Daniele Bellini: Pria dengan Suara Terbaik dalam Sepak Bola Italia

Nurul Ika Hidayati

Editor: Nurul Ika Hidayati

Daniele Bellini adalah penggemar berat tim Napoli dan baru berusia 6 tahun terakhir kali mereka memenangkan Scudetto. (Hendy AS/Skor.id)
Daniele Bellini adalah penggemar berat tim Napoli dan baru berusia 6 tahun terakhir kali mereka memenangkan Scudetto. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id - Daniele Bellini mengumumkan formasi Napoli dari lapangan rumput Stadion Diego Armando Maradona yang sudah heboh karena hasil yang datang dari San Siro. 

Hari Minggu, 30 April, pukul 12:30 waktu setempat, Inter Milan unggul atas Lazio dengan skor 3-1, dan Napoli pun membuka jalan menuju Scudetto. 

Di dalam dan di luar stadion ada gejolak, semangat, euforia, antusiasme, kegembiraan yang terkandung. Air mata berlinang, garis finis tinggal selangkah lagi. 

Tim asuhan Luciano Spalletti bersiap merengkuh Scudetto, ke-3 dalam sejarah I Partenopei, atau yang pertama setelah era Pibe de Oro - julukan Diego Maradona. 

Tiga puluh tiga tahun setelah terakhir kalinya juara Serie A, Neapolitans akan menjahit gelar juara Italia di baju mereka.

Diletta Leotta, Cristian Maggio dan Andrea Stramaccioni yang bertugas komentator langsung untuk DAZN, menandai momen-momen yang terpisah dari kick-off. 

Sang presenter memanggil announcer Napoli, Daniele Bellini ke arah mereka, menanyakan bagaimana keadaannya, sensasi apa yang dia alami dan pada saat itu pula Bellini, yang diliputi oleh emosi, menangis sesenggukan. 

Pria itu diliputi air mata kegembiraan. Saat itu Bellini mengingat semua momen dari berbagai musim yang telah berlalu di depan matanya. Jiwanya dalam kekacauan dan jantungnya berdebar kencang di dadanya hingga hampir meledak. Kali ini semuanya benar.

Maggio, mantan bek Napoli, lalu merangkul Bellini dalam momen yang sangat menyentuh dari siaran live dari stadion Maradona.

Nama-nama yang dibaca Bellini hari itu, akhirnya memasuki sejarah, dia memahatnya dengan suaranya yang bergema dalam sound system Neapolitan selama bertahun-tahun. 

Dia bertahan, ada benjolan di tenggorokannya tapi dia menolak. Selama adrenalin itu memungkinkan, dia berhasil tetap tenang. Lalu dia tidak tahan lagi dan melepaskannya. 

Diletta Leotta mencoba menghiburnya: "Jangan lakukan itu, ayolah... ke sini". Si Decibel - julukan Bellini - meletakkan tangannya di depan wajahnya, menyembunyikannya tapi bukan karena malu. Itu adalah keindahan perasaan yang tulus. "Maaf," kata Bellini, suaranya pecah karena air mata.

"Inilah artinya menjadi Neapolitan," bisik Maggio sambil mengulurkan tangannya ke Bellini, lalu meremasnya dan menariknya ke arahnya. 

Bellini juga memeluk Maggio, tergerak. Dan, Maggio, yang mengalami emosi tertentu di kulitnya, mengetahuinya. Laga kehidupan, Scudetto yang hampir dibuat seperti ini, adalah semua momen siaran langsung itu. Semuanya ada dalam air mata manis itu.

Penyiar Radio Klub
Satu dekade lalu, Daniele Bellini menyeka keringat dari tangan dan juga celananya, sebelum menarik napasnya dalam-dalam. Sambil menenangkan diri, dia lalu tersenyum lebar, mengangkat mikrofon ke bibirnya, dan berteriak, "GOL PER Il NAPOLI!," ketika 55.000 orang dalam Stadio San Paulo menantikan dengan antisipasi. "THE SCORER... NUMBER 9, GONZALOOOO!"

Hari itu, tertanggal 18 September 2013, dan Napoli baru saja memimpin dalam pertandingan pembukaan grup Liga Champions, sebuah pertemuan yang sulit melawan wakil Bundesliga, Borussia Dortmund.

