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Olahraga lari memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda.
  • Namun, ada kalanya, pelari, baik pemula ataupun veteran, masih sering harus memilih antara berlari di atas treadmill dan di luar ruangan.
  • Para ahli lari memberikan pertimbangan mereka untuk mengantisipasi perdebatan itu.

SKOR.id - Anda telah menyiapkan pakaian olahraga favorit Anda, memilih sepatu kets yang paling mendukung, dan menyusun playlist yang sempurna saat mengisi daya headphone.

Sekarang yang tersisa untuk dilakukan adalah membuat satu keputusan penting: haruskah Anda berlari di atas treadmill, atau di luar di udara segar?

Di mana pun tempat Anda memilih untuk melakukan kardio, lari memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan fisik Anda.

Berlari hingga hanya 10 menit sehari juga dikaitkan dengan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular yang jauh lebih rendah, dan berlari juga memperkuat tubuh bagian bawah dan inti Anda serta meningkatkan kepadatan tulang Anda, seperti yang dilaporkan Shape sebelumnya.

Dari sisi kesehatan mental, berlari melepaskan endorfin (alias hormon perasaan baik yang dapat meningkatkan suasana hati Anda) dan bahkan dapat membantu mengobati kecemasan atau depresi.

Terlepas dari semua manfaat lari yang telah terbukti ini, pelari baru dan veteran sering kali menemukan diri mereka terpecah antara berlari di atas treadmill versus berlari di luar ruangan (outdoor).

Apakah manfaat lari treadmill (seperti kemampuan tambah kemiringan dan mengubah kecepatan) lebih besar daripada manfaat udara segar? Atau apakah berlari di luar ruangan meningkatkan kebahagiaan dan membangun ketangguhan mental lebih daripada berlari di "dreadmill"?

Di bawah ini, para ahli lari mempertimbangkan perdebatan antara treadmill vs. lari di luar untuk selamanya.

LARI TREADMILL

Treadmill adalah alat pokok di gym mana pun, dan sabuk lari bertenaga motornya memberi pengguna opsi untuk mengubah kemiringan dan kecepatan dengan menekan sebuah tombol.

Beberapa opsi treadmill yang paling banyak ditipu termasuk fitur seperti tampilan layar TV, program kebugaran terhubung dengan instruksi langsung, dan kemampuan untuk melacak kemajuan Anda dari waktu ke waktu, yang mungkin membuat treadmill lebih menarik bagi mereka yang ingin mengalihkan diri dari data dan gangguan.

Berikut adalah beberapa manfaat lain dari lari treadmill untuk dipertimbangkan.

  • Dampak Ringan

Kecuali jika Anda cukup beruntung untuk tinggal di tempat dengan akses mudah ke lintasan lari, pelari outdoor paling sering membawa latihan kardio mereka ke jalan atau trotoar — permukaan keras yang dapat meningkatkan dampak lari pada persendian Anda. Treadmill, di sisi lain, memiliki permukaan yang lebih lembut dan lebih ramah sendi, kata Erin Beck, NASM-CPT dan direktur pelatihan dan pengalaman untuk STRIDE Fitness.

"Tubuh Anda dapat membedakan aspal dan permukaan lain di luar, bahkan jika Anda tidak bisa," jelasnya. "Latihan treadmill dapat bermanfaat bagi pelari karena Anda berlari di permukaan yang lebih lembut dengan dampak yang lebih kecil pada tubuh di setiap langkah, terutama jika Anda berlari di treadmill Woodway".

Satu hal yang perlu diketahui: Mitos yang berlaku bahwa berlari akan merusak lutut Anda telah terbukti salah, berkat studi Kedokteran & Sains dalam Olahraga & Latihan yang menemukan bahwa berlari tidak meningkatkan risiko osteoartritis (alias artritis "keausan") .

Konon, jika nyeri sendi jadi perhatian Anda, treadmill bisa menjadi cara yang lebih nyaman untuk terus berlari.

