Bersepeda Baik untuk Menurunkan Berat Badan, Menurut Ahli Kebugaran

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Bersepeda tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan.
  • Olahraga ini bahkan menawarkan manfaat kesehatan yang tak ada habisnya, baik secara fisik maupun mental.
  • Ahli kesehatan menyebut bersepeda memiliki efek cedera lebih kecil pada persendian.

SKOR.id - Penasaran apakah olahraga bersepeda manjur untuk menurunkan berat badan?

Kabar baiknya adalah, jika Anda ingin menjadi lebih bugar dan terlihat lebih ramping dengan menghilangkan lemak, kebugaran dalam bentuk bersepeda mungkin solusi terbaik.

Bersepeda tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi - seperti yang akan kita ketahui nanti - bersepeda menawarkan manfaat kesehatan yang tak ada habisnya, baik secara fisik maupun mental.

Hal ini juga diakui sebagai favorit di kalangan penggemar kebugaran karena menyenangkan, mudah dimasukkan ke dalam hari yang sibuk, dan sesuatu yang dapat Anda lakukan sepanjang tahun, di dalam atau di luar ruangan.

Tetapi bagaimana tepatnya bersepeda dapat membantu Anda menurunkan berat badan, dan mengapa ini merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki tujuan ini?

Fit&Well telah meminta bantuan dari berbagai ahli kebugaran untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait hal tersebut. 

Apakah Bersepeda Baik untuk Menurunkan Berat Badan?
Sebelum membahas bagaimana bersepeda dapat membantu Anda menurunkan berat badan, mari lihat ide penurunan berat badan secara lebih rinci.

Jika menurunkan berat badan adalah tujuan utama Anda, tentu olahraga dapat menawarkan keuntungan. Ini berkat kemampuannya untuk membakar kalori, yang - secara alami - memainkan peran kunci dalam penurunan berat badan.

Namun, meskipun berolahraga adalah salah satu strategi paling umum yang digunakan oleh mereka yang mencoba menurunkan berat badan, itu bukan satu-satunya cara.

Seperti dicatat oleh NHS (Pelayanan Kesehatan Nasional di Inggris), mengelola berat badan Anda adalah tindakan penyeimbangan, dan persamaannya sederhana.

Jika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar dalam sehari, akhirnya Anda hanya akan menambah berat badan.

Di sisi lainnya, jika Anda makan lebih sedikit kalori dan/atau membakar lebih banyak kalori (melalui aktivitas fisik) daripada pengeluaran harian Anda, Anda akan kehilangan berat badan.

Sederhananya, jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, nutrisi ternyata sama pentingnya, jika tidak lebih penting daripada olahraga yang Anda lakukan.

Sebagai pelatih pribadi, human movement, dan spesialis kinerja elit, Luke Worthington telah mencatatkan bahwa olahraga yang direncanakan hanya menghasilkan sekitar 10% dari pengeluaran kalori harian kita.

Jadi, bahkan jika Anda berlatih khusus untuk menghilangkan lemak, Anda juga masih perlu memperhatikan keseimbangan energi dan asupan protein (dengan kata lain, diet) untuk menciptakan perubahan yang terukur pada komposisi tubuh.

“Ketika ingin meningkatkan salah satu penanda kesehatan yang terukur, kombinasi dari pelatihan ketahanan seluruh tubuh, kardio intensitas rendah, dan sejumlah kecil kardio intensitas tinggi dengan margin yang cukup besar, metode yang paling efektif, efisien, dan berkelanjutan," sang personal trainner mengungkapkan.

Namun, jika Anda ingin mengetahui jenis olahraga apa yang bisa membantu diet Anda, Anda akan senang mendengar bahwa bersepeda ada di antara daftarnya.

Fit&Well bicara dengan Pelatih Kepala di Performance Physique, Arj Thiruchelvam, yang telah membantu melatih tim Olimpiade Inggris Raya dan pelatih Lari dan Lompat Atletik Inggris selama 17 tahun di industri kebugaran.

“Sementara bersepeda adalah aktivitas aerobik, berbagai tingkat resistensi berarti otot paha belakang, paha depan, dan betis dapat berkembang,” kata Thiruchelvam.

“Massa otot yang lebih besar berarti ada peningkatan pembakaran kalori dan oleh karena itu bersepeda dapat berkontribusi untuk mencapai defisit kalori.”

Dalam jangka panjang, dia menambahkan, jika Anda lebih cenderung melakukan sesuatu, Anda cenderung mempertahankan aktivitas tersebut dan karenanya berupaya meningkatkan kesehatan Anda dan berpotensi mencapai tujuan penurunan berat badan.

