Apakah Anda Benar-benar Butuh Pakaian Dalam? Pro dan Kontra, Menurut Pakar Kesehatan Kelamin

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Pakaian dalam dapat membantu melindungi kulit kelamin yang halus, tetapi Anda mungkin tidak selalu perlu memakainya.
  • Melakukan 'go comando' dapat membantu mencegah masalah umum seperti infeksi jamur, ISK, atau gatal di selangkangan.
  • Saat Anda mengenakan pakaian dalam, gunakan bahan katun, hindari pakaian ketat, dan ganti setiap hari, kata para ahli.

SKOR.id - Para sejarawan memiliki pendapat yang berbeda tentang mengapa manusia mulai mengenakan pakaian dalam, tetapi kemungkinan besar, karena mereka menginginkan penghalang untuk melindungi bagian pribadi mereka dari masalah kesehatan.

Hari ini, Anda memiliki celana untuk melakukan pekerjaan itu alih-alih cawat pada masa lalu, sehingga lapisan tambahan mungkin tampak sedikit tidak perlu dan banyak orang setuju.

Faktanya, menurut sebuah survei dari Vanity Fair, 25% peserta mengatakan mereka memilih 'go commando', atau tidak mengenakan pakaian dalam, setidaknya sesekali.

Tidak sepenuhnya jelas dari mana istilah "going commando" tersebut berasal, tapi beberapa meyakini itu berasal dari Perang Vietnam, ketika tentara kadang-kadang menghindari mengenakan pakaian dalam untuk mencegah infeksi jamur ketika mereka tidak bisa mandi.

Tapi siapa pun bisa menuai manfaat dari membuang pakaian dalam. Terlebih lagi, tidak ada alasan medis yang nyata untuk memakainya sama sekali - dan dalam beberapa kasus, itu mungkin lebih berbahaya bagi alat kelamin Anda daripada kebaikan.

Temukan potensi pro dan kontra dari 'go commando' di bawah ini, bersama dengan tips ahli untuk menjaga kesehatan alat kelamin yang optimal.

*Pro 'going commando'
Banyak wanita yang menganggap vulva sama saja dengan vagina, padahal faktanya tidak begitu. Vulva mencakup semua bagian luar dari alat kelamin wanita, dari labia major dan minor, lubang ke vagina dan uretra, klitoris, mons pubis, hingga anus. Jadi, semua hal yang berada di luar bagian kewanitaan termasuk dalam vulva.

Jika Anda memiliki vulva, beberapa kelebihan dari melewatkan pakaian dalam meliputi:

  • Menurunkan risiko infeksi jamur: Infeksi jamur adalah infeksi jamur vagina yang dapat menyebabkan iritasi, gatal, dan keputihan. Jenis pakaian dalam tertentu, seperti yang terbuat dari bahan selain katun, dapat menyebabkan tingkat infeksi jamur yang lebih tinggi. Jadi, membatasi waktu Anda mengenakan pakaian dalam dapat membantu mencegahnya, menurut Aleece Fosnight, penasihat medis dan ahli urologi di Aeroflow Urology.
  • Lebih sedikit ISK: Orang dengan vagina yang mengalami infeksi saluran kemih (ISK) hingga 30 kali lebih sering - dan celana dalam non-katun dapat meningkatkan risiko ISK. Jika Anda sering terkena ISK saat mengenakan pakaian dalam dari kain selain katun, menggunakan komando dapat membantu Anda menghindari masalah tersebut.
    Mengurangi bau vagina: Sepanjang hari, Anda dapat berkeringat di area genital, dan pakaian dalam Anda dapat memerangkap kelembapan atau organisme penyebab bau di sekitar vulva. Jika Anda khawatir tentang bagaimana bau Anda di bawah sana, melewatkan pakaian dalam mungkin bisa membantu Anda.
  • Lebih sedikit iritasi: Pakaian dalam yang ketat bisa menyebabkan gesekan atau lecet dan beberapa pakaian dalam dapat mengiritasi kulit sensitif vulva Anda, kata Fosnight.

