Bos Red Bull Racing Akui Adrian Newey Nyaris Gabung ke Ferrari

I Gede Ardy Estrada

Editor: I Gede Ardy Estrada

Chief Technical Officer Red Bull Racing Adrian Newey
Chief Technical Officer Red Bull Racing Adrian Newey kini diburu Tim Aston Martin F1. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id – Prinsipal Red Bull Racing Christian Horner mengungkapkan bahwa Adrian Newey sempat hampir hengkang ke Scuderia Ferrari, ketika tim berada pada titik terendahnya beberapa tahun lalu.

Perancang genius di balik mobil-mobil balap Formula 1 itu adalah bagian penting dari kebangkitan Red Bull dan RB19, yang memungkinkan Max Verstappen menjadi juara dunia untuk kali ketiga berturut-turut. 

Namun, pada musim 2014, setelah regulasi mesin baru mengakibatkan Red Bull harus kehilangan dominasi dalam kejuaraan yang direbut Mercedes, Newey dapat tawaran menggiurkan dari Ferrari.

Hal ini diungkapkan Horner dalam siniar ‘Eff Won with DRS’. Ia mengatakan Newey hanya sekitar setengah jam saja dari pintu keluar Red Bull. Ferrari benar-benar menginginkannya. Beruntung, itu bisa dicegah.

“Kami berbalik dari memenangi (musim 2010, 2011, 2012, 2013, empat kali beruntun, dan kemudian ada perubahan regulasi besar-besaran pada mesin. Pemasok mesin kami benar-benar meleset dari target,” kata Horner.

“Saat itu, Sebastian Vettel hengkang (ke Ferrari) karena problem mesin. Adrian (Newey) juga hampir saja pergi. Dia sekitar setengah jam. Ferrari datang dan berupaya keras memboyongnya.”

“Mereka menjanjikannnya dunia, seperti ‘Anda dapat memiliki gaya hidup Hollywood, terbang ke pabrik dari Monako setiap hari, tidak membayar pajak apa pun, Anda dapat merancang road car.”  

Dengan segala tawaran menarik yang dijanjikan Ferrari, Christian Horner bergerak cepat untuk mencegah salah satu perancang mobil F1 terbaik sepanjang masa tersebut keluar dari Red Bull. Dan, ia berhasil.

“Saya mampu membujuknya tetap bertahan dengan mengatakan, ‘Kita akan membuat road car, jika Anda ingin membuatnya, maka kita akan membangun road car!’” Horner menuturkan. 

“Dia bilang, ‘Bagaimana?’ Saat itu saya katakan, ‘Saya tidak tahu, tapi kita akan temukan jalan, kita bakal mewujudkannya,” lanjut sang prinsipal yang kemudian melakukan pendekatan terhadap Aston Martin.

Lewat koneksi yang dijalin dengan Aston Martin, Christian Horner menemui CEO brand Inggris tersebut dan menawarkan sebuah ide. Singkat kata, proposalnya diterima dan Newey pun bersedia bertahan.

“Saya temui CEO mereka (Aston Martin) dan mengatakan, ‘Kami bisa dibilang memiliki perancang terbaik sepanjang masa, Anda brand hebat, kami tak bisa membiayai pembangunan mobil (road car), tapi masuk akal untuk mewujudkannya.’”

“Begitulah yang terjadi, benar-benar di sebuah pub di Inggris. Kami memungkinkan Adrian bisa memenuhi ambisinya (membangun road car) dan sekaligus mempertahankannya di dalam tim,” pungkas Horner tersenyum.

Tak selang lama, ‘ide liar’ Adrian Newey terwujud menjadi apa yang kemudian dikenal sebagai Aston Martin Valkyrie, sebuah hypercar yang mengadopsi teknologi Formula 1 ke jalan raya.     

Pria 64 tahun pun melanjutkan tugasnya sebagai Chief Technical Officer Red Bull selama delapan musim dominasi Mercedes. Pada 2021, mobil F1 rancangannya, RB16B, mengantar Verstappen jadi juara dunia untuk kali pertama. 

