Begini Proses Alkohol Bertahan hingga Menghilang dalam Sistem Tubuh Anda

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Alkohol sebagian besar dipecah oleh hati, yang dapat memetabolisme sekitar 1 minuman standar per jam untuk pria.
  • Usia, berat badan, jenis kelamin, dan jumlah makanan yang dimakan dapat mempengaruhi seberapa cepat tubuh dapat memproses alkohol.
  • Tingkat penyerapan alkohol tidak dapat ditingkatkan dengan makan atau minum.

SKOR.id - Jika Anda sudah minum satu atau dua gelas, Anda mungkin penasaran berapa lama alkohol itu akan bertahan, hingga akhirnya menghilang, dalam sistem tubuh Anda.

Dalam urine, alkohol bisa dideteksi dari 12-130 jam jika seseorang telah minum berlebihan.

Phosphatidylethanol (PEth), biomarker yang mencerminkan asupan alkohol, dapat dideteksi hingga 14 hari dalam urine. Alkohol dapat dideteksi dari 12 hingga 24 jam dalam napas, serta dalam air liur.

Dan ketika diuji di rambut, terutama di bagian akar, alkohol bisa dideteksi hingga 90 hari setelah seseorang berhenti minum.

Jadi seberapa cepat tubuh bisa memecah alkohol dan apakah mungkin untuk "mempercepat segalanya?"

Ahli hepatologi Jamile Wakim-Fleming, MD, akan menjelaskan bagaimana cara tubuh Anda menghilangkan alkohol dan memberi kita gambaran yang lebih baik tentang apa yang memengaruhi proses ini.

Bagaimana tubuh memetabolisme alkohol?
Hati mendapatkan sebagian besar perhatian dalam hal metabolisme alkohol. Tapi, hati bukan satu-satunya 'mesin penggerak' alkohol dalam tubuh.

Peran perut
“Ketika Anda minum, pemberhentian pertama adalah perut,” jelas Dr. Wakim-Fleming. “Beberapa orang memiliki enzim perut yang memecah alkohol. Enzim-enzim ini membantu mengalihkan sebagian alkohol agar tidak masuk ke aliran darah Anda.”

Tetapi tidak semua orang memiliki enzim ini, yang dikenal sebagai alkohol dehidrogenase (ADH) dan aldehida dehidrogenase (ALDH).

“Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita cenderung memiliki tingkat ADH lebih rendah daripada pria,” kata Dr. Wakim-Fleming, lagi. “Dan orang yang minum secara teratur memiliki kadar ADH lebih rendah daripada orang yang jarang atau tidak pernah minum.”

Jika Anda tidak memiliki cukup ADH atau ALDH, perut Anda akan mengirim alkohol langsung ke usus kecil. Dari sana, cairan itu mengenai aliran darah dan otak Anda, dan Anda mulai merasakan efeknya.

Pemberhentian berikutnya: hati
Hati melakukan pekerjaan berat dalam hal memproses alkohol. Setelah alkohol melewati perut, usus kecil, dan aliran darah, hati Anda akan mulai membersihkannya. Ini menghilangkan sekitar 90% alkohol dari darah Anda. Sisanya keluar melalui ginjal, paru-paru dan kulit.

Berapa lama metabolisme alkohol?
“Waktu metabolisme alkohol tergantung pada volume dan kekuatan minuman,” kata Dr. Wakim-Fleming. “Semakin banyak Anda minum, semakin banyak tubuh Anda harus memproses. Dan konsentrasi itu penting. Dua ons minuman beralkohol mengandung lebih banyak alkohol daripada dua ons anggur.”

Satu minuman standar adalah sekitar 14 gram etanol (alkohol), jumlah yang ditemukan di:

  • 12 ons bir biasa dengan etanol 5% (sekitar satu kaleng bir).
  • 5 ons anggur dengan 12% etanol (sekitar satu gelas anggur).
  • 1,5 ons alkohol suling (80 proof) dengan 40% etanol (sekitar satu shot).

