Manfaat Olahraga Spinning dan Cara Melindungi Diri dari Cedera

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Sejak muncul pertama kali dan dikenal di tahun 90-an, spinning terus mengalami peningkatan popularitas.
  • Olahraga ini menawarkan kombinasi sempurna untuk berolahraga di gym dan bersenang-senang pada saat yang bersamaan.
  • Seorang spesialis bedah ortopedi dari Spanyol menjelaskan manfaat dan cara melindungi diri dari cedera saat melakukan spinning.

SKOR.id - Spinning atau olahraga bersepeda dalam ruangan telah menawarkan kombinasi sempurna untuk berolahraga di gym dan bersenang-senang pada saat yang bersamaan.

Sejak kegiatan ini muncul di tahun 90-an, popularitasnya tidak berhenti meningkat, dan memiliki efek yang sangat menguntungkan bagi kesehatan.

Berdasarkan informasi dari conBdebike.com, portal profesional eksklusif yang menawarkan informasi kepada Anda untuk memutuskan sepeda, olahraga, mobilitas, dan kesehatan, berikut penjelasan lebih mendalam mengenai manfaat spinning dan cara melindungi diri dari cedera.

Olahraga ini terdiri dari mengendarai sepeda di ruangan yang dilengkapi peralatan untuk itu.

Anda harus mengikuti instruksi dari monitor, yang ditempatkan di depan grup. Sementara itu di latar belakang, terdengar musik yang mengiringi berbagai gerakan turun, naik, ataupun saat relaksasi.

Diego José Giménez Belmonte, kepala layanan Bedah Ortopedi dan Traumatologi di Rumah Sakit Quirónsalud Murcia, memastikan bahwa "untuk praktik spinning, penting untuk mengetahui titik awal dan mengetahui bahwa peningkatan terjadi sedikit demi sedikit."

Dengan bantuan sang dokter, keuntungan berlatih spinning dan cara mencegah cedera paling umum yang dapat terjadi.

Lima alasan untuk mendaftar kelas spinning
Selain serunya kelas spinning, ternyata juga memberikan kita segudang manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, di antaranya adalah:

*Mengurangi risiko penyakit jantung
Menurut penelitian dari University of Glasgow, bersepeda hampir mengurangi separuh kemungkinan berkembangnya patologi ini.

*Meningkatkan daya tahan kardiovaskular
Sesi bersepeda menuntut intensitas tinggi yang membantu memperkuat jantung. Juga, jika kita melakukan olahraga ini secara teratur, kita akan meningkatkan ketahanan kardiovaskular kita.

*Memberikan efek positif pada kesehatan paru-paru
Selama kelas bersepeda dalam ruangan, pernapasan aktif dan dalam dilakukan untuk menjaga kecepatan latihan yang intens, yang sangat bermanfaat bagi paru-paru.

*Membantu mengelola stres
Olahraga secara umum membantu menghilangkan stres dan membuat kita merasa lebih baik secara mental. Ini terjadi karena saat berolahraga, endorfin dilepaskan yang menimbulkan efek menyenangkan.

Untuk ini kita harus menambahkan karakteristik spinning, di mana suara musik, semangat tim, dan bantuan monitor dibutuhkan.

*Memperkuat tubuh dan membantu menurunkan berat badan
Dalam setiap sesi spinning, selain membakar ratusan kalori, sejumlah kelompok otot dalam tubuh juga bekerja keras, seperti yang ditunjukkan oleh Dr. Giménez:

Jenis aktivitas ini melibatkan latihan fisik yang intens yang memungkinkan Anda membakar kalori dan mengencangkan tubuh, terutama tubuh bagian bawah.

Berapa banyak kalori yang bisa Anda bakar saat spinning?
Spinning dapat membantu kita menjaga berat badan atau bahkan menurunkan berat badan ekstra tersebut. Faktanya, Anda bisa membakar antara 400 dan 600 kalori, kira-kira, dalam satu jam spinning, bergantung pada tinggi, berat, dan usaha setiap orang.

Plus, karena interval intensitas tinggi diperkenalkan selama latihan Anda, Anda dapat terus membakar kalori bahkan setelah kelas berakhir.

