Elon Musk Akuisisi Twitter, Dunia Olahraga dalam Ketidakpastian

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Keputusan Elon Musk mengakuisisi Twitter senilai $44 miliar tidak hanya menggetarkan dunia teknologi, tetapi juga dunia olahraga.
  • Selama 16 tahun terakhir, platform ini telah mengubah cara olahraga dikonsumsi dan didiskusikan oleh para penggemarnya.
  • Kabarnya sang bos baru telah mengusulkan untuk menagih pengguna $8 per bulan untuk memiliki tanda centang biru.

SKOR.id - Mark Cuban telah memiliki klub NBA, Dallas Mavericks, selama lebih dari dua dekade, jauh sebelum layanan streaming atau media sosial atau smartphone.

Jadi, getaran gempa bumi yang mengguncang dunia teknologi menyusul pembelian platform Twitter senilai $44 miliar oleh Elon Musk minggu lalu, tidak terlalu mengkhawatirkan Cuban.

“Kami berkembang sebelum Twitter,” kata Cuban minggu ini melalui email kepada jurnalis Rick Maese dari The Washington Post. “Kita bisa berkembang setelahnya jika perlu.”

Dari Wall Street hingga Silicon Valley, para pemimpin industri terus mencoba menilai dampak lanjutan dari pengambilalihan Twitter oleh Musk, yang saat ini mengantisipasi pergolakan personel dan proposal platform yang mungkin akan memengaruhi pengalaman jutaan orang yang menggunakan layanan ini setiap hari.

Olahraga hanya mewakili sebagian kecil dari fitur Twitter yang baru diakuisisi Musk. Tetapi, selama 16 tahun terakhir, platform itu telah menjadi bagian penting dari mesin olahraga negara ini, telah mengubah cara olahraga dikonsumsi dan didiskusikan.

Fans menggunakannya sebagai layar kedua selama acara olahraga dan tempat pertemuan di antaranya, untuk mengikuti berita olahraga, melihat sorotan dan liga, tim, dan pemain favorit mereka.

Atlet menggunakan Twitter sebagai saluran langsung ke penggemar mereka, merek olahraga menggunakannya untuk menjangkau pelanggan, dan seluruh industri bersandar padanya untuk keterlibatan sepanjang waktu.

Sekarang banyak atlet, pemain, tim, dan penggemar bertanya-tanya bagaimana perubahan prioritas perusahaan, potensi perubahan kebijakan, dan penyesuaian algoritme akan memengaruhi pengalaman tersebut.

“Ada banyak ketidakpastian seputar platform secara umum,” kata Bailey Carlin, konsultan media sosial yang bekerja sama dengan sejumlah atlet dan perusahaan. “Dan saya pikir itu hal yang sulit bagi kami yang bekerja di luar angkasa. Ketidakpastian itu menakutkan.”

Cuban, pengguna Twitter sejak 2008, mengatakan bahwa platform tersebut adalah “tempat yang bagus untuk orang-orang yang suka berdebat atau mereka yang suka mencari pengaruh, dan sumber berita langsung yang bagus.”

Tapi dia memberikan peringatan: "Saya pikir ada lebih sedikit penggemar olahraga yang aktif di Twitter daripada yang Anda kira."

“Basis terbesar kami adalah penggemar yang lebih muda. Mereka tidak ada di Twitter,” kata sang miliader dalam tanggapan email untuk pertanyaan itu. “Basis kami yang paling menguntungkan menonton TV linier dan membeli tiket. Sebagian besar tidak ada di Twitter.”

Profesional pemasaran mengatakan bahwa sementara audiens yang lebih muda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di TikTok, Instagram atau YouTube, Twitter masih perlu mempertahankan sejumlah besar pengguna — 238 juta orang menggunakannya setiap hari, kata perusahaan — untuk menjadi bagian penting dari rutinitas harian dan informasi diet penggemar olahraga.

“Apakah orang akan meninggalkan Twitter karena Elon memilikinya sekarang? Tidak,” kata Joe Favorito, konsultan pemasaran dan branding veteran yang telah bekerja dengan atlet profesional dan entitas olahraga selama 35 tahun.

“Saya pikir orang akan melihat bagaimana perkembangannya, baru kemudian ingin melihat apakah ini masih tempat komunitas saya tinggal, atau haruskah saya pergi ke tempat lain? Ini semua tentang mencapai relevansi dan di mana orang-orang ini tinggal.”

