Powerlifting Mom Pecahkan Rekor Dunia untuk Raw Deadlift Terberat oleh Wanita, Turun 64Kg dalam Prosesnya

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Tamara Walcott memecahkan rekor dunia untuk raw deadlift terberat di dunia oleh seorang wanita pada September 2021.
  • Berawal ketika manajer properti 39 tahun itu mencapai berat badan hingga 188kg.
  • Kini dia meluncurkan gerakan Women in Powerlifting di Instagram-nya, untuk menginspirasi wanita agar mencoba olahraga powerlifting.

SKOR.id - Tamara Walcott tak akan pernah melupakan hari ketika dia menginjak timbangan dan terbaca angka 415 lbs (188 kg). "Saya tidak mengenali siapa saya," kata wanita 39 tahun itu, pada PEOPLE dalam fitur Beyond the Scale minggu ini. "Saya benar-benar berhenti melihat ke cermin untuk waktu yang sangat lama."

Tumbuh dewasa Walcott selalu lebih besar dari rekan-rekannya, tetapi atletis, bermain bola voli dan softball dan tolak peluru di St Croix, U.S. Virgin Islands, di Kepulauan Karibia.

"Saya selalu menjadi yang terberat. Saudara saya ibarat tusuk gigi dibandingkan saya," kata Walcott, mengisahkan perjuangannya.

Tetapi baru setelah dia datang ke Amerika Serikat untuk memulai sebuah keluarga, keadaan berubah. "Saya baik-baik saja setelah memiliki anak perempuan saya, tetapi setelah saya memiliki anak laki-laki, semua mulai menjadi sangat buruk. Saya berubah menjadi pecandu makanan."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PM News (@pm__news)

Walcott juga berada dalam pernikahan yang tidak memuaskan saat itu dan sering makan di malam hari saat semua orang sedang tidur. "Berat badan saya bertambah banyak dan menjadi sangat gemuk," kata manajer properti dari Laurel, Maryland.

Menengok ke belakang, dia menyadari bahwa salah satu kesalahan terbesarnya adalah tidak menjadikan dirinya sebagai prioritas. "Bekerja 9-to five, akhir pekan adalah menghabiskan waktu bersama anak-anak," kata Walcott. "Saat itu, saya tidak tahu keseimbangannya."

Pada 2017 dia memutuskan "cukup" dan memulai latihan beban dengan dumb bells.

Sedikit yang dia tahu dia bahwa dalam beberapa tahun dia akan menjadi salah satu wanita terkuat di dunia. Dia akhirnya bergabung dengan gym baru, tempat orang-orang mengangkat beban berat.

"Mereka berteriak, mereka jongkok, mereka melakukan deadlift. Dan saya jatuh cinta," kata Walcott, lalu tersenyum. "Saya mendapatkan pelatih dan memutuskan bahwa ini adalah sesuatu yang ingin saya lakukan."

Sejak saat itu, dia fokus powerlifting dan menjadikannya cinta barunya — bersama dengan dirinya sendiri. "Tidak ada atau tidak ada yang bisa menghalangi saya dari tujuan saya setelah saya menetapkan pikiran saya untuk itu," katanya. "Sungguh memberdayakan untuk mengendalikan hidup saya, melakukan sesuatu yang terasa bermanfaat hanya untuk saya."

Dan pada September 2021, Walcott memecahkan rekor dunia untuk raw deadlift terberat di dunia oleh seorang wanita— 636 lbs (288kg)— dan kemudian memecahkan rekor sendiri awal tahun ini, mengangkat 639 lbs(289kg).

"Memecahkan rekor dunia berasal dari jujur pada diri sendiri, mengetahui bahwa saya cukup baik dan mengetahui bahwa saya layak," kata Walcott kepada PEOPLE.

Dia berlatih 3 hingga 4 hari seminggu di musim persiapannya dan menikmati jadwal latihan yang lebih ringan selama musim libur sesuai dengan yang dimungkinkan oleh olahraga tersebut.

Sepanjang prosesnya Walcott telah kehilangan bobot badannya lebih dari 140 pon (63,5kg), tapi dia tidak fokus pada itu.

"Bahkan sejak awal ketika saya memulai perjalanan saya, saya tidak pernah menyebutnya penurunan berat badan — saya menyebutnya penurunan lemak badan," jelasnya.

"Saya memiliki foto saya dengan berat 275 lbs (124 kg) dari dua tahun lalu yang tak terlihat seperti apa yang saya lihat pada 275 lbs sekarang. Komposisi tubuh saya berubah karena otot yang saya miliki sekarang terlihat sangat berbeda."

Menginspirasi Para Wanita

Tamara Walcott pergi ke gym setelah anak-anaknya tidur dan berolahraga 3 sampai 4 jam.

