Formula 1 vs Formula E, Perbedaan Dua Balapan Jet Darat Terpopuler di Dunia

Aditya Fahmi Nurwahid

Editor:

  • Formula 1 dan Formula E menjadi dua balapan mobil single-seater terpopuler di dunia.
  • Berbeda usia sekitar 50 tahun-an, Formula 1 dan Formula E masih dilihat sebagai balapan yang serupa.
  • Padahal,  Formula 1 dan Formula E punya perbedaan mendasar dalam kompetisinya.

SKOR.id - Formula 1 dan Formula E merupakan dua kompetisi balap mobil yang "serupa tapi tak sama."

Masyarakat awam hanya melihat perbedaan keduanya sekadar "balap mobil bensin dan mobil listrik." Padahal, perbedaannya lebih besar dari sekadar penggunaan bahan bakar.

Formula 1 sebenarnya bukanlah nama kompetisi "secara harfiah," melainkan kelas balapan yang merujuk pada tata peraturan balapan mobil single seater yang dikeluarkan Federasi Otomobil Internasional (FIA).

F1 adalah kelas teratas dari balapan mobil yang diakui FIA, diselenggarakan di sirkuit balapan atau sirkuit jalan umum. Aturan mainnya pun diatur oleh FIA dan diperbarui secara periodik.

Sedangkan Formula E muncul pada tahun 2014. Saat itu, gagasan Formula E membawa pesan elektrifikasi industri mobil, mengurangi emisi karbon dioksida dan memperkenalkan sistem hibrida dan listrik. Ya, Formula E membawa wacana "tak sekadar kompetisi balap mobil."

Skor Indonesia merangkum 3 perbedaan Formula 1 dan Formula E, dikutip dari berbagai sumber.

Mobil

Perbedaan mencolok antara Formula 1 dan Formula E adalah penggunaan sumber tenaga pada mobil. Mobil Formula E didesain sepenuhnya menggunakan tenaga baterai berkapasitas 54 kW/jam.

Sedangkan mobil Formula 1 menggunakan mesin turbo hybrid 1.600 cc. Pada musim 2022, mesin balap  F1 menggunakan bahan bakar yang mengandung bio etanol E10.

Mobil F1 jelas lebih besar secara kekuatan, dan lebih cepat. Mobil generasi 2022 saat ini disebut bisa memberikan kekuatan hingga 1000 horse power.

Sedangkan mobil Formula E 2022 memiliki tenaga sampai dengan 250 kilowatt atau setara dengan 335 horse power, atau hanya sepertiga mobil F1.

Secara desain, kedua mobil memiliki kemiripan. Memiliki frontwing dan rearwing, desain kokpit yang mirip, dengan sistem keamanan yang hampir sama. Namun, ada perbedaan mendasar di baliknya.

Mobil Formula E dibangun dari bawah ke atas sebagai kendaraan listrik sepenuhnya, berbeda dengan rangkaian mobil F1. Jika mobil F1 memiliki mesin, tangki bahan bakar, dan sistem hybrid di bawah bodinya, mobil Formula E menempatkan baterai, transmisi, dan motor listrik.

Ban mobil F1 dan FE pun berbeda. Formula 1 menggunakan ban licin dengan spesifikasi hard, medium, dan soft, mobil Formula E menggunakan ban segala cuaca dengan spesifikasi seperti yang Anda temukan di mobil jalan raya. 

Dikutip dari Science Focus, Mobil F1 juga terhitung lebih bising, namun lebih ringan dibandingkan mobil Formula E.

Sirkuit

Sirkuit Formula E lebih pendek dibandingkan sirkuit Formula 1. Formula E menggelar hampir semua balapannya di sirkuit jalan raya, dibandingkan Formula 1 yang punya spesifikasi lebih rumit dalam hal sirkuit.

Selain itu, sirkuit Formula E terbilang lebih sempit dibandingkan Formula 1, dengan spesifikasi mirip jalan raya biasa. Namun, berbeda dengan Formula 1 yang ingin menunjukkan akselerasi dan kekuatan mobil dengan trek lurus, sirkuit Formula E lebih dinamis di belokan dan kontur sirkuit.

Faktor ni juga dipilih karena Formula E memiliki visi untuk membawa balapan langsung ke penggemar. Tanpa perlu pembangunan infrastruktur yang rumit, ketatnya persaingan di Formula E bisa dinikmati oleh para penggemarnya.

Persiapan sirkuit Formula E juga lebih cepat dibanding Formula 1. Dalam kasus Formula E Prix Jakarta, Pemprov mempersiapkan sirkuit kurang lebih selama 100 hari dibanding persiapan sirkuit Formula 1 yang homologasinya memerlukan waktu jauh lebih lama.

Format Balapan

Tidak seperti F1 di mana latihan, kualifikasi, dan balapan berlangsung selama tiga hari, semua sesi trek resmi Formula E berlangsung dalam satu hari dengan pengecualian sesi pcek sirkuit selama 30 menit pada Jumat malam. 

Balapan Formula E berlangsung selama 45 menit +1 lap dan biasanya berlangsung pada Sabtu sore.

Sebelum itu, terdapat dua sesi latihan terpisah, dan sesi kualifikasi dua bagian yang mengerucut pada superpole: sesi penentuan enam pembalap tercepat yang berjuang untuk mengamankan pole position.

Tidak seperti F1, pitstop tidak wajib di Formula E. Tim Formula E juga tidak diperbolehkan mengganti ban kecuali mereka mengalami kebocoran. 

Sedangkan di F1, seorang pembalap mungkin melakukan 2-3 pit stop selama balapan, mengganti ban setiap kali masuk pit.

