6 Makanan yang Harus Dihindari ketika Anda Memakai Kawat Gigi

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Ketika Anda menggunakan kawat gigi, ada banyak hal terkait perawatan dan penanganannya yang harus dipertimbangkan dan diketahui.
  • Jenis makanan, ukuran porsi, dan tekstur makanan adalah faktor-faktor paling utama.
  • Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari dan yang bisa dipilih saat memakai kawat gigi.

SKOR.id - Saat memulai perawatan ortodontik, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang perawatan dan penanganan kawat gigi baru Anda.

Dalam hal makan, opsi terbaik untuk kesehatan adalah makan makanan yang sehat, bergizi, seimbang dan bervariasi, bahkan jika Anda memakai kawat gigi. Namun, untuk kasus terakhir, ada beberapa hal harus dipertimbangkan untuk menghindari ketidaknyamanan.

Jenis masakan, ukuran porsi dan tekstur makanan adalah faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakan kawat gigi. Apa yang harus dihindari? Makanan mana yang harus diprioritaskan? Simak penjelasan secara detail di bawah ini:

Mengapa menghindari beberapa makanan saat memakai kawat gigi?
Bracket adalah aksesori kecil yang ditempatkan di permukaan gigi untuk menahan lengkungan logam dalam perawatan ortodontik tradisional. Melalui ini, spesialis ortodontis akan membuat penyesuaian kecil yang menerapkan kekuatan pada gigi.

Dengan rangsangan ini, potongan gigi dimobilisasi untuk mengubah posisinya, diselaraskan untuk memperbaiki masalah gigitan. Tergantung pada kerumitan kasus dan kondisi yang harus diselesaikan, perangkat ini dipakai untuk waktu lama di dalam mulut. Oleh karena itu, perawatannya sangat penting.

Mempertahankan integritasnya memungkinkan perawatan untuk mengambil jalannya dan mencapai hasil yang diharapkan. Sebaliknya, jika potongan-potongan ini rusak, terlepas atau lengkungan keluar, terapi berhenti.

Ketika pengobatan dihentikan, waktu pengobatan menjadi lebih lama dan hasilnya mungkin tidak seperti yang diharapkan. Selain itu, pasien mungkin merasa tidak nyaman, sakit dan menderita luka pada mukosa mulut karena memakai peralatan yang rusak.

Saat ini ada berbagai varian perawatan yang memungkinkan bracket dipasang di permukaan depan gigi atau di sisi lingual, sehingga tidak terlalu terlihat. Mereka juga terbuat dari bahan berbeda yang menanggapi kebutuhan, prioritas dan kemungkinan pasien; seperti logam, porselen atau safir.

Peralatan ortodontik disiapkan untuk menahan kekuatan mengunyah dan gerakan yang terjadi saat kita makan. Namun, produk tertentu dapat membahayakan mereka. Simaklah!

6 Makanan yang Harus Dihindari saat Memakai Kawat Gigi
Segera setelah dokter gigi memasang bracket dan kawat di mulut Anda, wajar jika Anda merasa tidak nyaman. Tekanan yang diberikan alat pada gigi untuk menggerakkannya menyebabkan rasa sakit.

Tetapi perasaan tidak nyaman itu hilang dengan berlalunya hari. Kebanyakan orang —dalam waktu seminggu— sudah terbiasa dengan benda baru di mulut mereka. Bagaimanapun, selama tahap adaptasi disarankan untuk membuat beberapa penyesuaian dalam menu diet.

Secara khusus, disarankan untuk makan makanan yang tidak membutuhkan banyak usaha untuk mengunyah dan menelan. Diet hambar dan lunak – yang praktis meleleh di mulut Anda – akan mencegah struktur mulut yang terlalu sakit.

Setelah ketidaknyamanan mereda, ada juga beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, di antaranya karena dapat merusak ortodontik atau tersangkut di antara gigi dan ruang peralatan, sehingga mengganggu kebersihannya.

Misalnya, makan buah dengan gigitan besar bisa melonggarkan kawat gigi. Jika sisa makanan menumpuk di gigi, risiko penyakit mulut seperti gigi berlubang, gingivitis, dan periodontitis meningkat.

Demikian juga, untuk menghindari ketidaknyamanan ini, penting untuk mempertimbangkan tekstur makanan, memotong dan memakannya dalam potongan kecil. Apa saja makanan yang harus Anda hindari jika Anda memiliki kawat gigi?

