13 Rekomendasi Sayuran Super dan Herbal Terbaik untuk Dijadikan Jus

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Para ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi masing-masing dua cangkir sayuran dan buah-buah untuk mencapai kesehatan optimal.
  • Selain dikonsumsi secara utuh, cara lain mengekstrak vitamin dan mineral adalah dengan membuat jus.
  • Berikut adalah daftar sayuran dan rempah-rempah terbaik untuk jus untuk membantu Anda menjalani perjalanan menuju sehat.

SKOR.id - Untuk mencapai kesehatan yang optimal, para ahli merekomendasikan makan dua hingga tiga cangkir sayuran dan dua cangkir buah setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal dari vitamin, mineral, dan fitonutrien.

Diet kaya buah-buahan dan sayuran membantu mencegah penyakit jangka panjang seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular, sambil meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang, menurunkan risiko kanker, dan banyak hasil kesehatan positif lainnya.

Meskipun asupan buah dan sayuran utuh sangat dianjurkan, cara lainnya untuk mengekstrak vitamin dan mineral paling banyak adalah dengan membuat jus, yang menurut Healthline, memberikan senyawa nutrisi yang sangat terkonsentrasi ke seluruh bagian tubuh dari otak ke jantung hingga tulang.

Menyiapkan buah dan sayuran untuk jus relatif spesifik untuk produsen mesin jus.

Namun, aturan umumnya adalah mencuci dan membilas produk secara menyeluruh dengan baik, lalu memotongnya menjadi potongan-potongan kecil dan membuang batang atau bagian sayuran yang dianggap tidak cocok untuk juicer.

Tidak harus memakai bahan organik saat membuat jus, tetapi itu direkomendasikan karena produk organik cenderung menghasilkan lebih banyak vitamin serta mineral dibandingkan produk non-organik.

Berikut adalah daftar sayuran dan rempah-rempah terbaik untuk jus untuk membantu Anda memulai perjalanan kesehatan Anda.

1. Seledri
Seledri bukanlah sayuran yang paling menarik untuk dimasukkan ke dalam juicer. Sebagian besar terdiri dari air, seledri adalah sayuran penghidrasi yang juga memiliki khasiat nutrisi kuat ketika dijus dan dikonsumsi sendiri.

Namun, tak banyak orang menyukai rasa kuat dari seledri, sehingga kebanyakan jus dingin menggabungkan seledri dengan buah dan sayuran lain seperti apel hijau, bayam, jahe, dan mentimun.

Dikemas dengan nutrisi dan vitamin yang kuat seperti magnesium, kalium, kalsium, dan vitamin C dan K, jus seledri disebut-sebut sebagai anti-inflamasi karena membantu tubuh mencegah patogen berbahaya yang menyebabkan penyakit kronis dan berbagai penyakit autoimun, lapor Healthline.

Minum jus seledri juga menawarkan keuntungan ganda karena menyediakan vitamin dan nutrisi yang disebutkan di atas, sekaligus membantu tubuh tetap terhidrasi.

Peningkatan hidrasi dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, pencernaan yang lebih baik, dan kesehatan ginjal yang lebih baik.

Seledri juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan usus berkat sifat asam klorida, yang membantu meminimalkan kembung, meningkatkan fungsi hati, dan meredakan sembelit.

2. Kale
Sering disebut sebagai "ratu hijau", kangkung keriting ini memiliki momen dalam arus utama nutrisi. Berasal dari keluarga sayuran seperti brokoli dan kubis, jus kale merupakan sumber kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin A, C, dan K yang sangat baik.

Kadar potasium yang tinggi telah terbukti dapat membantu mengurangi risiko stroke dan memperbaiki kesehatan penyakit jantung koroner.

Seperti anggota keluarga cruciferous lainnya, kale bertindak sebagai detoksifikasi alami, dan mengonsumsi lebih banyak kale dengan cara membuat jus dapat membantu memecah racun dalam tubuh yang pada gilirannya akan menurunkan risiko jenis kanker tertentu.

