20 Kisah Marcelo Bielsa di Balik Revolusi Sukses Leeds United

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Mundo Deportivo merangkum perjalanan pelatih Marcelo Bielsa yang dipastikan akan mendampingi Leeds United promosi ke Liga Inggris musim depan. 
  • Ternyata pelatih berjulukan El Loco itu sudah memahami sejarah dan kondisi Leeds United ketika pertama kali menerima perwakilan klub di Buenos Aires.
  • Dalam dua tahun, Marcelo Bielsa bahkan telah dianggap sebagai salah satu warga lokal Wetherby. 

SKOR.idMarcelo Bielsa, yang genap 65 tahun pada hari Selasa (21/7/2020), akhirnya mengantarkan Leeds United promosi di Liga Inggris 2020/21 setelah 16 tahun absen

Dikenal selalu mencari tantangan unik, Marcelo Bielsa sukses meraih misinya: promosi dan peluang gelar Championship, pada tahun keduanya bersama Leeds United di Elland Road.

Jika Marcelo Bielsa bisa memastikan Leeds United tidak terkalahkan hingga pekan terakhir, maka pelatih berjulukan "El Loco" itu menorehkan namanya dalam sejarah sepak bola Inggris.

Menyisakan tiga partai terakhir Championship 2019/20, Leeds masih memuncaki klasemen dengan perolehan poin 90, delapan poin di depan rival terdekat West Bromwich Albion.

Dan, Mundo Deportivo merangkum 20 kisah tentang Marcelo Bielsa di balik sukses pria asal Argentina itu melakukan revolusi atas Leeds:

1. Untuk membuat Marcelo Bielsa menerima tawaran menjadi pelatih Leeds, pemilik klub, orang Italia bernama Andrea Radrizzani, mengirim orang yang mengusulkan namanya, Víctor Orta (Direktur Olahraga) dan Angus Kinnear (CEO). Keduanya pergi ke Buenos Aires dan bertemu El Loco – julukan Bielsa – di sebuah hotel. Pertemuan pertama itu berlangsung dua belas jam, dan mereka sama sekali tidak berbicara tentang uang!

2. Pada pertemuan itu, Bielsa datang dengan pengetahuan soal lini yang harus diperkuatnya dan pemain mana yang bisa dia tingkatkan. “Saya sudah tahu segalanya tentang Leeds”. Yang paling utama, ia ingin mengetahui esensi dari rencana klub dan kebebasan yang akan mereka berikan kepadanya untuk dieksekusi.

3. "Jika mereka tidak bisa menerima apa yang akan kita lakukan, mereka bisa melakukan sesuatu yang lain," katanya kepada skuat The Whites dalam pembicaraan pertama. Dari sana ia menetapkan peraturan, yang jelas bagi semua orang bahwa tuntutannya itu akan berlipat ganda, termasuk tuntutan pembersihan dan perawatan di kompleks latihan.

4. Bielsa tiba di klub setiap jam delapan pagi dan pulang jam delapan malam. Tidak seperti semasa di Lille, Prancis, kali ini ia tidak memusatkan pemain dalam satu lokasi. Semua orang tidur di rumah, tapi mereka menghabiskan lebih banyak waktu di klub: sebelum El Loco, rata-rata menghabiskan sekitar dua jam per hari; setelah El Loco, ada kalanya mereka tinggal hingga sembilan jam di kompleks Thorp Arch.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

???? #LUFC head coach Marcelo Bielsa has been named theChampionship Manager of the Month for November. Read more at leedsunited.com

A post shared by Leeds United (@leedsunited) on

5. Berat badan pemain diperiksa setiap hari. Beberapa dari mereka percaya memiliki kondisi fisik bagus, tetapi mereka harus menurunkan bobot beberapa kilo untuk menambah massa otot.

6. Ketika selebrasi promosi ke Liga Inggris, bek Barry Douglas sambil tertawa minta ijin libur kepada Bielsa. Santai dan bahagia seperti biasanya, El Loco pun menjawab: "Ya, besok, Senin, Selasa, Rabu, siapa aja yang mau."