  • Lingkungan Kontrol

Saat berlari di luar, beberapa variabel dapat memengaruhi seberapa banyak Anda menikmati latihan Anda — dan juga faktor keamanan latihan Anda. Misalnya, "berlari dengan earphone di jalan tidak selalu aman, tetapi Anda dapat menyetel musik sekeras yang Anda inginkan saat berlari di dalam ruangan," kata Beck.

Demikian pula, berlari di atas treadmill berarti tidak ada mobil, pengendara sepeda, pejalan kaki, atau anjing yang terlalu bersemangat yang berpotensi melukai Anda, kata Percell Dugger, C.S.C., C.F.S.C., pelatih lari bersertifikat USATF dan pelatih lari NIKE.

"Berada di lingkungan yang terkendali tidak lantas meniadakan Anda dari cedera, tetapi meminimalkan kemungkinan Anda mengalami kecelakaan dengan sepeda atau pejalan kaki."

Dan tentu saja, lari di atas treadmill menghilangkan satu faktor utama: cuaca. Kemungkinan besar, gym Anda memiliki suhu 68 derajat yang konsisten dengan kipas angin yang menyegarkan di dekatnya dan kemungkinan hujan nol persen. Jika Anda sering beralih ke cuaca yang kurang sempurna sebagai alasan untuk melewatkan lari Anda (#relatable), memilih treadmill dapat menghilangkan alasan itu.

  • Meningkatkan Presisi

Selain lingkungan yang terkendali, berlari di atas treadmill juga memberi Anda cara yang lebih tepat untuk berolahraga dan melacak kemajuan Anda, kata Beck. "Jika Anda pergi ke luar untuk latihan interval, arloji lari Anda mungkin membaca kecepatan Anda secara tidak akurat, atau Anda mungkin terjebak di lampu merah tambahan," katanya.

"Sulit untuk mengetahui apakah Anda membaik atau jika elemen eksternal hanya berubah." Pelatihan treadmill, di sisi lain, memungkinkan Anda melacak dan menantang kemajuan Anda dengan mudah. Dan jika latihan interval atau latihan bukit lebih merupakan kecepatan Anda, treadmill adalah cara paling nyaman untuk mencapai kecepatan dan ketinggian yang tepat yang ditentukan oleh latihan Anda.

LARI OUTDOR

Bagi banyak pelari baru, jogging di luar adalah pintu gerbang mereka ke kebiasaan berlari yang teratur. Lagi pula, tidak ada yang lebih baik daripada kenyamanan mengikat tali sepatu Anda dan berlari melingkar di sekitar lingkungan Anda (setelah pemanasan singkat, tentu saja).

Selain itu, lari di luar ruangan memungkinkan Anda berinteraksi dengan dunia di sekitar Anda, memberi Anda semua manfaat yang meningkatkan suasana hati saat berada di alam. Inilah apa lagi yang ditawarkan di luar berlari:

  • Meningkatkan Kebahagiaan dan Manfaat Kesehatan Mental

Sementara berolahraga di lokasi mana pun adalah cara pasti untuk melepaskan endorfin, berlari di luar ruangan memperkuat perasaan baik itu. Faktanya, orang yang berolahraga di luar ruangan melaporkan lebih banyak energi dan lebih sedikit perasaan depresi, menurut sebuah studi dari Environmental Science and Technology.

Bahkan lebih baik, peserta yang olahraga di luar ruangan lebih mungkin untuk mengulangi latihan mereka. Jadi, jika Anda beralih ke lari untuk membantu menciptakan rutinitas kebugaran yang benar-benar Anda nikmati, pertimbangkan untuk berlari di luar ruangan.

"Lari di luar ruangan bisa menjadi cara bagus untuk menghilangkan stres dan dekompresi," Beck menambahkan. "Udara segar dan alam dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan mental Anda dan menjauhkan Anda dari screentime tambahan setelah bekerja sepanjang hari atau bermain-main dengan ponsel Anda."