1. Permen karet dan permen
Jika Anda memakai kawat gigi, sebaiknya hindari makanan lengket. Permen karet, permen, dan jeli membuat kebersihan menjadi sulit karena akan menempel pada kawat gigi dan cenderung tersangkut.

Permen karet, khususnya, dapat mematahkan atau melonggarkan elemen-elemen ini karena melibatkan pengunyahan dan penarikan berulang-ulang.

Sejumlah besar gula sederhana yang terkandung dalam produk ini mendukung akumulasi bakteri dan munculnya gigi berlubang. Dengan sendirinya, memakai kawat gigi membuat kebersihan mulut menjadi sulit, yang meningkatkan kemungkinan terkena penyakit. Juga, jika dietnya sangat manis, risikonya meningkat.

Ini adalah beberapa pernak-pernik yang harus Anda hindari jika Anda memakai kawat gigi:

  • Jeli.
  • Permen.
  • Nougat.
  • Permen karet.
  • Kismis dan buah-buahan yang dipoles.
  • Granola bar.
  • Es loli dan lolipop.
  • Licorice.

2. Makanan yang sangat keras dan renyah
Makanan lain adalah yang memiliki tekstur sangat renyah atau sangat keras. Memakannya membutuhkan tenaga ekstra untuk memotong dan mengunyah, sehingga dapat mematahkan atau melepaskan bagian dari kawat gigi.

Juga umum bahwa saat mengunyah, fragmen makanan keras tertahan di ruang perangkat, sehingga sulit dibersihkan. Contoh paling umum adalah pinggiran pizza, roti panggang, kerupuk, beberapa makanan ringan, kacang-kacangan dan popcorn.

3. Buah dan sayuran utuh atau sangat keras
Menggigit apel atau memakan jagung rebus dapat melonggarkan kawat gigi dari gigi Anda. Jika alat tergesek dengan makanan yang sangat keras atau konsisten, beberapa bagian ortodontik bisa lepas.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus menghindari makanan bergizi dan perlu seperti buah-buahan ataupun sayuran. Anda hanya perlu mengubah cara Anda mempersiapkan mereka untuk menelannya dengan cara yang lebih tidak berbahaya.

Sayuran bisa dikukus atau dihaluskan. Dengan buah-buahan Anda dapat menyiapkan kolak. Jika Anda lebih suka memakan makanan ini mentah, yang ideal adalah memotongnya menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah dikunyah.

Selada sering kali meninggalkan residu yang menempel pada alat, sehingga sulit untuk dikeluarkan. Meski sayuran ini bukanlah makanan yang dilarang, namun jika Anda memutuskan untuk memakannya, ada baiknya Anda mencoba membersihkan mulut secara menyeluruh setelah selesai makan.

4. Daging berserat atau bertulang
Makan sayap ayam atau iga daging menggunakan tangan tidak akan mungkin dilakukan saat memakai kawat gigi. Makan protein hewani ini langsung dari tulangnya dapat merusak alat atau meninggalkan sisa makanan yang menempel di antara gigi dan kawat gigi.

Bukan berarti daging harus dihilangkan dari menu. Seperti halnya buah-buahan dan sayuran, Anda perlu mengubah cara menyiapkannya dan mencari cara yang lebih mudah untuk memakannya, seperti dicincang atau digiling.

Terlepas dari bagaimana Anda menelannya, selalu ada kemungkinan bahwa sepotong kecil daging tetap terperangkap di antara tanda kurung.

Untuk mengatasi kecelakaan ini, Anda harus menyikat gigi dan perangkatnya dengan baik setelah makan. Selain itu, lengkapi kebersihan dengan benang gigi, irigasi, dan sikat ortodontik khusus.

5. Makanan yang bernoda
Disarankan untuk menghindari makanan dan minuman berwarna dengan banyak pigmen jika Anda memakai kawat gigi porselen atau karet transparan.

Makanan yang sangat berwarna ini dapat menodai perlengkapan, membuatnya lebih terlihat atau memberi mereka tampilan yang kotor. Dengan ini, karakteristik estetika yang dicari hilang.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang menodai gigi dan behel kosmetik:

  • Akar bit.
  • Blueberi
  • Ceri.
  • Stroberi.
  • Teh.
  • Kopi.
  • Anggur merah.
  • Jus buah.
  • Minuman ringan berkarbonasi.
  • Ekstrak tomat.
  • Kecap.
  • Kari.
  • Kunyit.
  • Setiap ultra-olahan dengan banyak pewarna.