7. Bielsa juga mengajarkan pesan kehidupan di luar sepak bola kepada para pemainnya. Di musim pertama, ia memerintahkan mereka untuk mengumpulkan sampah di sekitar stadion selama tiga jam. Menurut perhitungan El Loco, itu waktu bagi para penggemar harus bekerja mengumpulkan uang untuk melewati pintu masuk Elland Road untuk menonton Leeds.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

First day of pre-season, and the #LUFC staff put the players through a series of tests to assess their fitness

A post shared by Leeds United (@leedsunited) on

 

8. Efek global memicu aksi spionase dari sesi latihan Derby County. Banyak orang khawatir Bielsa akan mundur. Yang terjadi, El Loco memberikan penjelasannya dalam konferensi pers selama 70 menit. Dia mengakui telah melakukan hal serupa dengan semua rivalnya, tetapi dia tidak ambil keuntungan karena sudah memiliki semua data. "Saya pikir saya melakukannya untuk bodoh," katanya. Dia menerima tanggung jawab dan membayar denda 222.000 pounds yang dikenakan oleh federasi dari sakunya. Timnya bergabung dan penggemar Leeds mendukungnya.

9. Sikap bermain adil yang jadi perdebatan global. Di akhir musim pertama, Leeds mencetak gol saat pemain Aston Villa tergeletak di lantai. Marcelo Bielsa lalu memerintahkan pemainnya untuk membiarkan lawan mencetak gol untuk menyeimbangkan skor. Akibat keputusan itu, Leeds gagal promosi langsung, terpaksa bermain playoff, dan disingkir oleh Derby County, saingan yang mengkritiknya karena aksi spionase.

10. Kiko Casilla menggambarkan metode Bielsa "sangat sulit", tapi pada faktanya "itu malah sukses meningkatkan kualitas permainan Leeds". Sang kiper memberi bukti "banyak tim tidak dapat mengimbangi kami". “Dalam kasus saya, terkadang saya harus menjadi libero walau akhirnya saya mengambil lebih banyak umpan daripada beberapa lawan,” ujar Casilla.

11. Salah satu sifat positif Bielsa adalah, seperti diakui Kiko Casilla, kemampuannya untuk meningkatkan pemainnya. Bukti yang paling jelas adalah Helder Costa. Striker berdarah Portugis itu dikenal kidal dan selalu kesulitan menggunakan kaki kanannya. Di tangan Bielsa, Costa tidak lagi mengejutkan ketika dia membuat assist dengan kaki kanannya.

12. Terkait kontrak baru dan target pada musim keduanya, yaitu promosi, tak ada tuntutan finansial dari Bielsa. Yang ia ajukan saat hanyalah terkait renovasi mendalam di kompleks latihan Thorp Arch.

13. Bielsa juga memastikan para pemainnya bisa menikmati interval antara latihan dalam dua shift. Dia meminta ruangan untuk mereka istirahat dan ruang bermain bagi mereka untuk menghibur diri mereka sendiri. Untuk ruang kerjanya, dia meminta dapur, ruang tamu, dan tempat tidur.

14. Bielsa tinggal di kota berpenduduk sekitar 20 ribu jiwa bernama Wetherby, yang terletak di pinggiran kota Leeds, utara Inggris. Dia tinggal di rumah sederhana. Berhari-hari dia berjalan sekitar 50 menit ke pusat latihan. Beberapa penduduk lokal tidak lagi terkejut jika mereka menemukan El Loco di supermarket. Sehari-hari selalu mengenakan kaus, jersi, dan training pack Leeds.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

At the grocery store.

A post shared by Marcelo Bielsa ???? (@soymarcelobielsa) on

15. El Loco lebih menyukai tempat sepi. Itu sebabnya dia jarang terlihat jalan-jalan di pusat kota Leeds. Tetapi jangan kaget jika menemukan jalan yang menyandang nama Marcelo Bielsa. Itu adalah satu dari banyak hadiah yang dia terima lantaran sukses mengembalikan Leeds ke sepak bola elite Inggris.

