SKOR.id – Tahun Baru Imlek yang pada 2024 ini jatuh pada Sabtu (10/2/2024) kemarin sangat penting bagi masyarakat Cina maupun keturunannya di berbagai belahan dunia.
Seiring perkembangan peradaban dan kemajuan teknologi, anak-anak muda di Cina pun memiliki preferensi baru dan strategi kesehatan mental dalam dalam menghadapi dunia yang kompleks dan didorong oleh teknologi.
Meningkatnya minat terhadap mitra yang didukung kepintaran buatan (AI); membentuk hubungan yang tidak rumit dan menghormati ruang pribadi; merangkul “cinta diri sendiri” di atas perasaan dan penilaian orang lain; dan mengatasi kecemasan dengan membayangkan diri mereka sebagai orang lain.
Hal-hal tersebut merupakan salah satu tren baru yang membentuk kembali tatanan sosial generasi muda di Cina saat ini. Itu menurut laporan terbaru dari Just So Soul, sebuah lembaga penelitian di bawah aplikasi kencan populer asal Negeri Tirai Bambu, Soul.
Mengambil wawasan dari survei terhadap lebih dari 3.800 pengguna, sebagian besar berusia 18 hingga 27 tahun, “Laporan Wawasan tentang Tren Sosial pada 2024” menawarkan gambaran sekilas tentang evolusi preferensi dan strategi kesehatan mental dari generasi yang menghadapi dunia yang semakin kompleks dan didorong oleh teknologi.
Dengan 30 juta pengguna aktif bulanan, Soul adalah salah satu aplikasi kencan paling populer di Cina, yang memungkinkan pengguna terhubung melalui tes kepribadian dan berkomunikasi menggunakan avatar yang disesuaikan. Aplikasi ini sangat disukai oleh generasi muda, dengan 80% penggunanya adalah Gen Z.
Memasuki tahun 2024, berikut adalah beberapa tren yang mungkin akan mempengaruhi pilihan sosial, konsumsi, dan gaya hidup anak muda Negeri Tirai Bambu.
Zero-Sugar Networking
Mirip dengan konsep menikmati Coke bebas gula, “zero-sugar networking” alias jaringan tanpa gula ini mengacu istilah untuk hubungan tanpa beban emosional apa pun.
Menurut laporan Soul, hal ini memenuhi kebutuhan akan hubungan santai namun bermakna di antara semakin banyak anak muda Cina, dan sering kali hanya berlangsung sebentar dan berkisar pada minat dan aktivitas yang sama.
Pergaulan seperti ini digambarkan dengan kata kunci dazi, yang berarti “pendamping”. Laporan tersebut menunjukkan bahwa satu dari setiap empat orang yang lahir setelah tahun 2000 memiliki dazi, yang menunjukkan preferensi yang kuat di antara mereka terhadap pertemanan yang tidak rumit dan efektif untuk melawan perasaan terisolasi di era digital.
Tren ini lazim di berbagai platform media sosial Cina, dengan pencari dazi mulai dari mahasiswa hingga profesional yang bekerja.
Meskipun minat terhadap sosialisasi dengan komitmen rendah meningkat, lebih dari 90% anak muda Cina masih menghargai interaksi sosial. Hal itu terbukti dari laporan tersebut yang menyatakan bahwa mereka menghabiskan rata-rata delapan jam setiap minggunya bersama teman-teman.
Ketika ditanya tentang bentuk persahabatan ideal mereka, 54% responden muda lebih memilih untuk tetap menjalin kontak rutin dengan teman-teman sambil tetap menjaga ruang pribadi mereka.
Bonding with Bots
Laporan ini juga menggarisbawahi dampak teknologi AI yang berkembang pesat terhadap kehidupan sosial generasi muda Cina.
“Interaksi antara manusia dan AI sebelumnya hanya dibayangkan dalam cerita fiksi ilmiah. Tetapi terobosan pengembangan konten yang dihasilkan AI telah membuka kemungkinan baru untuk interaksi sosial,” demikian sebagian isi laporan tersebut.
Menurut survei tersebut, 9% responden lebih menyukai entitas yang didukung AI daripada tokoh animasi dan selebritas. Namun, mayoritas – sekitar 48% – masih menemukan teman paling banyak di dunia nyata.
Tahun lalu, platform media sosial ramai dengan orang-orang yang menggambarkan secara detail hubungan romantis mereka dengan entitas yang didukung AI.
Dan, dengan raksasa teknologi yang ingin meniru kesuksesan ChatGPT, beberapa chatbot AI yang mampu terlibat dalam percakapan yang beragam dan interaktif, termasuk yang dirancang oleh Soul, kemungkinan akan semakin populer pada tahun 2024.
Tren AI tampaknya didorong oleh perasaan kesepian, dengan 65% dari mereka yang disurvei melaporkan bahwa mereka merasa kesepian “dari waktu ke waktu”. Sementara, lebih dari sepertiganya mengatakan bahwa mereka “terus-menerus” merasa kesepian.
Survei lain yang dilakukan oleh aplikasi tersebut pada bulan Agustus menunjukkan bahwa 95% pengguna memiliki pandangan netral terhadap konten yang dihasilkan AI. Alasannya antara lain adalah nilai hiburan, kenyamanan, dan kemampuan untuk meningkatkan efisiensi kerja.
Creative Escapism (Pelarian yang Kreatif)
Metode lain untuk mengatasi kecemasan kerja yang diidentifikasi dalam laporan ini adalah “imajinasi terhadap orang lain”. Hal ini melibatkan individu untuk sementara waktu keluar dari identitas mereka sendiri untuk mengambil kepribadian lain.
Salah satu contoh tren ini adalah meningkatnya minat terhadap genre online yang dijuluki sastra malou atau monyet. Menurut laporan tersebut, hal ini selaras dengan generasi muda yang melihat ekspresi tabah monyet sebagai cerminan kehidupan kerja mereka, yang menekankan ketekunan dan usaha.
Laporan tersebut mencatat peningkatan signifikan dalam minat terhadap Soul, dengan postingan terkait malou meningkat lebih dari 2.000% pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Love Thyself (Mencintai Diri Sendiri)
Survei dari Soul juga menemukan adanya pergeseran sikap anak muda Tiongkok terhadap konsep baru yang disebut “romantisisme cinta diri,” yang terkait dengan mengutamakan diri sendiri sebelum orang lain, menjaga tubuh, dan memenuhi keinginan pribadi yang kecil.
Lebih dari 90% responden memiliki pandangan “non-negatif” terhadap istilah tersebut, dan sekitar seperempatnya melihat “mencintai diri sendiri” sebagai bentuk romansa.
Bisa dibilang, ini semacam pemberontakan terhadap budaya Asia Timur yang telah lama mengajarkan masyarakat Cina, khususnya, untuk menghormati perasaan dan pendapat orang lain.
Faktanya, anak-anak muda Cina merasa mereka sudah dewasa sehingga dapat mengambil kembali kendali atas hidupnya.
Tren ini juga terlihat di media sosial tahun lalu, dengan topik “memperbaiki diri sendiri lagi” mendapatkan perhatian luas. Di Soul, tagar terkait, seperti “Hidup sesuka Anda,” telah ditonton lebih dari 700 juta kali, menurut laporan tersebut.
Dalam kampanye media sosial terkait yang diluncurkan oleh Soul pada bulan Juli, banyak pengguna secara terbuka mendiskusikan ketidaksempurnaan mereka, mulai dari ciri fisik hingga kurangnya bakat dalam olahraga, mendorong orang lain untuk menerima kekurangan dan individualitas mereka.