Tanda-tanda Anda Menua Lebih Cepat dari Seharusnya

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Penuaan adalah siklus alami dari kehidupan yang tidak dapat kita hindari.
  • Itu bisa terjadi lebih lambat atau cepat tergantung gaya hidup dan kebiasan sehat kita.
  • Berikut sederet tanda yang memperlihatkan Anda menua lebih cepat dari seharusnya.

SKOR.id - Penuaan adalah bagian dari kehidupan yang tidak dapat kita hindari, tetapi kita dapat memperlambat atau mempercepatnya tergantung pada pilihan gaya hidup dan kebiasaan kesehatan kita.

Selain penuaan dini, masalah kesehatan tertentu dapat muncul yang menyebabkan proses kita menua menjadi lebih cepat.

Eat This, Not That! Health berbicara dengan para ahli yang berbagi tanda-tanda Anda menua lebih cepat dari yang seharusnya Anda sadari. 

1. Tidak Ada yang Ingin Menua dengan Cepat
Tomi Mitchell, dokter keluarga bersertifikat dengan Strategi Kesehatan Holistik berbagi, "Saya belum pernah bertemu dengan orang dewasa yang mengatakan kepada saya bahwa mereka ingin cepat tua."

"Faktanya, banyak orang mulai menyadari usia mereka setelah mereka mencapai usia 30. Mereka mulai melihat tanda-tanda pertama keriput dan rambut beruban dan merasakan sakit dan nyeri pada persendian mereka."

"Akibatnya, mereka mulai merasa seperti kehilangan masa muda dan vitalitas."

"Bagi banyak orang, ini bisa menjadi pengalaman yang sangat meresahkan. Mereka mungkin menghabiskan lebih banyak waktu dan uang untuk produk kecantikan dan kosmetik untuk mempertahankan anak mereka."

"Mereka mungkin juga mencoba mengubah kebiasaan gaya hidup mereka agar tetap sehat dan bugar. Namun, kebenaran yang menyedihkan adalah bahwa tidak ada jalan untuk kembali jam."

"Penuaan adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan. Namun, bukan berarti kita harus menyerah begitu saja tanpa perlawanan."

"Dengan merawat tubuh dan pikiran, kita tetap bisa menikmati kualitas hidup yang tinggi seiring bertambahnya usia. Jadi, meskipun kita tidak bisa menghentikan proses penuaan, kita pasti bisa memperlambatnya."

"Namun, ada tanda-tanda bahwa Anda mungkin menua lebih cepat dari yang seharusnya. Anda harus berbicara dengan dokter Anda jika Anda melihat salah satu dari gejala berikut."

2. Rasa Sakit dan Peradangan Kronis
Lisa Richards, ahli gizi dan penulis Candida Diet mengatakan, "Bagi kebanyakan orang, nyeri kronis dan peradangan bukanlah bagian normal dari kehidupan sehari-hari. Jika Anda mengalami peradangan, retensi air, kurang tidur, dan nyeri kronis, Anda mungkin penuaan lebih cepat dari yang seharusnya."

"Bagi mereka yang tak punya diagnosis medis untuk menguraikan gejala-gejala ini, mungkin penyebabnya adalah makanan yang Anda pilih untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda."

"Mengurangi lemak jenuh, karbohidrat olahan, tambahan gula, dan makanan inflamasi lain dapat membantu memperlambat proses ini dan mengurangi efek samping ini."

"Memilih untuk mengonsumsi makanan anti-inflamasi juga bisa memperlambat proses jadi tua dengan memberi makan tubuh Anda makanan kaya antioksidan, biji-bijian, dan lemak sehat. Ini mengarah pada kesehatan sel yang lebih baik, kesehatan usus, kekebalan, dan kesehatan secara keseluruhan."

3. Anda Kehilangan Massa Otot
"Tahukah Anda bahwa hilangnya massa otot bisa menandakan bahwa Anda menua lebih cepat dari yang seharusnya?" Dr Mitchell menjelaskan. "Memang benar! Massa otot mulai menurun sekitar usia 30, yang semakin cepat seiring bertambahnya usia."

"Ada beberapa alasan untuk ini, termasuk penurunan produksi hormon seperti testosteron dan hormon pertumbuhan dan pengurangan jumlah sel otot."

"Proses ini dapat dipercepat oleh nutrisi yang buruk, kurang olahraga, dan obat-obatan tertentu."

"Namun, beberapa cara untuk memperlambat kehilangan otot termasuk olahraga teratur, asupan protein cukup, dan suplementasi dengan creatine atau nutrisi lainnya. Jadi, jika Anda khawatir kehilangan otot massa, ambil tindakan untuk menjaga tubuh tetap muda dan kuat."