16. Bielsa tinggal di Wetherby bersama istrinya Laura Bracalenti, yang sering bolak-balik Inggris-Argentina. Dan si istri meminta El Loco lebih banyak tersenyum.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Son días lindos en Leeds.

A post shared by Marcelo Bielsa ???? (@soymarcelobielsa) on

17. Beberapa jam setelah Leeds juara, viral video Bielsa yang melewati pintu keluar stadion, tiba-tiba menghentikan mobil, keluar dari mobil, dan berjalan ke arah kerumunan peggemar. Ternyata dia melihat penggemar disabilitas di kursi roda dan El Loco memeluknya dan mereka berfoto bersama. Bagi warga Wetherby, hal biasa melihat Bielsa seolah-olah dia penduduk lokal. Mereka juga tahu di mana rumah sang pelatih. Jadi, pada hari promosi, beberapa penggemar datang untuk berterima kasih padanya. Seseorang berkata, "Kamu adalah Tuhan."

18. Secara harfiah, Bielsa juga nama sebuah patung perunggu. Seorang pengusaha yang juga pendukung fanatik Leeds, bernama Tony Clark, membuat replika patung El Loco dari logam perunggu seberat 75 kg. Si fan yang tinggal di Bali, Indonesia, menyumbangkannya untuk klub, yang kemudian menempatkan patung itu di area stadion.

19. Kontrak terakhir Bielsa dengan Leeds bernilai 3.780.000 dolar AS. Sekarang, kata The Sun, angka itu akan menjadi tiga kali lipat setelah El Loco menyandang status sebagai pelatih Liga Inggris. Diperkirakan mencapai 10.000.000 dolar AS.

20. Sekarang pertanyaan besar di Leeds adalah apa yang akan dilakukan oleh Marcelo Bielsa dengan masa depannya. Saudaranya Rafael bahkan tak berani mengusiknya: "Akan sulit baginya untuk mengatakan tidak kepada Liga Inggris. Saya berpikir itu akan terus berlanjut, tetapi dengan Marcelo Bielsa, Anda tidak pernah tahu."

Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Liga Inggris Lainnya:

Takluk dari Aston Villa Pastikan Arsenal Finis Terburuk dalam 25 Tahun

Chelsea Kesulitan Cari Pengganti Kepa Arrizabalaga

Source: Mundo Deportivo

RELATED STORIES

Walau Mainnya Cepat, Leeds United Tidak Akan Kehabisan Napas

Walau Mainnya Cepat, Leeds United Tidak Akan Kehabisan Napas

Leeds United diyakini tak akan kehabisan napas pada paruh akhir Liga Inggris musim ini kendati tempo permainan mereka sangat cepat.

Link Live Streaming Liga Inggris: Sheffield United vs Leeds United

Link Live Streaming Liga Inggris: Sheffield United vs Leeds United

Sheffield United akan menjamu Leeds United pada pekan ketiga Liga Inggris 2020-2021, di Stadion Bramall Lane, Minggu (27/9/2020) WIB.

Sheffield United vs Leeds United: Patrick Bamford Menangkan Tim Tamu

Sheffield United vs Leeds United: Patrick Bamford Menangkan Tim Tamu

Striker Patrick Bamford menjadi pahlawan saat memenangkan Leeds United 1-0 dalam pekan ketiga Liga Inggris, Minggu (27/9/2020).

Link Live Streaming Liga Inggris: Chelsea vs Leeds United

Link Live Streaming Liga Inggris: Chelsea vs Leeds United

Link Live Streaming Liga Inggris, Chelsea vs Leeds United dalam lanjutan Liga inggris pada Minggu (6/12/2020) dini hari WIB.

Prediksi Liga Inggris: Manchester United vs Leeds United

Prediksi Liga Inggris: Manchester United vs Leeds United

Manchester United akan menjamu Leeds United pada pekan ke-14 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (10/12/2020) WIB.

