Ryan Reynolds Jalani Kolonoskopi di Depan Kamera, Kapan Anda Harus Melakukannya Juga?

Nurul Ika Hidayati

Editor:

 

  • Ryan Reynolds dan Rob McElhenney terlibat dalam kampanye pencegahan kanker usus besar yang diprakarsai oleh Lead From Behind.
  • Kedua aktor dan pemilik klub Wales, Wrexham AFC, itu mengizinkan kamera memfilmkan mereka sedang melakukan kolonoskopi.
  • Faktanya kanker kolorektal adalah penyakit yang jarang dibicarakan meskipun levelnya cukup fatal.

SKOR.id - Pertemanan yang terjalin antara Ryan Reynolds dan Rob McElhenney semakin terasa pribadi untuk tujuan yang baik.

Dalam video terbaru dari Lead From Behind, sebuah organisasi kesadaran kanker usus besar (colon), kedua aktor dan pemilik klub sepak bola Wrexham AFC itu berbagi pengalaman mereka melakukan pemeriksaan kolonoskopi pada Selasa pagi.

Yang konyolnya, Reynolds awalnya harus bersedia menjalani pemeriksaan ini setelah kalah taruhan dari McElhenney, walau akhirnya dia harus berterima kasih pada temannya itu.

Klip dibuka dengan duo, keduanya sama-sama umur 45 tahun, mengungkapkan bahwa jika McElhenney belajar berbicara bahasa Wales, Reynolds yang aktor "Green Lantern" akan mengizinkan pengalaman kolonoskopinya untuk difilmkan.

 

"Ini adalah langkah sederhana yang secara harfiah, yang sebenar-benarnya secara harfiah, menyelamatkan hidup Anda," jelas Reynolds dalam video tersebut.

Dia juga mengatakan kepada para penggemar bahwa cara terbaik untuk mencegah kanker usus besar adalah dengan melakukan kolonoskopi ketika Anda berusia 45 tahun.

Video itu menunjukkan bintang "Deadpool" itu tiba untuk menjalani prosedur pemeriksaan dan diberitahu oleh dokter bahwa tes "efektif" hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Setelah itu, dokter memberi tahu Reynolds bahwa dia menemukan "polip halus" di sisi kanan usus besarnya, yang "berpotensi menyelamatkan nyawa" baginya.

"Inilah tepatnya alasan mengapa Anda melakukan ini. Anda tidak memiliki gejala," kata sang dokter kepada Reynolds, yang selanjutnya menjelaskan bahwa polip itu dapat berkembang menjadi kanker di masa depan.

Dalam kolom komentar, para penggemar mengucapkan terima kasih mereka kepada pria-pria itu karena menyebarkan kesadaran mengenai kanker usus besar.

"Bisakah kita meluangkan waktu sejenak untuk menghargai betapa sehatnya Ryan Reynolds? Dari membuat film terbaik 2016 hingga iklan kesadaran kanker usus besar. Pria ini benar-benar anugerah!" tulis seorang penggemar.

"Ini bagus karena menyoroti bagian penting dari kesehatan pria (dan wanita)!" dibagikan oleh pemilik akun lainnya.

"Kudos guys. Bagus sekali. Saya melakukannya awal tahun ini dan rasanya persis seperti Rob saat bangun tidur. Kalian berdua membunuhnya dan aku suka humor dan persahabatannya. Terima kasih atas kesadarannya," tulis yang lain.

Kanker kolorektal, atau kanker usus besar lebih seringnya disebut, adalah salah satu kanker yang paling sering didiagnosis di Kanada, namun, itu salah satu yang paling sedikit dibicarakan.

Konsisten dengan kanker prostat, paru-paru dan payudara, kanker kolorektal menyumbang sekitar 11 persen dari semua kasus kanker baru di kawasan Kanada (yang tidak termasuk kanker kulit non-melanoma).

