40 tahun Grup C, Para Pembalap Legendaris Porsche Reuni di Leipzig

Kunta Bayu Waskita

Editor:

  • Derek Bell sekarang berusia 81 tahun, tetapi ketika naik ke Porsche 956, ia kembali jadi sosok yang elegan.
  • Ada Porsche 962 C dengan nomor start 17, pemenang Le Mans tahun 1987.
  • Reuni tersebut juga dihadiri oleh insinyur penguji saat itu Helmut Schmid.

SKOR.id –  Sebelum diperkenalkannya kelas mobil sport Grup C World Endurance Championship dari 1982 dan aturan konsumsi bahan bakar baru yang kompleks, Porsche sudah mengantisipasi.

Porsche melihat peluang untuk membangun mobil balap yang inovatif: Porsche 956, "mobil balap abad ini," yang lahir pada tahun 1981.

Tujuannya tidak hanya untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Mobil Sport Dunia yang menantang.

Tetapi juga, dari tahun 1984, dalam seri IMSA AS dan seri lainnya yang memungkinkan kendaraan Grup C untuk berpartisipasi.

Dalam masa pengembangan yang hanya sembilan bulan, jaminan kesuksesan tercipta saat balapan pertama di Silverstone pada 1982.

Lalu kemudian pada tahun-tahun berikutnya menjadi mobil balap tersukses Porsche sepanjang masa.

Derek Bell sekarang berusia 81 tahun, tetapi ketika orang Inggris kurus itu naik ke Porsche 956 miliknya, dia kembali menjadi sosok yang elegan.

Padahal 40 tahun yang lalu sepertinya Bell hanya melakukan pekerjaannya (membalap),  tapi sekarang ia mengakui: "Kami bekerja seperti orang gila."

Yang dimaksud dengan “kami“ adalah semua pembalap yang mengendarai model supercar Porsche 956/962 dengan kecepatan balap.

Meskipun baru-baru ini, Bell bersama teman-temannya seperti Jochen Mass, Hans-Joachim Stuck, dan Bernd Schneider berkumpul tidak untuk membalap.

Mereka semua datang ke Leipzig untuk berbagi kenangan pribadi yang sangat istimewa tentang mobil balap Porsche paling sukses sepanjang masa.

Dan itu terjadi 40 tahun yang lalu, tatkala era Grup C dimulai.

Dalam Porsche Experience Center di Leipzig, Bell dan rekan-rekannya melihat mobil pemenang dari Le Mans 24 Jam 1982 dengan nomor sasis 956-002.

Juga hadir 956 dengan nomor sasis 956-005, yang memenangkan balapan 1.000 kilometer di Sirkuit Nurburgring and Spa, di antara kemenangan lainnya.

Mobil balap ini dipugar sepenuhnya oleh Museum Porsche dan dikembalikan ke livery 1983-nya.

Mobil-mobil ini juga bergabung dengan IMSA-spec 962 dari tahun 1984, yang mencatat waktu kualifikasi tercepat di Daytona.

Dan Porsche 962 C yang memenangkan Piala Super pada tahun 1987, keduanya juga telah dikembalikan ke kejayaan aslinya.

Selain itu ada Porsche 962 C dengan nomor start 17, pemenang Le Mans tahun 1987.

Turut hadir wakil termuda Grup C, finis keempat di Le Mans tahun 1990: 962 C dengan nomor sasis 962-015, dari tim pelanggan Joest.

Reuni tersebut juga dihadiri oleh insinyur penguji saat itu Helmut Schmid dan – bergabung melalui video – Norbert Singer, kepala proyek dan bapak metafora dari mobil legendaris.

Kumpulan ahli dan bintang seperti itu membutuhkan tuan rumah yang dapat bertemu mereka dengan pijakan yang setara.

Dalam hal ini Timo Bernhard, pemenang Le Mans pada tahun 2010 dan 2017 bersama Audi, serta pemenang World Endurance Championship dua kali bersama Porsche.

“The 956 adalah mobil balap paling sukses dalam sejarah Porsche. Mobil itu mendominasi semua orang, dan tetap menjadi pemenang selama 12 tahun yang luar biasa,” kata Timo.

Porsche 956 tidak terkalahkan dalam Le Mans dari tahun 1982 hingga 1985, dan sukses ini dilanjutkan dengan mulus oleh penerusnya, 962 C.

Sang penerus menempati posisi pertama dalam balapan 24 jam di Circuit de la Sarthe pada tahun 1986 dan 1987.

Daftar keberhasilan mobil ini memang mengesankan: lima gelar pabrikan dan tim, 43 kemenangan individu balapan WEC, hingga lima gelar pembalap WEC.

Disusul tujuh kemenangan keseluruhan dalam 24 Hours of Le Mans (dari 1982 hingga 1987 dengan 956 dan 962 dan dengan 962 Dauer Le Mans GT pada tahun 1994).

