Jutaan Remaja Terganggu dengan Masalah Kesehatan Mental, 10 Tanda yang Tidak Boleh Diabaikan

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Sekarang ini masalah kesehatan mental di kalangan anak muda dan remaja menjadi salah satu penyebab utama kecacatan, bunuh diri, dan penyakit.
  • Sebuah studi mengungkapkan jutaan remaja berjuang untuk mengatasi kesehatan mental dan tekanan sosial mereka.
  • Stres di sekolah, universitas, dan tempat kerja dianggap paling memberi pengaruh negatif pada kesejahteraan mental mereka.

SKOR.id - Masalah kesehatan mental menjadi perhatian yang berkembang di kalangan anak muda.

Di seluruh dunia, masalah kesehatan mental di kalangan anak muda dianggap sebagai salah satu penyebab utama kecacatan, bunuh diri, dan penyakit.

Sebuah studi baru bahkan mengungkapkan bahwa jutaan remaja saat ini berjuang untuk mengatasi kesehatan mental dan tekanan sosial mereka.

Jajak pendapat terhadap 1.000 remaja menemukan bahwa 31 persen telah berjuang dengan kesehatan mental mereka - merasa seperti itu selama rata-rata lebih dari dua tahun.

Dan 56 persen lainnya secara teratur merasa cemas, dengan media sosial dan meningkatnya biaya hidup sebagai kambing hitam.

Juga muncul rata-rata remaja merasa cemas setara dengan sembilan hari setiap bulan.

Ketika ditanya bagaimana mereka mengatasi perasaan ini, banyak yang mengatakan bahwa mereka menggunakan teknik seperti pernapasan, berbicara dengan orang yang mereka cintai, dan berolahraga.

Menurut penelitian, dengan aplikasi kesehatan mental, Headspace, yang lain menggunakan jurnal, mendengarkan podcast, dan melakukan meditasi untuk menenangkan kesehatan mental mereka.

Tetapi 89 persen dari mereka yang berjuang dengan kesehatan mental mereka berada dalam situasi di mana mereka membutuhkan bantuan untuk kesejahteraan mereka tetapi tidak yakin bagaimana mengakses dukungan ini.

Sekitar 13 persen remaja juga merasa tidak didukung oleh orang-orang di sekitar mereka dan para profesional.

Belakangan juga muncul angka 31 persen dari semua remaja yang disurvei telah mendaftar untuk mendapatkan dukungan dengan kesehatan mereka, tetapi masuk daftar tunggu rata-rata lebih dari lima bulan.

Kembali pada tahun 2020, hampir 31.000 anak muda dirujuk ke layanan kesehatan mental di Inggris.

Dari jumlah tersebut, 38 persen harus menunggu lebih lama dari target NHS - pelayanan kesehatan nasional Inggris - 18 minggu untuk mendapatkan penilaian pertama mereka.

Ini menyebabkan panggilan untuk lebih banyak kelompok pendukung khusus untuk remaja, pelajaran kesejahteraan di sekolah, lokakarya meditasi, serta kesempatan untuk bolos sekolah ketika mereka merasa rendah diri untuk menjaga kesehatan mereka dalam kondisi prima.

Sam Snowden, guru mindfulness di Headspace, mengatakan: “Penting untuk diingat bahwa remaja tidak memiliki cukup alat untuk menavigasi pasang surut kehidupan."

“Ketika mereka mengalami emosi yang sangat sulit untuk pertama kalinya, mereka mungkin berasumsi bahwa hidup akan berjalan seperti ini, selamanya."

"Ini bisa berbahaya karena mereka mungkin mulai mempercayai pikiran negatif seperti 'tidak ada yang penting' dan 'segalanya tidak akan pernah menjadi lebih baik'," jelasnya.

"Terserah kita sebagai orang dewasa untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan remaja-remaja itu dengan menghubungkan mereka dengan penyedia kesehatan mental yang terampil dan empatik dan dukungan sebaya."

Studi ini juga menemukan 51 persen dari para remaja yang disurvei percaya bahwa stres di sekolah, universitas, dan tempat kerja mereka berdampak negatif pada kesejahteraan mental mereka.

Tetapi 16 persen mengakui masalah mental telah memengaruhi pekerjaan sekolah mereka, sementara 15 persen percaya itu telah memengaruhi persahabatan mereka.

Untuk mengatasi hal ini, sebagian besar remaja (84 persen) yang telah berjuang dengan kesehatan mental mengatakan bahwa mereka merasa nyaman berbicara dengan teman-teman mereka tentang kesejahteraan mereka.