Semua ini berdampak positif pada tingkat persendian, seperti yang disebutkan oleh spesialis: "Penurunan berat badan yang dihasilkan oleh olahraga akan memberikan efek menguntungkan pada semua persendian kita."

Bagian tubuh mana yang diperkuat spinning?
Secara khusus, mengayuh pedal sepeda melatih otot bokong, kaki, dan inti, meningkatkan kekuatan dan kekencangan otot. Inilah yang ditunjukkan oleh sang spesialis:

"Latihan ini secara khusus menargetkan area tersebut, dan tergantung pada pengaturan Anda, dapat membangun kekuatan tubuh bagian bawah secara signifikan."

Demikian pula, jika dilakukan dengan benar, spinning juga bisa membantu meredakan nyeri punggung bagian bawah, karena membantu memperkuat area korset perut dan pinggang.

Tujuh cedera spinning yang umum
Dokter Giménez memperingatkan bahwa "bersepeda di dalam ruangan adalah latihan yang menyenangkan dan dapat disesuaikan untuk orang-orang dengan kondisi fisik yang sangat berbeda... Namun, terkadang ada banyak ketidaknyamanan, biasanya karena praktik yang buruk."

*"Jariku mati rasa saat bersepeda"
Sensasi ini dikenal sebagai kelumpuhan stang atau Guyon tunnel syndrome.

Dikutip dari situs sehatq.com, Guyon tunnel syndrome atau sindrom Guyon adalah kondisi dimana terjadi penekanan pada saraf bagian ulnar di pergelangan tangan sehingga akan timbul keluhan seperti kelemahan, kesemutan, rasa kebas hingga nyeri pada daerah tangan menjalar ke jari.

Diakui karena menimbulkan kesemutan di jari kelima dan setengah jari manis. Saat semakin parah, rasa lemas muncul di kedua jari. Tapi mengapa kelumpuhan setang ini terjadi pada pengendara sepeda?

Menurut dokter, “itu disebabkan oleh iritasi saraf ulnaris di tangan atau siku yang bisa terjadi akibat peregangan saraf saat memegang setang dalam waktu lama, atau akibat kompresi langsung dengan tekanan riding ketika tangan mencengkeram setang."

*"Leher saya mengganggu saya setelah bersepeda"
Hal ini sering terjadi pada spinning karena beberapa model sepeda meminta pengendara mengambil posisi tikungan ke depan.

"Masalah ini lebih mungkin terjadi ketika kepala pengendara sepeda diangkat, diperpanjang untuk waktu yang lama untuk melihat pemimpin kelompok bersepeda atau monitor video," jelas dokter.

Agar sesi spinning tidak berakhir dengan sakit leher, kunci yang diberikan dokter kepada kita adalah:

  • Ubah posisi kepala dan leher sesering mungkin
  • Menggunakan sepeda recumbent
  • Angkat setang atau dekatkan ke sadel
  • Perkuat leher melalui latihan khusus
  • Letakkan tangan Anda di palang atas saat sepeda memiliki stang lipat

*"Punggung saya sakit karena naik sepeda"
Nyeri punggung bawah lebih sering terjadi pada pengendara sepeda jalan raya, karena punggung condong ke depan.

Pakar menjelaskan bahwa "analisis biomekanik tulang belakang telah menunjukkan bahwa perubahan tekanan cakram lumbal meningkat dengan gaya preload dan dengan perubahan postur, terutama dalam fleksi."

Untuk menghindari sakit punggung saat spinning, langkah utama adalah menyetel sepeda dengan benar dan menghindari postur tubuh yang buruk. Yang juga harus diperhitungkan adalah bahwa penggunaan jangka panjang dan inti yang lemah bisa mendukung munculnya ketidaknyamanan di punggung bawah ini.

*"Rasa kesemutan di area selangkangan"
Ini adalah salah satu gejala yang mungkin dari neuropati kursi sepeda, masalah yang sangat umum yang disebabkan oleh kompresi saraf pudenda antara panggul dan kursi.

