Ini Bela Diri yang Dikuasai John Wick, Pencak Silat Salah Satunya

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Keanu Reeves John Wick. (Deni Sulaeman/Skor.id)
Keanu Reeves John Wick. (Deni Sulaeman/Skor.id)

SKOR.id – Film John Wick: Chapter 4 saat ini tengah diputar di bioskop-bioskop Indonesia. Karakter utama, Jonathan Wick, masih diperankan oleh aktor tampan Hollywood Keanu Reeves. 

Sejak film pertama debut pada tahun 2014, gaya bertarung John Wick telah menjadi fokus inti dari franchise ini. Memang, adegan aksi yang rumit dan rumit dari seri ini adalah kunci mengapa John Wick menjadi fenomena, dengan John Wick: Chapter 3 - Parabellum meningkatkan ekspektasi penonton lebih tinggi untuk John Wick 4

Disutradarai oleh pemeran pengganti Chad Stahelski dan David Leitch (dengan Stahelski mengarahkan solo dari John Wick: Chapter 2), seri John Wick memadukan gun fu dengan seni bela diri, terinspirasi oleh aksi klasik beroktan tinggi seperti Equilibrium, The Matrix, dan seluruh filmografi John Woo.    

Pada gilirannya, gaya seni bela diri John Wick telah menginspirasi film-film seperti Atomic Blonde dan Nobody, memastikan bahwa gun fu terus berlanjut. John Wick juga memiliki banyak seniman bela diri sungguhan untuk membuat koreografi pertarungan. 

Mark Dacascos, Roger Yuan, dan Tiger Chen hanyalah segelintir dari ahli bela diri yang telah membawa keterampilan mereka ke waralaba John Wick. Sementara di John Wick: Chapter 4 ada Donnie Yen, Hiroyuki Sanada, Scott Adkins, dan Marko Zaror. 

Seniman bela diri ini sangat penting dalam menghidupkan karakter seperti Baba Yaga (julukan untuk John Wick) di layar. Berikut disiplin seni bela diri yang terlihat dalam franchise John Wick sejauh ini.

Gun Fu

Seni bela diri John Wick yang disukai oleh sebagian besar penonton adalah gun fu. Gun fu adalah kombinasi teatrikal dari prinsip keahlian menembak dengan dasar-dasar film seni bela diri klasik. 

Di barat, gun fu telah dipopulerkan oleh The Matrix, Equilibrium, John Wick, Kick Ass, dan Kingsman: The Secret Service. Namun, gun fu sebenarnya berasal dari bioskop Hong Kong era tahun 1980-an. 

Meskipun ada film-film barat sebelum tahun 1980-an sudah ada yang memakai gun fu, film-film John Woo dan Chow Yun Fat seperti A Better Tomorrow dan The Killer-lah yang pertama kali menetapkan sudut pengambilan gambar, rangkaian dinamis, dan gaya tipis yang melahirkan gun fu — fondasi John Gaya bertarung Wick.

Judo 

Salah satu seni bela diri yang terlihat di seluruh franchise John Wick adalah judo, dengan John sendiri sebagai pengguna utamanya. Didirikan oleh Kano Jigoro, judo terkenal dengan teknik melemparnya. 

John dikisahkan seorang judoka yang sangat terampil, dan di seluruh film sering mengandalkan berbagai lemparan judo untuk membuat lawannya lengah. John juga sering memadukan keterampilan judo-nya dengan penggunaan senjata, melempar atau menyapu musuh untuk melumpuhkan mereka sesaat sebelum menjatuhkannya dengan peluru. 

Karakter Sofia yang diperankan Halle Berry dalam John Wick 3 memiliki pendekatan yang sangat mirip dengan pertarungan seperti John, memadukan lemparan judo dengan tembak-menembak dalam pertempuran di Maroko.

Brazilian Jiu-Jitsu

John Wick Brazilian Jiu-Jitsu.
John Wick harus mengatasi Ms. Perkins yang piawai bela diri Brazilian Jiu-Jitsu dalam edisi pertama film John Wick (2014). (Kredit: Lionsgate Films)

Film-film John Wick juga menampilkan Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ alias jiu-jitsu Brasil) — bagian penting dari bagaimana Keanu Reeves berlatih untuk John Wick. BJJ adalah teknik bergulat (grappling), positioning, dan bertarung di lapangan, dengan kombinasi membuat lawan tersedak (choke) dan manipulasi sendi, yang merupakan pokok dunia MMA. 