Baca Berita F1 dan Formula E Lainnya:

Lewis Hamilton Lakoni Awal Musim Terburuk di F1 sejak 2009

Dampingi Presiden, Anies Baswedan Sebut Trek Formula E Jakarta Sudah Selesai 100 Persen

 

Source: Skor.idF1Formula EThe Race

RELATED STORIES

Valtteri Bottas Sempatkan Waktu untuk Jajal Trek Sepeda jelang GP Miami

Valtteri Bottas Sempatkan Waktu untuk Jajal Trek Sepeda jelang GP Miami

Valtteri Bottas menyempatkan waktu luang untuk menjajal trek bersepeda di California sebelum tampil di Grand Prix F1 California akhir pekan ini.

Formula E Jakarta 2022 Jadi Momen Kampanye Energi Terbarukan dari Bidang Olahraga

Formula E Jakarta 2022 Jadi Momen Kampanye Energi Terbarukan dari Bidang Olahraga

Panitia berkomitmen mengkampanyekan energi terbarukan lewat Jakarta Eprix 2022, Juni mendatang.

Tiket Formula E Jakarta telah Dijual, Ini Benefit Setiap Kategori

Tiket Formula E Jakarta telah Dijual, Ini Benefit Setiap Kategori

Ajang ePrix Jakarta akan digelar pada Sabtu (4/6/2022) mendatang di Sirkuit Ancol.

Panitia Pastikan Sirkuit Formula E Jakarta Rampung Akhir Bulan

Gelaran Formula E Jakarta sudah di depan mata dan akan digelar pada awal Juni nanti.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Pembalap Yamaha Alex Rins

MotoGP

Motor Tidak Perform Sepanjang MotoGP 2024, Yamaha Minta Maaf ke Alex Rins

Pembalap Yamaha Alex Rins mengalami masalah pengereman pada motor YZR-M1 yang membuat performanya tak maksimal sepanjang MotoGP 2024.

Arin Nabila | 22 Nov, 13:31

axis nation cup 2024 cover

AXIS NATION CUP 2024

Prestasi SMK Medika Samarinda dan SMAN 2 Mojokerto di AXIS Nation Cup 2024 Bikin Bangga Sekolah

SMK Medika Samarinda dan SMAN 2 Mojokerto merupakan juara AXIS Nation Cup 2024 di kategori futsal putra dan putri.

Teguh Kurniawan | 22 Nov, 13:07

Deretan pelatih Manchester United (kiri ke kanan): Louis van Gaal, David Moyes, Jose Mourinho (tengah), Ole Gunnar Solksjaer, dan Erik ten Hag. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Pencapaian Pelatih Man United setelah Era Fergie, Jose Mourinho yang Terbaik

Setelah era Sir Alex Ferguson berakhir, 6 pelatih mencoba membangkitkan Manchester United tapi semuanya gagal, kini giliran Ruben Amorim.

Irfan Sudrajat | 22 Nov, 12:13

saddil ramdani.jpg

National

Ong Kim Swee Hengkang dari Sabah FC, Saddil Ramdani Beri Pesan Menyentuh

Ong Kim Swee memastikan tidak melanjutkan kontraknya di Sabah FC yang berakhir pada November 2024.

Rais Adnan | 22 Nov, 10:33

Turnamen pramusim menuju Pro Futsal League 2024, 3Second Futsal Super Cup 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Futsal

Hasil Undian dan Jadwal Pertandingan Lengkap Futsal Super Cup 2024

3Second Futsal Super Cup 2024 diikuti delapan tim, digelar di GOR Bung Karno Sukoharjo pada 13-15 Desember 2024.

Taufani Rahmanda | 22 Nov, 09:17

CEO JebreeetMedia Valentino Simanjuntak drawing THe juaRA 2 Padel 2024

Other Sports

Siap Gelar Edisi Kedua, THe juaRA Tetap Komitmen untuk Kegiatan Amal

Event THe juaRA 2 Padel 2024, yang diinisiasi JebreeetMedia, akan diikuti oleh para pengusaha, atlet, hingga selebritas Indonesia.

I Gede Ardy Estrada | 22 Nov, 09:08

Mobil Formula 1 McLaren hadir di PUBG Mobile. (PUBG Mobile)

Esports

Mobil Formula 1 McLaren Hadir di In Game PUBG Mobile

Kolaborasi kali ini semakin lengkap karena tidak hanya McLaren Automotive, melainkan juga tim balap McLaren Racing.

Gangga Basudewa | 22 Nov, 08:52

AXIS Nation Cup 2024

AXIS NATION CUP 2024

AXIS Nation Cup 2024 Sukses Digelar, Ajang Unjuk Gigi Bakat Futsal Indonesia

Grand final AXIS Nation Cup 2024, Sabtu (16/11/2024), menyedot lebih dari 19 ribu penonton di Indonesia Arena, ditambah 3,3 juta via daring.

Teguh Kurniawan | 22 Nov, 08:52

Cover Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025

Basketball

Jumpa Korea Selatan, Indonesia Masih Belum Bisa Menang di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025

Timnas Basket Indonesia kalah 78-86 dari Korea Selatan dalam laga lanjutan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025, Kamis (21/11/2024) malam.

Arin Nabila | 22 Nov, 08:38

Persik Kediri vs PSIS Semarang di pekan ke-11 Liga 1 2024-2025 pada 23 November 2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Persik vs PSIS di Liga 1 2024-2025

Untuk duel lanjutan pekan ke-11, Sabtu (23/11/2024) sore, Persik diunggulkan tapi enggan menganggap remeh PSIS.

Sumargo Pangestu | 22 Nov, 07:55

Load More Articles