"Ini sangat terstruktur," katanya. "Segera setelah pulang kerja, saya memakan sesuatu dan minum protein shake, dan ketika saya kembali dari gym saya langsung tidur sehingga saya bisa bangun untuk menyiapkan anak saya ke sekolah di pagi harinya."

Meskipun itu membutuhkan banyak hal darinya - "Saya lelah mengatakan saya lelah!" - dia berkata dengan bercanda, dia hanya terus mengejar hasilnya: "Jika saya memikirkan sesuatu, saya tidak kenal lelah."

Kerja kerasnya itu terbayar. September 2021, Walcott mengklaim gelar raw deadlift terberat di dunia oleh seorang wanita. "Raw berarti tidak ada peralatan, tidak ada tali tangan untuk membantu Anda memegang bar. Semuanya kekuatan mentah," jelasnya.

Belajar memanfaatkan kekuatannya sendiri mengubah hidup Walcott, yang dibesarkan di St. Croix sebelum menikah dan pindah pada 2002 ke Abington, Maryland, tempat ia memiliki dua anak.

Meski dia mengatakan selalu "bertulang besar", baru setelah putranya lahir pada tahun 2012 dia jadi pecandu makanan. "Saya tidak akan makan sepanjang hari, dan kemudian saya akan makan di malam hari ketika semua orang tidur. Saat itulah saya jadi sangat gemuk."

Sementara itu, hubungan pernikahannya menggelepar. "Pernikahan itu ibarat dua kapal yang lewat di malam hari," katanya. Dia dan suaminya memutuskan untuk berpisah.

"Pada saat perceraian selesai, saya melihat ke cermin dan tidak mengenali siapa saya," kata Walcott. "Saya mencurahkan semua yang saya miliki untuk anak-anak saya dan hubungan yang gagal - saya memberikan segalanya untuk orang lain, tidak ada yang tersisa untuk diri sendiri."

Pada 2017, sang manajer properti memiliki bobot 415 lbs (188kg). dan sangat kesal dengan dirinya sendiri sehingga dia benar-benar berhenti melihat ke cermin. "Saya berharap seseorang mengatakan kepada saya, 'Kamu harus sedikit egois untuk menjaga dirimu sendiri sehingga kamu bisa menjaga anak-anakmu.'"

Sesuatu akhirnya memotivasi dia di akhir tahun itu untuk mencoba dumbbell class. Dengan menantang tubuhnya dan memprioritaskan dirinya sendiri dan kesehatannya, dia mampu menurunkan 100 lbs (45kg) dalam 8 bulan.

Setelah pindah ke Columbia, masuk ke gym baru, dan jatuh cinta, Walcott lalu menetapkan pandangannya tinggi-tinggi. Dia bangga mampu memperberdayakan dirinya sendiri.

Tentu saja dia punya beberapa pencela. "Awalnya saya akan berolahraga di gym pada jam 10 malam, dan teman-teman serta keluarga saya akan menelepon dan Anda seakan bisa melihat mereka memutar mata: Anda berada di gym lagi?'" dia berkata. "Dan saya seperti, saya di sini karena saya mencoba menyelamatkan hidup saya."

Melihat ke belakang, Walcott menyadari bahwa dia tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menjadikan dirinya prioritas. "Saya selalu berolahraga, tetapi begitu saya punya anak, saya tidak punya waktu."

"Orang-orang akan berkata, 'Kamu seorang ibu sekarang, kamu harus fokus pada ini, kamu tidak bisa fokus pada itu.' Saya berharap saya belajar lebih awal bahwa saya masih bisa fokus pada anak-anak saya dan tidak menempatkan diri saya di belakang kompor."

Dia bilang dia akhirnya menyadari mengejar sesuatu hanya untuk diri sendiri sudah cukup menjadi alasan untuk melakukannya. "Orang tidak perlu memahami apa tujuan dan impian Anda. Mereka bahkan tidak perlu memercayainya. Mereka mungkin mengira Anda akan gagal tetapi jangan menyerah. Jika itu adalah sesuatu yang penting bagi Anda, pertahankan menyiram benih itu dan itu akan tumbuh."

Itu salah satu alasan Walcott meluncurkan gerakan Women in Powerlifting di Instagram-nya, yang dimaksudkan untuk menginspirasi wanita agar mencoba olahraga tersebut. "Kami membuka jalan bagi gadis-gadis muda di masa depan," katanya.

Faktanya, putrinya Masjahlee, 16, mulai sekolah menengah setahun lalu, menelepon ibunya dari kelas weightlifting pertamanya. "Dia sedang mencoba squat dan satu-satunya yang memiliki gagasan tentang seperti apa bentuknya dan dia ingin saya melihatnya, jadi dia sangat bangga," kata Walcott.

