9 Tanda-tanda dan Gejala Kekurangan Vitamin B12

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Kekurangan B12 bisa memicu beragam gejala, seperti kelelahan, sakit kepala, depresi, kulit pucat atau kuning, gangguan mental, serta peradangan di mulut dan lidah.
  • Karena kemampuan menyerap B12 dari makanan menurun seiring bertambah usia, defisiensi lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.
  • Mengingat gejala defisiensi vitamin B12 terkadang tidak spesifik, itu mungkin tidak terdeteksi atau bahkan salah didiagnosis.

SKOR.id - Vitamin B12 adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk proses, seperti sintesis DNA, produksi energi, dan fungsi sistem saraf pusat.

Meskipun vitamin ditemukan dalam banyak makanan, insufisiensi dan defisiensi B12 relatif umum terjadi. Ini sering disebabkan oleh asupan makanan yang terbatas, malabsorpsi, kondisi medis tertentu, atau penggunaan obat penipis B12.

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa hingga 20% orang berusia di atas 60 tahun di Amerika Serikat dan Inggris kekurangan vitamin.

Sebagai referensi, kadar B12 di atas 300 pg/mL dianggap normal, kadar 200–300 pg/mL dianggap ambang batas, dan kadar di bawah 200 pg/mL dianggap kurang.

Karena kemampuan menyerap B12 dari makanan menurun seiring bertambah usia, defisiensi lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Namun, tidak berarti anak-anak dan orang dewasa yang lebih muda, termasuk yang sedang hamil dan menyusui, tidak mungkin mengalami defisiensi B12.

Sayangnya, kekurangan B12 sering kali diabaikan dan salah didiagnosis. Biasanya, ini karena pengujian laboratorium yang tidak memadai atau karena gejalanya tidak spesifik untuk kekurangan vitamin B12 saja.

Jika Anda menduga Anda mungkin memiliki kekurangan B12, penting untuk mengunjungi profesional kesehatan untuk mendiskusikan gejala Anda dan menjalani tes yang sesuai.

Berikut ini sembilan gejala yang paling sering dilaporkan terkait dengan defisiensi B12 dan bagaimana defisiensi ini didiagnosis dan diobati.

1. Kelelahan
Jika Anda rendah atau kekurangan B12, Anda mungkin akan merasa lelah.

Sel-sel tubuh Anda membutuhkan B12 untuk berfungsi dengan baik. Maka itu memiliki kadar B12 yang tidak memadai dapat menurunkan produksi sel darah merah normal, yang dapat mengganggu pengiriman oksigen.

Secara khusus, kekurangan B12 atau folat bisa menyebabkan anemia megaloblastik. Kondisi ini menyebabkan pembentukan sel darah merah yang besar, abnormal, dan belum matang serta gangguan sintesis DNA.

Ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk mengalirkan oksigen ke jaringan, Anda mungkin akan merasa lemah dan lelah.

Penting untuk diketahui bahwa Anda dapat mengalami kelelahan dan gejala lain yang terkait dengan kekurangan B12, bahkan ketika kadar B12 Anda dianggap dalam kisaran atau hanya batas rendah.

2. Kulit pucat atau kuning
Tanda lain yang dapat menunjukkan kekurangan B12 adalah kulit pucat atau kuning.

Seperti kondisi yang disebut anemia defisiensi besi, anemia yang terkait dengan defisiensi B12 dapat membuat kulit Anda pucat karena kurangnya sel darah merah yang sehat dan matang dalam tubuh.

Kekurangan B12 juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut penyakit kuning, membuat kulit dan bagian putih mata Anda berwarna kekuningan.

Warnanya disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin, produk limbah yang dibuat saat tubuh Anda memecah sel darah merah.

3. Sakit kepala
Kekurangan dan kekurangan B12 dapat menyebabkan efek samping neurologis, termasuk sakit kepala.

Faktanya sakit kepala menjadi salah satu gejala yang paling sering dilaporkan terkait dengan kekurangan B12 pada orang dewasa dan anak-anak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengalami jenis sakit kepala tertentu lebih cenderung memiliki kadar B12 yang rendah.

Sebuah studi tahun 2019 dengan 140 orang, setengahnya mengalami migrain, menemukan bahwa kadar B12 dalam darah secara signifikan lebih rendah pada peserta dengan migrain dibandingkan dengan peserta yang tidak memiliki riwayat migrain.

Studi ini juga menemukan mereka yang memiliki kadar B12 tertinggi memiliki kemungkinan 80% lebih kecil mengalami migrain dibandingkan dengan peserta dengan kadar B12 terendah.

