Jepang Menatap Masa Depan, Pemain Generasi Baru Diharapkan Jadi Penerus Samurai Biru

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Kekalahan Jepang dari Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 menandai akhir karier pemain senior seperti Yuto Nagatomo dan Maya Yoshida.
  • Pemain generasi baru seperti Ao Tanaka, Ritsu Doan, dan Kaoru Mitoma diharapkan menjadi tulang punggung Samurai Biru di masa depan.
  • Nasib pelatih Hajime Moriyasu belum jelas, meskipun telah muncul nama Marcelo Bielsa dan Joachim Low.

SKOR.id - Ketika jutaan penggemar Jepang duduk terguncang di rumah mereka dan ribuan orang di Stadion Al Janoub menyeka air mata dan mengumpulkan barang-barang mereka sebelum perjalanan kembali ke akomodasi Doha mereka, bek Samurai Biru, Yuto Nagatomo,  mendapati dirinya kehilangan kata-kata.

Kekalahan dari Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Qatar hampir pasti menandai akhir dari jalan karier internasional pemain berusia 36 tahun tersebut, yang dimulainya tahun 2008 dan melihat pemain asli Prefektur Ehime itu menjadi wakil pertama negaranya di empat turnamen besar ini.

Kendati kecepatan dan daya tahannya telah menurun dalam beberapa musim terakhir, peran mantan pemain Inter Milan dan Galatasaray sebagai pembuat suasana hati tim semakin meningkat.

Teriakannya “bravo” setelah kemenangan bersejarah di fase grup atas Jerman dan Spanyol begitu lantang sehingga menyela rekan-rekan setimnya' wawancara pasca-pertandingan.

Namun, ketika Nagatomo terdiam, komunitas sepak bola Jepang memperhatikan apa yang terjadi selanjutnya, seperti tertulis dalam analisis The Japan Times seusai pertandingan.

“Para pemain muda kami akan menerima kekecewaan ini dan menggunakannya untuk mendorong sepak bola Jepang ke depan,” kata pemain senior itu. “Pengalaman ini benar-benar akan terkait dengan apa yang terjadi selanjutnya.”

Dengan kata-kata itu, sang bek kiri veteran memberikan isyarat obor generasi yang dimulai dengan kekalahan di 16 besar lainnya - dari Belgia pada 2018 - dan berlanjut selama 4½ tahun terakhir saat pelatih Hajime Moriyasu membimbing tim Olimpiade dan senior Jepang untuk Piala Dunia ini dan seterusnya.

Seperti mantan gelandang Moriyasu dan rekan satu timnya yang mengalami "Agony of Doha" 1993 - hasil imbang terakhir dengan Irak yang membuat Jepang kehilangan tiket ke Piala Dunia pertama mereka pada tahun berikutnya di Amerika Serikat 1994, sekarang generasi saat ini juga mengalami penderitaan sendiri, tersingkir dengan kejam karena adu penalti setelah 120 menit bertahan dengan kuat melawan Kroasia yang berpengalaman.

Setelah mengalahkan dua bekas juara dunia untuk memuncaki Grup E, Spanyol dan Jerman, skuad Samurai Biru tidak bisa disalahkan karena tampil pada pertandingan hari Senin melawan runner-up 2018 dengan percaya diri.

Tetapi seperti kegagalan pada tahun 1993, yang memicu dorongan yang memuncak dalam kualifikasi Jepang untuk Prancis 1998, sekarang diharapkan kegagalan penalti hari Senin akan mendorong sebanyak 19 pemain yang menjalani Piala Dunia pertama mereka di Qatar untuk membawa Jepang menembus perempat final dan seterusnya.

“Saya bersyukur bisa bermain (di Piala Dunia) pada usia 24 tahun,” kata Ao Tanaka, yang mencetak gol kemenangan Jepang melawan Spanyol. “Yang berikutnya akan datang ketika saya berusia 27 tahun, jadi saya harus menjadi bagian inti dari tim saat itu."

“Semua pemain (di Piala Dunia) adalah monster, jadi saya juga ingin menjadi monster, kembali dan memenangkan gelar.”

