Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Persahabatan adalah komponen inti pengalaman manusia, kata para ahli.
  • Tetapi, menciptakan dan mempertahankan tali persahabatan yang dalam dan bermakna sebagai orang dewasa terbukti sangat sulit, terutama bagi pria.
  • Simak penjelasan para ahli untuk mencari tahu mengapa pria tidak memiliki ikatan persahabatan seperti wanita.

SKOR.id - Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

Tetapi menciptakan dan mempertahankan persahabatan yang dalam serta bermakna sebagai orang dewasa itu sulit, terutama bagi pria, menurut penelitian.

Kurang dari separuh pria melaporkan merasa puas dengan persahabatan mereka, dan hanya sekitar 1 dari 5 mengatakan bahwa mereka telah menerima dukungan emosional dari seorang teman dalam seminggu terakhir, dibandingkan dengan 4 dari 10 wanita, menurut survei pada tahun 2021 dari Survey Center on American Life.

Putusnya persahabatan antara laki-laki dimulai sekitar pertengahan dan akhir masa remaja dan tumbuh lebih parah di masa dewasa, kata Judy Yi-Chung Chu, yang mengajar kelas tentang perkembangan psikologis anak laki-laki di Stanford University di California. 

Dan mereka yang mempertahankan persahabatan dengan pria lainnya, mengatakan bahwa mereka cenderung memiliki tingkat keintiman emosional yang lebih rendah dibandingkan yang dilaporkan wanita.

“Anak laki-laki tidak mulai terputus secara emosional. Mereka langsung terputus secara emosional,” kata Dr. Niobe Way, peneliti dan profesor psikologi terapan di New York University.

Semua manusia memiliki kapasitas bawaan dan keinginan untuk dekat, hubungan yang intim secara emosional dengan orang lain. Lazimnya kita membutuhkan hubungan ini untuk bertahan hidup sebagai bayi, kemudian berkembang seiring bertambahnya usia, kata Chu.

Penelitian telah menunjukkan persahabatan dekat melindungi kesehatan mental dan fisik kita, tambahnya. Dan pria yang memprioritaskan hubungan tersebut, melawan salah satu hal yang paling berbahaya bagi kesehatan manusia — kesepian, menurut Dr. Frank Sileo, seorang psikolog yang tinggal di Ridgewood, New Jersey.

“Apa yang (laki-laki) berisiko hilang adalah rasa tidak sendirian di dunia atau tidak sendirian dalam pengalaman mereka,” kata Sileo.

Penelitian menunjukkan "pengungkapan tekanan emosional meningkatkan kesejahteraan emosional (pria), meningkatkan perasaan dipahami, dan menghasilkan rasa kesepian yang lebih jarang dilaporkan," tambahnya.

Sama seperti banyak pria yang berusaha untuk makan dengan benar, berolahraga, sukses dalam karier, dan membesarkan anak, pria harus memprioritaskan mengembangkan persahabatan sebagai orang dewasa, katanya.

Mengapa begitu sulit
Ketika Sileo pertama kali melakukan penelitian tentang persahabatan antara laki-laki pada tahun 1995, banyak peserta menganggap surveinya tentang homoseksualitas, katanya.

Stereotip seperti itu, bahwa ikatan pria akan, atau menjadi, bersifat seksual, tidaklah akurat, tetapi mengungkapkan beberapa dari apa yang mungkin menahan beberapa pria dari persahabatan yang mendalam, tambahnya.

Asumsi 27 tahun kemudian mungkin berbeda, tetapi tekanan sosial tetap membuat pria sulit mengekspresikan kerentanan dan keintiman yang dibutuhkan untuk menjalin tali persahabatan yang dekat, kata Sileo.

Kita semua lahir dengan dua sisi diri kita sendiri: sisi keras yang tabah dan mandiri dan sisi lembut yang rentan dan saling bergantung, kata Way, penulis “Deep Secrets: Boys’ Friendships and the Crisis of Connection.”

Sisi keras telah dicirikan sebagai maskulin dan secara inheren lebih disukai, sebaliknya sisi lembut telah dilihat sebagai feminin dan lebih rendah kastanya, kata Way.

Anak laki-laki menerima pesan bahwa menjadi dewasa dan "menjadi lelaki" berarti melepas sisi lembut itu - pola pikir yang ditunjukkan oleh ilmu saraf, ilmu sosial, maupun developmental psychology - yang berbahaya bagi mereka, kata Way.

“Kami menjalin hubungan gender sebagai feminin,” kata Chu. “Jika itu hal yang feminin, itu menjadi kelemahan atau kerentanan jika (laki-laki) mengaku membutuhkan pertemanan.”

