Cara Meminta Maaf dengan Tulus dan Bermakna, Menurut Para Psikolog

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Jika Anda telah menyakiti seseorang yang Anda sayangi, permintaan maaf yang tulus dapat membantu memperbaiki hubungan.
  • Meminta maaf dengan cara yang benar-benar menunjukkan bahwa Anda telah belajar dari kesalahan Anda adalah keterampilan yang penting.
  • Mengambil tanggung jawab dan mengungkapkan empati dapat membantu Anda untuk meminta maaf secara efektif.

SKOR.id - Mengetahui kapan saatnya untuk mengatakan "Saya minta maaf" adalah permulaan — tetapi kata-kata itu saja tidak lantas membuat permintaan maaf yang komplet.

Permintaan maaf yang baik adalah permintaan maaf di mana Anda mengenali dan mengakui perilaku itu, mengenali serta berempati dengan pengalaman orang lain, dan berkomitmen untuk melakukan sesuatu yang berbeda di masa depan.

"Masing-masing langkah ini sangatlah penting dan orang-orang melakukan kesalahan dalam berbagai cara," Marina Gershkovich, asisten profesor psikologi klinis di Columbia University Medical Center, menjelaskannya dalam Insider.

Misalnya, membuat alasan ataupun menawarkan permintaan maaf yang menyeluruh dapat membuat sulit untuk membedakan apakah Anda benar-benar memahami dan bertanggung jawab penuh atas apa yang Anda lakukan.

Itu jadi masalah karena, "(Anda) tidak dapat memperbaiki sesuatu jika spesifikasinya belum diketahui," kata Gershkovich.

Para profesional psikologi menawarkan empat langkah untuk membuat permintaan maaf yang lengkap dan efektif yang membantu kedua belah pihak sembuh dan dapat memperdalam hubungan.

1. Buat diri Anda bertanggung jawab
Apa pun niat Anda, apa yang Anda katakan atau lakukan berdampak negatif pada orang lain. Itulah mengapa membuat diri Anda bertanggung jawab dan berempati dengan sudut pandang orang lain adalah kunci dari permintaan maaf yang bermakna.

"Jadilah rentan tanpa menjadi defensif," kata Gershkovich. "Penting minta maaf untuk bisa mengenali dampak sikap Anda terhadap orang lain. Permintaan maaf itu akan memberikan cara bagi kita untuk terhubung dan memperbaiki setiap keretakan dalam suatu hubungan."

David Helfand, psikolog dan pemilik praktik terapi LifeWise, juga menekankan arti penting mengambil tindakan sepenuhnya dalam permintaan maaf.

"Koneksi dan ikatan yang Anda buat dengan permintaan maaf yang baik adalah langkah pertama yang penting untuk memulihkan hubungan," katanya.

2. Segera ambil tindakan untuk memperbaiki kesalahan yang Anda buat
Anda tidak dapat menarik kembali apa yang Anda lakukan atau katakan, tetapi Anda dapat bekerja untuk memperbaikinya di masa depan. Psikolog klinis Pauline Yeghnazar Peck mengatakan bagian penting adalah menempatkan rencana aktual untuk membuat segalanya lebih baik.

Dia menyarankan untuk mengatakan sesuatu seperti: "Saya tahu tindakan saya benar-benar merusak (hari Anda). Meskipun kita tidak dapat kembali dan mengubah hari itu, apakah ada sesuatu yang ingin Anda lakukan sekarang untuk memperbaikinya?"

Dia juga menyarankan frasa lainnya seperti, "Saya ingin memperbaiki ini," "Saya pikir Anda mungkin menikmati ini," atau "Apa pendapat Anda tentang hal itu?"

Peck bukan satu-satunya yang merekomendasikan beberapa tindakan itu. Peneliti kesehatan hubungan terkemuka di The Gottman Institute juga memiliki pendekatan 3 langkah serupa untuk meminta maaf:

  1. Minta maaf
  2. Maafkan
  3. Mulai lagi

Setelah Anda melakukan yang terbaik untuk mencoba memperbaiki masalahnya, Helfand menyarankan untuk meminta umpan balik tentang bagaimana Anda melakukannya.

Dia juga mencatat bahwa pasangan romantis ataupun anggota keluarga akan membutuhkan permintaan maaf yang lebih substansial dibandingkan dengan kenalan. "Semakin dalam hubungan emosional, semakin dalam perbaikan yang harus dilakukan," katanya.