Minum jus kale dapat melindungi penglihatan, mendukung kesehatan tulang, memperbaiki tampilan dan nuansa kulit dan rambut, dan juga dapat menurunkan gula darah untuk membantu mengelola diabetes tipe 2.

Keuntungan lain dari minum kangkung jenis ini daripada memakannya adalah lebih sedikit pekerjaan persiapan dan pemborosan yang terlibat.

Daripada memisahkan daun dari batang, disarankan untuk membiarkan seluruh daun utuh dan jus kangkung secara keseluruhan.

3. Bayam
Sayuran hijau lainnya yang mengemas nutrisi saat dijus adalah bayam yang dikenal karena kandungan nutrisinya yang tinggi, antioksidan, dan fitonutrien, seperti zat besi, magnesium, potasium, seng, folat, dan vitamin A dan E.

Kandungan vitamin dan mineral bayam terbukti membantu melindungi jantung, otak, dan bahkan susunan DNA dari penyakit dan penyakit (via Health). Tidaklah heran jika Popeye memakan makanan ini untuk mendapatkan kekuatan super nutrisi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa bayam mengandung senyawa tertentu yang diketahui dapat melawan kanker usus besar, dan minum jus bayam dapat membantu mengurangi ukuran tumor kanker.

Jus bayam kaya akan antioksidan yang dikenal sangat meningkatkan penglihatan dan menurunkan risiko katarak, termasuk lutein dan zeaxanthin.

Tinggi nitrat alami, jus bayam membantu meningkatkan aliran darah sekaligus mengurangi tekanan darah dalam tubuh.

Terakhir, sementara sebagian besar sayuran berdaun gelap sering digambarkan memiliki rasa pahit, terutama ketika diekstraksi menjadi jus, bayam berada di sisi yang lebih manis, menjadikannya sayuran hijau serbaguna yang dapat dimasukkan dalam ramuan jus lainnya baik yang berbahan dasar buah atau sayuran.

4. Mentimun
Digabungkan ke dalam jus dingin berbasis buah dan sayuran, seperti dijelaskan oleh Organic Facts, jus mentimun dikemas dengan manfaat kesehatan nutrisi.

Dipuji karena sifat pembersihan dan detoksifikasinya, jus mentimun membantu pencernaan, meningkatkan fungsi ginjal, mengurangi kembung, dan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh (melalui Medical Medium).

Tingginya kadar vitamin A, C, dan K membuat jus ini jadi antioksidan kuat yang membantu melawan racun berbahaya sambil meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jus mentimun juga menawarkan kalsium tingkat tinggi, yang bertindak sebagai elektrolit ketika diserap ke dalam tubuh, dan dapat membantu meningkatkan hidrasi dan fungsi sel, serta memperkuat sistem saraf.

Selain meningkatkan hidrasi dari kandungan air yang tinggi, manfaat tambahan lain dari minum jus mentimun (yang sangat menyegarkan selama bulan-bulan musim panas) adalah berfungsi sebagai detoksifikasi alami, yang membantu memperbaiki tampilan dan nuansa kulit dan rambut.

Minum dua cangkir jus mentimun saat perut kosong bahkan dapat membantu menurunkan demam pada anak-anak atau orang tua.

5. Ubi jalar
Lebih sering digunakan dalam casserole, hidangan kari, dan dalam penggorengan, ubi jalar adalah nutrisi pembangkit tenaga yang mungkin paling bermanfaat saat dijus. Seperti dijelaskan oleh The Juice Chef, proses pembuatan jus menghilangkan serat, sambil mengekstraksi semua nutrisi dan mineral penting dari sayuran atau buah, menjadikan ubi jalar sebagai pesaing utama pembuat jus. 