Jika Anda memiliki penis, alasan untuk 'go commando' meliputi:

  • Turunkan risiko gatal di selangkangan: Celana dalam bisa memerangkap keringat di dekat tubuh Anda — dan infeksi jamur seperti tinea cruris, alias Gatal di selangkangan, tumbuh subur di lingkungan lembap. Jika Anda banyak berkeringat saat berolahraga, melewatkan pakaian dalam dapat membantu mengeluarkan alat kelamin dan mencegah infeksi jamur.
  • Mengurangi bau keringat: Pakaian dalam yang lembap tidak hanya menjadi tempat berkembang biaknya infeksi jamur — tetapi juga dapat menyebabkan bau celana yang funky. "Tidak mengenakan pakaian dalam bisa membantu mengurangi bau kelamin," kata Fosnight.
  • Jumlah sperma yang berpotensi meningkat: Ketika testis Anda menjadi terlalu hangat, suhu yang meningkat menurunkan kemampuannya untuk menghasilkan sperma yang optimal, kata Fosnight. Pakaian dalam yang ketat seperti celana dapat menahan testis Anda dekat dengan tubuh dan membuatnya lebih hangat, yang dapat mengurangi jumlah sperma Anda. Jadi, membuang kekencangan Anda mungkin akan meningkatkan kesuburan Anda.
  • Kebebasan bergerak: Jika Anda menemukan pakaian dalam membatasi gerakan Anda, pergi komando dapat memberi Anda lebih banyak kebebasan selama latihan - atau membiarkan Anda menghargai angin segar saat menjalani kehidupan sehari-hari.

*Kontra 'going commando'
Sebelum Anda membuang semua pakaian dalam Anda ke api unggun, perlu diingat bahwa membuang laci Anda tidak selalu merupakan ide yang bagus.

Kadang-kadang, pergi tanpa pakaian dalam sebenarnya membuat Anda lebih rentan terhadap radang atau infeksi - terutama jika Anda memiliki vulva, kata Dr. Mary Jane Minkin, ginekolog di Yale Medicine.

Minkin mengatakan dia merawat beberapa orang karena iritasi pada vulva dan uretra - yang disebabkan oleh kain kasar celana mereka setelah mereka melewatkan pakaian dalam.

Kelemahan potensial lainnya untuk pergi tanpa pakaian dalam meliputi:

  • Kurangnya perlindungan dari tetesan urine: Jika inkontinensia urine jadi masalah bagi Anda, melewatkan pakaian dalam mungkin membuat Anda tidak memiliki penghalang tambahan antara alat kelamin dan celana Anda, jika terjadi kebocoran.
  • Penguat dukungan: Jika Anda memiliki penis, Anda mungkin menemukan bahwa go commando membuat Anda tidak memiliki dukungan sebanyak yang Anda inginkan selama aktivitas fisik. Mengenakan cup dapat melindungi Anda selama olahraga kontak dekat, tetapi Anda sebaiknya mengenakannya dengan tali atlet dan celana yang nyaman untuk hasil terbaik.
  • Noda dari cairan vagina: Jika Anda memiliki vulva, melewatkan pakaian dalam dapat menyebabkan keputihan biasa Anda masuk ke pakaian Anda - yang mungkin, dalam beberapa kasus, meninggalkan bekas yang terlihat.
  • Perlindungan dari ritsleting: Tanpa pakaian dalam yang berfungsi sebagai penghalang pelindung antara tubuh dan celana Anda, kulit atau rambut kemaluan Anda dapat tersangkut secara tidak sengaja dalam ritsleting - astaga.

Kapan harus memakai pakaian dalam dan kapan harus 'go commando'
Memakai undewear atau tidak adalah pilihan yang sangat pribadi. Tapi mempertimbangkan faktor-faktor tertentu dapat membantu.

Anda mungkin menginginkan lapisan pakaian dalam ekstra:

  • Saat menstruasi: Jika Anda sedang menstruasi, pakaian dalam dapat membantu melindungi pakaian Anda, jika tampon, pembalut, atau cangkir menstruasi Anda bocor. Pakaian dalam periode yang bisa dicuci mungkin juga memberikan penghalang ekstra.
  • Saat berbelanja baju baru: Apakah Anda berencana pergi ke mal untuk mencoba celana baru? Anda pasti menginginkan pakaian dalam untuk menghindari alat kelamin Anda terkena bakteri orang lain. Banyak toko juga memiliki kebijakan yang mengharuskan Anda mengenakan pakaian dalam saat mencoba pakaian tertentu, seperti celana renang.
  • Saat mengenakan pakaian ketat: Jika Anda mengenakan celana yoga yang pas badan atau jeans denim kasar, pakaian dalam mungkin memberikan bantalan ekstra dari kain ketat atau kasar.