4. Kulit Anda Menjadi Lebih Tipis dan Kurang Elastis
Kata Dr. Mitchell, “Salah satu tanda penuaan yang paling sering terlihat adalah perubahan penampilan kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis dan kurang elastis, menyebabkan kerutan, bintik-bintik penuaan, dan kekeringan, dapat dipercepat oleh faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari dan merokok."

"Selain itu, pilihan gaya hidup, seperti pola makan yang buruk atau tidak cukup berolahraga, dapat berkontribusi pada penuaan dini."

"Jika Anda melihat kulit Anda menunjukkan tanda-tanda penuaan, sangat penting untuk bertindak untuk melindunginya dari kerusakan lebih lanjut. Ini termasuk tabir surya di luar ruangan, berhenti merokok, dan makan makanan yang sehat."

"Langkah-langkah tersebut akan membantu Anda menjaga kulit Anda terlihat terbaik selama bertahun-tahun."

5. Tulang Anda Menjadi Lebih Lemah
Dr. Mitchell mengingatkan kita, "Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan yang paling terlihat adalah cara tulang kita berubah."

"Seiring waktu, tulang kita menjadi lebih lemah dan lebih rapuh. Ini adalah bagian alami dari proses penuaan, tetapi itu bisa menandakan bahwa kita menua lebih cepat dari yang seharusnya."

"Tulang kita terus-menerus rusak dan membangun kembali diri mereka sendiri, tetapi seiring bertambahnya usia, tingkat kerusakannya mulai melebihi tingkat di mana mereka membangun kembali diri mereka sendiri. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan peningkatan risiko patah tulang."

"Beberapa faktor dapat berkontribusi pada proses ini, termasuk kurang olahraga, pola makan yang buruk, dan kondisi medis tertentu. Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan tulang Anda, bicarakan dengan dokter Anda. dokter tentang cara untuk memperlambat proses penuaan."

6. Anda Mengalami Rambut Rontok
"Ketika berbicara tentang kerontokan rambut, ada banyak penyebab yang berbeda," kata Dr. Mitchell. "Namun, satu alasan potensial adalah penuaan yang dipercepat."

"Rambut rontok adalah bagian normal dari proses penuaan, karena folikel rambut secara bertahap menghasilkan helai rambut yang lebih halus dan lebih lemah."

"Namun, kehilangan banyak rambut bisa menandakan bahwa Anda menua lebih cepat daripada rambut rontok. Anda seharusnya."

Beberapa kemungkinan alasan termasuk ketidakseimbangan hormon, kekurangan vitamin, dan stres. Jika Anda khawatir tentang penuaan yang dipercepat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau dokter kulit. Selain itu, mereka akan dapat menilai kasus Anda dan memberikan panduan tentang cara melanjutkan."

7. Anda Sulit Tidur
Dr. Mitchell menyatakan, "Tidak ada cara untuk menyiasatinya: seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan berubah. Kita tidak memiliki tingkat energi yang sama seperti ketika kita masih muda, dan kita mulai melihat efek waktu dalam bentuk keriput dan rambut beruban."

"Tetapi tahukah Anda bahwa insomnia adalah salah satu tanda awal penuaan? Itu benar: jika Anda sulit tidur, itu bisa menandakan bahwa Anda menua lebih cepat dari seharusnya."

"Beberapa faktor dapat berkontribusi pada insomnia , tapi seiring bertambahnya usia, tubuh kita menghasilkan lebih sedikit hormon yang membantu kita tidur nyenyak."

"Selain itu, banyak obat yang biasa diresepkan untuk manula dapat memiliki efek samping yang membuat sulit untuk tertidur atau tetap tertidur sepanjang malam."

"Penuaan juga meningkatkan risiko kondisi medis seperti Alzheimer dan Parkinson, yang dapat menyebabkan masalah tidur."

"Jika Anda mengalami kesulitan tidur, Anda harus bicara dengan dokter Anda. Ada perawatan yang tersedia yang dapat membantu Anda mendapatkan istirahat yang kamu butuhkan, dan dengan mengatasi insomnia Anda, Anda mungkin dapat memperlambat proses penuaan."

"Jadi jangan menunggu: jika Anda tidak cukup tidur, segera buat janji dengan dokter Anda." 