Sebaiknya gunakan ubi jalar yang keras tanpa tanda-tanda tumbuh, dan kentang tidak perlu dikupas atau dimasak sebelum dibuat jus. Bahkan, membiarkannya mentah dan kulitnya akan memastikan enzim dan nutrisi yang paling bermanfaat diekstraksi dari sayuran.

Rendah gula, jus ubi jalar membantu menstabilkan kadar gula darah, sekaligus memerangi diabetes. Jus ubi jalar juga tinggi potasium, dan dapat membantu mengurangi kram otot, menurunkan tingkat stres, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Dengan kelimpahan Vitamin A, B, dan C, mengkonsumsi jus ubi jalar sebagai bagian dari diet sehat rutin dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, serta memerangi emfisema dan penyakit paru-paru (via WebMD).

6. Wortel
Wortel mungkin salah satu sayuran paling populer untuk jus, dan untuk alasan yang bagus. Seperti yang ditunjukkan oleh Healthline, jus wortel mengandung beta karoten dan antioksidan penangkal kanker, membuat jus wortel sama bermanfaatnya bagi kesehatan Anda karena rasanya yang manis di lidah.

Jus wortel sangat baik untuk ditambahkan ke jus lain seperti kangkung atau seledri yang mungkin membutuhkan rasa manis.

Selain membantu mencegah kehilangan penglihatan, meningkatkan kesehatan kulit, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Studi juga menunjukkan bahwa diet kaya beta karoten dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko demensia dan Alzheimer.

Selanjutnya, beta karoten adalah metode alami untuk memperbaiki gejala kondisi kulit topikal seperti eksim dan psoriasis, dan dapat melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Beberapa penelitian juga menunjukkan beta karoten serta senyawa lainnya yang ditemukan dalam jus wortel dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu, termasuk leukemia.

Jus wortel tidak hanya dikemas dengan vitamin dan nutrisi, juga meningkatkan pencernaan sekaligus mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap lebih banyak nutrisi daripada jenis makanan lain.

7. Bit
Penuh dengan manfaat nutrisi, jus bit adalah makanan super dengan kekuatan super mulai dari menurunkan tekanan darah hingga mencegah anemia (via Medical News Today).

Ketika dijus, bit berwarna cerah dan dalam senyawa nutrisi dan mineral, yang meliputi nitrat, zat besi, vitamin A dan B, dan betalain, yang mengandung sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan kronis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum segelas jus bit dapat segera menurunkan tekanan darah karena tingginya jumlah nitrat, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Selanjutnya, nitrat tidak hanya merangsang aliran darah, tetapi juga meningkatkan aliran oksigen ke otot, yang dapat membantu meningkatkan kinerja atletik.

Mengekstrak jus dari tanaman bit meningkatkan adalah cara yang baik untuk mendapatkan dosis senyawa fitokimia yang dikirim ke tubuh, yang membantu dalam mengatur kadar gula darah.

Untuk menyiapkan bit untuk membuat jus, disarankan untuk membiarkan kulitnya untuk mengekstrak nutrisi paling banyak, tetapi untuk memotong bagian atasnya, dan potong bit menjadi potongan-potongan yang lebih kecil sehingga melewati juicer dengan mudah.

8. Brokoli
Milik keluarga sayuran silangan, yang meliputi kubis, bok choy, kubis brussel, kembang kol, dan sayuran hijau lainnya, brokoli dipuji di komunitas kesehatan selama berabad-abad berkat profil nutrisinya yang padat.

Sumber vitamin K yang melimpah, membuat jus brokoli dapat membantu fungsi dan kinerja keseluruhan ginjal, hati, otak, dan sistem darah (melalui SF Gate).

Vitamin K yang dikombinasikan dengan mangan tingkat tinggi yang ditemukan dalam jus brokoli juga dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat, serta merangsang pertumbuhan dan kepadatan tulang.

