Pahami Pengertian Mencintai Diri Sendiri, 6 Cara Melatih Self-Love Menurut Psikolog

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Cinta diri berarti memiliki kepercayaan, keyakinan, dan kebanggaan pada diri sendiri dan kemampuan Anda.
  • Mempraktikkan cinta diri berarti menetapkan batasan, berhati-hati, dan menyingkirkan orang-orang beracun dari hidup Anda.
  • Untuk mengembangkan cinta diri, cari terapis, jurnal, dan dengarkan afirmasi.

SKOR.id - Hanya ada satu orang yang Anda habiskan setiap detik setiap hari dalam hidup Anda - diri Anda sendiri. Membina hubungan cinta dengan diri sendiri, atau self-love, bisa menjadi proses yang panjang dan rumit, tetapi itu juga akan menciptakan ruang untuk lebih banyak kebahagiaan dan kebebasan.

Apa yang dimaksud dengan mencintai diri sendiri?
Cinta diri (self-love) adalah perasaan yakin, percaya diri, dan bangga pada diri sendiri dan kemampuan Anda.

"(Mencintai diri sendiri) akan membantu Anda menikmati saat-saat indah dalam hidup dan percaya pada kemampuan Anda untuk mengatasi saat-saat buruk," kata Aimee Daramus, PsyD, seorang psikolog klinis untuk Urban Balance.

Mencapai cinta diri bisa menjadi sulit karena gagasan yang terinternalisasi bahwa Anda tidak cukup baik, atau perasaan bersalah karena mengutamakan kebutuhan Anda.

"Ada pergeseran perspektif yang melekat pada cinta diri ketika seseorang mulai memprioritaskan kebutuhan internal di atas kebutuhan orang lain," kata Sabrina Romanoff, PsyD, seorang psikolog klinis di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City.

Mengembangkan cinta-diri dapat memakan waktu, kesabaran, dan latihan, tetapi self-love pantas dan dapat dicapai oleh semua orang. Berikut ini enam cara untuk mempraktikkan cinta diri tersebut.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang mempraktikkan cinta diri.

1. Lakukan perawatan diri (self-care)
Perawatan diri adalah segala sesuatu yang Anda lakukan yang bermanfaat bagi kesehatan fisik, mental, atau emosional Anda.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat diri sendiri, antara lain:

  • Menonton film atau acara TV
  • Memasak makanan
  • Bermain permainan
  • Pergi jalan-jalan
  • Membersihkan apartemen Anda
  • Flossing gigi Anda
  • Berolahraga

2. Menjadi penuh perhatian
Mindfulness adalah kesadaran tentang apa yang Anda rasakan dan rasakan saat ini tanpa menghakimi. Mindfulness mencoba mengarahkan Anda dari masa lalu atau masa depan dengan berfokus pada saat ini.

"Mampu mendengarkan tubuh dan pikiran Anda, serta menyadari kebutuhan Anda adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk Anda secara khusus," menurut Annie M. Henderson, pelatih kehidupan profesional bersertifikat dan konselor profesional berlisensi.

Beberapa cara untuk melatih perhatian adalah:

  • Meditasi
  • Hitung napas Anda atau tarik napas dalam-dalam
  • Latihan landasan
  • Perhatikan panca indera Anda seperti apa yang Anda cium, dengar, atau sentuh.

Apa kata penelitian: Dalam tinjauan besar pada tahun 2015, para peneliti menemukan intervensi berbasis kesadaran meningkatkan harga diri peserta.

3. Pertanyakan pikiran negatif
Ketika Anda memiliki pemikiran di kepala Anda yang mengatakan "Saya tidak layak" ataupun "Saya tidak bisa melakukan ini", pertanyakan kembali pada diri Anda! Apa yang membuat Anda merasa seperti itu, dan bagaimana cara mengubah perspektif Anda untuk fokus pada kesuksesan?

Selain itu, luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana faktor luar memengaruhi pendapat Anda tentang diri sendiri. "Terkadang Anda berkinerja buruk di tempat kerja, tetapi terkadang ekspektasi mereka eksploitatif," kata Daramus. "Terkadang Anda 'tidak ada untuk teman atau orang penting lainnya, tetapi terkadang kebutuhan mereka tidak masuk akal."

4. Tetapkan batasan
Menetapkan batasan fisik dan emosional memungkinkan Anda untuk mengontrol cara Anda memperlakukan diri sendiri dan juga cara orang lain memperlakukan Anda, keduanya penting untuk mencintai diri sendiri. Ini membantu memprioritaskan kebutuhan Anda dan memungkinkan Anda menyuarakan apa kebutuhan itu.