Di sisi lain, melewatkan pakaian dalam mungkin ideal:

  • Saat berolahraga: Apakah Anda berkeringat saat berlari atau berolahraga setiap hari? Dalam hal ini, Anda mungkin ingin bergabung dengan 18% orang yang tidak mengenakan apa pun di balik pakaian olahraga mereka, menurut survei Tommy John.
  • Saat tidur: Jika Anda khawatir tentang jamur kelamin atau infeksi jamur, Fosnight merekomendasikan untuk melewatkan pakaian dalam saat Anda pergi tidur.
  • Saat mengenakan pakaian longgar: Jika Anda berencana untuk mengenakan pakaian longgar atau lembut, Anda mungkin tidak memerlukan pembatas ekstra berupa pakaian dalam sama sekali.

Cara memilih celana dalam yang tepat untuk kesehatan alat kelamin yang optimal
Tentu tidak semua pakaian dalam menawarkan manfaat yang sama. Jadi, jika Anda memilih untuk memakainya, ada baiknya mengingat tip-tip ini:

  • Pilih bahan katun: Fosnight dan Minkin sama-sama merekomendasikan membeli celana dalam katun 100% jika memungkinkan, karena ini memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Jenis kain lain - seperti nilon, spandeks, atau poliester - dapat membatasi kemampuan bernapas dan menjebak kelembapan ekstra di dekat alat kelamin Anda, kata Fosnight.
  • Pilih deterjen yang tepat: "Mencuci pakaian dalam dengan deterjen tertentu dapat menyebabkan iritasi pada alat kelamin," kata Fosnight. Dengan mengingat hal itu, Anda mungkin ingin mencuci pakaian dalam dengan detergen bebas pewangi yang dirancang untuk kulit sensitif.
  • Kenakan pakaian dalam yang bersih setiap hari: Tidak perlu dikatakan lagi, tetapi sering mengganti pakaian dalam adalah ide yang bagus. Para ahli merekomendasikan untuk mengganti pakaian dalam sekali sehari — dua kali jika Anda cenderung banyak berkeringat sepanjang hari.

Kesimpulan
Jika Anda pernah melewatkan pakaian dalam untuk membiarkan bagian bawah tubuh Anda merasa bebas, Anda bukan satu-satunya.

Anda bahkan mungkin menemukan beberapa manfaat potensial untuk melewatkan dalam laci Anda sesekali - seperti risiko infeksi jamur atau ragi yang lebih rendah.

Meskipun demikian, Anda mungkin lebih suka penghalang ekstra di antara alat kelamin dan pakaian Anda dalam beberapa situasi, seperti saat Anda mengenakan jeans kasar atau celana yoga ketat.

Mungkin perlu beberapa percobaan untuk mengetahui kapan Anda membutuhkan dukungan ekstra dari pakaian dalam, dan kapan Anda lebih suka kebebasan komando yang tak tertandingi.

"Trial and error adalah solusi terbaik, bersama preferensi pribadi Anda," kata Fosnight.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Manakah yang Lebih Baik antara Celana Dalam atau Boxer untuk Kesehatan Sperma

Source: insider.comhalodoc

RELATED STORIES

Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

Harga diri adalah seperangkat keyakinan, persepsi, evaluasi, dan pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini adalah penilaian yang kita buat tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman kita.

Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit mata serta gangguan penglihatan karena suatu kondisi yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma Nasional, waktu yang penting untuk menyebarkan berita tentang penyakit yang mencuri penglihatan ini.

Kenakan Sepatu Anda dan Mulailah Berjalan: Ini Tren yang Akan Memberi Anda Manfaat Mental dan Fisik

Kenakan Sepatu Anda dan Mulailah Berjalan: Ini Tren yang Akan Memberi Anda Manfaat Mental dan Fisik

Anda telah melihat "Hot Girl Walk" di seluruh media sosial sepanjang tahun lalu, tetapi apakah tren ini bermanfaat?