Mengenai hal ini, Dr. Giménez berkomentar bahwa "ini adalah kondisi yang sangat umum pada pengendara sepeda, terutama setelah perjalanan panjang di kursi sempit."

Maka itu, neuropati ini menyebabkan mati rasa di selangkangan atau perineum, kesemutan atau nyeri. Dalam kasus pria, dokter menambahkan bahwa "mereka dapat melaporkan impotensi dalam kasus kompresi yang sangat lama dari waktu ke waktu."

*"Luka pada kulit yang bersentuhan dengan pelana"
Gesekan dan tekanan dari kursi dapat merusak kulit dan akibatnya menyebabkan lecet, luka, dan dalam kasus terburuk, borok.

"Gejala meliputi nyeri saat palpasi dan eritema di daerah yang bersentuhan dengan pelana; kulit yang terkena mungkin terangkat atau disertai ruam”, kata Dr. Giménez.

Kulit dapat dipengaruhi oleh kombinasi panas, kelembapan, dan pakaian yang tidak sesuai.

Ruam juga bisa muncul jika jok sepeda tidak pas. Oleh karena itu, untuk melindungi kulit, Anda harus mengenakan celana pendek olahraga yang empuk, yang disesuaikan dengan ukuran tubuh kita dan bersih.

Pilihan lain adalah menggunakan jok empuk yang lebar. Yang terakhir, dokter menambahkan bahwa "penutup kursi gel dapat memberikan bantalan tambahan dan mengurangi gesekan."

*"Lututku sakit"
Alasan yang sangat sering untuk ketidaknyamanan ini adalah sindrom nyeri lutut pengendara sepeda yang disebabkan oleh gesekan terus menerus antara tempurung lutut dan tulang paha.

Selain nyeri lutut, ketidaknyamanan dapat dicatat di sepanjang garis sendi atau di area retropatellar.

Untuk menghindari nyeri lutut saat berputar, anjuran dokter adalah:

  • Periksa apakah tempat duduk berada pada ketinggian yang tepat, dan karenanya tidak terlalu rendah
  • Menyetel tempat duduk ke atas atau memindahkan tempat duduk ke belakang sehingga fleksi lutut berkurang
  • Gunakan poros engkol yang lebih pendek
  • Perkuat otot melalui latihan khusus

*"Kakiku tertidur ketika aku berlatih spinning"
Ini mungkin merupakan tanda sindrom kaki panas, yang menyebabkan sensasi terbakar dan kesemutan.

Tetapi apa yang menyebabkan masalah ini? Dokter menjelaskan bahwa "itu disebabkan oleh kompresi salah satu saraf terkecil di kaki depan terhadap tulang metatarsal kaki."

Untuk menghindari rasa tidak nyaman pada kaki Anda saat spinning, Anda harus memperhatikan tekanan antara kaki dan pedal, hindari sepatu yang ketat dan pasang tiang dengan benar.

Terakhir, dokter menegaskan bahwa "sebagian besar masalah tersebut di atas diselesaikan dengan menyesuaikan teknik atau postur tubuh, atau keduanya, jadi di kelas Anda harus mengikuti instruksi instruktur secara langsung."***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Bersepeda Baik untuk Menurunkan Berat Badan, Menurut Ahli Kebugaran

Tips Bersepeda saat Melewati Jalur Curam

5 Manfaat Bersepeda Setiap Hari, Salah Satunya Panjang Umur

Source: Conbdebike

RELATED STORIES

Terungkap, Profil Samaran Sergio Ramos di Instagram, Ini yang Dipublikasikannya

Terungkap, Profil Samaran Sergio Ramos di Instagram, Ini yang Dipublikasikannya

Program 'Y ahora Sonsoles' akan mengungkap akun Instagram kedua Sergio Ramos yang memiliki nama samaran.