Sayuran seperti brokoli juga mengandung banyak karotenoid, yang bermanfaat bagi tubuh dengan meningkatkan penglihatan, merangsang jumlah sel darah merah, dan menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Membuat jus kuntum brokoli serta batangnya adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan seluruh sayuran serta mengurangi limbah, dan keduanya dapat ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain seperti wortel dan apel untuk meningkatkan rasa jus.

9. Kunyit
Asli Asia Tenggara, kunyit adalah tanaman makanan super dengan banyak kegunaan yang juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional sepanjang sejarah.

Bahan aktif dalam kunyit yang membuatnya menjadi antioksidan kuat tidak seperti yang lain adalah kurkumin (via Everyday Health).

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin berpotensi memiliki kekuatan untuk meringankan depresi, meningkatkan umur panjang, membantu mengurangi risiko Alzheimer, melindungi tubuh dari radikal bebas, mengurangi tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu mencegah penyakit kronis: kanker dan jantung. penyakit.

Milik keluarga Zingiberaceae, kunyit sering ditemukan dalam bentuk bubuk, tetapi paling bermanfaat bila dijus segar dari akarnya.

Sementara sebagian besar sifat anti-inflamasi yang ditemukan di buah-buahan dan sayuran berfungsi sebagai metode bantuan pada penyakit kronis, penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit sebenarnya dapat membantu mencegahnya juga.

Studi pada binatang tikus telah menunjukkan bahwa diet kaya kurkumin dapat menurunkan pertumbuhan tumor yang disebabkan oleh sel-sel kanker yang menyebabkan kanker payudara, pankreas, dan prostat, untuk beberapa nama, meskipun mereplikasi keberhasilan ini pada manusia masih sedang diteliti.

Saat membuat jus akar kunyit, yang terbaik adalah menyimpannya di tempat sejuk dan gelap dan menggunakannya dalam beberapa hari karena cenderung membusuk lebih cepat daripada sayuran lainnya.

10. Jahe
Anggota lain dari keluarga Zingiberaceae, akar jahe telah digunakan dalam praktik pengobatan kuno selama berabad-abad, dan semakin populer di dunia kesehatan dan kebugaran (via Healthline).

Paling dikenal sebagai obat alami untuk masalah pencernaan, konsentrasi akar jahe, seperti jus jahe atau suplemen jahe, telah terbukti membantu meredakan mual, gangguan pencernaan, dan masalah perut lainnya, serta memerangi bakteri di usus seperti E. coli. coli dan kram usus.

Bagi mereka yang ingin menjaga berat badan mereka, membakar lebih banyak kalori, dan mengurangi rasa lapar, mengonsumsi lebih banyak jahe telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan.

Manfaat kesehatan lain yang menarik khusus untuk jahe berasal dari senyawa aktif gingerol, yang terkait dengan pengurangan bakteri di mulut, serta mencerahkan gigi.

Sebagai anti-inflamasi, jus jahe juga dapat membantu menenangkan otot yang sakit, dan penelitian telah menunjukkan bahwa atlet yang mengonsumsi jahe pekat secara teratur melaporkan lebih sedikit rasa sakit daripada mereka yang tidak.

11. Parlsey
Paling umum digunakan sebagai hiasan, peterseli adalah sumber nutrisi, menurut Medical News Today, setengah cangkir memberikan lebih dari asupan vitamin K dan A yang direkomendasikan setiap hari.

Namun, garnish sederhana tidak akan memberikan jumlah peterseli yang dibutuhkan untuk menuai manfaat kesehatannya yang paling bermanfaat, jadi membuat jus ramuan ampuh ini adalah cara terbaik untuk mengekstrak semua vitamin dan nutrisi yang ditawarkannya.

Vitamin K sangat dihargai karena kontribusinya terhadap tulang yang sehat, kuat, tangguh, dan merupakan vitamin terpadat yang ditemukan di peterseli, bersama vitamin A dan C, yang membantu melindungi dari masalah yang berhubungan dengan mata sambil membangun sistem kekebalan yang sehat, masing-masing.