  • Menambahkan Variasi

Bahkan jika Anda sering mengganti latihan treadmill dengan menambahkan interval atau kemiringan, mesin kardio bisa terasa monoton setelah beberapa saat. Berlari di luar, sebaliknya, sering kali terasa lebih mengasyikkan dan memberi Anda rasa baru setiap kali Anda keluar dari pintu. Anda dapat mengubah rute, mengundang teman untuk bergabung, atau memperhatikan perubahan cuaca dan pemandangan dari waktu ke waktu.

Plus, berlari di luar ruangan di lingkungan alami menantang otot Anda untuk beradaptasi dengan perubahan lanskap, kata Beck. "(Berlari) di luar menawarkan berbagai medan yang mungkin tidak dapat Anda capai di treadmill," katanya.

"Bukit dengan berbagai tanjakan dan turunan, belokan dan tikungan di rute jalan Anda, dan permukaan yang berbeda seperti rumput dan aspal dapat menantang stamina dan kelincahan Anda serta memperkuat otot dan persendian Anda."

  • Membangun Ketangguhan Mental

Bahkan pelari yang paling berdedikasi pun bisa jadi berjuang untuk keluar dari pintu ketika suhu turun sebelum titik beku atau badai hujan tiba-tiba melanda. Tetapi menantang diri Anda untuk tetap pada rencana lari Anda ketika cuaca tidak sepenuhnya bekerja sama membangun ketahanan mental Anda, kata Dugger.

"Sifat terpenting dari setiap pelari adalah kepercayaan diri," jelasnya. "Untuk membangun kepercayaan diri, Anda harus terbiasa dengan segudang variabel yang tidak dapat Anda kendalikan, (seperti) berlari dalam cuaca dingin atau berlatih di tengah hujan."

Dengan sengaja memilih untuk berlari selama situasi sulit ini, Anda juga melatih pikiran dan tubuh Anda untuk beradaptasi dengan beragam elemen — yang sangat berguna, terutama jika Anda berlatih untuk balapan yang memaksa Anda harus muncul di garis start terlepas dari cuaca.

Bagaimana Memutuskan Antara Treadmill vs. Lari Outdoor
Berlari di atas treadmill dan berlari di luar memiliki manfaat uniknya masing-masing — jadi bagaimana Anda memutuskan mana yang terbaik untuk Anda? Itu tergantung pada tujuan Anda, kata Beck. "Anda harus memutuskan apa tujuan Anda dan bekerja mundur dari sana."

Di sini, Dugger dan Beck membagikan saran mereka untuk memutuskan antara berlari di atas treadmill vs. berlari di luar.

*Jika Anda Berlatih untuk Balapan: Lari Outdoor
Sama seperti tubuh Anda membutuhkan latihan khusus untuk mempersiapkan perlombaan, begitu juga pikiran Anda. Untuk mempersiapkan yang terbaik untuk balapan yang akan datang, prioritaskan berlari di luar, kata Beck. "Jika Anda berlatih untuk maraton atau road race, Anda pasti harus berlatih di luar sehingga Anda siap untuk elemen: angin, panas, dan bahkan kualitas udara," jelasnya.

"Ketika Anda mempersiapkan acara di luar ruangan, hal-hal ini akan memengaruhi kinerja Anda, jadi penting untuk berlatih menghadapinya." Plus, penting untuk membiasakan diri dengan perasaan kecepatan balapan target Anda tanpa bantuan pengaturan treadmill, dan berlari di luar ruangan membantu Anda mengasah kemampuan Anda untuk memaku - dan mempertahankan - kecepatan itu (terutama dengan bantuan tempo berjalan) .

*Jika Anda Ingin Mengukur Kemajuan Tertentu: Treadmill
Data dan kemampuan pelacakan treadmill lebih tepat daripada yang sering Anda dapatkan dari jam tangan lari dan GPS, kata Beck. Jadi, jika Anda mengejar jarak atau kecepatan tertentu, treadmill menawarkan tampilan yang lebih akurat tentang kemajuan Anda menuju tujuan itu.