Selama empat pertandingan di turnamen ini, penampilan Jepang menunjukkan beberapa kekuatan terbesar mereka — dan memperlihatkan kelemahan mereka yang paling mencolok.

Meskipun sejumlah cedera meninggalkan lini belakang dalam keadaan triase yang hampir konstan, Jepang menyerah hanya satu gol masing-masing untuk tiga dari 12 tim teratas FIFA, bertahan kuat meski kalah dengan selisih melebihi 3 banding 1.

Dan sebagai imbalan atas kesabaran mereka saat mereka menyaksikan para bintang seperti Jamal Musiala (Jerman) dan Sergio Busquets (Spanyol) merangkai ratusan operan di sekitar lapangan sesuka hati, pendukung Samurai Biru disuguhi pemandangan salah satu serangan balik paling eksplosif di Piala Dunia ini, dengan pemain muda bakat Ritsu Doan dan Kaoru Mitoma datang dari bangku cadangan untuk melampiaskan malapetaka bagi tim lawan.

Tetapi meskipun Moriyasu menerima pujian yang pantas atas dua kemenangannya melawan tim-tim elite Eropa, kekalahan 0-1 Jepang yang lemah lembut dari Kosta Rika - yang dianggap terlemah di Grup E - menimbulkan pertanyaan tentang apakah sang pelatih telah menemukan pragmatismenya sendiri sementara timnya berjuang untuk memanfaatkan keuntungan kepemilikan bola dan berakhir melakukan kesalahan pertahanan yang fatal.

Finishing yang tidak konsisten juga merupakan masalah melawan Kroasia, dengan Jepang membuang-buang beberapa peluang untuk merebut kembali keunggulan di babak kedua.

Konsekuensinya, tiga upaya penalti yang diblokir dalam baku tembak yang mencerminkan kurangnya apa yang disebut "monster mental" di antara skuad Samurai Biru.

"Saya merasa tidak berdaya tidak berada di lapangan," kata Doan, yang digantikan Takumi Minamino di menit ke -87. “Jika saya ingin menjadi kartu as, itulah saatnya ketika saya harus berdiri di tengah lapangan. Apakah saya merindukan atau mencetak gol, saya ingin orang menganggap saya sebagai faktor penentu.”

Pemain sayap Brighton, Mitoma, yang upaya penaltinya diblokir merusak debut Piala Dunia yang mengesankan, hampir tidak dapat dihibur setelah pertandingan, menangis sesenggukkan di tengah-tengah wawancara TV.

"Saya minta maaf kepada (para pemain veteran) dengan perasaan yang lebih kuat daripada yang saya miliki (tentang mencapai perempat final)," kata pria berusia 25 tahun itu. “Saya tidak bisa mengatakan seberapa besar dinding ini sebagai pemain pemula, tetapi saya bisa merasakan seberapa kuat Kroasia sepanjang pertandingan."

“Kami harus bermain sedemikian rupa sehingga orang berpikir sama mengenai kami. Saya pikir saya sudah siap, tapi mungkin itu tidak cukup."

Setelah penampilan turnamen underwhelming oleh gelandang Takefusa Kubo dan Minamino, pemain muda seperti Tanaka, Doan dan Mitoma akan diharapkan untuk mengambil peran kepemimpinan menuju siklus berikutnya.

3½ tahun mendatang akan menampilkan Piala Asia 2023 - ditunda hingga awal 2024 karena perubahan tuan rumah dari Cina ke Qatar - serta generasi muda yang sedang naik daun yang akan menatap Olimpiade Paris dalam waktu 19 bulan, yang memuncak di Piala Dunia 2026 - berisi 48 tim - yang digelar bersama oleh Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko.

Lima pemain Jepang yang tiba di Doha dengan resume menit Piala Dunia diharapkan mundur dari tugas internasional setelah turnamen ini - termasuk bek tengah Maya Yoshida, yang mewarisi ban kapten dari Makoto Hasebe setelah Rusia 2018.