Pada film John Wick pertama, salah satu musuhnya, yakni Ms. Perkins (Adrianne Palicki) mempraktikkan BJJ ini sebagai gaya bertarung utamanya. Gi merupakan salah satu teknik membuat lawan tersedak, yang diterapkan Perkins dengan jaket kulitnya saat bertarung melawan John Wick.

Karate

Karate memiliki banyak aliran atau gaya yang berbeda, tidak terbatas pada Shotokan, Goju-Ryu, dan Kyokushin. Aliran terakhir bisa dilihat dari aksi-aksi salah satu bintang John Wick: Chapter 4, Hiroyuki Sanada, yang memang seorang praktisi. 

Diterjemahkan sebagai “Tangan Kosong”, karate adalah seni bela diri yang berorientasi pada pukulan dan tendangan. Bisa dibilang, inilah seni bela diri yang paling dikenal di dunia barat dan dipopulerkan oleh karakter Mr. Miyagi dalam film The Karate Kid

Meskipun John lebih suka melawan musuhnya dengan teknik melempar, dia juga menggunakan pukulan dan tendangan yang diambil dari karate, dengan beberapa lawan John juga karateka.

Tae Kwon Do

John Wick tae kwon do.
Keahlian tae kwon do Kirill (kanan) menjadikannya salah satu lawan berat Keanu Reeves dalam edisi pertama John Wick yang dirilis pada tahun 2014. (Kredit: Lionsgate Films) 

Sementara begitu banyak seni bela diri mengajarkan teknik menendang, tae kwon do asal Korea justru sangat terkenal karena penekanannya pada tendangan. 

John Wick menghadapi beberapa musuh yang menampilkan keterampilan tae kwon do. Salah satu contoh terbaik ditunjukkan karakter Kirill di John Wick pertama yang dimainkan oleh Daniel Bernhardt. 

Dalam pertemuan klub malam mereka, Kirill adalah musuh yang menantang bagi John dengan tendangannya yang cepat dan kuat. Sementara pembunuh lainnya dalam seri John Wick juga merupakan penendang terampil dengan pelatihan dari tae kwon do.

Kali 

Berasal dari Filipina, kali atau escrima adalah pertarungan berat dengan tongkat dan pisau. Selain sebagai aspek penting dari gaya bertarung John Wick, kali juga merupakan salah satu dari sekian banyak gaya bertarung yang digunakan/dipelajari oleh Bruce Lee. 

John Wick digambarkan sebagai petarung pisau dengan skill mematikan, seperti lawan utamanya di John Wick 2, Cassian. 

Dalam wawancara dengan Maxim, Jonathan Eusebio sebagai koreografer pertarungan menjelaskan bahwa kali adalah dasar dari keterampilan bertarung pisau John Wick, yang juga memperluas kemampuannya untuk menghilangkan lawan dengan pensil, suatu teknik membunuh yang membuat Baba Yaga melegenda. 

Kung Fu

John Wick kung fu.
John Wick (kiri) harus menghadapi para musuhnya yang jago kung fu dalam satu adegan di film John Wick: Chapter 3 – Parabellum. (Kredit: Lionsgate Films)

Sebagian besar seni bela diri dari seluruh penjuru Asia dapat melacak garis keturunan mereka ke kung fu dengan cara tertentu. Banyak subset kung fu yang berbeda sangat bervariasi dari yang keras hingga lunak dalam penekanan dan pendekatannya terhadap pertempuran. 

Film John Wick yang paling menonjol menampilkan kung fu ada di John Wick 3 ketika John bertemu dengan sekelompok pembunuh di Chinatown Kota New York - termasuk yang diperankan oleh teman baik Keanu Reeves, Tiger Chen – bintang Triple Threat yang juga bekerja sama dengan Reeves di film The Matrix dan Man of Tai Chi

Dalam John Wick: Chapter 4, Donnie Yen juga akan menyuntikkan kung fu. Ada banyak bentuk kung fu yang berbeda. Kuil Shaolin yang terkenal di Cina dianggap sebagai tempat lahir kung fu sekira satu setengah milenium silam, dan mungkin satu-satunya seni bela diri yang paling dikenal luas namanya di dunia barat.