3. Hindari frasa seperti "Maaf jika..." atau "Maaf, tapi..."
Jika Anda ingin permintaan maaf itu berjalan dengan baik, itu seharusnya tidak terdengar bersyarat dengan cara apa pun. Berarti menghindari kata-kata seperti "jika" dan "tetapi" yang menghilangkan pertanggungjawaban dari si peminta maaf.

Ketika Anda menggunakan kata-kata seperti ini sebagai bagian dari permintaan maaf, "otak sang penerima akan mengabaikan bagian pertama kalimat dan hanya berfokus pada hal negatif," kata Helfand.

Leah Rockwell, konselor profesional berlisensi dengan praktiknya sendiri di Rockwell Wellness Counseling, menyarankan Anda untuk mengganti "tetapi" dengan "dan".

"Dengan menambahkan 'dan' ke dalam permintaan maaf, Anda menciptakan cara mudah untuk membuka dan memperluas percakapan daripada menutupnya," katanya. "Begitu kata 'tetapi' hadir, Anda beroperasi dari tempat defensif."

Bandingkan bagaimana kedua pendekatan ini terdengar:

  • "Maaf, tetapi saya harap Anda dapat memberi tahu saya apa yang Anda butuhkan agar kami dapat berkomunikasi dengan lebih baik di masa depan."
  • "Saya minta maaf dan saya harap Anda dapat memberi tahu saya apa yang Anda butuhkan agar kami dapat berkomunikasi dengan lebih baik di masa depan."

Cara pertama menempatkan kesalahan dan mengalihkan tanggung jawab kepada orang lain. Sementara, yang kedua menunjukkan keterbukaan terhadap garis waktu orang lain — pendekatan yang jauh lebih efektif.

4. Bersikaplah tulus
Ketulusan adalah kunci permintaan maaf yang efektif, dan sangat penting untuk spesifik dan menyampaikan emosi.

"Hanya meminta maaf tidak cukup baik biasanya karena kami telah dikondisikan selama masa kanak-kanak untuk menawarkan permintaan maaf palsu sesuai kebutuhan," kata Helfand, "Biasanya tidak terasa tulus dalam kasus-kasus itu."

Permintaan maaf yang tulus mungkin terdengar seperti ini:

  • "Aku minta maaf kamu marah."
  • "Maaf, hari ini kacau."
  • "Maaf, jadi tidak bisakah kita melanjutkan?"
  • "Maaf aku melewatkan hari ulang tahunmu, tapi aku sangat sibuk bekerja."

Sedangkan permintaan maaf yang tulus terdengar seperti ini:

  • "Maaf, ucapan saya yang tidak masuk akal membuat Anda malu di depan teman-teman Anda. Itu tidak terpikirkan oleh saya, dan lain kali saya akan berpikir lebih hati-hati sebelum berbicara."
  • "Saya minta maaf karena saya melupakan hari besar Anda. Disibukkan dengan pekerjaan alih-alih mengakui pencapaian Anda tidak sesuai dengan prioritas saya atau mencerminkan betapa saya benar-benar menghargai hubungan kita. Bisakah saya merencanakan sesuatu yang menyenangkan untuk merayakan Anda akhir pekan depan? "

Dan bukan hanya kata-kata itu sendiri yang akan menyampaikan ketulusan Anda, tetapi juga waktu, kata Rockwell.

"Dengan permintaan maaf, pengaturan waktu juga teramat penting. Jika terlalu cepat, Anda mungkin merasa seperti mencoba mencoretnya dari daftar atau menyembunyikannya di bawah karpet," katanya. "Terlalu lama, dan itu bisa terlihat tidak tulus atau seolah-olah Anda lupa. Permintaan maaf yang tulus memperhitungkan waktu dan tempat untuk kapan, bagaimana, dan di mana itu terjadi."

5. Jika Anda belum siap untuk meminta maaf, katakan saja
Jika Anda tidak siap untuk benar-benar meminta maaf, tetapi Anda ingin mempertahankan hubungan, Peck menyarankan untuk datang dari tempat yang jujur ​​dan otentik.

"Jika kamu belum siap untuk meminta maaf, akui saja. Jika kamu ingin mempertahankan hubungan, nyatakan."

Cobalah berkomunikasi dengan mengatakan hal-hal seperti:

  • "Persahabatan kita sangat berarti dan saya tahu bahwa apa yang terjadi sangat sulit bagi Anda. Itu juga sulit bagi saya."
  • "Sebelum saya benar-benar dapat minta maaf dan bertanggung jawab atas peran saya di dalamnya, yang ingin saya lakukan dan Anda pantas mendapatkannya, saya perlu waktu untuk membiarkan perasaan saya tenang sehingga saya dapat melihat dan memahami situasinya dengan lebih jelas."
  • "Saya tidak yakin bagaimana perasaan Anda. Anda mungkin kecewa karena Anda ingin berbicara dan menyelesaikan masalah dengan segera."
  • "Ketahuilah bahwa saya sedang mengerjakan hal-hal terakhir saya menuju resolusi dan saya akan kembali dan berbicara kepada Anda tentang hal itu ketika saya telah memahaminya. Saya menghargai Anda menghormati ini bahkan jika itu mungkin sulit bagi Anda. Saya mencintai dan peduli tentang Anda."