"Di atas segalanya, bersepeda lebih inklusif daripada bentuk latihan lainnya, mudah untuk mengontrol kecepatan dan memberikan kekuatan yang kurang berdampak yang sulit dihadapi oleh banyak orang yang baru berolahraga."

Tidak semua latihan yang efektif harus berdampak tinggi, latihan berdampak rendah sangat ramah pada sendi dan akan mendapatkan hasil.

Apakah bersepeda di luar ruangan akan lebih baik daripada dalam ruangan untuk menurunkan berat badan?
Satu pertanyaan yang banyak ditanyakan orang, terutama yang baru mengenal bersepeda, adalah apakah ada perbedaan antara bersepeda di dalam dan di luar ruangan dalam hal dampaknya terhadap penurunan berat badan.

Pendiri dan pelatih utama studio cycle top London, Boom Cycle. Hilary Rowland, mengatakan tidak ada bedanya jika Anda bersepeda di dalam atau di luar ruangan, terutama dalam hal kesehatan.

“Ada keuntungan dari kedua jenis bersepeda itu,” jelasnya. “Kunci untuk toning dan kebugaran kardio adalah resistensi/gigi yang berat dan kecepatan. Semakin besar jumlah keduanya, semakin Anda akan menantang otot dan sistem kardiovaskular Anda.”

Apakah bersepeda atau berlari yang lebih baik untuk menurunkan berat badan?
Sebagai dua bentuk olahraga paling populer, tidak mengherankan jika bersepeda dan berlari sering dibandingkan satu sama lain. Tetapi mana yang paling efektif untuk menurunkan berat badan?

Menurut The American College of Sports Medicine, jumlah kalori yang Anda bakar dalam tiap latihan tergantung pada intensitas dan jumlah waktu Anda melakukannya.

Namun, perguruan tinggi itu juga menemukan bahwa berlari membakar sedikit lebih banyak kalori per jam daripada bersepeda, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Umumnya, berlari membakar 566 hingga 839 kalori per jam, sementara bersepeda dengan kecepatan tinggi membakar 498 hingga 738 kalori per jam.

Namun begitu, usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya juga menentukan berapa banyak kalori yang akan Anda bakar selama berpartisipasi dalam salah satu latihan.

Setidaknya, bersepeda secara luas dikenal lebih baik untuk Anda, secara umum. Rowland menjelaskan bahwa ini karena bersepeda adalah latihan "berdampak rendah" dan oleh karena itu, "lebih baik bagi siapa saja yang cedera daripada berlari" karena bisa mengurangi tekanan pada persendian Anda.

Bagaimana mulai bersepeda lebih sering?
Sekarang setelah menyadari manfaat yang dapat diberikan bersepeda dan betapa jauh lebih mudah diakses daripada banyak bentuk kardio lainnya, inilah saatnya untuk melihat bagaimana menjadikannya sebagai bentuk olahraga reguler dalam rutinitas kebugaran mingguan Anda.

Cara paling jelas untuk menjadikannya bagian dari rutinitas harian adalah dengan membeli sepeda olahraga untuk rumah.

Ini membuat naik sepeda lebih mudah dari sebelumnya dan tidak memerlukan keanggotaan gym atau harus bepergian ke sana untuk berolahraga.

Namun, jika sepeda olahraga tidak sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat berinvestasi dalam sepeda yang lebih murah untuk bersepeda dan membakar kalori Anda dengan cara itu.

Menurut penjelasan Dr Edward R. Laskowski, seorang profesor di College of Medicine, Mayo Clinic, manusia hanya membutuhkan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang per minggu untuk tetap bugar dan sehat.

Jadi, Anda hanya perlu bersepeda ke kantor tiga kali seminggu selama 20 menit perjalanan, sekali jalan, untuk mendapatkan jumlah olahraga mingguan yang direkomendasikan.

Rowland mengatakan bahwa mengintegrasikan bersepeda ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai moda transportasi utama Anda bisa semudah mengendarai sepeda.

“Ada penyedia persewaan sepeda di banyak kota besar, yang semua membuat penggunaan sepeda lebih mudah dari sebelumnya - terutama jika Anda tidak memiliki ruang untuk menyimpannya di rumah Anda,” katanya.

Jika itu bukan pilihan untuk Anda, sebagian besar gym memiliki sepeda olahraga di bagian mesin kardio jika Anda sudah memiliki keanggotaan dan tidak ingin menyerah.

“Anda juga dapat menjadikan bersepeda dalam ruangan bagian dari rutinitas harian Anda jika Anda memiliki sepeda di rumah atau di studio atau gym di dekat Anda,” tambah Rowland. “Banyak studio kebugaran yang telah menawarkan diskon langganan bulanan.”***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

Tips Bersepeda saat Melewati Jalur Curam

6 Tips Penting Memilih Helm untuk Aktivitas Bersepeda

5 Manfaat Bersepeda Setiap Hari, Salah Satunya Panjang Umur

Source: Fit&Well

RELATED STORIES

Cokelat Hitam Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Melindungi Jantung Anda, Menurut Studi

Cokelat Hitam Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Melindungi Jantung Anda, Menurut Studi

Kabar baik bagi pecinta cokelat hitam karena para ilmuwan menemukan kakao dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung Anda.