Sambo

Sambo adalah seni bela diri Rusia dan salah satu yang dikuasai John Wick. Sambo kali pertama diciptakan sekira tahun 1920-an oleh Viktor Spiridonov dan Vasili Oschepkov. 

Campuran dari teknik bertarung sambo terkait erat dengan judo dengan penekanan yang sama besarnya pada teknik melempar. Mempertimbangkan latar belakang Eropa Timur sosok John Wick, masuk akal jika dia memiliki pelatihan yang signifikan dalam bela diri sambo bersama berbagai seni bela diri lainnya. 

Selain itu, adegan di John Wick 3 saat John bertemu dengan The Director (Angelica Huston) memperlihatkan sekelompok siswa Ruska Roma sedang berlatih sambo. Tidak hanya bagus untuk komunitas sambo internasional, seni bela diri ini akhirnya menjelaskan bagaimana gulat yang sangat agresif dan dinamis dalam gaya bertarung John Wick.

Shoot Wrestling

Lahir dari gulat pro Jepang, shoot wrestling (gulat tembak) dimulai sebagai upaya untuk membawa keaslian MMA ke dalam pertarungan gulat pro koreografi. Memadukan berbagai seni bela diri yang berbeda, gulat tembak secara teknis adalah gaya koreografi pertarungan langsung. 

Bersamaan dengan gulat gaya yang kuat, gaya tembak menjadi semakin populer di barat berkat kolaborasi dan promosi silang oleh WWE dan Gulat Pro Jepang Baru. Koreografer seni bela diri film John Wick Jonathan Eusebio mengungkapkan bahwa gulat tembak juga merupakan bagian dari pelatihan Keanu Reeves untuk memerankan karakter John Wick.

Aikido

Seni bela diri lain yang terkenal dengan lemparannya, aikido, berfokus pada mengarahkan kembali momentum serangan lawan untuk menggunakan energi mereka melawan mereka. Inilah fokus besar di John Wick 3 karena John sering meenghadapi banyak lawan. 

Eusebio menjelaskan, koreografi pertarungan John Wick 3 memperhitungkan hal ini dan mengorientasikan gaya bertarung John untuk menggabungkan lebih banyak elemen aikido. 

Ninjutsu

Dari film ninja klasik seperti Duel to the Death dan Lone Wolf & Cub hingga popularitas waralaba Naruto yang tak tergoyahkan, ninjutsu telah menjadi seni bela diri pokok dalam dunia hiburan selama 50 tahun terakhir. 

John Wick 3 terbilang sangat banyak seni bela diri yang berbeda daripada sebelumnya. Ninjutsu di film ini dibawa oleh kelompok Shinobi pimpinan Zero (Mark Dacascos), musuh John Wick.

Para anak buah Zero mamapu mengejutkan John Wick dengan serangan dari berbagai jenis bela diri, utamanya ninjutsu. Mereka juga menggunakan senjata tradisional yang digunakan oleh ninja, seperti wakizashi atau pedang pendek. 

Beberapa sekolah kontemporer juga mengajarkan bentuk ninjutsu modern, termasuk Asosiasi Bujinkan Jepang, bersama dengan sekolah modern guru ninjutsu Amerika Stephen K. Hayes, yang dikenal sebagai To-Shin-Do.

Pencak Silat 

Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman.
Yayan Ruhian (kiri) dan Cecep Arif Rahman muncul dalam John Wick: Chapter 3 – Parabellum yang dirilis pada tahun 2019, sebagai musuh John Wick. (Kredit: Lionsgate Films)

Dipopulerkan secara global oleh Iko Wais lewat film The Raid, seperti banyak seni bela diri lainnya silat yang berasal dari Asia Tenggara juga memiliki banyak aliran dan subset yang berbeda. 

Sering juga dinamai berdasarkan daerah asalnya seperti Silat Melayu Malaysia dan Pencak Silat di Indonesia. Banyak penonton bioskop di Barat diakrabkan dengan pencak silat oleh film The Raid, tidak hanya oleh Iko Uwais namun juga dua dari bintang seri itu: Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian. 