Menurut Statistik Kanker Kanada, sekitar satu dari 14 pria didiagnosis menderita kanker kolorektal dalam hidup mereka, bersama satu dari setiap 18 wanita.

Jika terdeteksi pada tahap awal, kanker kolorektal 90 persen dapat disembuhkan. Apa saja tanda dan gejala penyakit ini dan kapan sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan? Inilah yang perlu Anda ketahui.

Apa itu kanker kolorektal?
Kanker kolorektal adalah penyakit yang mempengaruhi usus besar Anda (kolon) atau rektum Anda (ujung usus besar).

Kanker usus besar dan rektum ini dikelompokkan bersama sebagai kanker kolorektal karena kedua organ tersebut terbuat dari jaringan yang sama tanpa batas yang jelas di antara keduanya.

Ketika sel-sel di usus besar atau rektum tidak lagi bertumbuh atau berperilaku yang normal, perubahan dapat menyebabkan tumor non-kanker, kondisi prakanker (yaitu adenoma), ataupun kanker kolorektal.

Kanker kolorektal dapat menyerang siapa saja pada usia berapa pun — aktor "Black Panther" Chadwick Boseman meninggal karena penyakit ini pada usia 43 tahun. Namun, 93 persen kasus di Kanada terjadi pada orang dewasa berusia 50 tahun ke atas.

Apa saja tanda dan gejala peringatan kanker usus besar?
Kanker kolorektal mungkin tidak menunjukkan tanda atau gejala yang signifikan pada tahap awal, sehingga semakin penting untuk selalu mengetahui informasi terbaru tentang kesehatan usus besar Anda dan melakukan pemeriksaan secara teratur.

Menurut Canadian Cancer Society, polip dapat memakan waktu selama 10 hingga 15 tahun untuk berkembang menjadi kanker.

 

Oleh karena itu, gejala seringkali baru mulai muncul setelah tumor tumbuh dan akhirnya mempengaruhi organ dan jaringan di sekitarnya. Tanda-tanda awal kanker kolorektal seringkali mirip dengan kondisi kesehatan lainnya, termasuk anemia dan sindrom iritasi usus besar.

Dr Monika Krzyzanowska, ahli onkologi medis di Princess Margaret Cancer Centre, mengatakan salah satu tanda awal penyakit ini adalah perubahan kebiasaan buang air besar.

"(Orang) itu mungkin tidak pergi (ke kamar mandi) sesering biasanya," katanya pada Yahoo Canada melalui sambungan telepon. "Kaliber tinja Anda juga bisa berubah. Misalnya, bisa menjadi lebih tipis atau lebih sempit."

Krzyzanowska mencatat bahwa sakit perut, pendarahan dan penurunan berat badan yang tak dapat dijelaskan menjadi penyebab kekhawatiran, di samping anemia defisiensi besi.

"Ssatu hal yang mungkin tak diketahui orang (untuk diperhatikan) adalah anemia defisiensi besi," katanya. "Mereka mungkin merasa lelah, lalu pergi ke dokter keluarga, untuk ditemukan anemia. Ini kadang-kadang bisa menjadi gejala awal kanker usus besar."

Tanda atau gejala lain dari kanker kolorektal mungkin termasuk:

  • Diare
  • Sembelit
  • Makin jarang buang air besar (dibandingkan biasanya)
  • Darah dalam tinja
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • Anemia
  • Kram dan nyeri perut
  • Mual dan muntah
  • Nyeri atau ketidaknyamanan di rektum
  • Pendarahan dari rektum

Krzyzanowska mengatakan gejala mendesak yang tidak boleh Anda abaikan adalah "semua jenis sakit perut parah atau yang berkaitan dengan mual, muntah, dan ketidakmampuan untuk buang air besar" karena itu bisa menjadi gejala obstruksi usus.

Siapa yang berisiko terkena kanker usus besar?
Kanker kolorektal dapat menyerang siapa saja, tetapi orang yang hidup dengan penyakit radang usus (penyakit Crohn dan kolitis ulserativa) memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan populasi umum.