Jika dibandingkan dengan ukuran porsi bayam yang sama, peterseli memberikan dua kali lipat jumlah zat besi ke tubuh, yang merupakan salah satu mineral terpenting dalam tubuh dalam hal pertumbuhan, perkembangan, oksigen, dan sel darah merah.

Peterseli juga merupakan ramuan karminatif, yang merupakan obat alami untuk kembung, gas, dan masalah usus lainnya yang menyebabkan ketidaknyamanan perut.

Saat membuat jus peterseli, tidak perlu memotong daun dari batang karena seluruh herba dapat dijus, yang mengekstrak vitamin dan nutrisi paling banyak dari herba untuk diserap tubuh.

12. Jus tomat
Jus populer yang ditemukan di gang makanan kering di toko bahan makanan mana pun, jus tomat paling baik dikonsumsi saat dijus di rumah tanpa menggunakan aditif dan tambahan natrium.

Tanaman tahunan, manfaat tambahan dalam membuat jus tomat adalah kemampuan untuk menanamnya di hampir semua wilayah di planet ini, menjadikannya salah satu yang paling mudah diakses oleh sebagian besar orang.

Serius, jika Anda berpikir untuk memulai kebun sayur, tomat adalah salah satu sayuran/buah yang paling mudah untuk ditanam dan dibuat jus.

Di antara banyak manfaat nutrisi, memerangi obesitas adalah salah satu kualitas jus tomat yang paling mengesankan, karena satu gelas mengandung leptin tingkat tinggi, yang merupakan hormon yang dilepaskan dalam tubuh yang mengirimkan sinyal kenyang ke otak, mengekang mengidam dan mencegah makan berlebihan.

Menurut Organic Facts, tomat juga merupakan detoksifikasi alami, dan meminum jus tomat sering digunakan untuk membantu membersihkan ginjal dan hati.

13. Rumput Gandum
Daftar sayuran pembangkit tenaga listrik untuk jus tidak akan lengkap tanpa wheatgrass (rumput gandum), juga dikenal sebagai tunas hijau dari tanaman gandum.

Paling dipuji karena tingkat klorofilnya yang tinggi, yang memberinya warna hijau nan cerah, satu porsi rumput gandum mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk dan lebih banyak vitamin A daripada wortel, yang menjadikan rumput ini sebagai pembangkit nutrisi dalam satu kesempatan.

Rasa kuat dari Wheatgrass mungkin lebih enak jika dicampur dengan jus lainnya, tetapi cara terbaik untuk menuai manfaat nutrisinya adalah dengan hanya membuat jus menjadi porsi berukuran gelas yang tidak diencerkan, dan memakannya saat perut kosong.

Manfaat kesehatan lain yang diberikan ke tubuh dari rumput gandum di antaranya senyawa nutrisi seperti enzim, asam amino, flavonoid, alkaloid, dan tanin, yang semuanya dapat membantu meningkatkan tingkat energi.

Di luar tingkat energi yang lebih tinggi, Wheatgrass dapat membantu memerangi penyakit kronis, meningkatkan kepadatan kulit, rambut dan tulang, mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan umur panjang.***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

Memahami Bahaya Diet Jus, Diyakini sebagai Penyebab Kematian Legenda Kriket Shane Warne

Apa Itu Jus Mengkudu? Kenali Buah, Manfaat serta Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Jus Hijau Dua Bahan Ini Bantu Membakar Lemak Tersembunyi dengan Cepat, Kata Pakar Kesehatan

Source: m - mashed.com

RELATED STORIES

Bersepeda Baik untuk Menurunkan Berat Badan, Menurut Ahli Kebugaran

Bersepeda Baik untuk Menurunkan Berat Badan, Menurut Ahli Kebugaran

Jika Anda ingin mengetahui jenis olahraga apa yang bisa membantu diet Anda, Anda akan senang mendengar bahwa bersepeda ada di antara daftarnya.