6. Jeruk dan pedas
Peralatan di dalam mulut masih merupakan benda asing yang dapat menyebabkan luka kecil atau besar pada mukosa mulut. Kabel dan bracket yang bergesekan dengan bibir, pipi, dan lidah dapat menyebabkan luka atau iritasi.

Lilin pelindung untuk ortodontik membantu mencegah jenis cedera ini. Meskipun demikian, mereka terkadang tetap muncul. Dalam kasus tersebut, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari sampai luka sembuh.

Makanan pedas dan asam akan meningkatkan ketidaknyamanan sekaligus memperlambat penyembuhan luka, sehingga harus dihindari. Buah jeruk, jus buah, nanas, cuka, dan makanan pedas atau berbumbu tinggi bukanlah ide yang baik jika ada ulserasi di mulut.

Makanan apa yang disukai saat memakai kawat gigi?
Terlepas dari kenyataan bahwa kami telah memberi tahu Anda tentang makanan yang harus Anda hindari jika Anda memakai kawat gigi di mulut Anda, Anda mungkin masih ragu tentang makan selama ortodontik.

Sangat penting bahwa selama pengobatan kelompok makanan akhirnya tidak bisa dihindari karena kesulitan dalam memakannya.

Alternatif yang diperlukan harus dicari agar pola makannya lengkap dan bergizi. Berikut kami bagikan beberapa makanan dan cara menyiapkannya yang akan membuat waktu makan lebih mudah dan nyaman:

  • Krim dan puree: menghancurkan dan menggiling bahan preparat menghindari kebutuhan untuk mengunyahnya dan memudahkan menelan.
  • Sup: makanan lain yang menyediakan vitamin dan mineral tanpa perlu menggunakan gigi. Mereka bisa dimakan panas atau dingin.
  • Buah dan sayuran: Sayuran bisa dikukus, direbus, dipanggang, dihaluskan, atau bahkan dibuat menjadi smoothie. Buah-buahan juga bisa dimasak, dibuat menjadi kolak atau smoothie buah. Cara-cara persiapan ini mengurangi upaya gigi saat makan.
  • Daging cincang: resep yang mengandung daging cincang, seperti hamburger atau bakso, membuatnya lebih mudah untuk dimakan.
  • Ikan: Daging ikan memiliki tekstur yang lembut dan padat. Ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memasukkan protein hewani dengan cara yang mudah.
  • Telur: Anda bisa menyiapkannya dengan berbagai cara dan semuanya akan lembut dan mudah dimakan. Ini adalah makanan yang menyediakan lemak, protein, vitamin dan mineral yang seimbang.
  • Salad: Anda dapat melakukannya tanpa selada dan membuat salad yang menggabungkan umbi-umbian atau kacang-kacangan yang dimasak.
  • Kacang-kacangan, pasta, dan nasi: dimasak dengan baik.
  • Susu: yogurt dan keju lunak berasal dari susu yang sangat mudah dikonsumsi.
    Roti lunak: remah dan tanpa kulit.
  • Makanan hangat: Suhu makanan adalah faktor lain yang perlu dipikirkan. Untuk mengurangi sensitivitas jaringan karena penggunaan perangkat atau karena luka, makanan yang ideal adalah suam-suam kuku. Hindari dingin atau panas yang ekstrim.

Perawatan penting lainnya untuk kawat gigi
Sekarang Anda tahu makanan yang harus Anda hindari dan harus Anda pilih saat memakai kawat gigi. Namun selain itu, ada perawatan lain yang harus Anda perhatikan agar perawatan ortodontik Anda berjalan dengan sukses.

Makan perlahan dan mengunyah dengan hati-hati sangat penting untuk menjaga perangkat dalam kondisi baik, bahkan di saat-saat sangat lapar. Minum air saat makan membantu membilas sisa makanan yang menempel di kawat gigi.

Cobalah untuk mengunyah makanan dengan gigi geraham dan bukannya dengan gigi lain. Dengan cara ini, Anda akan menghindari masalah dengan bagian depan perangkat. Penting juga untuk tidak menggigit benda keras: pulpen, pensil, mainan, atau menggigit kuku.

Menjaga kebiasaan kebersihan mulut juga sangat penting untuk merawat ortodontik dan menjaga kesehatan mulut.

Penggunaan sikat gigi, benang gigi, pasta gigi berfluoride dan obat kumur secara teratur dan tepat dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang terperangkap.