Juga muncul 62 persen ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara-cara untuk meredakan stres, dengan 61 persen tidak menyadari manfaat potensial dari meditasi dan perhatian.

Sam menambahkan: “Sebenarnya ini menjanjikan bahwa remaja menunjukkan lebih banyak keterbukaan dan penerimaan masalah kesehatan mental, mengurangi stigma dan kerahasiaan di sekitarnya."

"Namun, ini meresahkan untuk mengetahui betapa sulitnya menavigasi sistem kesehatan mental yang mungkin memerlukan daftar tunggu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum menerima perawatan."

Dia berkata: “Berbicara dengan keluarga dan teman sangat membantu karena remaja tahu bahwa mereka tidak harus menderita sendirian dan bahwa mereka dikelilingi oleh orang-orang yang ingin membantu dan mendengarkan dengan belas kasih.

“Mempraktikkan alat perhatian penuh membantu mengurangi perenungan dan membantu remaja mengamati pikiran sulit dengan keterbukaan dan belas kasih diri alih-alih mengkritik diri sendiri dan menekan.”

10 cara teratas untuk mengidentifikasi depresi pada remaja, versi Headspace:  

1. Penarikan Sosial: ini mungkin terlihat seperti anak Anda memilih untuk tinggal di rumah daripada pergi keluar dengan teman-teman dan menghabiskan lebih banyak waktu sendiri.

2. Kurangnya minat pada hal-hal yang biasa mereka nikmati.

3. Perubahan suasana hati: Anda mungkin melihat tanda-tanda fisik dan perilaku kesedihan seperti lesu dan peningkatan air mata.

4. Tanda-tanda lekas marah termasuk gelisah, sulit berkonsentrasi, mudah frustrasi, dan menunjukkan ketidaksabaran dan kekesalan atas masalah-masalah kecil.

5. Perubahan nafsu makan dapat berpindah di antara dua ekstrem: makan jauh lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya.

6. Anak Anda mungkin mengalami kesulitan untuk bangun dari tempat tidur atau melakukan kebiasaan sehari-hari seperti menjaga kebersihan pribadi dan tugas-tugas di sekitar rumah.

7. Anda mungkin melihat perubahan dalam pola tidur mereka seperti sulit tidur atau tidur berlebihan dan bahkan sulit bangun dari tempat tidur.

8. Anak Anda mungkin menunjukkan ketidaktertarikan pada sekolah dan berhenti peduli untuk menyerahkan tugas atau mempertahankan nilai bagus.

9. Mereka mungkin menunjukkan kesulitan dalam membuat keputusan kecil atau menjawab pertanyaan tentang apa yang mereka sukai atau butuhkan.

10. Mengekspresikan pikiran tidak berharga atau kewalahan (“Saya tidak tahan lagi”).

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa depresi dapat dimulai di otak anak-anak semuda tujuh tahun - dan tanda-tanda peringatan dapat memprediksi masalah di masa depan.

Para ilmuwan di AS mempelajari hampir 100 anak dan menemukan bahwa mereka dapat memprediksi mana yang akan menderita gejala depresi pada usia 11 tahun dengan memindai otak mereka.

Tingkat menyakiti diri sendiri di antara anak-anak telah meningkat dari tahun ke tahun selama dekade terakhir di Inggris.

Ini telah mendorong banyak orang untuk menyerukan peraturan yang lebih ketat dari situs media sosial seperti Instagram yang masih menampilkan konten yang mendorong dan mengagungkan tindakan menyakiti diri sendiri.

Mengapa anak remaja saya menderita penyakit mental?
Hal-hal yang meningkatkan risiko penyakit mental seperti kecemasan atau depresi pada anak antara lain:

  • Kesulitan keluarga
  • Intimidasi
  • Pelecehan fisik, emosional atau seksual
  • Riwayat keluarga depresi atau masalah kesehatan mental lainnya
  • Terkadang dipicu oleh satu peristiwa sulit, seperti perpisahan orangtua, kehilangan atau masalah dengan sekolah atau anak lain.
  • Seringkali juga disebabkan oleh campuran berbagai hal. Misalnya, anak Anda mungkin mewarisi kecenderungan depresi dan juga mengalami beberapa peristiwa kehidupan yang sulit***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Apakah Baik Hidup dengan Hewan? Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Mental

Kecanduan Berita Dapat Membahayakan Kesehatan Mental dan Fisik Seseorang: Hasil Studi

Buruknya Kualitas Tidur Remaja Sangat Menyakiti Kesehatan Mental Mereka

Source: The Sun

RELATED STORIES

5 Manfaat Makan Buah dan Sayur untuk Tanpa Disadari Membantu Menurunkan Berat Badan

5 Manfaat Makan Buah dan Sayur untuk Tanpa Disadari Membantu Menurunkan Berat Badan

Kaya akan antioksidan, dengan kadar vitamin C yang tinggi dan kandungan serat yang tinggi, buah dan sayiran sangat penting untuk makan makanan yang seimbang dan merasa vital.