Menetapkan batasan dapat terlihat seperti:

  • Belajar mengatakan "tidak" tanpa rasa bersalah
  • Membuat keputusan terlepas dari pendapat orang lain tentang Anda
  • Berdiri untuk diri sendiri dan kebutuhan Anda
  • Batasan Anda dapat berubah seiring waktu, dan memberlakukan batasan baru tidak memerlukan permintaan maaf.

5. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain
Berkat media sosial, terlalu mudah untuk melihat versi ideal dari kehidupan dan pencapaian orang lain. Membandingkan diri Anda dengan kehadiran online seseorang yang dikuratori dapat merusak cinta diri.

"Selalu ingat, media sosial adalah versi ekstrem dari proyek persona publik ataupun topeng orang, tetapi hanya mewakili sebagian kecil dari tantangan, masalah, dan kesulitan yang mewarnai kehidupan individu," kata Romanoff.

Apa kata penelitian: Dalam sebuah studi tahun 2018, para peneliti menemukan siswa yang menggunakan media sosial untuk membandingkan diri mereka sendiri dan mencari umpan balik positif dari teman sebaya lebih mungkin mengalami gejala depresi dan secara berlebihan mencari kepastian secara offline.

6. Singkirkan orang beracun dari hidup Anda
Orang yang toksik dapat membatasi kemampuan Anda untuk menumbuhkan cinta pada diri sendiri. Meskipun Anda dapat mencapai self-love tersebut, akan lebih mudah jika orang-orang di sekitar Anda memberikan penegasan dan rasa hormat yang positif.

Menurut Henderson, ciri-ciri orang beracun meliputi:

  • Menjadi resisten atau takut akan pertumbuhan Anda
  • Hanya memiliki hal-hal negatif untuk dikatakan
  • Mengabaikan pendapat Anda
  • Mengabaikan batasan yang Anda tetapkan
  • Meninggalkanmu kelelahan setelah menghabiskan waktu bersama
  • Setelah berbicara dengan seseorang, tanyakan pada diri Anda, "Apakah saya merasa lebih baik atau lebih buruk daripada sebelum percakapan dimulai?"

Bagaimana Anda mengembangkan cinta diri
Ada banyak cara untuk mengembangkan cinta diri, dan mana yang terbaik akan bervariasi dari orang ke orang.

"Saat bangun jam 5 pagi, meditasi (berdoa), dan bikin jurnal mungkin benar-benar memberi seseorang rasa cinta diri, itu bisa berupa menari, berlari, atau berbicara dengan pelatih kehidupan atau terapis," kata Henderson. "Konsistensi adalah kunci dalam hal mencintai diri sendiri dan menemukan sesuatu yang cocok untuk Anda."

Berikut adalah beberapa teknik khusus untuk mengembangkan cinta diri untuk dicoba:

  • Mencari pertolongan. Studi menunjukkan terapis dapat membantu menumbuhkan cinta diri dan harga diri. Mereka dapat dengan lembut membimbing Anda untuk menemukan dari mana rasa tidak aman berasal, dan kemudian membantu Anda mengatasinya. "Seorang terapis juga dapat memeriksa masalah mendasar, seperti depresi, kecemasan, atau trauma," kata Daramus.
  • Lakukan meditasi cinta diri. Mirip dengan kesadaran, meditasi cinta diri melibatkan duduk dengan diri sendiri dan membangkitkan perasaan cinta dan kebaikan terhadap diri sendiri.
  • Jurnal. Menulis dapat meningkatkan perasaan sejahtera Anda dengan memberi Anda kesempatan untuk menyadari emosi Anda, apa yang Anda banggakan, aspek yang Anda sukai dari diri Anda, dan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda.
  • Dengarkan afirmasi. Afirmasi adalah ungkapan yang dapat Anda ucapkan kepada diri sendiri jika perasaan cinta diri goyah atau butuh dorongan. Afirmasi mungkin termasuk "Saya layak" atau "Saya dicintai." Ada aplikasi dan jurnal penegasan yang tersedia untuk Anda mulai.

Self-love adalah perjalanan seumur hidup dengan pasang surut. Anda dapat melatihnya dan mengembangkan cinta diri sendiri ataupun dengan bantuan ahli kesehatan mental.