Belum lagi empat gelar IMSA, 52 kemenangan individu dalam balapan IMSA, dan lima kemenangan dalam Daytona 24 Hours.

Berita Otomotif Lainnya:

Pantau Aksi Elon Musk, VW Group Hentikan Iklan di Twitter Sementara Waktu

Lamborghini Huracan Sterrato Siap Debut Desember, Mobil ICE Terakhir Lamborghini

Hyundai Inspeksi Seluruh Unit Genesis Electrified G80 dan Ioniq 5 untuk KTT G20

Source: Porsche Indonesia

RELATED STORIES

Renault dan Geely Kerja Sama Dirikan Pabrik Baru untuk Produksi Mesin ICE dan Hybrid

Renault dan Geely Kerja Sama Dirikan Pabrik Baru untuk Produksi Mesin ICE dan Hybrid

Pembuat mobil asal Prancis dan pabrikan Cina itu akan memegang masing-masing 50-50 saham ekuitas pada perusahaan yang baru didirikan tersebut.

26 Mobil Sport Porsche Siap Ramaikan Porsche World Road Show 2023 di Sentul

Porsche World Road Show merupakan acara berkendara profesional yang diselenggarakan Porsche AG, dan telah diadakan di lebih dari 45 negara seluruh dunia hingga saat ini.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini. (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Atalanta vs Liverpool; La Dea ke Semifinal, Gian Piero Gasperini Catat Sejarah

Atalanta berhasil ke semifinal Liga Europa 2023-2024 meski kalah 0-1 dari Liverpool dalam laga kedua perempat final, Jumat (19/4/2024) dini hari WIB.

Irfan Sudrajat | 19 Apr, 01:59

Otoritas MotoGP resmi mendepak Tim RNF dari grid MotoGP 2024. (Dede Mauladi/Skor.id)

Update Rider Market MotoGP: Problem Ducati Paling Kompleks

Berikut ikhtisar terkini segala sesuatu yang mungkin terjadi di grid MotoGP 2025.

Tri Cahyo Nugroho | 18 Apr, 22:04

Cover Piala Asia U-23 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia U-23 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia U-23 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 18 Apr, 17:53

Timnas U-23 Indonesia.

Timnas Indonesia

Di Hadapan Suporter, Rizky Ridho Bicara Lawan Yordania di Piala Asia U-23 2024

Timnas U-23 Indonesia baru saja sukses menaklukkan Australia U-23 dengan skor 1-0 di penyisihan Grup A.

Sumargo Pangestu | 18 Apr, 17:31

New Balance 530 "Dark Olivine" kini sudah bisa dibeli di pasaran. (M. Yusuf/Skor.id)

Culture

New Balance 530 Hadir dengan Warna ‘Dark Olivine’

Perbedaan material yang ditampilkan New Balance 530 “Dark Olivine” juga sangat menonjol.

Tri Cahyo Nugroho | 18 Apr, 16:50

Sirkuit Brooklands Motor Course lebih terkenal karena tewasnya Percy Lambert. (M. Yusuf/Skor.id)

Culture

Hantu Pembalap Ikonik Bikin Seram Sirkuit Brooklands Motor Course

Hantu ikon balap yang tewas kabarnya masih menghantui Brooklands Motor Course di Surrey, Inggris.

Tri Cahyo Nugroho | 18 Apr, 16:40

Rafael Nadal

Tennis

Rafael Nadal: Menyakitkan Tersingkir Cepat dari Barcelona Open 2024

Petenis Rafael Nadal menyampaikan perpisahan dengan turnamen Barcelona Open usai kalah dari Alex de Minaur di babak kedua.

I Gede Ardy Estrada | 18 Apr, 16:32

Apel dan pisang terbukti sama-sama bagus untuk sarapan, tinggal menyesuaikannya dengan kegiatan dan kebutuhan nutrisi Anda. (M. Yusuf/Skor.id)

Culture

Pisang atau Apel, Ini yang Lebih Baik untuk Sarapan

Apel dan pisang adalah dua buah yang sangat bergizi dan pilihannya lebih bersifat pribadi berdasarkan tujuan nutrisi Anda.

Tri Cahyo Nugroho | 18 Apr, 16:29

Liga TopSkor

Alumni Liga TopSkor, Komang Teguh Tentukan Kemenangan Timnas U-23 Indonesia atas Australia U-23

Komang Teguh tercatat sudah mencetak dua gol untuk Timnas U-23 Indonesia di tahun ini.

Sumargo Pangestu | 18 Apr, 16:15

F1 GP Cina 2024

Formula 1

Jadwal F1 GP Cina 2024: Charles Leclerc Yakin Ferrari Makin Dekat dengan Red Bull

Charles Leclerc melihat F1 GP Cina jadi kesempatan Ferrari mendekati kecepatan Red Bull Racing yang masih tampil dominan di lintasan.

Arin Nabila | 18 Apr, 16:07

Load More Articles