Setelah Anda mulai minum, alkohol membutuhkan waktu sekitar 60 hingga 90 menit untuk mencapai kadar puncak dalam darah. Kemudian, tubuh mulai memecahnya.

Waktu paruh alkohol adalah empat hingga lima jam. Waktu paruh adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membuang setengahnya. Tetapi Anda membutuhkan sekitar lima waktu paruh untuk menghilangkan alkohol sepenuhnya. Jadi, dibutuhkan sekitar 25 jam bagi tubuh Anda untuk membersihkan semua alkohol.

Kebanyakan pria dengan toleransi minimal ataupun tanpa toleransi akan mulai menunjukkan beberapa karakteristik keracunan ketika kadar alkohol dalam darah (BAC) telah mencapai angka 0,05%, dan kemampuan mengemudi mereka akan terganggu secara signifikan pada 0,07%. Pada 0,10%, mereka akan jelas sangat mabuk

Seorang wanita yang beratnya 150 pon - 68 kg - akan mencapai BAC 0,1% (keracunan) jika dia mengkonsumsi sekitar 4 minuman dalam satu jam

Faktor-faktor yang mempengaruhi metabolisme alkohol
Tidak ada kerangka waktu yang ditetapkan untuk berapa lama alkohol tetap berada di sistem Anda. Kecepatan eliminasi tergantung pada:

  • Obat-obatan: Banyak obat resep dan obat bebas memiliki interaksi berbahaya dengan alkohol. Tanyakan kepada dokter Anda apakah minum aman untuk Anda jika Anda minum obat apa pun.
  • Jenis Kelamin: Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita membutuhkan waktu lebih lama daripada pria untuk memproses alkohol.
  • Usia: Seiring bertambahnya usia, kecepatan pemrosesan alkohol melambat.
  • Ukuran tubuh: Semakin sedikit Anda menimbang, semakin sedikit air yang Anda miliki di tubuh Anda. Alkohol masuk ke dalam air dalam darah Anda - tetapi jika Anda memiliki lebih sedikit air, konsentrasi alkohol dalam darah (BAC) Anda akan lebih tinggi. Orang yang bertubuh lebih kecil dapat minum alkohol dalam jumlah yang sama dengan orang yang lebih besar tetapi memiliki BAC yang lebih tinggi.
  • Kondisi kesehatan: Kondisi ginjal, hati, dan perut mempersulit tubuh Anda untuk memproses alkohol.

Berapa lama tes dapat mendeteksi alkohol dalam tubuh?
Dalam hal "lulus" tes alkohol, tidak ada jaminan. Tes yang lebih sensitif atau kualitas yang lebih tinggi dapat mengambil alkohol dalam jumlah yang lebih kecil.

Karena setiap orang memetabolisme alkohol dengan kecepatannya masing-masing, beberapa orang akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkannya daripada yang lain.

Secara umum, angka-angka ini adalah jumlah maksimum tes waktu yang dapat mendeteksi alkohol setelah Anda mengonsumsinya:

  • Tes Darah: hingga 6 jam
  • Uji Breathalyzer: 12-24 jam
  • Tes Air liur: 12-24 jam
  • Tes Urine: 12-24 jam untuk metode pengujian yang lebih lama; 72 jam atau lebih untuk metode yang lebih baru yang menguji metabolit etanol seperti etil glukuronida dan etil sulfat
  • Tes Rambut: hingga 90 hari

Bisakah Anda "sadar" lebih cepat dengan makanan atau kopi?
Makan makanan dan minum kopi mengubah cara tubuh Anda menggunakan alkohol. Tapi itu bukan obat ajaib untuk membantu Anda sadar.

Bagaimana makanan mengubah pemrosesan alkohol
Makanan mengubah cara tubuh Anda memproses alkohol tetapi tidak seberapa cepat ia dapat melakukannya.

“Ketika alkohol mengenai perut kosong, itu akan bergerak langsung, dengan cepat menuju ke usus kecil dan aliran darah Anda,” kata Dr. Wakim-Fleming. "Anda akan merasa lebih mabuk dan mungkin melihat efek racun yang lebih kuat, seperti sakit perut dan mabuk."