Putranya Bryce, 10, juga penggemar berat sang ibu. "Bahkan sebelum saya menang rekor dunia, saya akan pergi sarapan bersamanya dan dia akan memberi tahu orang-orang, 'Ibuku lebih kuat dari ayahmu!' Dan sekarang saya seperti, itu benar-benar benar!"

Saat dia terus berlatih untuk kompetisi berikutnya, dia tetap konsisten dan fokus. Juga terus menjadi panutan bagi anak-anaknya.

"Jika Anda memiliki mimpi dan Anda mengatakannya dengan lantang dan orang lain tidak memahaminya, itu bukan untuk mereka pahami. Maju saja dan terus maju."

"Saya menjalani hidup saya tanpa rasa takut sekarang," kata Walcott. "Saya menjalani hidup saya dalam ruang, tidak apa-apa untuk membuat kesalahan. Tidak apa-apa untuk tidak mengetahui cara yang benar untuk melakukan sesuatu, karena itulah cara Anda belajar dan tumbuh."

Dan lintasannya sendiri terus berkembang. Dia bukan hanya wanita terkuat di dunia tetapi telah menambahkan pembicara motivasi ke dalam resumenya.

"Saya tidak merasa seperti hanya mengangkat beban berat lagi," katanya. "Saya merasa seperti mengangkat semangat."***

Berita Entertainment Lainnya: 

Unggahan Foto Juara Dunia Lionel Messi Catat Rekor Likes Terbanyak di Instagram

Juara BWF World Tour Finals 2022, Viktor Axelsen Samai Rekor Lee Chong Wei

IESF World Esports Championship 2022 di Bali Pecahkan 3 Rekor MURI

Source: Kompaspeople.com

RELATED STORIES

Sira Martinez dan Ferran Torres Rayakan Tahun Baru Bersama, Dibayangi Kabar Kematian Sang Kakek

Sira Martinez dan Ferran Torres Rayakan Tahun Baru Bersama, Dibayangi Kabar Kematian Sang Kakek

Putri Luis Enrique dan pesepakbola FC Barcelona telah menghabiskan Malam Tahun Baru bersama, membagikan gambar kebersamaan mereka kepada penggemar mereka.

Rafael Nadal x Kia x Babolat: Komitmen Memproduksi Tas Tenis Unik dengan Motif Inspiratif

Rafael Nadal, Kia dan Babolat memang berkolaborasi untuk memproduksi peralatan tas tenis unik dengan motif inspiratif.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Manfaat bersepeda

All Culture

Asiabike Jakarta Usung Tema Future on Wheels, Konsep Bersepeda Masa Depan

Bersepeda dapat meningkatkan kesehatan fisik, terlebih jika didukung berbagai perlengkapan.

Kunta Bayu Waskita | 27 Apr, 03:02

Ilustrasi PEVS 2024 (Dede Mauladi/Skor.id).

Automotive

PEVS 2024 Siap Digelar 30 April-5 Mei, Targetkan Transaksi Rp400 Miliar

BYD akan debut di PEVS 2024 dengan memamerkan tiga model kendaraan listrik.

Kunta Bayu Waskita | 27 Apr, 02:11

Megawati Hangestri Pertiwi di Fun Volleyball 2024

Other Sports

Fun Volleyball 2024 dan Kisah Sukses Megawati Dukung Kemajuan Voli di Indonesia

Laga ekshibisi Fun Volleyball 2024 antara Tim Indonesia All Star versus Red Sparks terselenggara berkat dukungan banyak pihak, termasuk Aice Group. 

I Gede Ardy Estrada | 27 Apr, 01:41

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 26 Apr, 21:26

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

ESL One Birmingham 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024, sedang dihelat. Berikut ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkapnya.

Thoriq Az Zuhri | 26 Apr, 21:25

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

VCT 2024 Pacific Stage 1: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran VCT 2024 Pacific Stage 1 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Valorant Asia Pasifik ini.

Thoriq Az Zuhri | 26 Apr, 21:24

FFWS alias Free Fire World Series (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

FFWS SEA Spring 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 26 Apr, 21:23

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 13: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MPL Indonesia Season 13 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen tertinggi Mobile Legends: Bang Bang Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 26 Apr, 21:22

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia U-23 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia U-23 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 26 Apr, 20:31

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti. (M. Yusuf/Skor.id).

La Liga

Carlo Ancelotti Beberapa Pekan Lagi Lewati Rekor Zinedine Zidane di Real Madrid

Carlo Ancelotti masih berpeluang menambah gelar dari La Liga dan Liga Champions pada musim ini.

Tri Cahyo Nugroho | 26 Apr, 20:24

Load More Articles