Gonzalo Higuain, seperti yang sering dilakukannya musim itu, membuka skor dengan sundulan khasnya pada menit ke-28. Beberapa saat kemudian, pelatih Jurgen Klopp yang marah dikirim ke tribun karena memprotes tendangan sudut cepat yang mengarah ke gawang.

Saat Higuain merayakannya, timnya segera bergabung, para penonton menyambut teriakan Bellini "GONZALOOOO" dengan respons "HIGUAIN" yang cepat.

Bellini mengulangi teriakan itu 10 kali, dengan suara yang semakin keras setiap detiknya

Momen viral yang akan segera lahir.

Sepuluh tahun dan lebih dari lima juta penayangan, Bellini yang rendah hati itu masih merasakan efek dari teriakannya yang sekarang menjadi ikon di dalam Stadio San Paulo, kini Stadio Diego Armando Maradona.

"Banyak orang dari seluruh dunia masih mengirimi saya pesan tentang video Higuainitu. Sungguh menakjubkan," kata Bellini kepada SPORTbible melalui telepon Zoom.

Gairah yang dimiliki oleh Bellini untuk klub ini sangat dalam. Ia terbiasa memiliki foto Diego Maradona di samping tempat tidur masa kecilnya dan akan tidur setiap malam dengan bahagia karena sang legenda asal Argentina itu bermain untuk timnya.

Dan ketika ditanya apa arti Napoli Football Club baginya, sang Decibel berhenti sejenak dan berpikir sejenak.

"Wah... sangat sulit bagi saya untuk menjelaskannya," katanya. "Klub itu seperti pacar. Adikmu. Ibumu. Ini sesuatu yang istimewa. Aku meletakkan bajuku di rumah karena setiap hari aku menganggap tim ini sebagai teman."

Pria berusia 42 tahun, yang juga seorang DJ untuk stasiun lokal Radio Kiss Kiss, adalah orang pertama yang mengaku beruntung mendapatkan pekerjaan sebagai penyiar stadion klub. 

Dia, dengan kata-katanya, berada di urutan ke-10 untuk mendapatkan posisi itu setelah orang-orang mengatakan mereka sibuk pada hari Minggu atau bayarannya tidak cukup baik.

Bellini memanfaatkan kesempatan emas itu untuk mewakili timnya.

"Saya orang yang beruntung. Saya bekerja untuk stasiun resmi klub, Radio Marte, dan sejumlah orang tidak dapat pergi untuk wawancara. Saya ingat seseorang menyuruh saya pergi ke stadion untuk satu atau dua pertandingan tetapi 10 tahun kemudian, saya berada disini."

Dalam waktu beberapa minggu, Bellini berubah dari seorang pembawa acara radio lokal menjadi announcer yang tampil dalam suasana yang begitu mengintimidasi di dalam stadion terbesar ketiga di Italia. 

Nyaris tidak bisa dipercaya, dari menonton orang-orang seperti Marek Hamsik dan Fabio Quagliarella di televisi, hingga berada hanya beberapa meter dari bintang-bintang tersebut. Itu pikiran Bellini.

Itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi pria berjuluk 'Decibel'.

Tapi di atas semua kegembiraan yang membangun untuk pertandingan pertamanya, Napoli akan menghadapi rival sengitnya Juventus. Dapat dimengerti bahwa dia tegang.

"Anda bisa lihat videonya di YouTube. Teriakan pertama adalah 'Selamat datang di stadion San Paulo!' dan saya meletakkan tangan saya di atas meja karena saya sangat gugup. Saya berpikir 'Apa yang terjadi?'"

"Itu adalah mimpi. Pada saat itu saya sedang menjalani mimpi saya. Itu luar biasa, meskipun saya tidak begitu ingat banyak tentang malam pertama itu, jujur. Rasanya seperti saya terjebak dalam gelembung."

"Selama dua atau tiga hari, saya tidak benar-benar memahami besarnya situasi itu. Saya berada di samping pemain favorit saya, melawan Juventus, di depan 60.000 orang. Saya ingat sedikit pertandingan. Tentu saja, kami menang. .. tapi itu sungguh gila."

Menengok ke belakang, debut Bellini melawan Si Nyonya Besar adalah sesuatu yang lain.

Setelah mengulang kata "Napoli" tiga kali, peluit yang memekakkan telinga dan ejekan suporter garis keras Napoli mulai bergema di sekitar venue saat ia mengumumkan susunan tim Juventus. Terkadang Anda bahkan hampir tidak dapat mendengar suara Bellini di dalam Stadion Diego Armando Maradona itu.