Para ahli mengatakan akan sangat penting bahwa wacana Twitter tetap organik, langsung, dan bahwa algoritme situs tidak dapat menggantikan postingan tepat waktu dengan terlalu banyak tweet bertanggal atau dipromosikan.

Menurut Maese, menjaga atlet dan pemangku kepentingan industri lain di alun-alun kota virtual Twitter juga akan menjadi kunci, dan mungkin tantangan awal untuk usulan perombakan sistem verifikasi perusahaan yang berpengaruh oleh Musk. Ingat, Musk telah mengusulkan untuk menagih pengguna $8 per bulan untuk memiliki tanda centang biru.

Carlin, eks produser media sosial dengan XFL, Barstool dan Sports Illustrated, telah bekerja dengan berbagai atlet, perusahaan, dan mengatakan dia biasanya membuka selusin akun Twitter terverifikasi pada waktu tertentu.

"Bagaimana saya sekarang memberi tahu Chris Bosh, 'Hei, Chris, Anda harus membayar $8 sebulan untuk mempertahankan verifikasi Anda sehingga orang tahu akun itu benar-benar milik Anda,' " kata Carlin tentang pensiunan bintang bola basket itu, salah satu kliennya saat ini. "Beri tahu saya sekarang, bagaimana saya melakukannya?"

Carlin menunjukkan bahwa atlet mungkin juga akan dimatikan jika wacana menjadi terlalu jelek dan jika Twitter memutuskan untuk tidak melakukan banyak hal untuk mengancam pos polisi atau menyingkirkan pengguna yang mengancam.

Seorang juru bicara Twitter tidak menanggapi permintaan komentar minggu ini.

Profesor Alan Morse, direktur Sport Marketing Research Institute di University of Northern Colorado, mengatakan upaya pencarian pendapatan Musk pada akhirnya juga dapat menguntungkan penggemar olahraga, sementara juga berpotensi menghasilkan uang untuk tim, liga, dan departemen atletik.

Morse mengatakan Musk dapat berupaya memonetisasi fitur Twitter Circle, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi postingan dengan audiens terbatas dan eksklusif.

"Jika saya seorang direktur atletik, saya bisa mengatakan, 'Hei, jika Anda menyumbangkan sejumlah X dolar, Anda bisa mendapatkan akses melalui Twitter Circle ke informasi yang tidak didapatkan masyarakat umum,' " kata Morse.

“Anda akan memiliki beberapa donor yang sangat bersedia melakukan itu untuk mendapatkan berita terbaru, merekrut pembaruan atau mungkin meminta pelatih duduk dan mengobrol sedikit di Twitter seminggu sekali.”

Musk juga telah melontarkan gagasan untuk menghidupkan kembali Vine, aplikasi berbagi video pendek Twitter yang ditutup pada 2016, sebelum aplikasi lainnya mulai menyadari potensi video sosial.

Perusahaan juga mempertimbangkan video berbayar. Peningkatan penekanan pada video dapat menarik bagi penggemar olahraga yang mencari sorotan atau konten asli yang menampilkan atlet favorit mereka, kata para ahli.

“Vine jauh di depan TikTok, bahkan Instagram,” kata Favorito, “dan itu berjalan sangat baik di antara para atlet dan orang-orang yang ingin berbagi konten pendek. Itu akan berubah menjadi kesalahan bisnis besar oleh Twitter.”

Liga dan tim sangat bergantung pada Twitter untuk tetap berhubungan dengan penggemar.

Twitter telah lama menjalin kemitraan dengan sebagian besar liga olahraga utama AS, yang biasanya mencakup akses ke sorotan, acara digital, dan bentuk konten eksklusif lainnya. NFL, NBA, NHL, dan Major League Baseball telah menyiarkan beberapa pertandingan mereka di Twitter.

Selama penggemar terus melihat ada alasan untuk berduyun-duyun ke aplikasi tersebut, liga pasti akan terus bertemu mereka di sana, kata Favorito.

“Keindahan yang dimiliki Twitter, apa pun yang terjadi, (adalah) percakapan satu lawan satu dengan siapa pun yang mengikuti Anda. Saya tidak berpikir itu akan kehilangan relevansinya ke depan, ”katanya.

“Sekarang jika merek mulai meninggalkan Twitter untuk alasan apa pun, jika kami melihat angkanya turun, Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu di sana dan menemukan diri Anda pergi ke platform di mana semua orang berada.”