Link Live Streaming Manchester United vs Leeds United di Liga Inggris

Link Live Streaming Manchester United vs Leeds United di Liga Inggris

Manchester United akan menjamu Leeds United pada pekan ke-14 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (10/12/2020) WIB.

Jelang Manchester United vs Leeds United, Solskjaer Puji Marcelo Bielsa

Jelang Manchester United vs Leeds United, Solskjaer Puji Marcelo Bielsa

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, berikan pujian kepada pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa, menjelang pertemuan keduanya.

Link Live Streaming Liga Inggris: Manchester United vs Leeds United

Link Live Streaming Liga Inggris: Manchester United vs Leeds United

Manchester United akan menjamu Leeds United pada pekan ke-14 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (10/12/2020) WIB.

Leeds vs Burnley: Gol Tunggal Patrick Bamford Jaminan Tak Bakal Degradasi

Gol Patrick Bamford pada laga Leeds vs Burnley jadi jaminan pasukan Marcelo Bielsa lolos dari jeratan degradasi.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Cerita Ramadan tentang Mohamed Salah. (Hendy Andika/Skor.id).

World

Cerita Ramadan: Mohamed Salah Tolak Tawaran Minum setelah Bertanding

Cerita Ramadan, seputar pengalaman Mohamed Salah ketika tampil membela Liverpool di saat berpuasa di bulan Ramadan.

Pradipta Indra Kumara | 29 Mar, 03:44

Caroline Wozniacki memutuskan untuk kembali terjun ke tenis profesional, setelah sebelumnya menyatakan pensiun pada 2020. (M. Yusuf/Skor.id)

Sneakers

Caroline Wozniacki bersama Dua Anaknya Pamer Koleksi Sepatu Adidas

Wozniacki unggah foto Olivia, James, dan dirinya sendiri mengenakan sepatu kets Adidas Originals.

Kunta Bayu Waskita | 29 Mar, 03:14

MPL Indonesia (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

MPL Indonesia Season 13: Daftar Lengkap Roster Semua Tim

Berikut ini adalah daftar lengkap roster semua tim di MPL Indonesia Season 13. Ada beberapa nama baru dari setiap tim yang bertanding.

Thoriq Az Zuhri | 29 Mar, 02:40

Tim Bundesliga (Liga Jerman) Bayern Munchen. (Hendy Andika/Skor.id)

World

5 Alasan Bayern Munchen Diunggulkan di Der Klassiker Musim Ini

Bayern Munchen diunggulkan dalam duel Der Klassiker melawan Borussia Dortmund akhir pekan ini.

Pradipta Indra Kumara | 29 Mar, 00:36

Der Klassiker mempertemukan Bayern Munchen vs Borussia Dortmund. (Hendy Andika/Skor.id).

World

5 Laga Der Klassiker Terseru, Bayern Munchen vs Borussia Dortmund

Berikut ini rangkuman 5 laga Der Klassiker terseru antara Bayern Munchen vs Borussia Dortmund.

Pradipta Indra Kumara | 28 Mar, 23:31

FFWS alias Free Fire World Series (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

FFWS SEA Spring 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 28 Mar, 21:23

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13 (Yusuf/Skor.id).

Esports

MPL Indonesia Season 13: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MPL Indonesia Season 13 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen tertinggi Mobile Legends: Bang Bang Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 28 Mar, 21:23

Piala Dunia Esports (Yusuf/Skor.id).

Esports

Daftar Game yang Dipertandingkan di Piala Dunia Esports 2024

Esports World Cup 2024 alias Piala Dunia Esports 2024 akan segera bergulir, ini adalah daftar game yang akan dipertandingkan.

Thoriq Az Zuhri | 28 Mar, 21:23

Atlet MMA, Conor McGregor

Culture

Conor McGregor Akan Terus Kejar Peluang Akting Setelah Road House

Conor McGregor terpacu sukses film perdananya, Road House.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Mar, 21:22

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 28 Mar, 21:21

Load More Articles