Bagaimana Menjadi Pemandu Sorak yang Terbaik bagi Anak Anda, Ini Caranya

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Menjadi orangtua yang "baik" bergantung pada pengalaman dan kebutuhan anak Anda, termasuk pada aktivitas dan minat mereka dalam olahraga.
  • Menurut para ahli, yang terpenting adalah bersenang-senang dan mengembangkan karakter sekaligus kemampuan permainan mereka.
  • Cari tahu alasan mengapa penting untuk menjadi pemandu sorak terbesar bagi anak Anda.

SKOR.id - Ini tentang mengasuh anak: tidak ada satu pun cara yang benar atau salah untuk melakukannya. Apa yang membuat Anda menjadi orangtua yang "baik" bergantung pada pengalaman dan kebutuhan anak Anda.

Terlepas dari itu, setiap orangtua ingin anak mereka berhasil dalam aktivitas atau minat apa pun yang mereka kejar, dan setiap anak ingin orangtua menjadi pemandu sorak terbesar mereka - baik di dalam maupun di luar lapangan.

Dalam olahraga remaja, yang terpenting adalah bersenang-senang dan mengembangkan karakter anak Anda, kata Lauren Starnes, PhD, pakar perkembangan anak dan kepala akademik untuk The Goddard School.

Dan, sementara ketegangan bisa menjadi tinggi di sepak bola klub atau baseball Liga Kecil, dukungan dan perilaku Anda sebagai orangtua dapat meningkatkan atau malah merusak pengalaman anak Anda.

"Hal terpenting yang perlu diingat para orangtua dengan anak-anak yang mencoba olahraga adalah bahwa itu adalah eksperimental dan, seperti hal lain dalam hidup, akan ada kesuksesan dan kegagalan," kata Starnes.

"Penting bagi orangtua untuk terfokus pada anak sebagai pribadi bersama dengan karakter, usaha, ketekunan, serta usaha mereka, lebih daripada keterampilan mereka, karena keterampilan yang kita ketahui datang seiring waktu."

Mengapa Penting Menjadi Orangtua Suporter Olahraga yang Baik
Menjadi orangtua sampingan yang baik sangat penting (untuk Anda dan kesuksesan anak Anda) karena bagian dari pertumbuhan dan membangun hubungan yang sehat adalah mencari tahu apa yang disukai atau tidak disukai anak.

Jika lingkungan menjadi tidak bersahabat ataupun tidak menyenangkan, itu akan mencemari pemahaman atau perspektif anak tentang permainan, menurut Caryn MacKenzie, direktur atletik dan guru pendidikan jasmani di The Stanley Clark School.

"Jika orangtua terlalu intens atau membentak satu sama lain atau anak-anak mereka, itu menghilangkan kesenangan dari permainan, dan anak tidak akan tetap termotivasi," jelasnya. "Jadilah suportif dan bahagia, dan fokuslah pada pengalaman anak dan apa yang mereka pelajari."

Dengan kata lain, biarkan anak membuat penilaian dan opini sendiri tentang olahraga itu.

"Jika seorang anak merasa orangtuanya senang melihat mereka bermain, dan tidak hanya ketika mereka mencetak gol atau membuat permainan yang bagus, anak akan lebih termotivasi untuk terus berusaha," kata Starnes.

Dan jika seorang anak memutuskan olahraga bukan untuk mereka, maka itu tentang belajar dari pengalaman itu.

"Tidak semua olahraga akan berubah menjadi sesuatu yang lebih besar dan lebih baik, dan beberapa mungkin mati begitu saja karena mereka akan menemukan hal lain yang lebih mereka sukai," tambah MacKenzie.

Sekarang, ketika seorang anak memutuskan olahraga bukan untuk mereka, penting untuk mengevaluasi dan mendiskusikan mengapa mereka ingin berhenti, kata Starnes.

Jika olahraga atau aktivitas yang berbeda memicu gairah atau kegembiraan baru, izinkan mereka untuk mengeksplorasi dan mencoba sesuatu yang baru. Tetapi jika mereka ingin berhenti karena gagal atau kalah dalam permainan, dorong mereka untuk tetap melakukannya karena ada pelajaran tentang tindak lanjut, kesabaran, dan perspektif.

"Kegagalan dalam olahraga adalah bagaimana kita tumbuh, dan sayangnya, untuk sebagian besar olahraga, itu benar-benar momen kegagalan," kata Starnes. "Membantu anak fokus pada kesuksesan mereka dapat mengembalikan perspektif menang atau kalah."

Perlu juga dicatat bahwa terlalu banyak tekanan untuk tampil atau berhasil dapat merusak kepercayaan diri anak dalam jangka pendek dan jangka panjang, jika menurut mereka kesuksesan adalah satu-satunya cara untuk mendukung, kata MacKenzie.

"Jika orangtua menaruh ekspektasi berlebihan pada sesuatu yang harusnya menjadi aktivitas yang menyenangkan dan sehat, itu akan merusak pengalaman."

