Rear Ride-Height juga Akan Segera Dilarang di MotoGP

Tri Cahyo Nugroho

Editor:

  • Usai perdebatan sengit, front ride-height secara resmi dilarang mulai Kejuaraan Dunia MotoGP 2023.
  • Kini, rencana menghilangkan pengatur tinggi-rendah bagian belakang motor (rear ride-height) mulai masuk proposal.
  • Ducati adalah pabrikan penemu peranti-peranti ini. 

SKOR.id – Jika front ride-height device resmi dilarang mulai MotoGP 2023, maka rear ride-height device masih akan legal pada musim ini. Pun demikian, sepertinya pengatur tinggi-rendah bagian belakang motor itu juga akan dilarang di MotoGP masa depan.

“Sudah menjadi perhatian kami meminta pabrikan memikirkan soal larangan rear ride-height seperti front ride-height yang sudah akan ilegal tahun ini. Tinggal menunggu waktu yang tepat saja,” ucap Direktur Teknologi MotoGP Corrado Cecchinelli seperti dikutip crash.net.  

Ducati menarik perhatian di MotoGP setelah memperkenalkan rear ride-height yang awalnya berupa holeshot pada akhir musim 2018.

Pabrikan Borgo Panigale, Bologna, Italia, itu lantas menurunkan versi paten komponen untuk mempercepat laju motor saat keluar tikungan itu, sejak di Sirkuit Buriram, Thailand, pada 2019.

Front ride-height – sistem yang bekerja dengan mengunci suspensi depan pada posisi tertentu – selama ini hanya diaplikasi oleh Suzuki. Sedangkan rear ride-height – mengatur posisi tinggi-rendah suspensi belakang – digunakan oleh Yamaha.

Empat pabrikan lainnya, yakni Aprilia, Ducati, Honda, dan KTM, memiliki front dan rear ride-height device sekaligus pada motor-motor mereka.

Dorna Sports selaku promotor MotoGP lantas mengajukan proposal ke Asosiasi Pabrikan (MSMA) untuk mempertahankan status quo. Dengan kata lain, front dan dan rear ride-height device bisa dipakai sekaligus hanya saat start, tetapi setelah itu hanya holeshot belakang yang boleh dipakai.

“Kami mengusulkan (untuk melarang) hanya front ride-height karena tidak ada yang menggunakan sistem seperti itu selama balapan. Sedangkan bagian belakang, jika dilarang bersamaan, itu akan menjadi masalah besar bagi semua orang, ”kata Cecchinelli.

Namun selama diskusi MSMA selanjutnya, Ducati sudah berada di ambang balapan dengan sistem front ride-height pada Desmosedici GP22.

Cecchinelli menyebut, Dorna lantas bersiap menarik proposal larangan front ride-height tersebut. Tetapi sebagian besar pabrikan ingin peranti itu dilarang, meskipun menurut Ducati sebenarnya saat itu lima dari enam pabrikan di MSMA sudah memilih kata “tidak” saat voting.

Yamaha, Honda, Aprilia, KTM, dan Suzuki saat itu berpikir front ride-height tidak masalah dilarang karena tidak terlalu relevan dengan motor produksi massal.

Jika ingin menyesuaikan posisi berkendara motor jalan raya (misal bagian belakang direndahkan saat pengereman keras untuk menghindari efek stoppie), sistem kontrol elektronik bisa melakukannya.

Hal yang sama – peranti yang dirasa tidak relevan di motor jalan raya namun dikembangkan di MotoGP – terjadi pada seamless shift gearbox, Continously Varable Transmission System (CVT), dan sejumlah komponen semisal rem karbon dan ban slick.

Argumen serupa bisa dipakai untuk mempertahankan peranti ride-height. Namun, kekuatan dari para oposisi tampaknya lebih besar. Paling tidak karena kekhawatiran mereka hal itu bakal merusak pertunjukan.

Pun begitu, larangan pemakaian rear ride-height ini sepertinya baru akan bisa diterapkan setelah akhir 2026, atau saat berakhirnya kontrak MotoGP antara Dorna dan pabrikan. Kecuali, ada kesepakatan bulat sebelum tahun itu untuk larangan tersebut.

“Kami tidak ingin memikirkan perubahan besar atau revolusi besar hingga 2027, kecuali jika semua orang setuju seperti yang terjadi pada bahan bakar ‘berkelanjutan’,” ucap Cecchinello saat ditanya kapan rear ride-height akan dilarang.

“Tapi, makin cepat bisa setuju dengan pabrikan tentang paket 2027, itu akan kian baik. Pasalnya, Anda bisa membuat perubahan yang lebih besar jika pabrikan memiliki cukup waktu untuk mempersiapkannya.”