Yang harus dilakukan jika seseorang tidak menerima permintaan maaf Anda
Jika orang lain tidak siap menerima permintaan maaf Anda, pahamilah bahwa bukan menjadi tanggung jawab mereka untuk mengubah pandangan mereka hanya karena Anda telah merasa siap untuk meminta maaf.

Rockwell mengatakan permintaan maaf yang sebenarnya berfokus pada masa depan dan juga kesehatan hubungan: "Bagaimana kita mengatasi tekanan atau titik peregangan ini dapat menciptakan peluang untuk belajar tentang diri kita sendiri."

Permintaan maaf yang benar juga mengakui sudut pandang orang lain dengan kemampuan terbaik Anda. Benar-benar berempati dengan sudut pandang orang lain dapat membuat Anda merasa lebih siap untuk meminta maaf — dan jika Anda tidak dapat berempati dengan sudut pandang mereka, permintaan maaf itu mungkin tidak terdengar, atau tidak tulus.

Jika seseorang bisa segera memaafkan Anda, akan lebih mudah untuk pulih dari kesalahan yang Anda perbuat. Tetapi, jika tidak, ada strategi untuk mengatasi penyesalan itu. Penerimaan dan kasih sayang dapat membantu Anda sampai di sana.

"Kasih sayang diri adalah kuncinya," kata Rockwell. "Kita adalah manusia. Jika kita menjalin hubungan dengan orang lain, yang melekat pada kelangsungan hidup kita, kita akan menyakiti orang lain dan membuat kesalahan dalam interaksi kita."

Dia menambahkan bahwa ketidaknyamanan saat-saat seperti itu dapat jadi alat untuk terus bertumbuh. "Meskipun menyakitkan, (penyesalan) adalah emosi manusia lain yang harus dilalui yang dapat memotivasi kita menuju perubahan atau perbedaan sikap di masa depan."

Pada akhirnya, banyak orang terjerumus dalam sikap permintaan maaf yang buruk dengan menawarkan pernyataan "Maafkan aku", atau memenuhi syarat permintaan maaf dengan kata-kata seperti "tetapi".

Sebaliknya, permintaan maaf yang baik memiliki lima komponen: Anda mengenali dan mengakui perilaku tersebut, Anda mengambil kepemilikan penuh dan pertanggungjawaban atas tindakan Anda, berempati dengan sudut pandang orang lain, Anda mengungkapkan penyesalan yang tulus karena menyebabkan kerugian, dan terakhir, berkomitmen untuk memilih perilaku yang berbeda dalam masa depan.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

5 Tips untuk Menanggapi Kemarahan dan Menghadapi Konfrontasi

4 Langkah Ini Akan Membantu Anda Memaafkan Diri Sendiri dan Orang Yang Menyakiti Anda

Apakah Anda Pernah Mengalami 'Lapar Emosional'? Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

Source: insider.com

RELATED STORIES

Mengurai Anggapan Tomat Sangat Buruk untuk Penderita Asam Urat

Mengurai Anggapan Tomat Sangat Buruk untuk Penderita Asam Urat

Diet sangat penting untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah, sehingga makanan yang kaya purin harus dikurangi

Mengenal Terapi Air Hangat, Jenis Pengobatan yang Tergolong Mudah tapi Sangat Bermanfaat

Mengenal Terapi Air Hangat, Jenis Pengobatan yang Tergolong Mudah tapi Sangat Bermanfaat

Berikut ini uraian mengenai terapi air hangat atau pool therapy yang tergolong mudah dilakukan tapi memiliki manfaat besar.

5 Cara Sederhana bagi Penderita Kanker Payudara untuk Hidup Lebih Sehat dan Lama

5 Cara Sederhana bagi Penderita Kanker Payudara untuk Hidup Lebih Sehat dan Lama

Jika Anda salah satu dari penderita kanker payudara atau mengenal seseorang, kabar baiknya adalah 92 dari setiap 100 wanita akan bertahan hidup selama lima tahun ataupun lebih setelah diagnosis mereka.

Ini yang Dikatakan Bau Urine tentang Kesehatan Anda, Manis atau Apek?