Cecep dan Yayan muncul di John Wick 3 sebagai dua anggota Shinobi alias murid Zero. Yayan dan Cecep memang eksponen pencak silat asli dan juga piawai menggunakan pisau khas di pencak silat yang dikenal dengan nama kerambit dan muncul dalam pertarungan mereka melawan John Wick. 

RELATED STORIES

Keanu Reeves Ikuti Boot Camp Tiga Bulan demi John Wick: Chapter 4

Keanu Reeves Ikuti Boot Camp Tiga Bulan demi John Wick: Chapter 4

Keanu Reeves menjalani latihan fisik, menggunakan senjata, dan mengemudi secara intensif selama 3 bulan demi John Wick: Chapter 4.

Main dalam Film John Wick, Lance Reddick Hanya Berbekal Olahraga Gulat Waktu SMA

Main dalam Film John Wick, Lance Reddick Hanya Berbekal Olahraga Gulat Waktu SMA

Genre film John Wick adalah action, sehingga film tersebut banyak menampilkan adegan perkelahian dan bela diri.

Koordinator Stunt John Wick 4 Terpicu Ciptakan Scene Duel Epik Keanu Reeves Vs Donnie Yen

Membuat koreografi duel dan pemeran pengganti untuk film 'John Wick 4' adalah tanggung jawab yang cukup besar.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

MPL Indonesia (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

Daftar Julukan Tim-Tim MPL Indonesia

Berikut ini adalah asal usul dan daftar julukan tim-tim Mobile Legends di MPL Indonesia Season 13.

Thoriq Az Zuhri | 19 Mar, 00:38

EVOS Glory (Hendy Andika/Skor.id)

Esports

5 Statistik Buruk EVOS Glory di MPL Indonesia Season 13

Dalam dua pekan awal MPL Indonesia Season 13, EVOS Glory mendapatkan hasil buruk, berikut statistik buruk mereka.

Thoriq Az Zuhri | 19 Mar, 00:18

FFWS alias Free Fire World Series (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

FFWS SEA Spring 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 18 Mar, 23:54

Turnamen Valorant, VCT 2024 Masters Madrid (Yusuf/Skor.id).

Esports

VCT 2024 Masters Madrid: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran VCT 2024 Masters Madrid sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Valorant dunia ini.

Thoriq Az Zuhri | 18 Mar, 21:25

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 18 Mar, 21:24

General Manager Ducati Corse Luigi 'Gigi' Dall'Igna

MotoGP

Resmi: Ducati Rekrut Fermin Aldeguer untuk MotoGP 2025

Bintang Moto2 Fermin Aldeguer akan melakukan debut MotoGP pada 2025 usai dikontrak Ducati.

Tri Cahyo Nugroho | 18 Mar, 20:26

Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti. (M. Yusuf/Skor.id).

World

Dituduh Rasis, Luciano Spalletti Pulangkan Francesco Acerbi

Francesco Acerbi sudah menepis tudingan rasisme saat ditanya pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti.

Tri Cahyo Nugroho | 18 Mar, 19:31

Yakob Sayuri dan Yance Sayuri menjadi model jersey latihan Timnas Indonesia produksi Erspo, 11 Maret 2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Timnas Indonesia

Sulit Serap Keringat, Shin Tae-yong Minta Jersey Latihan Timnas Indonesia Diganti

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, rupanya tidak nyaman dengan jersey latihan anyar keluaran Erspo.

Teguh Kurniawan | 18 Mar, 19:27

Inilah tampilan jersey terbaru untuk FC Bayern Frauen alias tim sepak bola wanita Bayern Munchen. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

FC Bayern Frauen Bangga Miliki Jersey Sendiri Pertama dari Adidas

Inilah kali pertama FC Bayern Frauen, tim wanita Bayern Munchen, memiliki seragam sendiri.

Tri Cahyo Nugroho | 18 Mar, 18:41

Cover STY

Timnas Indonesia

Soal Kemungkinan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Debut Lawan Vietnam, Ini Kata STY

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bicara soal peluang debut Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Teguh Kurniawan | 18 Mar, 18:40

Load More Articles