Sejak itu, Red Bull kembali mendominasi kejuaraan dunia, salah satunya tentu berkat jet darat karya Newey, RB18 (2022), RB19 (2023). Untuk F1 musim 2024, ia akan menyiapkan RB20 untuk Verstappen dan Sergio Perez.   

RELATED STORIES

Ducati Ingin Tiru Red Bull Racing di F1, Berambisi Terus Dominasi MotoGP

Ducati Ingin Tiru Red Bull Racing di F1, Berambisi Terus Dominasi MotoGP

Gigi Dall’Igna mengatakan superioritas Red Bull dalam Formula 1 sepanjang musim 2023 lebih baik dibandingkan Ducati di MotoGP.

Lewis Hamilton Bantah Pernah Hubungi Christian Horner untuk Gabung Red Bull Racing

Lewis Hamilton membantah gosip yang menyebut dirinya pernah menghubungi Christian Horner untuk gabung ke Red Bull Racing.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

MotoGP Prancis 2024

MotoGP

Jadwal dan Fakta Menarik MotoGP Prancis 2024

Persaingan para pembalap MotoGP akan berlanjut pada putaran kelima musim 2024, Grand Prix Prancis, di Sirkuit Bugatti, Le Mans, akhir pekan ini.

I Gede Ardy Estrada | 09 May, 16:50

RRQ Xinnn (Hendy AS/Skor.id)

Esports

Xin Ikut Komentari Performa Buruk RRQ di Pekan Ketujuh

Xinn merupakan mantan pemain RRQ yang musim ini memutuskan menjadi inactive player.

Gangga Basudewa | 09 May, 14:18

Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor putra Proliga 2024 bakal diikuti oleh tujuh tim dan dijadwalkan berlangsung pada 25 April–21 Juli nanti.

Doddy Wiratama | 09 May, 14:13

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

Jadwal Pekan Kedelapan MPL ID Season 13, Duel Klasik EVOS vs RRQ

MPL ID Season 13 akan memasuki dua pekan terakhir sebelum babak playoff.

Gangga Basudewa | 09 May, 13:14

Dewa United Banten-IBL

Basketball

IBL 2024: Tantangan Berat Menanti Dewa United Banten pada Pekan Ke-11

Dewa United Banten, yang belum terkalahkan, akan menjamu pemuncak klasemen sementara IBL 2024, Pelita Jaya, akhir pekan ini.

I Gede Ardy Estrada | 09 May, 12:05

logo timnas vietnam

World

VFF Sanksi 5 Pemain Vietnam yang Terjerat Kasus Narkoba

Dari lima pemain yang terjerat kasus narkoba, dua di antaranya masih berstatus sebagai pemain aktif di Timnas Vietnam.

Rais Adnan | 09 May, 11:26

Olimpiade Paris 2024

Other Sports

Api Olimpiade Tiba di Prancis dengan Pengawalan Ketat

Setelah melalui 12 hari perjalanan dari Yunani, api Olimpiade telah sampai di Prancis dan akan memulai kirab dari Marseille.

I Gede Ardy Estrada | 09 May, 10:28

Kegiatan test drive Wuling Cloud EV bersama media digelar di kawasan Kemayoran Jakarta, 2-3 April 2024 (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Automotive

Wuling Catat 252 SPK dalam PEVS 2024, Cloud EV Paling Banyak Dipesan

Test drive berbagai kendaraan listrik Wuling diikuti 819 pengunjung selama PEVS berlangsung.

Kunta Bayu Waskita | 09 May, 10:27

Asics GT-2160 "Seal Grey" akan hadir bulan ini (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Sneakers

Asics Hadirkan GT-2160 Seal Grey, Rilis Bulan Ini dengan Harga Rp1,9 Juta

Dengan corak “Seal Grey”, Asics GT-2160 cocok dipakai sepanjang tahun karena warnanya netral dan serbaguna.

Kunta Bayu Waskita | 09 May, 09:49

Kompetisi voli Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Jadwal, hasil, dan klasemen Proliga 2024 untuk sektor putri dalam artikel ini akan terus diperbarui secara berkala.

Doddy Wiratama | 09 May, 09:44

Load More Articles