Penelitian terus menyelidiki apakah pengobatan dengan B12 dapat memperbaiki gejala sakit kepala migrain pada beberapa orang.

4. Gejala depresi
B12 sangat penting untuk berfungsinya sistem saraf pusat Anda, dan kekurangan nutrisi ini dapat memengaruhi kesehatan mental Anda.

Secara khusus, kekurangan B12 dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena depresi.

Memiliki kadar B12 yang rendah dapat menyebabkan peningkatan kadar asam amino yang mengandung sulfur yang disebut homosistein.

Pada gilirannya, ini dapat berkontribusi pada perkembangan depresi dengan meningkatkan stres oksidatif, kerusakan DNA, dan kematian sel dalam tubuh.

Sebuah studi pada tahun 2020 dengan 132 anak-anak dan remaja 89 dengan depresi dan 43 tanpa depresi, menemukan bahwa peserta dengan depresi memiliki kadar B12 yang lebih rendah dan kadar homosistein lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengalami depresi.

Selain gejala depresi, kadar B12 yang rendah atau kurang dapat menyebabkan kondisi mental lainnya, termasuk psikosis dan gangguan mood.

5. Masalah gastrointestinal
Kekurangan B12 juga dapat menyebabkan diare, mual, sembelit, kembung, gas, dan gejala gastrointestinal lainnya.

Masalah ini dapat memengaruhi orang dewasa dan anak-anak.

Namun, perlu diingat bahwa banyak dari gejala ini tidak spesifik dan dapat disebabkan oleh faktor lain. Misalnya, intoleransi makanan, obat-obatan, dan infeksi dapat menyebabkan diare.

6. Kesulitan berkonsentrasi dan gangguan mental
Karena kekurangan B12 berdampak negatif pada sistem saraf pusat, orang berkadar B12 rendah atau kekurangan mungkin merasa pusing dan kesulitan berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas.

Orang dewasa yang lebih tua sangat berisiko untuk efek samping ini karena risiko defisiensi B12 meningkat seiring bertambahnya usia.

Faktanya, banyak penelitian telah mengaitkan kadar B12 yang rendah dengan fungsi mental yang memburuk pada orang dewasa yang lebih tua.

Untungnya, penelitian menunjukkan bahwa gangguan mental yang terkait dengan kadar B12 yang rendah dapat membaik dengan pengobatan B12.

Misalnya, sebuah studi tahun 2020 memberi 202 orang dengan gangguan mental ringan dan kadar B12 rendah atau normal rendah dan peningkatan kadar homosistein terapi penggantian B12 selama 3 bulan.

Setelah perawatan, 84% peserta melaporkan peningkatan gejala yang signifikan, seperti fokus yang buruk, penurunan memori, dan pelupa.

7. Sakit dan radang pada mulut dan lidah
Glossitis adalah istilah medis yang mengacu pada lidah meradang, merah, dan nyeri. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kekurangan B12.

Pada orang dengan defisiensi ini, glositis dapat muncul bersamaan dengan stomatitis, yang ditandai dengan luka dan peradangan di mulut.

Meskipun glositis dan stomatitis umum terjadi pada orang dengan anemia terkait defisiensi B12, mereka juga dapat terjadi tanpa anemia dan dapat jadi tanda defisiensi B12 dini.

Meskipun demikian, glositis juga dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi lain, seperti folat, riboflavin (B2), dan niasin (B3).

8. Parestesia di tangan dan kaki
Paresthesia adalah istilah medis yang mengacu pada sensasi terbakar atau tertusuk jarum di area tubuh tertentu, seperti tangan dan kaki.

Banyak orang dewasa dan anak-anak yang memiliki defisiensi B12 melaporkan mengalami paresthesia.

Sayangnya, gejala defisiensi B12 ini tumpang tindih dengan gejala yang berkaitan dengan neuropati diabetes – kerusakan saraf yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi yang dapat menyebabkan rasa sakit dan mati rasa pada ekstremitas.

Penderita diabetes yang mengonsumsi metformin berisiko lebih tinggi mengalami defisiensi B12, karena obat ini dapat mengurangi penyerapan vitamin B12 dalam tubuh.

Jadi, kekurangan B12 bisa salah didiagnosis sebagai neuropati perifer pada pasien diabetes.

Akibatnya, banyak ahli merekomendasikan agar orang yang memakai metformin secara teratur diskrining untuk kekurangan vitamin B12.