Menghindari makanan yang kami sebutkan di sini, menjaga kebersihan mulut dan pergi ke kontrol terjadwal dengan dokter gigi akan memungkinkan Anda untuk merawat kawat gigi Anda. Dengan latihan sederhana ini Anda dapat memperlihatkan senyum sehat dan selaras yang sangat Anda inginkan.***

Berita Entertainment Lainnya:

7 Ciri-ciri Anak yang Membutuhkan Kawat Gigi

Source: mejorconsalud

RELATED STORIES

Sederet Khasiat Kunyit untuk Kulit Wajah, Termasuk Mencerahkan

Sederet Khasiat Kunyit untuk Kulit Wajah, Termasuk Mencerahkan

Kunyit dapat digunakan untuk perawatan kulit, terutama kulit wajah.

Kebiasaan Buruk saat Berolahraga yang Bikin Tubuh Anda Cepat Menua

Kebiasaan Buruk saat Berolahraga yang Bikin Tubuh Anda Cepat Menua

Hari ini kita akan berbicara tentang kebiasaan buruk kebugaran yang membuat tubuh Anda cepat menua sehingga Anda dapat membuangnya secepat mungkin.

Alasan Sehat untuk Memilih Apel daripada Keripik Kentang, Menurut Penelitian

Alasan lain untuk memilih apel daripada keripik kentang: bahwa buah-buahan tampaknya menjadi makanan untuk otak yang lebih baik.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Joao Almeida, pelatih asal Portugal yang menangani Unggul FC Malang di Pro Futsal League 2023-2024. (Yusuf/Skor.id)

National

Joao Almeida Tegaskan Target Unggul FC di Putaran Kedua Pro Futsal League 2023-2024

Pelatih Unggul FC Malang, Joao Almeida menegaskan masih memiliki target yang sama seperti putaran pertama Pro Futsal League 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 02 May, 16:42

Stadion Kenan Memoriam di Universitas North Carolina disinyalir terkait dengan peristiwa Pembantaian Wilmington. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

Stadion Kenan Memorial Dikaitkan dengan Sejarah Pembantaian Wilmington

Stadion Kenan Memorial di UNC Chapel Hill dihubungkan dengan sejarah kelam yang tersembunyi 100 tahun lebih: Pembantaian Wilmington.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 16:38

Proliga 2024

Other Sports

Update Proliga 2024 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor putra Proliga 2024 bakal diikuti oleh tujuh tim dan dijadwalkan berlangsung pada 25 April–21 Juli nanti.

Doddy Wiratama | 02 May, 15:27

Subaru Indonesia dalam JDM Run Mandalika Time Attack 2024 (Yusuf/Skor.id).

Other Sports

Subaru Indonesia Gemilang dalam JDM Run Mandalika Time Attack 2024

Ajang JDM Run Mandalika Time Attack 2024 melibatkan 91 starter dari seluruh Indonesia.

Kunta Bayu Waskita | 02 May, 14:41

Timnas U-23 Indonesia.

National

Timnas U-23 Indonesia Lewati Target, Bung Towel Apresiasi Semua Pihak

Bung Towel menilai pencapaian Timnas U-23 Indonesia yang luar biasa adalah berkat banyak pihak, bukan hanya pelatih Shin Tae-yong.

Sumargo Pangestu | 02 May, 14:21

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Women Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 02 May, 14:14

Piala Asia Wanita U-17 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia Wanita U-17 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia Wanita U-17 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 02 May, 13:58

Cover Proliga. (Dede Mauladi/Skor.id)

Other Sports

Antusiasme Penonton Tinggi, Tiket Proliga 2024 via PLN Mobile Cepat Ludes Terjual

Hari ini, ada 6.000 tiket laga Proliga 2024 yang tersedia di aplikasi PLN Mobile dan itu ludes terjual dengan cepat.

Doddy Wiratama | 02 May, 13:52

Penyerang Chelsea, Nicolas Jackson. (Yusuf/Skor.id).

Liga Inggris

Chelsea vs Tottenham: Nicolas Jackson Ingin Perbaiki Rapornya yang Buruk

Penyerang Chelsea ini di tiga teratas pemain yang paling banyak gagal memanfaatkan peluang terbaik mencetak gol di Liga Inggris 2023-2024 ini.

Irfan Sudrajat | 02 May, 13:35

Skuad Indonesia Thomas Cup 2024

Badminton

Thomas Cup 2024: Jelang Perempat Final, Indonesia Perlu Waspadai Daya Juang Korea Selatan

Ricky Soebagdja mengingatkan Jonatan Christie cs untuk mewaspadai Korea Selatan di perempat final Thomas Cup 2024.

Arin Nabila | 02 May, 13:18

Load More Articles