Mencirikan jenis kelamin dari pengalaman ini memiliki dampak yang jelas, kata Sileo. Pria yang lebih dibatasi secara emosional, terfokus pada kekuasaan dan yang mendapat skor tinggi pada survei yang mengukur homofobia, cenderung tidak memiliki persahabatan yang intim dan dekat, katanya.

Dan dorongan untuk tegar dan tidak pernah menunjukkan kerentanan yang membatasi laki-laki dari persahabatan, dapat membawa mereka pada aura kesepian, kekerasan dan kemarahan, kata Way.

“Kita hidup dalam budaya yang berbenturan dengan alam kita,” katanya. “Jika kita membesarkan anak-anak untuk melawan kodratnya, kita tidak perlu heran jika beberapa dari anak-anak itu tumbuh dengan berjuang keras.”

Pasangan Anda tidak cukup
Pria heteroseksual yang mencari kedekatan, mungkin beralih ke orang yang mereka anggap lebih baik dalam membangun hubungan dan merasa nyaman mengeksplorasi kerentanan mereka itu dengan: wanita dalam hidup mereka dan pasangan romantis mereka, kata Way.

Ini mungkin tampak seperti solusi yang baik, tetapi pada kenyataannya tidak berhasil untuk pria maupun wanita yang mereka cari, kata Sileo.

Menempatkan segalanya pada pasangan romantis bisa membuat hubungan tegang, katanya, apakah itu terkait pasangan wanita secara eksklusif untuk dukungan emosional atau bergantung padanya untuk memupuk persahabatan dan kumpul-kumpul untuk liburan dan akhir pekan.

Sangat penting untuk memiliki banyak orang untuk mendapatkan dukungan untuk perspektif yang berbeda, tambah Chu.

“(Pria) perlu tahu itu bukan hanya urusan wanita,” katanya. “Mereka perlu tahu bahwa pria juga bisa melakukannya.”

Komunitas itu penting, dan menjaga perjuangan, pertanyaan, dan kekhawatiran dengan satu orang atau satu hubungan tidak selalu memberikan bantuan terbaik untuk menyelesaikannya, kata Way.

“Seorang pasangan pria berpikir bahwa berbicara dengan orang lain adalah pengkhianatan,” kata Way, “tetapi pasangan wanitanya mengatakan 'tolong lakukan, tolong dapatkan perspektif lain.'”

Bagaimana membangun persahabatan
Jika Anda berharap memiliki persahabatan yang dekat ataupun yang Anda miliki lebih dalam, para ahli mengatakan tidak apa-apa untuk memulai dari yang kecil.

Anda bahkan tidak perlu mengungkapkan kerentanan Anda sendiri pada awalnya, kata Chu.

“Tempat yang sangat kuat untuk memulai adalah mendengarkan dan mengajukan pertanyaan nyata,” katanya. “Semua orang suka ketika mereka dapat percaya bahwa situasi ini aman dan seseorang benar-benar tertarik pada mereka.”

Kuncinya adalah untuk bergerak melampaui olok-olok dan basa-basi umum, lalu ajukan pertanyaan yang menurut Anda bermakna, seperti apa yang disukai teman tentang pekerjaan mereka atau apa yang terjadi pada perasaan mereka setelah putus, kata Way. Jangan khawatir, tidak sopan melakukannya. Kebanyakan orang melaporkan ingin ditanyai pertanyaan-pertanyaan seperti ini, katanya.

Setiap hubungan memiliki aturan dan protokolnya sendiri, ada baiknya bekerja di dalamnya, kata Sileo. Anda mungkin mulai menanyakan sesuatu pada seorang teman dan mendapati orang itu ragu-ragu untuk membicarakannya, kata Chu.

Jika begitu, Anda dapat terjun dan menawarkan kerentanan Anda sendiri dengan berbicara tentang bagaimana topik itu mungkin mengganggu Anda atau bagaimana Anda memikirkannya.

Terkadang aturan hubungan bisa jadi berarti menghindari kerentanan duduk berhadap-hadapan, kata Sileo.

Dalam kasus tersebut, temukan aktivitas seperti gym, pekerjaan, atau proyek komunitas tempat Anda dapat terhubung berdampingan melalui tujuan bersama, tambah Sileo.

Dan jika Anda perlu membangun persahabatan dari awal, ikutilah jejak wanita dalam hidup Anda dan minta seseorang untuk mengambil kopi atau makan, kata Way.

Meluangkan waktu, tenaga, dan niat adalah kuncinya, kata Sileo. Muncul dan menghabiskan waktu sangat penting untuk membangun persahabatan yang penting itu.