9. Tanda dan gejala defisiensi B12 lainnya
Selain gejala di atas, defisiensi B12 dapat menyebabkan hal berikut:

  • Kram otot dan kelemahan otot. Kekurangan B12 berdampak negatif pada fungsi saraf motorik dan sensorik, yang dapat menyebabkan kram dan kelemahan otot.
  • Koordinasi terganggu. Ataksia, atau gangguan keseimbangan dan koordinasi, adalah gejala neurologis yang dapat disebabkan oleh defisiensi B12. Dengan demikian, seseorang dengan defisiensi B12 mungkin mengalami kesulitan berjalan dan menyeimbangkan.
  • Disfungsi ereksi. Pria dengan defisiensi B12 dapat mengalami disfungsi ereksi akibat peningkatan kadar homosistein dalam tubuh.
  • Gangguan penglihatan. Kekurangan B12 dapat menyebabkan gangguan penglihatan, kemungkinan karena kerusakan saraf optik.

Bagaimana defisiensi B12 dideteksi dan diobati?
Karena gejala kekurangan vitamin B12 tidak spesifik untuk kondisi tersebut, mungkin tidak terdeteksi atau bahkan salah didiagnosis.

Jika Anda mengalami salah satu gejala yang tercantum di atas, penting mendiskusikannya dengan profesional kesehatan.

Ini sangat relevan jika Anda:

  • mengikuti diet ketat, seperti diet vegan
  • berusia di atas 60
  • sedang hamil atau menyusui
  • memiliki kondisi medis yang dapat menguras kadar B12
  • minum obat penipis B12, seperti metformin atau penghambat pompa proton

Selain mempelajari gejala Anda dan memberi Anda pemeriksaan fisik, seorang profesional kesehatan dapat mengesampingkan kekurangan B12 dengan memesan tes darah.

Tes ini dapat mencakup:

  • tingkat B12
  • kadar folat
  • hitung darah lengkap (CBC) dengan apusan perifer
  • kadar asam methylmalonic (MMA)
  • kadar homosistein

Jika Anda didiagnosis dengan kadar B12 yang terlalu rendah, profesional medis Anda akan merekomendasikan perawatan yang paling tepat. Ini mungkin termasuk suntikan B12, suplemen B12 oral, atau mengatasi kondisi kesehatan mendasar yang dapat menyebabkan kekurangan.

Suntikan B12 umumnya direkomendasikan untuk orang yang tidak dapat menyerap B12 dengan baik dari makanan atau suplemen, seperti mereka yang telah menjalani operasi bypass lambung atau orang dengan penyakit autoimun tertentu.

Suplemen dan suntikan B12 dianggap aman dan bisa ditoleransi dengan baik, bahkan dalam dosis besar.

Jika profesional kesehatan Anda berpikir Anda mungkin rendah B12, mereka akan memesan tes darah yang sesuai untuk menilai kadar B12 Anda. Pengobatan defisiensi B12 biasanya mencakup suplemen oral atau suntikan.

Kesimpulan
Kekurangan B12 bisa menyebabkan beragam gejala, seperti kelelahan, sakit kepala, depresi, kulit pucat atau kuning, gangguan mental, serta nyeri dan peradangan di mulut dan lidah.

Banyak gejala yang disebabkan oleh kadar B12 yang rendah tidak spesifik untuk defisiensi B12, yang dapat menyebabkan kondisi tersebut tidak terdeteksi.

Jika Anda mengalami salah satu gejala yang tercantum di atas, penting untuk mengunjungi profesional kesehatan untuk menjalani pengujian yang tepat dan mendapatkan perawatan yang tepat.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Tanda-tanda Tubuh Anda Tidak Mendapatkan Cukup Vitamin B12

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

Source: healthline.com

RELATED STORIES

5 Bahaya Kecoak jika Dibiarkan di Dalam Rumah, hingga Menyebabkan Kematian

5 Bahaya Kecoak jika Dibiarkan di Dalam Rumah, hingga Menyebabkan Kematian

Berikut ini lima gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena keberadaan kecoak di dalam rumah.

Sederet Tips Memilih Buah yang Tepat untuk Penderita Diabetes

Sederet Tips Memilih Buah yang Tepat untuk Penderita Diabetes

Buah-buahan mengandung gula dan karbohidrat alami yang tinggi. Apakah aman bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi buah-buahan? Baca di sini untuk mengetahui beberapa kiat ahli.