Berita MotoGP Lainnya:   

Francesco Bagnaia: Sprint Race Membuat MotoGP Tak Ketinggalan Zaman

Tak Puas Jadi Juara Dunia, Fabio Quartararo Ungkap Mimpi Terbesarnya di MotoGP

Sprint Race MotoGP Bahaya Tanpa Kompensasi untuk Pembalap

 

   

 

 

RELATED STORIES

Carlo Pernat Sarankan Yamaha Rekrut Marc Marquez Dibanding Jorge Martin

Carlo Pernat Sarankan Yamaha Rekrut Marc Marquez Dibanding Jorge Martin

Belakangan, Yamaha dikabarkan mengincar Jorge Martin untuk MotoGP 2024.

Miguel Oliveira Optimistis Bisa Rebut Gelar bersama Aprilia

Miguel Oliveira Optimistis Bisa Rebut Gelar bersama Aprilia

Miguel Oliveira akan membuka lembaran baru bersama tim satelit Aprilia mulai MotoGP 2023.

Monster Energy Yamaha Luncurkan Motor 'Kamuflase' untuk MotoGP 2023

Monster Energy Yamaha Luncurkan Motor 'Kamuflase' untuk MotoGP 2023

Monster Energy Yamaha mengadakan acara peluncuran tim untuk MotoGP 2023 pada Selasa (17/1/2023) di Jakarta.

Bos Yamaha Ungkap Makna di Balik Kamuflase di YZR-M1 2023: Kami Mau Perang!

Menurut bos Yamaha, Lin Jarvis, motif kamuflase dipilih karena ingin menegaskan bahwa timnya siap berperang di MotoGP 2023.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez (kanan), bersama Presiden Joan Laporta dan Direktur Olahraga Deco. (Hendy Andika/Skor.id).

La Liga

Batal Mundur Akhir Musim Ini, Xavi Hernandez Resmi Bertahan di Barcelona

Xavi Hernandez menyatakan dirinya telah memutuskan untuk tetap bertahan di Barcelona memenuhi kontraknya yang berlaku hingga Juni 2025 nanti.

Irfan Sudrajat | 25 Apr, 15:22

Erick Thohir

Timnas Indonesia

Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong, Erick Thohir Singgung Generasi Emas Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan soal pertemuan dengan Shin Tae-yong yang berujung diperpanjangnya kontrak sang pelatih.

Taufani Rahmanda | 25 Apr, 14:56

Gelandang legendaris asal Spanyol Andres Iniesta dan jam tangan khasnya dari Casio, G-Shock DW-5600AI-1. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

Casio G-Shock DW-5600AI-1 Jam Tangan Khas Andres Iniesta

Casio G-Shock DW-5600AI-1 Andres Iniesta akan diluncurkan pada Mei 2024.

Tri Cahyo Nugroho | 25 Apr, 14:51

Kylian Mbappe menjadi duta merek Hublot untuk jam tangan resmi Piala Eropa 2024, Big Bang E Gen3 UEFA Euro 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

Kylian Mbappe Luncurkan Hublot Big Bang e Gen3 UEFA Euro 2024

Hublot Big Bang e Gen3 UEFA Euro 2024 hanya akan dibuat 100 unit.

Tri Cahyo Nugroho | 25 Apr, 14:43

PSIS Semarang vs Persikabo 1973 di pekan ke-33 Liga 1 2023-2024 pada 26 April 2024. (Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming PSIS vs Persikabo 1973 di Liga 1 2023-2024

Disertai 17 fakta menarik jelang pertandingan pekan 33 Liga 1 2023-2024 yang digelar Jumat (26/4/2024) sore itu.

Taufani Rahmanda | 25 Apr, 14:26

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 25 Apr, 14:09

Uber Cup/Piala Uber

Badminton

Daftar Juara Uber Cup, Tim Putri Cina Kelewat Dominan

Tim putri Cina jadi yang paling sukses dalam sejarah Uber Cup dengan koleksi 15 gelar dari 28 edisi penyelenggaraan.

Doddy Wiratama | 25 Apr, 13:18

IBL All Star 2024

Basketball

Saling Sikut di IBL All Star 2024, Yudha Saputera Ingin Buktikan Kualitas ke Abraham Damar

Dua bintang basket Indonesia, Abraham Damar Grahita dan Yudha Saputera, ingin menunjukkan pertandingan yang menarik di IBL All Star 2024.

Arin Nabila | 25 Apr, 13:04

Cover artikel Aldila Sutjiadi.

Tennis

Aldila Sutjiadi Optimistis Bisa Raih Hasil Bagus di Madrid Open 2024

Berpasangan dengan Asia Muhammad, petenis Indonesia Aldila Sutjiadi akan bertemu Hsieh Su-wei/Elise Mertens di babak pertama Madrid Open 2024.

I Gede Ardy Estrada | 25 Apr, 12:50

Rans Nusantara FC vs Persija Jakarta di pekan ke-33 Liga 1 2023-2024 pada 26 April 2024. (Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Rans Nusantara FC vs Persija Jakarta di Liga 1 2023-2024

Disertai 14 fakta menarik jelang pertandingan penutup pekan 33 Liga 1 2023-2024 yang digelar Jumat (26/4/2024) malam itu.

Nizar Galang | 25 Apr, 12:36

Load More Articles