Ini yang Dikatakan Bau Urine tentang Kesehatan Anda, Manis atau Apek?

Urine biasanya tidak berbau menyengat, apalagi jika seseorang minum banyak cairan dan sehat. Yang benar adalah bahwa bau urine disebabkan oleh jumlah dan konsentrasi berbagai produk limbah yang dikeluarkan oleh ginjal, menurut para ahli Mayo Clinic.

Misteri Terpecahkan, Ini Alasan Nyamuk Memilih Calon Korban

Misteri Terpecahkan, Ini Alasan Nyamuk Memilih Calon Korban

Dua peneliti AS menemukan penjelasan mengapa nyamuk memilih korbannya setelah percobaan tiga tahun dengan puluhan sukarelawan,

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Nyeri saat Haid

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Nyeri saat Haid

Nyeri saat haid menjadi keluhan yang umum dirasakan wanita selama mengalami menstruasi dan bisa dikurangi dengan berolahraga.

Ini yang Harus Anda Ketahui tentang Skandal Sirup Obat Batuk

Ini yang Harus Anda Ketahui tentang Skandal Sirup Obat Batuk

Awal bulan ini, Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa bahan-bahan dalam empat sirup obat batuk dan pilek yang dibuat di India mungkin telah dikaitkan dengan cedera ginjal akut dan kematian 66 anak di Gambia - dan bahwa produk tersebut mungkin telah didistribusikan ke negara lain.

Deretan Manfaat Air Acar untuk Kesehatan Tubuh

Pada awalnya, minum jus atau air acar mungkin terdengar menjijikkan. Tetapi ada beberapa alasan untuk mempertimbangkannya.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Gelandang Barcelona, Fermin Lopez.  (Jovi Arnanda/Skor.id).

La Liga

Almeria vs Barcelona: Blaugrana Menang 2-0, Fermin Lopez Cetak Dua Gol

Fermin Lopez mencetak dua gol dan membawa Barcelona menang 2-0 atas Almeria, dalam laga La LIga 2023-2024, Jumat (17/5/2024) dini hari WIB.

Irfan Sudrajat | 16 May, 23:28

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Daftar Pemenang Penghargaan Mingguan MPL Indonesia Season 13

Di MPL Indonesia Season 13, ada beberapa penghargaan mingguan yang diberikan. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Thoriq Az Zuhri | 16 May, 21:23

PMSL SEA 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Esports

PMSL SEA Summer 2024: Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen lengkap turnamen PUBG Mobile, PMSL SEA Summer 2024.

Thoriq Az Zuhri | 16 May, 21:21

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 16 May, 21:20

Honor of Kings (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Honor of Kings Siap Pra-registrasi dan Gelar Turnamen

Mulai Kamis (16/5/2024), pemain dapat melakukan pra-registrasi untuk peluncuran global.

Gangga Basudewa | 16 May, 18:43

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

Jadwal Pekan Kesembilan MPL ID Season 13, Penentuan Tiket Playoff

Lima tim masih akan berjuang untuk memperebutkan tiga tiket tersisa untuk menuju babak playoff.

Gangga Basudewa | 16 May, 18:22

Trofi Piala Eropa atau UEFA European Championship. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Kilas Balik Piala Eropa 1964: Gelar Pertama Spanyol

Berikut ini kilas balik Piala Eropa 1964 (Euro 1964), ketika Spanyol meraih gelar pertama mereka.

Rais Adnan | 16 May, 16:12

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia

Uji Coba Timnas Indonesia Lawan Tanzania Sebelum Menjamu Irak-Filipina

Timnas Indonesia akan menjalani laga persahabatan melawan Tanzania sebelum melawan Irak dan Filipina.

Sumargo Pangestu | 16 May, 15:28

Pemain timnas Italia, Matteo Pessina, Nicolo Barella, dan Riccardo Orsolini, dan pelatih Luciano Spalletti. (M. Yusuf/Skor.id).

World

Delapan Pemain Perebutkan Tiga Tempat Tersisa di Timnas Italia untuk Euro 2024

Pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti tinggal membutuhkan masing-masing satu pemain untuk posisi kiper, gelandang, dan penyerang.

Tri Cahyo Nugroho | 16 May, 14:48

Air lemon tidak bisa untuk turunkan berat badan meskipun memiliki sejumlah kegunaan lainnya. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Fakta soal Isu Air Lemon Mampu Turunkan Berat Badan

Belakangan merebak isu bila air lemon mampu menurunkan berat badan.

Tri Cahyo Nugroho | 16 May, 14:35

Load More Articles