Hari Cuci Tangan Sedunia 2022: Sejarah dan Mengapa Mencuci Tangan Itu Penting

Hari Cuci Tangan Sedunia 2022: Sejarah dan Mengapa Mencuci Tangan Itu Penting

Hari Cuci Tangan Sedunia 2022: Sejarah, Pentingnya, Mengapa Mencuci Tangan Itu Penting & Cara Yang Tepat Untuk Melakukannya.

Tiga Metode Sederhana untuk Menurunkan Trigliserida secara Alami

Tiga Metode Sederhana untuk Menurunkan Trigliserida secara Alami

Mirip dengan kolesterol, trigliserida berasal dari makanan yang kita makan dan hati kita. Ketika kadarnya normal, trigliserida digunakan untuk energi.

Perlu Diketahui, Gejala Utama pada Wanita Menopause Tidak Hanya Lima

Jantung berdebar-debar, nyeri dada, dan kulit kering atau gatal adalah beberapa gejala utama yang tidak diharapkan oleh wanita menopause.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Bayern Munchen vs Real Madrid di Liga Champions 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Bayern Munchen vs Real Madrid di Liga Champions 2023-2024

Prediksi dan link live streaming Bayern Munchen vs Real Madrid di semifinal Liga Champions 2023-2024 yang digelar pada Rabu (1/5/2024) pukul 02.00 WIB.

Irfan Sudrajat | 30 Apr, 17:32

Bek Real Madrid, Antonio Rudiger. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

World

Bayern Munchen vs Real Madrid: Misi Antonio Rudiger Hentikan Harry Kane

Setelah sukses mematikan pergerakan mesin gol Manchester City, Erling Haaland, Antonio Rudiger kini akan mencoba meredam ancaman Harry Kane.

Irfan Sudrajat | 30 Apr, 17:31

Marc Marquez-Gresini Racing

MotoGP

Marc Marquez Telah Buat Keputusan soal Masa Depannya

Marc Marquez memberikan indikasi bila bos Ducati mulai menyukainya.

Tri Cahyo Nugroho | 30 Apr, 16:43

Ronaldo Nazario siap menjual klub sepak bola Spanyol miliknya, Real Valladolid. Tampak Ronaldo saat berpose dengan petenis Spanyol Carlos Alcaraz. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

La Liga

Setelah Cruzeiro, Ronaldo Nazario Siap Jual Valladolid

Ronaldo Nazario berharap Real Valladolid kembali ke La Liga agar nilai jualnya naik.

Tri Cahyo Nugroho | 30 Apr, 16:32

Wuling Cloud EV (Dok. Wuling).

Automotive

Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV dalam Ajang PEVS 2024

Mulai hari ini, konsumen bisa pesan Wuling Cloud EV dengan estimasi harga pre-book Rp410 juta.

Kunta Bayu Waskita | 30 Apr, 16:19

Basket. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Basketball

Liga Basket Putri Jakarta Siap Digelar, Diharapkan Jadi Embrio Kompetisi Nasional

Liga Basket Putri Jakarta edisi pertama dijadwalkan bergulir pada Juni nanti dan diikuti enam hingga delapan tim.

Doddy Wiratama | 30 Apr, 16:12

Poster film Anelka: Misunderstood (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Films

Anelka: Misunderstood, Film Dokumenter tentang Kontroversi Nicolas Anelka

Anelka: Misunderstood sajikan potret detail dan seimbang dari sosok eks penyerang Prancis, Nicolas Anelka.

Kunta Bayu Waskita | 30 Apr, 15:42

EA Sports FC Mobile Team of The Season.(EA Sports)

Esports

Team of The Season Baru Sudah Hadir di EA Sports FC Mobile

Event TOTS akan dimulai pada tanggal 29 April 2024 dan berlangsung selama satu bulan ke depan.

Gangga Basudewa | 30 Apr, 15:17

Puma LaFrance (Yusuf/Skor.id).

Sneakers

Puma Beri LaMelo Ball Sneaker Lifestyle, Mirip Osiris D3

Puma LaFrance merupakan sepatu gaya hidup yang mendapat julukan dari nama tengah Ball.

Kunta Bayu Waskita | 30 Apr, 14:53

Rex Regum Qeon atau RRQ.

Esports

RRQ Harus Gigit Jari Gagal Lolos ke Playoff VCT Pacific Stage 1 2024

RRQ kalah bersaing dengan tim-tim seperti Gen.G Esports, T1 dan juga Talon Esports.

Gangga Basudewa | 30 Apr, 14:52

Load More Articles