“Sepak bola berubah, intensitasnya semakin kuat,” kata Yoshida. “Jumlah tim kuat dengan pemain individu yang dapat mempertahankan ruang di belakang mereka semakin meningkat. Itulah yang dibutuhkan di masa depan, dan itulah yang harus bisa dilakukan oleh pemain seperti (Takehiro) Tomiyasu, (Ko) Itakura, dan Hiroki Ito.”

Sementara itu, sedikit yang bisa dipastikan soal masa depan Moriyasu. Meskipun beberapa media Jepang telah menyarankan dia akan menjadi pelatih pertama di era Piala Dunia Jepang - sebenarnya, sejak tahun 1960-an - untuk dapatkan perpanjangan kontrak setelah empat tahun pertamanya, outlet lain menyinggung pelatih asing seperti Marcelo Bielsa dan mantan pelatih kepala lama Jerman, Joachim Low, untuk peran tersebut.

“Kami dapat memiliki kepercayaan diri yang baru dari mampu mengalahkan juara Piala Dunia sebelumnya,” kata pria berusia 53 tahun itu. “Jika kami berhenti berpikir untuk mengejar dan mulai berpikir untuk menyalip mereka, masa depan kami akan berubah.”

Meskipun para pemain tak dapat mencapai target untuk membawa Jepang ke delapan besar, Samurai Biru masih bisa meninggalkan Qatar setelah mengantarkan para penggemarnya ke "lanskap baru" yang dijanjikan oleh slogan tim di Piala Dunia.

Ekspektasi rendah memberi jalan bagi optimisme yang tidak terkendali setelah kekalahan Jerman, dengan seragam biru kebanggaan terjual habis dan bar-bar selalu terisi penuh untuk pertandingan yang tersisa.

Dan jika peringkat TV rendah, karena generasi baru penggemar lebih berbondong-bondong memilih layanan streaming Abema dan komentarnya tim mantan bintang tim nasional seperti Keisuke Honda, Kengo Nakamura dan Yuji Nakazawa.

Peserta Piala Dunia tiga kali, Honda, khususnya, mendapatkan pujian luas atas analisis taktis siarannya, yang mewakili evolusi nyata dari "komentar kursi bar" yang disukai oleh veteran penyiaran tradisional seperti Yasutaro Matsuki.

Mengubah popularitas Abema – yang terpaksa membatasi akses ke layanannya selama laga hari Senin karena masalah stabilitas – menjadi pertumbuhan berkelanjutan dalam basis penggemar sepak bola domestik akan menjadi tantangan berikutnya untuk olahraga ini.

J.League, yang kemunculannya pada tahun 1993 membantu mendorong Jepang untuk terus hadir di Piala Dunia, akan merayakan hari jadinya yang ke-30 tahun depan setelah berkembang dari 10 klub menjadi 60.

Tetapi dengan jumlah penonton yang masih jauh di bawah tingkat pra-pandemi dan sebagian besar bintang tim nasional memilih transfer di Eropa, liga sekarang menghadapi tantangan untuk mengubah citra dirinya agar sesuai dengan waktu.

Itu berarti meyakinkan penggemar kasual yang mengikuti eksploitasi Samurai Biru selama dua minggu terakhir — yang tinggal di kota metropolis yang ramai atau pedesaan — untuk memberikan kesempatan pada klub J.League lokal, untuk menemukan bintang yang baru.

“Untuk mengembangkan timnas ini lebih jauh, kami harus mengembangkan J.League,” kata Nagatomo, percaya diri. “Saya masih bermain di liga, tapi sebagian besar pemain kami di sini dibesarkan oleh J.League dan sekarang mereka bermain di luar negeri."