Jadi Hidangan Populer di Prancis, Escargot atau Bekicot Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Jadi Hidangan Populer di Prancis, Escargot atau Bekicot Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Escargot, daging siput yang dimasak, adalah hidangan pembuka tradisional Prancis.

Coba 10 Langkah Ini untuk Hidup Lebih Lama: Dari Menunda Sarapan hingga Make A List

Coba 10 Langkah Ini untuk Hidup Lebih Lama: Dari Menunda Sarapan hingga Make A List

Ahli saraf terkemuka Dr Julia Jones mengatakan perubahan sederhana pada rutinitas harian kita akan lebih bermanfaat daripada mengeluarkan keringat di gym.

4 Makanan yang Ternyata Bikin Bau Mulut, Salah Satunya Jeruk

Tak banyak yang sadar jika empat camilan berikut ini ternyata bikin bau mulut.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Jepang U-23 selangkah lagi menuju Olimpiade Paris 2024 setelah mencapai semifinal Piala Asia U-23 2024 (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Legenda Samurai Biru Optimistis Jepang U-23 Lolos Olimpiade Ke-7 Kali Beruntun

Ryuzo Morioka menilai Piala Asia U-23 penting bagi pemain muda agar terkoneksi ke sepak bola dunia.

Kunta Bayu Waskita | 28 Apr, 11:31

IBL All Star 2024

Basketball

IBL All Star 2024: Team Future Taklukkan Legacy, Pandu Wiguna Raja Slam Dunk

Team Future berhasil mengalahkan Legacy dengan skor 121-116 dengan Lester Prosper dinobatkan sebagai MVP IBL All Star 2024.

I Gede Ardy Estrada | 28 Apr, 11:25

Kompetisi voli Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Jadwal, hasil, dan klasemen Proliga 2024 untuk sektor putri dalam artikel ini akan terus diperbarui secara berkala.

Doddy Wiratama | 28 Apr, 11:21

Test rider KTM Dani Pedrosa

MotoGP

Fabio Quartararo Dipenalti, Dani Pedrosa Warisi Podium Sprint MotoGP Spanyol 2024

Wildcard KTM Dani Pedrosa dipromosikan ke P3 sprint MotoGP Spanyol 2024 karena Fabio Quartararo langgar aturan tekanan ban.

I Gede Ardy Estrada | 28 Apr, 10:23

persebaya surabaya vs persik kediri

Liga 1

Hasil Persebaya Surabaya vs Persik Kediri: Bajol Ijo Tundukkan Macan Putih

Persebaya berhasil menuai kemenangan saat menjamu Persik di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (28/4/2024).

Rais Adnan | 28 Apr, 10:05

Moonton Cares, PBESI, dan Garudaku akan bantu sekolah di pedesaan. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Moonton Cares, Hope Cup dan Garudaku Bakal Bantu Sekolah di Pedesaan

Komitmen tersebut diwujudkan dalam sebuah program ekstrakurikuler esports bagi 420 pelajar.

Gangga Basudewa | 28 Apr, 09:12

National

Wujud Terima Kasih Netizen Indonesia, Followers Sosmed SC Heerenveen Meningkat Pesat

Diizinkannya Nathan Tjoe-A-On kembali memperkuat Timnas U-23 Indonesia, direspons apik netizen Indonesia.

Arista Budiyono | 28 Apr, 08:57

Skor Stats

Liga 1

Skor Stats: Persib Paling Produktif, Borneo FC Terminim Kebobolan di Laga Tandang

Persib menjadi salah satu dari dua tim yang belum bisa dikalahkan Borneo FC di Liga 1 musim ini.

Rais Adnan | 28 Apr, 08:38

Laga Tottenham Hotspur vs Arsenal di Liga Inggris 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Tottenham Hotspur vs Arsenal di Liga Inggris 2023-2024

Berikut ini prediksi dan link live streaming Tottenham Hotspur vs Arsenal di Liga Inggris 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 28 Apr, 05:53

Liga TopSkor

Liga TopSkor U-16 2024: Tak Diperkuat Pemain Inti, ASAD Purwakarta Berhasil Taklukkan Cipta Gemilang

Duel antara ASAD Purwakarta kontra Cipta Gemilang digelar di Lapangan Nirwana Park, Sawangan, Sabtu (27/4/2024).

Sumargo Pangestu | 28 Apr, 04:28

Load More Articles