Perlu Tahu, Risiko Duduk untuk Waktu yang Lama

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh majalah The Lancet, yang menganalisis data dari lebih dari satu juta orang, menyimpulkan bahwa duduk selama lebih dari delapan jam setiap hari tanpa aktivitas fisik menghasilkan risiko kematian yang serupa dengan yang disebabkan oleh merokok dan obesitas.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti,. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

5 Catatan Laga Real Madrid vs Bayern Munchen di Semifinal Liga Champions 2023-2024

Berikut ini 5 catatan pertandingan Real Madrid vs Bayern Munchen di semifinal Liga Champions 2023-2024, ada rekor Carlo Ancelotti.

Pradipta Indra Kumara | 08 May, 22:19

Bayer Leverkusen vs AS Roma di Liga Europa 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Bayer Leverkusen vs AS Roma di Liga Europa 2023-2024

Prediksi dan link live streaming Bayer Leverkusen vs AS Roma di Liga Europa 2023-2024 yang akan digelar pada Jumat (10/5/2024) pukul 02.00 WIB.

Irfan Sudrajat | 08 May, 17:11

Ilustrasi tinju skor.id

Other Sports

Turut Diramaikan Konser, Pekan Gembira Ria Kembali Hadirkan Duel Tinju Selebritas

Duel tinju selebritas ini akan hadir di Parkir Barat, Area PRJ, Jiexpo Kemayoran, Jakarta pada 11-12 Mei 2024.

Arin Nabila | 08 May, 17:07

Shin Tae-yong

Timnas Indonesia

Shin Tae-yong: Lini Belakang Timnas U-23 Indonesia Hampir Runtuh

Meski begitu, Shin Tae-yong menegaskan kondisi fisik dan mental para pemain Timnas U-23 Indonesia membaik jelang lawan Guinea U-23.

Rais Adnan | 08 May, 16:57

Nike Air Zoom G.T. Hustle 2 PE menjadi sepatu basket resmi pertama untuk center San Antonio Spurs Victor Wembanyama. (Dede Mauladi/Skor.id)

Sneakers

Sepatu Basket Pertama Victor Wembanyama dari Nike Dirilis

Sepatu basket Victor Wembanyama , Nike Air Zoom G.T. Hustle 2 PE, akan dilepas pada pertengahan Mei 2024.

Tri Cahyo Nugroho | 08 May, 16:39

Liga 3 Nasional atau putaran nasional Liga 3. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Liga 3 Nasional 2023-2024: Persibo Bojonegoro dan Adhyaksa Farmel Melaju ke Babak 32 Besar

Persibo dan Adhyaksa Farmel memainkan laga terakhir di babak 80 besar pada Rabu (8/5/2024), dan berhasil menang.

Sumargo Pangestu | 08 May, 16:35

Kalsium sangat penting untuk tulang dan otot. (Dede Mauladi/Skor.id)

Culture

Ini Cara Mendapatkan 1.000 Mg Kalsium Sehari

Ketahui berapa mg kalsium yang harus Anda makan setiap hari, tergantung usia dan jenis kelamin.

Tri Cahyo Nugroho | 08 May, 16:28

PMSL SEA Summer 2024. (Level Infinite)

Esports

PMSL SEA Summer 2024: Klasemen Grup Stage Hari Pertama Pekan Pertama

Tim Indonesia yang bermain di hari pertama berhasil menguasai lima besar klasemen hari pertama.

Gangga Basudewa | 08 May, 16:03

Apparel dan sneaker New Balance dalam perayaan "Grey Days" 2024 (Jovi Arnanda/Skor.id).

Sneakers

Koleksi Grey Days 2024 New Balance Hadir di Indonesia, Harga Mulai Rp399.000

Perayaan Grey Days tahun ini juga disemarakkan dengan peluncuran film pendek.

Kunta Bayu Waskita | 08 May, 15:51

Pemain EVOS Glory, Anavel. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

EVOS Anavel Ungkap Idolanya, Bukan Pemain PH

Anavel menjadikan sosok Sutsujin sebagai panutan dan role modelnya.

Gangga Basudewa | 08 May, 15:44

Load More Articles