“Makanya, jika ada klub J.League di mana pun Anda tinggal, dukung mereka. Jika J.League memanas, lebih banyak pemain lokal akan meningkat, menjadi lebih termotivasi, pergi ke luar negeri dan kembali ke tim nasional. Itulah yang saya harapkan.”***

Berita Timnas Jepang Lainnya:

VIDEO: Menanti Siklus Penuh Jepang di Qatar

Piala Dunia 2022: Heroik, Dominik Livakovic Sabet Gelar Man of The Match Jepang vs Kroasia

Piala Dunia 2022: 5 Fakta Menarik Jepang vs Kroasia, Ivan Perisic Samai Prestasi Messi dan Ronaldo

Source: japantimes.co.jp

RELATED STORIES

VIDEO: Antoine Griezmann Beri Pengaruh Besar di Piala Dunia 2022

VIDEO: Antoine Griezmann Beri Pengaruh Besar di Piala Dunia 2022

Video pengaruh besar Antoine Griezmann untuk Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Morph GPX atau MRPX (Hendy Andika/Skor.id)

Esports

MRPX Umumkan Kolaborasi Morph dan GPX Resmi Berakhir

Pada Jumat (19/4/2024) kolaborasi Morph Team dan GPX secara resmi berakhir.

Gangga Basudewa | 19 Apr, 10:53

Lando Norris

Formula 1

Hasil Kualifikasi Sprint F1 GP Cina 2024: Lando Norris Klaim Pole, Max Verstappen di Luar Top 3

Pembalap McLaren Lando Norris berhasil menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi sprint di Sirkuit Shanghai yang basah karena hujan.

I Gede Ardy Estrada | 19 Apr, 10:18

Bali United vs Bhayangkara FC di pekan ke-32 Liga 1 2023-2024 pada 20 April 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Bali United vs Bhayangkara FC di Liga 1 2023-2024

Sebelum bersua Sabtu (20/4/2024) malam, Bali United dan Bhayangkara FC sama-sama merasakan hasil mengejutkan.

Taufani Rahmanda | 19 Apr, 10:16

Jersey kolaborasi warung mi ayam @paksarmintul x @nthm.id x @waltz_the_pitch (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Fashion

Warung Mi Ayam Sponsori Persiba Bantul dan Produksi Jersey Sendiri

Jersey kolaborasi @nthm.id x @paksarmintul x @waltz_the_pitch dijual tidak sampai Rp200.000.

Kunta Bayu Waskita | 19 Apr, 08:21

Persik Kediri vs Persita Tangerang di pekan ke-32 Liga 1 2023-2024 pada 20 April 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Persik vs Persita di Liga 1 2023-2024

Di kandang, Persik Kediri tentu ingin bangkit meski Persita Tangerang datang dengan kepercayaan diri tinggi, Sabtu (20/4/2024).

Taufani Rahmanda | 19 Apr, 07:48

Marselino Ferdinan.jpg

Timnas Indonesia

Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Australia U-23, Marselino Ferdinan Sanjung Ernando Ari

Ernando Ari menilai keberhasilan Timnas U-23 Indonesia atas Australia U-23 adalah kerja sama tim.

Nizar Galang | 19 Apr, 07:03

MPL Malaysia. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Terbukti Lakukan Pengaturan Skor, Ini Hukuman untuk Pemain Bountee Esports

Dominus terbukti menawarkan insentif keuangan kepada dua pemain Bountee Esports.

Gangga Basudewa | 19 Apr, 05:19

Semifinal Liga Europa 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Liga Europa 2023-2024: AS Roma vs Bayer Leverkusen dan Marseille vs Atalanta di Semifinal

Empat klub yaitu AS Roma, Bayer Leverkusen, Marseilla, dan Atalanta, berhasil lolos ke semifinal Liga Europa 2023-2024.

Irfan Sudrajat | 19 Apr, 04:41

Piala Dunia Futsal 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

World

Update Daftar Tim yang Lolos Piala Dunia Futsal 2024

Berikut ini update daftar tim yang lolos ke Piala Dunia Futsal 2024 di Uzbekistan, yang akan terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 19 Apr, 04:15

Marko Simic saat masih membela Persija Jakarta.

Liga 1

Skor Stats: Kesuburan Marko Simic dan Kebesarannya di Persija

Uraian fakta menarik dari hasil laga Persija Jakarta vs Persis Solo di pekan ke-31 Liga 1 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 19 Apr, 04:08

Load More Articles