Dr Mitchell mengatakan ini "bukan merupakan nasihat medis dan tidak berarti jawaban ini dimaksudkan untuk menjadi komprehensif. Sebaliknya, itu mendorong diskusi tentang pilihan kesehatan."***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Tingkatkan Hasrat Seksual dan Tunda Penuaan dengan Makanan Super Ini

10 Kebiasaan Sehari-hari yang Mempercepat Faktor Penuaan

5 Bahan Alami Pencegah Penuaan Dini

Source: Eat This, Not ThatYahoo Life Kanada

RELATED STORIES

Apakah Hipertensi Sama dengan Tekanan Darah Tinggi? Pelajari Tips untuk Mencegahnya

Apakah Hipertensi Sama dengan Tekanan Darah Tinggi? Pelajari Tips untuk Mencegahnya

hipertensi sama dengan tekanan darah tinggi, hanya saja istilah yang digunakan untuk kondisi tersebut berbeda.

Ryan Reynolds Jalani Kolonoskopi di Depan Kamera, Kapan Anda Harus Melakukannya Juga?

Ryan Reynolds Jalani Kolonoskopi di Depan Kamera, Kapan Anda Harus Melakukannya Juga?

Ryan Reynolds dan Rob McElhenney mengizinkan kamera menyaksikan mereka menjalani pemeriksaan kolonoskopi untuk menyebarkan kesadaran tentang kesehatan usus besar kita.

Dampak Buruk Terlalu Sering Tidur Larut Malam, Salah Satunya Menurunkan Gairah Seks

Dampak Buruk Terlalu Sering Tidur Larut Malam, Salah Satunya Menurunkan Gairah Seks

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk jika seseorang terlalu sering tidur larut malam.

Ini Alasan Anak-anak yang Tidur dengan Orangtua Mereka Tumbuh Menjadi Lebih Percaya Diri

Ini Alasan Anak-anak yang Tidur dengan Orangtua Mereka Tumbuh Menjadi Lebih Percaya Diri

Tidur di sebelah anak Anda menawarkan banyak manfaat dan, oleh karena itu, Anda harus menyingkirkan mitos-mitos yang selama ini Anda dengar.

Keyakinan dan Mitos yang Keliru seputar Bunuh Diri, Salah Satunya Bukan Penyakit Keturunan

Keyakinan dan Mitos yang Keliru seputar Bunuh Diri, Salah Satunya Bukan Penyakit Keturunan

Bertentangan dengan apa yang diperkirakan, diperkirakan sekitar 75% orang yang melakukan bunuh diri memberi peringatan sebelum melakukan tindakan.

Makanan Ultra-Olahan Meningkatkan Risiko Kkanker, Menurut Sebuah Penelitian

Makanan Ultra-Olahan Meningkatkan Risiko Kkanker, Menurut Sebuah Penelitian

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi makanan ultra-olahan tingkat tinggi memiliki 29% peningkatan risiko terkena kanker kolorektal.

5 Makanan Anti-Penuaan yang Membuat Tubuh Sehat dan Kulit Menjadi Glowing

Kulit yang indah dan bercahaya dimulai dari cara kita makan, tetapi makanan anti-penuaan ini juga dapat membantu lebih dari itu.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

Jadwal Pekan Keenam MPL ID Season 13, Nasib RRQ Dipertaruhkan

Pekan keenam akan berlangsung selama tiga hari mulai Jumat (26/4/2024) hingga Minggu (28/4/2024).

Gangga Basudewa | 25 Apr, 03:35

FFWS alias Free Fire World Series (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

FFWS SEA Spring 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 24 Apr, 23:08

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Daftar Pemenang Penghargaan Mingguan MPL Indonesia Season 13

Di MPL Indonesia Season 13, ada beberapa penghargaan mingguan yang diberikan. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Thoriq Az Zuhri | 24 Apr, 21:27

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

ESL One Birmingham 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024, sedang dihelat. Berikut ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkapnya.

Thoriq Az Zuhri | 24 Apr, 21:24

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 24 Apr, 21:20

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

VCT 2024 Pacific Stage 1: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran VCT 2024 Pacific Stage 1 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Valorant Asia Pasifik ini.

Thoriq Az Zuhri | 24 Apr, 21:18

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 24 Apr, 21:16

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 24 Apr, 17:33

Inter Milan berhasil meraih gelar juara Liga Italia (Scudetto), musim 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Italia

Raih Scudetto, Pendapatan Inter Milan Makin Melimpah

Pendapatan Inter Milan melejit seiring keberhasilan mereka merengkuh gelar Scudetto Liga Italia 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 24 Apr, 17:27

Palembang Bank SumselBabel

Other Sports

Proliga 2024: Daftar Pemain Palembang Bank SumselBabel, Usung Misi Bangkit

Setelah terseok-seok pada 2022 dan 2023, tim voli putra Palembang Bank SumselBabel bertekad bangkit di Proliga 2024.

Doddy Wiratama | 24 Apr, 16:18

Load More Articles