Sejak debutnya pada malam spesial tahun 2010 itu, Bellini dengan cepat menjadi pahlawan kultus di kalangan penggemar Napoli karena suara dan kepribadiannya.

Dia sering terlihat di jalan-jalan oleh orang-orang Napoli yang "hangat dan ramah", berbicara dengannya satu per satu, Anda dapat benar-benar merasakan betapa Decibel menghargai dan berterima kasih atas dukungan mereka.

"Saya dikenali, ya, tapi itu aneh bagi saya," katanya kepada Sportbible. "Saya orang yang simpel. Saya sangat beruntung memiliki pekerjaan impian ini. Saya terus mengulanginya tetapi ini adalah impian bagi saya. Saya senang karena para penggemar Napoli luar biasa."

Ketenaran Bellini telah berkelana dari negara asalnya, Napoli itu dan ke panggung yang lebih global dalam beberapa tahun terakhir. Dalam sebuah wawancara dengan The Independent pada tahun 2017, Bellini menceritakan kisah liburan penting ke Jamaika, ketika satu kelompok orang langsung mengenali wajahnya.

"Saya berada di Trenchtown, tempat Bob Marley dibesarkan, dengan satu orang pemandu. Kami melihat ke sebuah bar dan ada beberapa anak menonton pertandingan Liga Premier. Salah satu dari mereka berbalik, menatap saya, dan wajahnya menunduk." 

"'Itu kamu', katanya. 'Hei, bung, Gonzalo! Gonzalo! Higuain! Higuain!' Saya tidak tahu bagaimana mereka menonton rekaman itu - ini daerah yang terpencil, mereka memiliki telepon lama, tidak ada koneksi - dan mereka tidak tahu di mana Napoli berada, atau bahkan Italia. Tapi mereka pernah melihat saya, di Trenchtown, di Jamaika."

Dalam sedekade atau lebih dalam perannya di klub sepak bola, Bellini secara alami membangun sejumlah hubungan yang kuat dengan para pemain Napoli dan, ketika ditanya tentang persahabatan itu, cerita yang melibatkan bek Kalidou Koulibaly sangat menonjol.

Dia terus terang berbicara soal bagaimana pemain internasional Senegal itu bersikap ketika dia baru saja mengetahui tentang kematian seorang pria yang bekerja di restoran lokal.

"Ada dua atau tiga orang yang sangat istimewa," kata Bellini. "Pertama-tama, Kalidou Koulibaly adalah pria yang sangat spesial. Izinkan saya menceritakan kisah ini agar Anda dapat memahami siapa pria ini."

"Ada seorang pria dari Senegal yang bekerja di restoran di Naples. Dia meninggal dengan tragis karena sebab yang alami dan pada saat itu, Kalidou tidak mengetahui hal ini tetapi ketika dia mendengar cerita kematiannya, dia langsung membayar untuk jenazahnya dibawa dari Italia ke Senegal. Dia pria terhormat. Tidak ada yang tahu ini."

"Dia pria yang sangat, sangat spesial dengan hati yang besar. Dan di lapangan, dia adalah pemain yang fantastis."

Bellini juga menyebut striker Dries Mertens sebagai orang yang spesial lainnya dalam hidupnya.

"Dries juga pria yang luar biasa. Kami memiliki hubungan yang baik dan berteman baik di luar lapangan. Kami menghabiskan banyak waktu bersama dalam dua atau tiga tahun pertama ketika dia datang ke sini. Orang-orang ini spesial bagi saya."

Saat kita mempelajari lebih lanjut tentang pria di balik soundtrack terkenal Napoli, Anda mungkin bertanya-tanya apakah pekerjaan Bellini itu terpengaruh oleh iklim COVID. Yah, itu semua agak berbeda dengan rutinitasnya yang biasa.

"Aneh," jelasnya. "Ketika saya pergi ke stadion waktu itu (saat pandemi), saya tidak melihat apa-apa. Saya sendirian di area pers, bukan di lapangan. Dan saya hanya menyebut nama-nama itu sekali. Saya harap semuanya segera kembali normal."

Orang Italia itu terus melakukan tugasnya, tanpa teriakan berulang dari permukaan tanah, dan dia masih muncul di stasiun lokalnya.

"Saya akan terus bekerja di radio. Ini pekerjaan pertama saya," kata Bellini. "Dan saya berharap untuk berteriak lagi, semoga di Liga Champions."