Sebaliknya, seorang anak harus merasa didukung menang atau kalah, karena mereka akan lebih percaya diri dengan kemampuan mereka dan berhasil dalam permainan di masa depan, selama latihan, dan sebagai rekan satu tim, jelas sang pakar.

Tujuannya adalah untuk menikmati momen, selama apa pun momen itu berlangsung, dan mendukung tanpa syarat. "Apa pun yang diperoleh seorang anak dari pengalaman tertentu, itu akan membantu menjalani hari dalam aspek kehidupan lainnya," kata MacKenzie.

Tips yang Perlu Diingat saat Menonton Anak Anda Bermain Olahraga
Ingatlah bahwa Anda bukan pelatih anak itu (kecuali jika Anda adalah pelatih seluruh tim).

"Pengalaman anak Anda harus didasarkan pada suara yang menginstruksikan mereka ketika latihan sekali atau dua kali seminggu," kata MacKenzie. "Jika Anda mencoba melatih anak Anda, bukan mendorong dan mendukung, maka itu adalah situasi yang membingungkan dan sangat mengganggu, terutama untuk anak-anak yang lebih muda."

Coba pikirkan: jika seorang anak mendengar suara seseorang yang mereka kenal mencintai mereka, kemungkinan besar mereka akan mendengarkan - bahkan jika itu kebalikan dari apa yang diinstruksikan oleh pelatih mereka.

"Anak-anak biasanya ingin menyenangkan para orang dewasa di sekitar mereka, jadi akan membingungkan ketika mereka mendengar suara yang berbeda," tambah MacKenzie. Alih-alih melatih atau memberi arahan tentang bagaimana melakukan sesuatu dengan lebih baik, fokuslah untuk mendorong sorakan.

Penting juga untuk memikirkan tentang apa yang Anda katakan pada seorang anak sebelum dan sesudah pertandingan.

"Sebelum event, ini tentang membantu anak menjadi fokus, memiliki sikap yang baik, dan menjadi rekan satu tim yang baik," kata Starnes.

"Setelah pertandingan, apakah itu menang atau kalah, hal terpenting yang dapat dikatakan orangtua adalah, 'Saya sangat menikmati menonton kau bermain, dan itu membuat saya sangat senang melihat kau terlibat dan mencoba'."

Anda juga dapat bertanya kepada anak tentang bagian permainan favoritnya, sorotan tim secara keseluruhan, dan apa yang mereka lihat sebagai keberhasilan atau usaha yang baik, tambah Starnes.

Bagaimana Menjadi Orangtua Suporter Olahraga yang Lebih Baik
Jika sisi kompetitif Anda mulai berputar-putar, penting untuk berhenti dan menarik napas sebelum bertindak kepada anak Anda, pelatih, orang tua lain, atau seseorang dari tim lain.

"Ingat bahwa ini adalah sebuah permainan dan pada akhirnya, ini harusnya menyenangkan," kata MacKenzie. "Biarkan anak Anda menikmati kesempatan dan memiliki pengalamannya sendiri karena tidak ada anak yang akan bersenang-senang jika orangtuanya berteriak atau memaki-maki dari sisi lapangan."

Tidak semuanya akan berhasil, dan tidak apa-apa. Alih-alih terlalu menekankan keterampilan dan kesuksesan dalam permainan, jauh lebih penting bagi perkembangan anak untuk berbicara tentang betapa Anda menikmati menonton mereka bermain, jelas Starnes.

"Sebutkan bagaimana mereka berusaha sangat keras dan Anda juga memperhatikan upaya mereka, atau bagaimana latihan mereka membuahkan hasil," katanya. "(Bicarakanlah tentang bagaimana) mereka baik kepada rekan setimnya atau mengakui ketika anak itu mengikuti pelatihan dari pelatih mereka."

Pada akhirnya, orangtua harus lebih terfokus pada usaha dan upaya, daripada keberhasilan atau kegagalan.

"Pastikan anak ingat bahwa mereka diakui sebagai pribadi, bukan hanya untuk kesuksesan mereka," kata Starnes. "Jika ini hanya tentang kesuksesan, maka ketika mereka 'gagal' di pertandingan yang akan datang, mereka mungkin merasa telah mengecewakan orangtua, dan itu bukanlah tujuan bermain olahraga."***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Pemindaian Otak Ungkap 'Kebenaran' Mengejutkan tentang Anak-anak yang Bermain Video Game

Tes Alergi Makanan untuk Anak-Anak yang Perlu Anda Ketahui

Cara Membantu Anak-anak Mengembangkan Kepercayaan Diri untuk Mencoba Hal-hal Baru

Source: Pop Sugar

RELATED STORIES

Simak, Ini jumlah Kandungan Protein dalam Sebutir Telur

Simak, Ini jumlah Kandungan Protein dalam Sebutir Telur

Telur adalah salah satu hadiah terbaik dari alam yang dikemas dengan protein bagi kita: enak, murah, dan serbaguna, menjadikannya pilihan yang sehat untuk sarapan dan seterusnya.