Usia rata-rata diagnosis kanker kolorektal adalah pada orang berusia 50 tahun ke atas, dengan risiko meningkat seiring bertambahnya usia.

Faktor risiko termasuk riwayat keluarga polip dan kanker usus besar, obesitas, merokok, alkohol, perilaku menetap dan diet tinggi daging olahan dan daging merah.

"Ironisnya, banyak faktor gaya hidup (yang baik untuk kesehatan usus besar) juga baik untuk hal-hal lainnya," kata Krzyzanowska, menambahkan "mmiliki pola makan sehat, tidak merokok dan memiliki berat badan yang baik" dapat menurunkan risiko penyakit.

Haruskah Anda diskrining untuk kanker usus besar?
Jawabannya singkat: ya.

Sementara aktris Kristen Bell sebelumnya berbagi bahwa dia menjalani kolonoskopi elektif pada usia 41, di Kanada, skrining untuk kanker kolorektal direkomendasikan untuk orang dewasa dengan risiko rata-rata berusia 50 hingga 74 tahun dengan tes tinja.

Jika Anda berisiko lebih tinggi, dokter mungkin menyarankan untuk skrining lebih awal.

Dan, meskipun tes tinja bukanlah ide waktu yang baik, itu menyelamatkan ribuan nyawa setiap tahun.

"Kanker usus besar adalah salah satu dari sedikit kanker yang kami miliki tes skrining yang efektif," kata Krzyzanowska. "Buktinya cukup kuat bahwa tes skrining untuk kanker usus besar dapat menurunkan insiden (tingkat) dan meningkatkan kelangsungan hidup, jadi jika Anda berada dalam kelompok usia yang tepat, lanjutkan dan lakukan skrining."

Mirip dengan skrining untuk kanker serviks, skrining kanker kolorektal juga terlihat untuk menemukan dan mengidentifikasi polip sebelum menjadi kanker.

"Jika Anda mengambil polip itu, dan Anda dapat menghilangkannya, Anda memindahkan diagnosis jauh lebih awal dalam perjalanan penyakit," kata Krzyzanowska.

"Saya tahu menakutkan untuk berpikir Anda mungkin menderita kanker, tetapi lebih baik dideteksi lebih awal atau pada tahap pra-kanker."

Kanker kolorektal "dapat diobati, tapi Anda harus memanfaatkan tes skrining yang tersedia," kata sang dokter. "Jika Anda mengalami gejala apa pun, segera cari bantuan medis lebih awal untuk dapat menyelamatkan hidup Anda."***

Berita Ryan Reynolds Lainnya:

Ryan Reynolds Menyebut Sang Istri Blake Lively Sekarang 'Terobsesi' dengan Wrexham FC

Ryan Reynolds dan Rob McElhenney Berdonasi untuk Pemain Wrexham yang Kehilangan Bayi Mereka

Ingin Punya Tubuh Bugar di Usia 40 Tahun? Ini Tips Ryan Reynolds

Source: Yahoo Life Kanada

RELATED STORIES

Ini Alasan Anak-anak yang Tidur dengan Orangtua Mereka Tumbuh Menjadi Lebih Percaya Diri

Ini Alasan Anak-anak yang Tidur dengan Orangtua Mereka Tumbuh Menjadi Lebih Percaya Diri

Tidur di sebelah anak Anda menawarkan banyak manfaat dan, oleh karena itu, Anda harus menyingkirkan mitos-mitos yang selama ini Anda dengar.

Keyakinan dan Mitos yang Keliru seputar Bunuh Diri, Salah Satunya Bukan Penyakit Keturunan

Keyakinan dan Mitos yang Keliru seputar Bunuh Diri, Salah Satunya Bukan Penyakit Keturunan

Bertentangan dengan apa yang diperkirakan, diperkirakan sekitar 75% orang yang melakukan bunuh diri memberi peringatan sebelum melakukan tindakan.