"Jika Anda ingin mengukur kemajuan Anda secara lebih spesifik, treadmill memungkinkan Anda mengontrol faktor-faktor seperti kecepatan, kemiringan, interval," dan banyak lagi, katanya

*Jika Keamanan Menjadi Perhatian: Treadmill
Apakah Anda waspada tergelincir di atas es hitam atau berlari sendirian setelah gelap, berlari di luar bisa berisiko. "Berlari di treadmill adalah pilihan yang lebih aman daripada berlari di luar ruangan," bantah Beck. "Anda tidak perlu khawatir tentang lalu lintas, panas atau cuaca yang berbahaya, dan pelecehan."

Sebagai gantinya, coba latihan treadmill di kelas kebugaran kelompok di bawah pengawasan instruktur yang waspada yang dapat menyesuaikan bentuk lari Anda untuk "rasa kebersamaan dan keamanan yang luar biasa," sarannya.

*Jika Anda Mencari Perubahan Suasana Hati Instan: Lari Outdoor
Perasaan sinar matahari di wajah Anda, angin segar meniup lembut rambut Anda, perasaan terputus dari teknologi — semuanya berkontribusi pada aliran endorfin yang Anda terima saat berlari di luar vs. di treadmill. Dan yang mengejutkan, berlari di luar bisa lebih bermanfaat selama musim dingin, ketika siang hari terbatas.

"Ketika hari semakin pendek dan suhu turun, banyak orang menderita Seasonal Affect Disorder," kata Tom Holland, seorang ahli fisiologi olahraga dan pelatih performa olahraga. "Berlari membantu melepaskan hormon kuat yang membantu memerangi depresi ini, meningkatkan suasana hati yang positif selama bulan-bulan cuaca dingin."

Jadi, Mana yang Lebih Baik: Lari Outdoor vs Lari Treadmill?
Pada akhirnya, salah satu metode olahraga lari adalah cara yang efektif untuk melatih Anda, yang semuanya tergantung pada apa yang membuat Anda paling bersemangat dan puas, kata Dugger.

"Terkadang, olahraga adalah tujuannya," katanya. "Terkadang mencari udara segar adalah hal yang Anda butuhkan saat ini. Jangan batasi hubungan Anda dengan berlari dengan bersandar pada satu pendekatan. Pendekatan apa pun yang sesuai dengan tujuan Anda, dan akan membawa Anda kegembiraan dan membuat Anda merasa lebih percaya diri, adalah pilihan terbaik."

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Berlari Tiga Kali Seminggu Dapat Mengurangi Risiko Kanker Payudara hingga Sepertiga, Menurut Studi

Skortips: Cara Sederhana untuk Menghindari Cedera saat Berlari

Bagaimana Berlari Dapat Membantu Anda Membentuk Perut yang Lebih Kuat

Source: yahoo.comSHAPE

RELATED STORIES

Disney+ Membuat Animasi Pendek tentang Body Image, Mengapa Itu Sangat Penting

Disney+ Membuat Animasi Pendek tentang Body Image, Mengapa Itu Sangat Penting

Disney+ baru saja merilis season dua dari seri film pendek yang berjudul "Short Circuit" pada bulan September, dan ada episode yang membuat orang tidak bisa berhenti membicarakannya.

5 Cara untuk Memastikan Kesehatan Penis, Termasuk Latihan yang Membantu Ereksi

5 Cara untuk Memastikan Kesehatan Penis, Termasuk Latihan yang Membantu Ereksi

Menjaga kesehatan penis Anda harus menjadi prioritas utama – dan dengan mengikuti beberapa langkah sederhana ini sebenarnya dapat menyebabkan ereksi yang lebih kuat, pengurangan kondisi kesehatan dan penyakit, dan bahkan kontrol ejakulasi yang lebih baik.

Cara Memulihkan Diri setelah Berolahraga, Makanan Alami Akan Lebih Baik

Cara Memulihkan Diri setelah Berolahraga, Makanan Alami Akan Lebih Baik

Mengisi kembali nutrisi dan elektrolit dan mengonsumsi protein dan karbohidrat dalam jumlah tepat adalah kunci pemulihan otot dan menghindari penambahan berat badan.