Itu adalah sesuatu yang oleh ribuan pendukung Napoli di seluruh dunia, tidak sabar menunggu teriakan "GOL PER Il NAPOLI!" sekali lagi.***

Source: SportbibleFanpage

RELATED STORIES

Penerbangan Dibatasi, Napoli Kemungkinan Tak Bisa Tandang ke Barcelona

Penerbangan Dibatasi, Napoli Kemungkinan Tak Bisa Tandang ke Barcelona

Wakil Italia Napoli akan bertandang ke markas Barcelona pada, Rabu (11/3/2020) waktu setempat.

5 Alasan yang Membuat Napoli Bisa Raih Scudetto 2021-2022

5 Alasan yang Membuat Napoli Bisa Raih Scudetto 2021-2022

Napoli memperlihatkan sebagai salah satu kandidat kuat perah gelar Liga Italia 2021-2022 setelah rapor cemerlang sejak awal musim.

Napoli Berhias Scudetto, Sambut Berakhirnya Penantian Gelar 33 Tahun

Kota Napoli berhiaskan tema scudetto, menyambut kemungkinan I Partenopei memastikan gelar Liga Italia 2022-2023, Minggu (30/4/2023) malam ini.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Laga AS Roma vs Bayer Leverkusen di semifinal Liga Europa 2023-2024 menampilkan pelatih muda, Daniele De Rossi dan Xabi Alonso. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

AS Roma vs Bayer Leverkusen: Daniele De Rossi vs Xabi Alonso

AS Roma vs Bayer Leverkusen di Liga Europa 2023-2024, Jumat (3/5/2024) dini hari WIB, menampilkan pelatih muda, Daniele De Rossi dan Xabi Alonso.

Irfan Sudrajat | 02 May, 11:45

PSIM Yogyakarta - M Yusuf - Skor.id

Liga 2

PSIM Tatap Liga 2 Musim Baru, Ini Rencana Latihan hingga soal Pemain dan Pelatih Baru

Manajer PSIM Yogyakarta, Razzi Taruna menjelaskan soal persiapan menuju Liga 2 musim baru.

Sumargo Pangestu | 02 May, 11:14

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2023-2024

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2023-2024 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 02 May, 10:51

RRQ. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RRQ Hoshi Umumkan Ferxiic Kembali Octa Inactive

Jelang pekan ketujuh, RRQ Hoshi akan kembali diperkuat Ferxiic namun Octa menjadi roster inactive.

Gangga Basudewa | 02 May, 09:52

Kompetisi voli Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Jadwal, hasil, dan klasemen Proliga 2024 untuk sektor putri dalam artikel ini akan terus diperbarui secara berkala.

Doddy Wiratama | 02 May, 09:32

Liga TopSkor

SSB Nafri Pinjam 7 Pemain untuk Tambah Kekuatan di TopSkor Cup National Championship U-16 2024

SSB Nafri Papua sudah mulai menatap seri nasional Liga TopSkor tahun ini.

Sumargo Pangestu | 02 May, 05:15

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Jadwal Pekan Ketujuh MPL ID Season 13, Ada Royal Derbi

Laga Royal Derbi antara ONIC menghadapi RRQ akan menjadi penutup pekan ketujuh.

Gangga Basudewa | 02 May, 04:58

Laga AS Roma vs Bayer Leverkusen di semifinal Liga Europa 2023-2024. (Yusuf/Skor.id).

World

5 Alasan Bayer Leverkusen akan Kalahkan AS Roma di Liga Europa

Berikut ini 5 faktor yang membuat Bayer Leverkusen bisa mengalahkan AS Roma di semifinal Liga Europa.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 04:32

Stadion GBK untuk sementara ditutup untuk umum termasuk untuk kegiatan olahraga pada Selasa dan Rabu (14-15/11/2023) namun ada sejumlah lokasi yang bisa jadi pengganti. (Hendy AS/Skor.id)

All Culture

Gaya Hidup Sehat Bisa Imbangi Faktor Genetik hingga 60% dan Menambah Usia

Orang dengan gaya hidup tidak sehat memiliki peluang kematian dini 78%, terlepas dari risiko genetik

Kunta Bayu Waskita | 02 May, 02:56

Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024

berikut ini prediksi dan link live streaming Chelsea vs Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 02 May, 01:50

Load More Articles