Di sisi lain, makanan membuat alkohol tertahan di perut untuk sementara waktu. "Perut Anda punya waktu untuk memecah sebagian alkohol sebelum pindah ke usus kecil," lanjutnya. "Anda dapat menghindari beberapa efek racun alkohol, tetapi itu tidak akan mengubah seberapa cepat Anda dapat lulus tes alkohol."

Kafein dan alkohol
Alkohol adalah obat depresan, sehingga membuat Anda merasa mengantuk. Kafein adalah stimulan, yang dapat membuat Anda bersemangat dan membalikkan beberapa efek alkohol.

Terlepas dari hubungan yang berlawanan ini, kafein dan alkohol tidak bercampur. “Mencampur kopi atau minuman energi dengan alkohol mungkin membuat Anda merasa kurang mabuk,” kata Dr. Wakim-Fleming. “Tapi Anda bisa lupa seberapa banyak Anda harus minum. Dan itu tidak akan membersihkan alkohol dari sistem Anda lebih cepat.”

Bagaimana Anda Tahu Saat Anda Mabuk?
Semakin tinggi BAC Anda, semakin besar kemungkinan Anda menunjukkan tanda-tanda keracunan, yang meliputi:

  • Kesadaran menurun.
  • Bicara tidak jelas.
  • Koordinasi terganggu.
  • Kebingungan.
  • Kesulitan mengingat sesuatu.
  • Kesulitan berkonsentrasi.
  • Masalah pernapasan (mis., Penurunan upaya pernapasan, depresi pernapasan).

Orang yang mabuk juga lebih berisiko untuk:

  • Kecelakaan bermotor.
  • Perilaku berisiko, seperti seks tanpa kondom.
  • Kekerasan.
  • Bunuh diri dan pembunuhan.

Berapa Banyak Alkohol yang Akan Membunuh Anda?
Overdosis alkohol, atau keracunan alkohol, bisa berakibat fatal. Anda dapat overdosis ketika ada jumlah alkohol cukup tinggi dalam sistem Anda untuk menyebabkan fungsi pendukung kehidupan seperti pernapasan atau detak jantung menjadi sangat lambat atau mati.

Saat BAC Anda meningkat, Anda mungkin mulai merasakan lebih banyak efek negatif dari keracunan dan risiko overdosis meningkat:

  • 06% – 0,15% BAC: bicara, memori, perhatian, koordinasi, keseimbangan terganggu sedang; kemampuan mengemudi secara signifikan terganggu
  • 16% – 0,30% BAC: gangguan signifikan dalam bicara, memori, perhatian, keseimbangan, waktu reaksi, dan koordinasi; kemampuan mengemudi sangat terganggu; penilaian dan pengambilan keputusan terganggu; risiko pemadaman; muntah; penurunan kesadaran
  • 31% – 0,45% BAC: risiko overdosis yang mengancam jiwa dan risiko kematian akibat penekanan pernapasan, detak jantung, dan suhu tubuh.

Gejala overdosis meliputi:

  • Kebingungan mental yang mendalam.
  • Pingsan.
  • Penurunan kesadaran.
  • Muntah.
  • Kulit lembab.
  • Warna kulit pucat atau kebiruan.
  • Suhu tubuh rendah.
  • Detak jantung lambat.
  • Pernapasan lambat atau tidak teratur.

Risiko overdosis meningkat jika Anda pesta minuman keras yang, menurut satu definisi, memerlukan konsumsi 4 gelas minuman dalam 2 jam untuk wanita atau 5 minuman dalam 2 jam untuk pria.

Pesta minuman keras yang ekstrem adalah minum 2 kali atau lebih dari ambang batas pesta minuman keras.

Minum alkohol dalam jumlah besar dalam waktu singkat sangat melebihi kemampuan hati untuk membersihkan alkohol dari tubuh dan menyebabkan peningkatan BAC yang cepat.

Risiko overdosis bisa jadi lebih besar jika seseorang mencampur alkohol dengan obat opioid ataupun obat penenang-hipnotik, seperti obat penghilang rasa sakit, obat tidur, atau obat anti-kecemasan.