Mencintai diri sendiri berarti mendengarkan kebutuhan Anda, hilangkan pikiran negatif, dan menyingkirkan orang-orang dari hidup Anda yang menjatuhkan Anda.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

Ada Enam Jenis Self-Care dengan Budget Minim, Berikut Cara Mempraktikkannya

Berbagai Cara Self Healing agar Berdamai dengan Diri Sendiri

Source: insider.com

RELATED STORIES

Murah dan Simpel, Begini Cara Olahraga Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Murah dan Simpel, Begini Cara Olahraga Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Bagaimana Olahraga Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda.

10 Brain Foods untuk Bantu Meningkatkan Suasana Hati, Melawan Depresi, dan Banyak Lain

10 Brain Foods untuk Bantu Meningkatkan Suasana Hati, Melawan Depresi, dan Banyak Lain

Diet yang tepat juga berlaku untuk kesehatan mental, dengan psikiatri nutrisi - masih merupakan bidang khusus dalam kedokteran - berfokus pada makanan tertentu untuk meningkatkan suasana hati dan mencegah atau mengurangi masalah seperti kecemasan dan depresi.

Studi Terbaru, Nutrisi Ini Dapat Mengurangi Risiko Batu Ginjal Berulang

Studi Terbaru, Nutrisi Ini Dapat Mengurangi Risiko Batu Ginjal Berulang

Studi menemukan asupan nutrisi tertentu yang lebih rendah dikaitkan dengan kemungkinan lebih besar dari batu ginjal bergejala.

Telanjang Dada dan Bercelana Pendek, Andre Schurrle Uji Ketahanan Fisik pada Suhu -19 Derajat Celsius

Andre Schurrle membuat eks rekan setimnya di Chelsea, Didier Drogba terpana dengan berlatih setengah telanjang dalam suhu -19 derajat.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Persik Kediri vs Persita Tangerang di pekan ke-32 Liga 1 2023-2024 pada 20 April 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Persik vs Persita di Liga 1 2023-2024

Di kandang, Persik Kediri tentu ingin bangkit meski Persita Tangerang datang dengan kepercayaan diri tinggi, Sabtu (20/4/2024).

Taufani Rahmanda | 19 Apr, 07:48

Marselino Ferdinan.jpg

Timnas Indonesia

Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Australia U-23, Marselino Ferdinan Sanjung Ernando Ari

Ernando Ari menilai keberhasilan Timnas U-23 Indonesia atas Australia U-23 adalah kerja sama tim.

Nizar Galang | 19 Apr, 07:03

MPL Malaysia. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Terbukti Lakukan Pengaturan Skor, Ini Hukuman untuk Pemain Bountee Esports

Dominus terbukti menawarkan insentif keuangan kepada dua pemain Bountee Esports.

Gangga Basudewa | 19 Apr, 05:19

Semifinal Liga Europa 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Liga Europa 2023-2024: AS Roma vs Bayer Leverkusen dan Marseille vs Atalanta di Semifinal

Empat klub yaitu AS Roma, Bayer Leverkusen, Marseilla, dan Atalanta, berhasil lolos ke semifinal Liga Europa 2023-2024.

Irfan Sudrajat | 19 Apr, 04:41

Piala Dunia Futsal 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

World

Update Daftar Tim yang Lolos Piala Dunia Futsal 2024

Berikut ini update daftar tim yang lolos ke Piala Dunia Futsal 2024 di Uzbekistan, yang akan terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 19 Apr, 04:15

Marko Simic saat masih membela Persija Jakarta.

Liga 1

Skor Stats: Kesuburan Marko Simic dan Kebesarannya di Persija

Uraian fakta menarik dari hasil laga Persija Jakarta vs Persis Solo di pekan ke-31 Liga 1 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 19 Apr, 04:08

Shin Tae-yong. (Dok. PSSI/Grafis Jovi Arnanda)

Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Ungkap Kunci Sukses Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Australia U-23

Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong mengomentari kemenangan atas Australia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Nizar Galang | 19 Apr, 03:25

MPL Malaysia. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Hasil Investigasi Terkait Match Fixing di MPL Malaysia

Bountee Esports dinyatakan tidak terlibat tapi satu pemainnya tersangkut.

Gangga Basudewa | 19 Apr, 03:20

Laga Cagliari vs Juventus di Liga Italia 2023-2024. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Liga Italia

Prediksi dan Link Live Streaming Cagliari vs Juventus di Liga Italia 2023-2024

Prediksi dan link live streaming Cagliari vs Juventus di Liga Italia 2023-2024 yang akan digelar pada Sabtu (20/4/2024) pukul 01.45 WIB.

Irfan Sudrajat | 19 Apr, 03:19

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia U-23 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia U-23 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 19 Apr, 03:05

Load More Articles