Apa yang Harus Dilakukan jika Bayi, Anak, atau Orang Dewasa Tersedak, Rekomendasi Para Ahli

Apa yang Harus Dilakukan jika Bayi, Anak, atau Orang Dewasa Tersedak, Rekomendasi Para Ahli

Apa yang harus Anda lakukan jika bayi, anak, atau orang dewasa tersedak? Inilah yang direkomendasikan para ahli.

Ada Enam Jenis Self-Care dengan Budget Minim, Berikut Cara Mempraktikkannya

Ada Enam Jenis Self-Care dengan Budget Minim, Berikut Cara Mempraktikkannya

"Perawatan diri adalah perawatan yang benar-benar proaktif. Mengambil langkah-langkah untuk mengelola dan menjaga kesehatan Anda. Bukan hanya kesehatan fisik, juga kesehatan mental dan spiritual. Jadi, hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.”

Tren Plester Mulut di TikTok yang Viral Dilabeli Berbahaya, Menurut Pakar Tidur

Tren Mouth Taping TikTok yang Viral sangat berbahaya. Pakar tidur khawatir orang-orang akan mati jika kegilaan tidak berhenti.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

AS Roma vs Bayer Leverkusen di semifinal Liga Europa 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming AS Roma vs Bayer Leverkusen di Liga Europa 2023-2024

Prediksi dan link live streaming AS Roma vs Bayer Leverkusen di Liga Europa 2023-2024 yang akan digelar pada Jumat (3/5/2024) pukul 02.00 WIB.

Irfan Sudrajat | 02 May, 18:07

Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024

berikut ini prediksi dan link live streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 18:05

LeBron James, Arnold Schwarzenegger, dan Kurt Russell diyakini sebagai aktor terbaik Hollywood dengan latar belakang atlet. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

3 Aktor Hollywood Terbaik Berlatar Belakang Atlet

Arnold Schwarzenegger, Kurt Russell, dan LeBron James menduduki tiga besar aktor berlatar belakang atlet dengan sejumlah parameter.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 16:46

Joao Almeida, pelatih asal Portugal yang menangani Unggul FC Malang di Pro Futsal League 2023-2024. (Yusuf/Skor.id)

National

Joao Almeida Tegaskan Target Unggul FC di Putaran Kedua Pro Futsal League 2023-2024

Pelatih Unggul FC Malang, Joao Almeida menegaskan masih memiliki target yang sama seperti putaran pertama Pro Futsal League 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 02 May, 16:42

Stadion Kenan Memoriam di Universitas North Carolina disinyalir terkait dengan peristiwa Pembantaian Wilmington. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Stadion Kenan Memorial Dikaitkan dengan Sejarah Pembantaian Wilmington

Stadion Kenan Memorial di UNC Chapel Hill dihubungkan dengan sejarah kelam yang tersembunyi 100 tahun lebih: Pembantaian Wilmington.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 16:38

Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor putra Proliga 2024 bakal diikuti oleh tujuh tim dan dijadwalkan berlangsung pada 25 April–21 Juli nanti.

Doddy Wiratama | 02 May, 15:27

Subaru Indonesia dalam JDM Run Mandalika Time Attack 2024 (Yusuf/Skor.id).

Other Sports

Subaru Indonesia Gemilang dalam JDM Run Mandalika Time Attack 2024

Ajang JDM Run Mandalika Time Attack 2024 melibatkan 91 starter dari seluruh Indonesia.

Kunta Bayu Waskita | 02 May, 14:41

Timnas U-23 Indonesia.

National

Timnas U-23 Indonesia Lewati Target, Bung Towel Apresiasi Semua Pihak

Bung Towel menilai pencapaian Timnas U-23 Indonesia yang luar biasa adalah berkat banyak pihak, bukan hanya pelatih Shin Tae-yong.

Sumargo Pangestu | 02 May, 14:21

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Women Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 02 May, 14:14

Piala Asia Wanita U-17 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia Wanita U-17 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia Wanita U-17 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 02 May, 13:58

Load More Articles