Obat-obatan ini akan menekan pernapasan, dikombinasikan dengan alkohol, efek semakin intensif dan dapat menyebabkan overdosis bahkan dengan tingkat alkohol sedang.***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

4 Upaya yang Bisa Diterapkan untuk Berhenti Mengonsumsi Alkohol

Studi: Bahkan Satu Gelas Alkohol Setiap Hari Dapat Menyusutkan Volume Otak

Minum Alkohol dalam Jumlah Berapa pun Menyebabkan Kerusakan pada Otak, Menurut Penelitian

 

Source: Health EssentialsAmerican Addiction Centers

RELATED STORIES

Deretan Makanan Terbaik yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Deretan Makanan Terbaik yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Tubuh manusia membutuhkan kalsium dan vitamin D. Dua elemen ini sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Kerap Dilewatkan, Buncis Punya Lima Manfaat Besar untuk Kesehatan Anak

Kerap Dilewatkan, Buncis Punya Lima Manfaat Besar untuk Kesehatan Anak

Buncis kalah populer dibandingkan wortel, brokoli, atau bayam, terkait sayuran yang diberikan orang tua ke anak.

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Karim Benzema Berbagi Diet yang Sama untuk Tetap Bugar

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Karim Benzema Berbagi Diet yang Sama untuk Tetap Bugar

2,269 / 5,000 Translation results Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Karim Benzema semuanya berbagi diet rumput laut yang sama untuk tetap bugar

Mirip Flu Biasa, Ini Gejala Bronkitis yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Mirip Flu Biasa, Ini Gejala Bronkitis yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Berikut ini Skor.id merangkum beberapa genjala penyakit Bronkitis yang harus diperhatikan

Dampak Negatif Mengonsumsi Alkohol bagi Atlet

Mengonsumsi alkohol ternyata bisa memberikan sejumlah dampak negatif, utamanya bagi atlet.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 17 May, 07:10

Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Pro Futsal League 2023-2024 terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 17 May, 07:10

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Women Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 17 May, 07:09

Laga MPL Indonesia, RRQ Hoshi vs Alter Ego. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Esports

MPL ID S13: Head-to-Head RRQ Hoshi vs Alter Ego

Berikut ini sejarah pertemuan head-to-head RRQ Hoshi vs Alter Ego, laga yang akan kembali tersaji di MPL Indonesia Season 13.

Thoriq Az Zuhri | 17 May, 03:26

Laga MPL Indonesia, RRQ Hoshi vs Dewa United. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MPL ID S13: Head-to-Head RRQ Hoshi vs Dewa United

Berikut ini sejarah pertemuan head-to-head RRQ Hoshi vs Dewa United, laga yang akan kembali tersaji di MPL Indonesia Season 13.

Thoriq Az Zuhri | 17 May, 03:25

Gelandang Barcelona, Fermin Lopez.  (Jovi Arnanda/Skor.id).

La Liga

Almeria vs Barcelona: Blaugrana Menang 2-0, Fermin Lopez Cetak Dua Gol

Fermin Lopez mencetak dua gol dan membawa Barcelona menang 2-0 atas Almeria, dalam laga La LIga 2023-2024, Jumat (17/5/2024) dini hari WIB.

Irfan Sudrajat | 16 May, 23:28

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Daftar Pemenang Penghargaan Mingguan MPL Indonesia Season 13

Di MPL Indonesia Season 13, ada beberapa penghargaan mingguan yang diberikan. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Thoriq Az Zuhri | 16 May, 21:23

PMSL SEA 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Esports

PMSL SEA Summer 2024: Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen lengkap turnamen PUBG Mobile, PMSL SEA Summer 2024.

Thoriq Az Zuhri | 16 May, 21:21

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 16 May, 21:20

Honor of Kings (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

Honor of Kings Siap Pra-registrasi dan Gelar Turnamen

Mulai Kamis (16/5/2024), pemain dapat melakukan pra-registrasi untuk peluncuran global.

Gangga Basudewa | 16 May, 18:43

Load More Articles