Kenali Tanda-tanda Jelas yang Menunjukkan bahwa Anda Mengalami Burn Out

Kenali Tanda-tanda Jelas yang Menunjukkan bahwa Anda Mengalami Burn Out

Tanda-tanda jelas yang menunjukkan bahwa Anda burn out. Tidak ada kata terlambat untuk membuat beberapa perubahan dan menemukan arah vital

Apakah Anda Benar-benar Butuh Pakaian Dalam? Pro dan Kontra, Menurut Pakar Kesehatan Kelamin

Apakah Anda Benar-benar Butuh Pakaian Dalam? Pro dan Kontra, Menurut Pakar Kesehatan Kelamin

Para sejarawan memiliki pendapat yang berbeda tentang mengapa manusia mulai mengenakan pakaian dalam, tetapi kemungkinan besar, karena mereka menginginkan penghalang untuk melindungi bagian pribadi mereka dari masalah kesehatan.

Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

Harga diri adalah seperangkat keyakinan, persepsi, evaluasi, dan pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini adalah penilaian yang kita buat tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman kita.

Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit mata serta gangguan penglihatan karena suatu kondisi yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma Nasional, waktu yang penting untuk menyebarkan berita tentang penyakit yang mencuri penglihatan ini.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga TopSkor

Garnier Men Liga TopSkor U-17: Bidik Poin Penuh, Naraga Ciater Coba Manfaatkan Absennya Sejumlah Pemain Kunci Asiana

Pertandingan Naraga Ciater versus Asiana akan tersaji pada pekan ke-10 Garnier Men Liga TopSkor U-17 2024.

Sumargo Pangestu | 08 May, 10:01

Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Pro Futsal League 2023-2024 terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 08 May, 09:31

Widodo Cahyono Putro Jadi Pelatih Anyar Arema FC. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Selamatkan Arema FC dari Degradasi, Posisi Widodo C Putro Masih Akan Dibicarakan

Nasib Widodo C Putro sebagai pelatih kepala Arema FC belum pasti meski menyelamatkan tim dari degradasi di Liga 1 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 08 May, 09:23

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2023-2024

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2023-2024 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 08 May, 08:50

Duo Asing Jakarta Pertamina Enduro

Other Sports

Giovanna Milana Cedera, Jakarta Pertamina Enduro Ubah Komposisi Pemain Asing

Posisi Giovanna Milana di Jakarta Pertamina Enduro bakal digantikan oleh Ivana Vanjak mulai pekan ketiga Proliga 2024.

Doddy Wiratama | 08 May, 08:36

Timnas Basket Putra Indonesia

Basketball

Panggil 24 Pemain, Timnas Basket Putra Indonesia Bersiap untuk SEABA U-18 2024

PP Perbasi mengantongi 24 nama pemain yang diproyeksikan untu turun mewakili Indonesia di SEABA U-18 2024.

Arin Nabila | 08 May, 07:26

Mats Hummels mencetak gol semata wayang kemenangan Borussia Dortmund atas Paris Saint Germain pada leg kedua semifinal Liga Champions 2023-2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Champions

Mats Hummels Semringah Ceritakan Proses Golnya ke Gawang PSG

Hummels optimistis bisa meraih juara Liga Champions, sekaligus menebus kegagalan Dortmund pada 2013.

Kunta Bayu Waskita | 08 May, 05:13

Korea Selatan putri U-17 vs Indonesia putri U-17 (Timnas putri U-17 Indonesia) di Piala Asia Wanita U-17 2024 pada 9 Mei 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Timnas Indonesia

Prediksi dan Link Live Streaming Korea Selatan vs Indonesia di Piala Asia Wanita U-17 2024

Timnas putri U-17 Indonesia melanjutkan perjuangannya di Piala Asia Wanita U-17 2024 dengan bersua Korea Selatan putri U-17, Kamis (9/5/2024).

Taufani Rahmanda | 08 May, 04:58

cover pieter huistra

Liga 1

Borneo FC Latihan dengan Suasana Baru, Pieter Huista Optimistis Jelang Champioship Series

Borneo FC bersiap untuk Championship Series Liga 1 2023-2024 dengan suasana baru dan pelatihnya pun optimistis.

Taufani Rahmanda | 08 May, 03:56

Piala Asia Wanita U-17 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia Wanita U-17 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia Wanita U-17 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 08 May, 03:19

Load More Articles