Cokelat Hitam Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Melindungi Jantung Anda, Menurut Studi

Cokelat Hitam Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Melindungi Jantung Anda, Menurut Studi

Kabar baik bagi pecinta cokelat hitam karena para ilmuwan menemukan kakao dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung Anda.

Coba 10 Langkah Ini untuk Hidup Lebih Lama: Dari Menunda Sarapan hingga Make A List

Coba 10 Langkah Ini untuk Hidup Lebih Lama: Dari Menunda Sarapan hingga Make A List

Ahli saraf terkemuka Dr Julia Jones mengatakan perubahan sederhana pada rutinitas harian kita akan lebih bermanfaat daripada mengeluarkan keringat di gym.

7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

hoang anh tuan - vietnam u-23

World

Gantikan Philippe Troussier, Hoang Anh Tuan Pimpin Vietnam di Piala Asia U-23 2024

Kursi kepelatihan Timnas U-23 Vietnam yang kosong sepeninggal Philippe Troussier kini sudah menemukan tuan baru.

Teguh Kurniawan | 28 Mar, 18:58

Anda harus ekstra hati-hati saat mengonsumsi tiga ikan air tawar, yakni kakap putih, patin, dan nila serta mujair. (Dede Mauladi/Skor.id)

Culture

Hati-hati Saat Mengonsumsi 3 Ikan Air Tawar Ini

Meskipun tetap mengandung protein dan vitamin, Anda harus mewaspadai beberapa efeknya.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Mar, 17:15

Liga TopSkor

Lima Alumni Liga TopSkor Panaskan Persaingan Seleksi Kedua Timnas U-16 Indonesia

Lima Alumni Liga TopSkor ikut dalam seleksi Timnas U-16 Indonesia tahap kedua.

Nizar Galang | 28 Mar, 16:10

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki.

Timnas Indonesia

Satoru Mochizuki: Skill Pesepak Bola Putri Indonesia Masih Lemah

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki, mengakui tugasnya ke depan bakal sangat berat.

Teguh Kurniawan | 28 Mar, 16:01

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 28 Mar, 15:39

Culture

Sejumlah Kejadian Aneh Kerap Muncul di Frontier Field, Kandang Rochester Red Wings

Red Wings menjadi penyewa penuh waktu Frontier Field mulai tahun 2005.

Tri Cahyo Nugroho | 28 Mar, 14:30

PSM Makassar vs Borneo FC di pekan ke-30 Liga 1 2023-2024 pada 29 Maret 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming PSM Makassar vs Borneo FC di Liga 1 2023-2024

Laga lanjutan pekan ke-30 Liga 1 2023-2024 antara juara bertahan melawan calon kuat juara pada Jumat (29/3/2024) malam.

Taufani Rahmanda | 28 Mar, 13:55

ONIC Lutpiii (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

ONIC Esports Promosikan Pemain dari MDL ke MPL

Dua kekalahan yang diterima ONIC Esports seakan membuat mereka berbenah.

Gangga Basudewa | 28 Mar, 12:55

KJTI komentari Jersey Terbaru Timnas Indonesia. (Jovi Arnanda.Skor.id)

Timnas Indonesia

Pendapat KJTI tentang Jersey Anyar Timnas Indonesia

KJTI pun mengampanyekan membeli jersey Timnas Indonesia yang asli bukan tiruan.

Arista Budiyono | 28 Mar, 12:25

Basket 3x3

Basketball

FIBA 3x3 Asia Cup 2024: Tim Putra dan Putri Indonesia Terhenti di Kualifikasi

Tim putra dan putri Indonesia gagal menembus babak utama FIBA 3x3 Asia Cup 2024 usai terhenti di fase kualifikasi.

Doddy Wiratama | 28 Mar, 12:21

Load More Articles