Sharon Stone Berbagi Saran untuk Wanita setelah Misdiagnosis Tumor Fibroid: Korban Kebanyakan Wanita

Sharon Stone Berbagi Saran untuk Wanita setelah Misdiagnosis Tumor Fibroid: Korban Kebanyakan Wanita

Aktris Sharon Stone turun ke media sosial untuk membagikan beberapa nasihat bijak bagi wanita yang mengalami nyeri panggul.

Mengapa Orang Jepang Bertubuh Langsing: Tidak Ada Hubungan dengan Diet

Faktanya, Jepang memiliki banyak tradisi yang membantu mereka menjadi sehat secara fisik: mereka biasanya tidak makan terlalu banyak dan mereka memiliki kebiasaan yang sehat.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga 3 Nasional atau putaran nasional Liga 3. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Tim Debutan Putra Angkasa Kapal FC Bertekad Ukir Sejarah di Liga 3 Nasional 2023-2024

Klub asal Bali, Putra Angkasa Kapal FC, punya mimpi besar di Liga 3 Nasional 2023-2024.

Teguh Kurniawan | 27 Apr, 22:13

Futsal Indonesia (Hendy Andika/Skor.id)

National

FSIF Gelar Futsal Nonstop 60 Jam, Bidik Rekor Dunia

Maraton futsal 60 jam ini juga punya pesan mulia, yakni melawan praktik human trafficking di Indonesia.

Teguh Kurniawan | 27 Apr, 19:21

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 27 Apr, 18:38

Jakarta Electric PLN

Other Sports

Proliga 2024: Jakarta Electric PLN Awali Musim dengan Kemenangan

Jakarta Electric PLN tampil impresif saat membungkus kemenangan 3-0 atas Jakarta Livin Mandiri di laga perdana PLN Mobile Proliga 2024.

I Gede Ardy Estrada | 27 Apr, 18:08

Air Jordan 39 akan dirilis pertama kali dalam jalur warna “Sol” pada 23 Juli 2024 mendatang seharga 200 dolar AS. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Michael Jordan Beri Masukan Lebih untuk Air Jordan 39

Desainer Jordan Brand menguraikan Air Jordan 39 yang akan dirilis pada bulan Juli 2024.

Tri Cahyo Nugroho | 27 Apr, 17:44

Gelandang Uzbekistan U-23, Abbosbek Fayzullaev (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Perkuat CSKA Moscow, Gelandang Uzbekistan U-23 Ini Jadi Ancaman Garuda Muda

Skill Abbosbek Fayzullaev mendapat pujian dari pelatih legendaris Rusia, Valery Nepomnyashchy.

Kunta Bayu Waskita | 27 Apr, 16:59

sandy kv mechelen

National

Sandy Walsh dan Elkan Baggott Main Penuh, Asnawi Mangkualam Hanya Cadangan

Tiga bek Timnas Indonesia di luar negeri mengalami nasib berbeda bersama klub masing-masing, Sabtu (27/4/2024).

Teguh Kurniawan | 27 Apr, 16:55

Mizuno mempersembahkan kaus spesial untuk peringati 50 tahun Scudetto pertama SS Lazio. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Mizuno dan Lazio Luncurkan Jersey Spesial Peringati 50 Tahun Scudetto Perdana

Lazio kali pertama merebut Scudetto pada musim 1973-1974.

Tri Cahyo Nugroho | 27 Apr, 16:52

Pembalap Tim Aston Martin Aramco F1 Fernando Alonso dipercaya sempat memadu kasih di masa lalu dengan bintang pop Taylor Swift. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Taylor Swift Sebut Aston Martin, Fernando Alonso Merespons

Pembalap F1 asal Spanyol Fernando Alonso membintangi video terbaru tim Aston Martin.

Tri Cahyo Nugroho | 27 Apr, 16:42

Laga Manchester United vs Burnley di Liga Inggris 2023-2024. (Hendy Andika/Skor.id),

Liga Inggris

Hasil Manchester United vs Burnley: Setan Merah Gagal Amankan 3 Poin di Old Trafford

Berikut ini hasil pertandingan Manchester United vs Burnley pada pekan ke-35 Liga Inggris (Premier League) musim 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 27 Apr, 16:06

Load More Articles