“Kualitas diperhitungkan di sini,” katanya. "Jika Anda dapat memiliki beberapa teman yang berkualitas, itu lebih baik daripada memiliki banyak teman."***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Jangan Salahkan Pria jika Tertidur setelah Berhubungan Seks, Ini Pemicunya

Kanker Payudara pada Pria Jarang Terjadi, tapi Ada, Ini Tanda-Tandanya

Jarang Terekspos, Kaum Pria Bisa Alergi terhadap Orgasme Sendiri dengan Gejala seperti Flu

Source: CNN

RELATED STORIES

Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

Legenda Star Trek George Takei, 85, Berbagi Enam Tips untuk Hidup Lebih Lama

Legenda Star Trek George Takei, 85, Berbagi Enam Tips untuk Hidup Lebih Lama

Di usia 85 tahun, bagaimana George Takei mempertahankan semangat mudanya untuk hidup dan kesehatan yang mengesankan?

Bagaimana Menjadi Pemandu Sorak yang Terbaik bagi Anak Anda, Ini Caranya

Bagaimana Menjadi Orangtua Olahraga yang Baik dan Membantu Anak Anda Mendapatkan Hasil Maksimal dari Permainan Mereka.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Cover Timnas U-17 Putri Indonesia.

Timnas Indonesia

Timnas Putri U-17 Indonesia Harus Lebih Sering Komunikasi di Lapangan

Dua pekan melakoni pemusatan latihan di Bali, Timnas Putri U-17 Indonesia masih banyak pekerjaan rumah.

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 21:43

Frank Skinner dan David Baddiel bekerja sama dengan Ian Broudie dari Lightning Seed memproduseri lagu Three Lions yang menjadi hits pada Euro 1996. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Penyanyi Three Lions Serukan Lagu Baru untuk Inggris di Euro 2024

Lagu Timnas Sepak Bola Inggris yang paling ikonik Three Lions telah bertahan selama hampir 30 tahun.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:47

Pegulat bintang WWE Cody Rhodes siap berkarier di Hollywood. (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Bintang WWE Cody Rhodes Melangkah ke Hollywood

Pegulat WWE Cody Rhodes bakal membintangi Naked Gun bersama Pamela Anderson dan Liam Neeson.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:40

Nike Zoom GT Cut “Cool Grey” melanjutkan kesuksesan produk “Greater Than” (GT). (Hendy AS/Skor.id)

Culture

Nike Zoom GT Cut 3 Kembali ke Nuansa Klasik ‘Cool Grey’

Di Indonesia, Nike Zoom GT Cut 3 “Cool Grey” dibanderol Rp3 jutaan.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Apr, 20:31

ragnar oratmangoen - fortuna sittard

National

Hanya Main 11 Menit, Ragnar Oratmangoen Telan Kekalahan bersama Fortuna Sittard

Ragnar Oratmangoen kembali menjadi pengganti saat Fortuna Sittard kalah di pekan ke-31 Eredivisie 2023-2024, Minggu (28/4/2024).

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 19:05

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 28 Apr, 17:51

Liga TopSkor

Liga TopSkor U-16 2024: Tanpa Striker Murni FIFA Farmel Tumbangkan Diklat ISA

FIFA Farmel berhasil meraih poin penuh usai mengalahkan Diklat ISA pada lanjutan laga grup Top Liga TopSkor U-16 2024.

Nizar Galang | 28 Apr, 17:21

Putaran nasional Liga 3 atau Liga 3 Nasional. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Rekrut 7 Pemain Anyar, Persikota Bidik Gelar Juara Liga 3 Nasional 2023-2024

Persikota Tangerang akan melakoni laga pembuka melawan Persab Brebes pada Senin (29/4/2024) siang di Stadion Benteng Reborn.

Teguh Kurniawan | 28 Apr, 16:11

Partisipasi Mazda Indonesia dalam Women Half Marathon 2024 di Jakarta (Hendy Andika/Skor.id).

Other Sports

Mazda Jadi Mobil Operasional Ajang Women Half Marathon 2024

Menurut Pramita, peran perempuan tidak bisa dilepaskan dari keberhasilan dan keunikan Mazda.

Kunta Bayu Waskita | 28 Apr, 15:19

Pelatih Timnas U-23 Uzbekistan (Uzbekistan U-23), Timur Kapadze. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Pelatih Uzbekistan U-23 Tak Gentar dengan Suporter Indonesia

Timur Kapadze menegaskan kesiapan timnya untuk menghadapi Timnas U-23 Indonesia pada semifinal Piala Asia U-23 2024.

Rais Adnan | 28 Apr, 15:16

Load More Articles