Makanan Ultra-Olahan Meningkatkan Risiko Kkanker, Menurut Sebuah Penelitian

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi makanan ultra-olahan tingkat tinggi memiliki 29% peningkatan risiko terkena kanker kolorektal.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Marco Reus. (Hendy AS/Skor.id)

World

10 Sisi Menarik Legenda Borussia Dortmund Marco Reus

Selama 12 tahun membela Borussia Dortmund, banyak hal menarik yang ditorehkan Marco Reus.

Tri Cahyo Nugroho | 07 May, 13:05

Liga 3 Nasional atau putaran nasional Liga 3. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Liga 3 Nasional 2023-2024: Persaingan Grup L Ketat, PSHW UMY Jalani Partai Penentu di Laga Terakhir

PSHW UMY akan menjalani laga penentu melawan Putra Angkasa Kapal FC pada pertandingan keempat Grup L Liga 3 Nasional 2023-2024.

Nizar Galang | 07 May, 13:02

claudia scheunemann timnas u-17

Timnas Indonesia

Claudia Scheunemann Ingin Timnas Putri U-17 Indonesia Lebih Kompak Saat Hadapi Korsel

Striker Timnas Putri U-17 Indonesia, Claudia Scheunemann, bertekad tampil lebih baik pada laga kedua Piala Asia Wanita U-17 2024.

Teguh Kurniawan | 07 May, 12:54

Sneaker kolaborasi musisi rap Jack Harlow dan New Balance (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Sneakers

Kolaborasi Terbaru Jack Harlow x New Balance Akan Meluncur Akhir 2024

Jack Harlow mengaku kecintaannya kepada New Balance telah menjadi bagian dari citra publiknya.

Kunta Bayu Waskita | 07 May, 12:46

Rapor pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri, lebih tepatnya di kompetisi negara Asia. (Hendy AS/Skor.id)

National

Rapor Pemain Indonesia di Asia: Hanya Nurhidayat yang Dapat Menit Bermain

Para pemain berpaspor Indonesia yang berkarier di luar negeri, khususnya pada negara Asia, melanjutkan kiprah di periode awal Mei 2024.

Nizar Galang | 07 May, 12:16

Borneo FC Samarinda. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

Rapor Borneo FC di Reguler Series Liga 1 2023-2024: Catatkan Rekor Tak Terkalahkan Terlama

Berikut rapor Borneo FC yang menjadi pemuncak klasemen reguler series Liga 1 2023-2024.

Rais Adnan | 07 May, 11:58

Ajcharaporn Kongyot (Thailand)

Other Sports

Tim Voli Putri Thailand Tanpa Outside Hitter Andalan di Pekan Pertama VNL 2024

Ajcharaporn Kongyot absen memperkuat tim voli putri Thailand pada pekan pertama VNL 2024 karena belum fit 100 persen.

Doddy Wiratama | 07 May, 11:44

Persib Bandung - M Yusuf - Skor.id

Liga 1

Rapor Persib Bandung di Reguler Series Liga 1 2023-2024: Produktif, Terbaik di Laga Tandang

Persib mencatatkan performa impresif sepanjang fase reguler Liga 1 2203-2024.

Rais Adnan | 07 May, 11:17

Liga TopSkor

Garnier Men Liga TopSkor U-17: Jelang Derby Bogor, Pelatih Prahara Jaga Kondisi Pemain

Prahara akan menghadapi Cibinong Poetra pada lanjutan laga grup Skor Garnier Men Liga TopSkor U-17 2024.

Nizar Galang | 07 May, 11:12

Timnas U-23 Indonesia.

Timnas Indonesia

Jalani Latihan Perdana, Ikhsan Nul Zikrak Beberkan Kendala Timnas U-23 Indonesia di Prancis

Ikhsan Nul Zikrak mengakui para pemain Timnas U-23 Indonesia dilanda kelelahan.

Nizar Galang | 07 May, 10:26

Load More Articles