SKOR.id – Apa yang dilakukan Hoka One One (biasa disebut Hoka saja) pada salah satu varian sepatu lari lintas alam (trail) andalannya ini memang sangat menarik perhatian.
Bagaimana tidak? Mereka menciptakan sepatu lari trail dengan desain model piza dan taco—makanan dari Meksiko berupa kulit tortila isi sayuran dan daging—untuk material sol luarnya!
Seperti diketahui, Mafate merupakan sepatu trail pertama dari Hoka yang memasuki pasar. Tahun depan, Hoka akan merilis sepatu terbarunya yang menyandang nama tersebut.
Direncanakan tiba pada bulan Mei 2025, perusahaan yang didirikan pada 2009 di Annecy, Prancis, namun kini berbasis di Richmond, California, Amerika Serikat, tersebut akan melepas Hoka Mafate X dengan harga 225 dolar AS (sekira Rp3,57 juta).
Tentu saja, Mafate X sarat dengan teknologi dan dibuat untuk upaya perjalanan jarak jauh. Namun bagian paling keren dari sepatu ini adalah sol luarnya.
Saat berada di pameran dagang dan konferensi The Running Event (TRE) di Austin, Texas, Hoka mengungkapkan detail tentang rilis Mafate X yang akan datang. Merek tersebut menyatakan Sean Denniston, perancang sepatu, menambahkan taco tersenyum di bagian depan sol luar karena pemakainya bergerak maju, serta taco wajah sedih di bagian tumit karena melakukan pengereman.
Denniston, yang merupakan desainer senior untuk sepatu trail di Hoka, juga menambahkan irisan piza yang diposisikan seperti anak panah yang mengarah ke depan di kaki depan di antara taco yang tersenyum.
Selain taco dan piza, Mafate X juga penuh dengan teknologi modern. Misalnya, sol luar sepatu dibuat dengan senyawa Megagrip Vibram, dan juga dilengkapi pelat serat karbon, busa EVA superkritis di bagian bawah kaki, dan setetes PEBA yang berada di atas pelat karbon.
Sedangkan untuk bagian atasnya, Hoka menyatakan bahwa bahan yang dipakai dapat bernapas dan dirancang untuk “mengalir dengan baik.”
Hoka mengonfirmasi akan meluncurkan Mafate X dalam dua warna untuk musim semi dan lebih banyak lagi di musim gugur tahun depan. Selain itu, merek tersebut menyatakan bahwa konsumen dapat mengharapkan lebih banyak kejutan seperti taco dan piza di sol luar di masa mendatang.