Kirstie Alley Didiagnosa Kanker Usus Besar Sebelum Meninggal, yang Harus Diketahui Wanita

Kirstie Alley Didiagnosa Kanker Usus Besar Sebelum Meninggal, yang Harus Diketahui Wanita

Kirstie Alley menderita kanker usus besar sebelum dia meninggal pada hari Senin pada usia 71 tahun. Diagnosisnya, yang menurut keluarganya baru ditemukan oleh aktris tersebut sebelum kematiannya, menjelaskan penyakit tersebut dan pentingnya deteksi dini.

6 Tanda Peringatan Kanker Usus Besar yang Tidak Boleh Diabaikan

6 Tanda Peringatan Kanker Usus Besar yang Tidak Boleh Diabaikan

Sebuah fenomena terungkap terkiat bahwa lebih banyak orang dewasa berusia 20-an dan 30-an didiagnosis menderita kanker kolorektal atau kanker usus besar.

8 Tips Berhenti Minum Alkohol yang Memiliki Peluang untuk Berhasil

8 Tips Berhenti Minum Alkohol yang Memiliki Peluang untuk Berhasil

Berhenti minum kalkun dingin mungkin berhasil untuk beberapa orang, tetapi memiliki rencana yang solid yang berhasil untuk Anda dapat membantu Anda melakukannya dengan sukses.

Luis Enrique Mengenakan Tambalan di Lengannya: Untuk Apa Itu?

Luis Enrique Mengenakan Tambalan di Lengannya: Untuk Apa Itu?

Sebagai seorang kreator konten, Luis Enrique tidak ternilai harganya. Setiap hari dia selalu menemukan beberapa berita menarik tentang hidup sehat secara langsung di saluran Twitch miliknya. Yang terbaru adalah GPS metabolik digital ini.

Cara Tidur yang Dapat Menyebabkan Sakit Leher dan Punggung

Nyeri leher dapat disebabkan oleh banyak hal: Stres, postur tubuh yang buruk, SMS, cedera akibat olahraga, mobil, atau kecelakaan lain, dan penyakit kronis seperti fibromyalgia. Tapi ada penyebab lain yang mungkin tidak Anda pertimbangkan — bagaimana Anda tidur.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga TopSkor

Garnier Men Liga TopSkor U-17: Menuju Putaran Kedua, Persaingan Grup Top Makin Panas

Jarak poin di dalam klasemen yang tak jauh membuat persaingan di dua laga terakhir Grup Top semakin memanas.

Sumargo Pangestu | 14 May, 05:29

Unggul FC Malang vs Hongyen Thakam di laga uji coba internasional pada 13 Mei 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Kalah dari Juara Liga Futsal Thailand, Unggul FC Malang Bermasalah dengan Kontrol Emosi

Unggul FC Malang beruji coba lawan Hongyen Thakam di Unggul Sport Center, Malang, Senin (13/5/2024).

Taufani Rahmanda | 14 May, 04:28

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 14 May, 03:38

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2023-2024

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2023-2024 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 14 May, 03:38

Pemain ONIC Esports, Lutpiii. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Profil Lutpiii, Bintang Anyar ONIC Esports

ONIC Esports punya bintang anyar untuk masa depan mereka dalam diri Lutpiii. Mari simak profil pemain Mobile Legends ini.

Thoriq Az Zuhri | 14 May, 01:39

Turnamen Valorant, VCT 2024: Masters Shanghai. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Daftar Tim yang Lolos VCT 2024: Masters Shanghai

Siapa saja tim-tim Valorant dari seluruh dunia yang lolos ke gelaran VCT 2024: Masters Shanghai? Berikut ini daftarnya!

Thoriq Az Zuhri | 14 May, 01:37

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 14 May, 00:52

Pertandingan pekan ke-37 Liga Inggris 2023-2024 antara Aston Villa vs Liverpool di Stadion Villa Park, Selasa (14/5/2024) dini hari WIB. (Hendy Andika/Skor.id).

Liga Inggris

Aston Villa vs Liverpool: Jurgen Klopp Puji Karakter Pemain The Reds

Aston Villa dan Liverpool bermain imbang 3-3 pada laga pekan ke-37 Liga Inggris 2023-2024, Jurgen Klopp tetap mengambil sisi positif dari pertandingan ini.

Pradipta Indra Kumara | 14 May, 00:48

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

3 Pemain Valorant Indonesia Juara VCT 2024: Pacific Stage 1

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1, berakhir dengan ada tiga pemain asal Indonesia yang berhasil jadi juara bersama tim Paper Rex.

Thoriq Az Zuhri | 14 May, 00:05

Pertandingan Barcelona vs Real Sociedad di La Liga 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

La Liga

Barcelona vs Real Sociedad: Blaugrana Kembali ke Peringkat 2 Klasemen La Liga

Barcelona berhasil mengalahkan Real Sociedad pada jornada ke-35 La Liga (Liga Spanyol) 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 13 May, 23:55

Load More Articles