Untuk saat ini, dunia olahraga – seperti Wall Street, ahli strategi politik, dan hampir setiap merek besar di Amerika – sedang menunggu untuk melihat apa yang sebenarnya dilakukan Musk dengan mainan barunya senilai $44 miliar tersebut.

“Intinya,” kata Cuban dalam emailnya, “ini adalah perusahaan Elon. Dan dia bisa melakukan apapun yang dia mau dengan itu.”***

Berita Elon Musk Lainnya:

Bikin Heboh, Elon Musk Umumkan Beli Manchester United

Elon Musk Pamer Tesla Cybertruck dalam Game PUBG Mobile

Kisah Miliarder Elon Musk, Suka Angkat Beban tapi Benci Latihan Kardio

Source: Washington Post

RELATED STORIES

Legenda MMA Georges St-Pierre Ikut Jajal 'Deep Squat Challenge'

Legenda MMA Georges St-Pierre Ikut Jajal 'Deep Squat Challenge'

Legenda MMA Georges St-Pierre mencoba 'Deep Squat Challenge', latihan untuk meningkatkan mobilitas dan postur ini lebih sulit daripada yang terlihat.

Dijuluki People's 2022 Sexiest Man Alive, Chris Evans Lebih Hati-hati Menjaga Kesehatan dan Kebugaran

Dijuluki People's 2022 Sexiest Man Alive, Chris Evans Lebih Hati-hati Menjaga Kesehatan dan Kebugaran

Terlepas dari bukti terbaru yang bertentangan, Chris Evans mengklaim bahwa dia memilih mengambil pendekatan baru untuk lebih berhati-hati terhadap kesehatan dan kebugarannya sekarang setelah dia telah berusia 40-an.

Tampilan Fisik Shawn Mendes Terlihat Lebih Baik dari Sebelumnya

Penyanyi ini sangat berkomitmen pada latihan fisik dan beberapa gambar terbarunya tanpa kemeja menegaskan apa yang telah kita lihat: dia memiliki fisik 10.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Shin Tae-yong. (Dok. PSSI/Grafis Jovi Arnanda)

Timnas Indonesia

Singkirkan Korea Selatan U-23, Shin Tae-yong Senang Sekaligus Berat

Timnas U-23 Indonesia berhasil menaklukkan Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 2024.

Sumargo Pangestu | 26 Apr, 04:36

Timnas U-23 Korea Selatan (Korea Selatan U-23). (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Pelatih Korea Selatan U-23: Keberuntungan Tidak Berpihak ke Kami

Asisten pelatih Korea Selatan U-23, Myung Jae-yong, mengungkapkan faktor kekalahan timnya dari Timnas U-23 Indonesia.

Sumargo Pangestu | 26 Apr, 04:05

Bintang Manchester City, Phil Foden. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Brighton vs Man City: Phil Foden Tembus 50 Gol di Liga Inggris

Phil Foden mencetak dua gol dalam kemenangan Manchester City 4-0 atas Brighton, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Irfan Sudrajat | 26 Apr, 04:02

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 26 Apr, 02:55

Esports World Cup 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Esports World Cup 2024, Semua Hal yang Harus Kamu Tahu

Berikut ini adalah semua hal yang harus kamu tahu dari gelaran Esports World Cup 2024 alias Piala Dunia Esports 2024 di Riyadh, Arab Saudi.

Thoriq Az Zuhri | 26 Apr, 01:59

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia U-23 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia U-23 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 25 Apr, 22:40

Mentimun, tomat, dan sayuran berwarna hijau membuat Anda tetap terhidrasi dan fit pada musim panas. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Culture

Buah dan Sayuran yang Buat Anda Tetap Terhidrasi dan Fit di Musim Panas

Buah dan sayuran seperti semangka, mentimun, dan tomat tidak hanya mengandung banyak air namun juga nutrisi, berbagai vitamin, dan serat.

Tri Cahyo Nugroho | 25 Apr, 21:36

Piala Dunia Esports (Yusuf/Skor.id).

Esports

Daftar Game yang Dipertandingkan di Piala Dunia Esports 2024

Esports World Cup 2024 alias Piala Dunia Esports 2024 akan segera bergulir, ini adalah daftar game yang akan dipertandingkan.

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 21:25

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 21:21

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

ESL One Birmingham 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Turnamen Dota 2, ESL One Birmingham 2024, sedang dihelat. Berikut ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkapnya.

Thoriq Az Zuhri | 25 Apr, 21:20

Load More Articles